10 Tempat Wisata Alam Lampung Yang Memukau

Lampung merupakan salah satu sebuah provinsi yang berada diujung timur pulau Sumatera, provinsi ini menyimpan banyak sekali pesona alam yang menakjubkan dan tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan wisata alam Lampung. Mulai dari wisata alam, spot foto – foto, pantai, situs bersejarah, sampai air terjun yang memanjakan mata.

Jika anda punya rencana berlibur ke Lampung, jangan khawatir akan keindahannya, provinsi ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk anda kunjungi. Selama ini Lampung hanya terkenal dengan penghasil kopi dan lada, namun ternyata provinsi ini juga memiliki banyak tempat – tempat wisata yang bernuansa alam, pantai, sejarah, religi maupun kuliner yang tak kalah dengan wisata di kota besar seperti Jogja, Bandung, Makassar, ataupun kota besar lainnya.

Untuk memudahkan anda menemukan tempat wisata di Lampung yang paling indah dan di rekomendasikan untuk dikunjungi. berikut 10 tempat wisata alam dilampung yang memukau.

  1. Teluk Kiluan

Wisata alam Lampung Teluk Kiluan memang berlokasi tersembunyi, sekitar 80 kilometer dari kota Bandar Lampung. Namun jika Anda memutuskan datang ke sana, dijamin tak akan ada satu kata penyesalan pun terucap.

Kunjungi saja perairan terbuka Teluk Kiluan dengan menaiki perahu nelayan, Anda akan bisa melihat lumba – lumba hidung botol (Tursiops aduncus) dan lumba – lumba paruh panjang (Stenella longirostris) berkejaran, mengejutkan dengan lompatannya. Atau jika beruntung, bisa mengelus punggung mereka dari pinggir perahu tersebut.

Tak menemukan lumba – lumba yang berlompatan? Tak usah kecewa, Anda masih bisa tetap terhibur dengan suasana alam dan pemandangan perairan yang luar biasa keren. Ada laguna air asin, atau mungkin anda juga bisa menghabiskan waktu dengan memancing.

Warga setempat juga sedang mengembangkan wisata terumbu karang juga lho! Dalam waktu yang relatif dekat, Anda bisa menikmati alam bawah laut Teluk Kiluan yang tak kalah indah.

Teluk Kiluan Lampung

Lokasi: Kiluan Negeri, Kelumbayan, Tanggamus, Lampung

  1. Taman Nasional Way Kambas

Berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas, berarti Anda sudah datang  ke taman nasional paling tua di Indonesia. Dan Anda akan menyaksikan salah satu mamalia terbesar di darat, yaitu gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranensis), sebagai atraksi utamanya.

Taman ini tak hanya menjadi taman konservasi gajah, tapi juga menjadi tempat pelatihan dan perlindungan gajah – gajah sumatera. Anda pun bisa melihat pelatihan seperti apa yang dijalani para gajah di sana.

Taman nasiona ini juga menawarkan kesempatan untuk anda bercengkerama langsung dengan para gajah. Anda bisa memberi makan, atau bahkan ikut memandikan gajah. Para pemandu juga tak keberatan membagi pengetahuan mengenai gajah dan perkembangannya. Disini anda bisa Berwisata sekaligus belajar!

Selain itu, Taman Nasional Way Kambas juga sangat indah lho! Dengan gajah sebagai hewan besar yang mencuri perhatian, bisa berada di tengah mereka dan kemudian diabadikan dalam gambar tentunya sesuatu yang menyenangkan bukan!

Bukan hanya gajah, dengan izin khusus, Anda juga bisa masuk ke Rhino Sanctuary, yaitu tempat konservasi badak sumatera. Atau Anda juga bisa menyaksikan langsung flora eksotis Sumatera, seperti cemara laut (Casuarina equisetifolia), Pidada (Sonneratia sp) dan banyak lagi yang lain.

taman Nasional Way Kambas

Lokasi: Kabupaten Lampung Timur, Lampung.

  1. Pantai Dewi Mandapa

Ingin menghabiskan waktu dan mengenang masa romantisme berdua bersama sang kekasih, Pantai Dewi Mandapa menawarkan suasana dan spot yang mendukung untuk itu lho!

Sejatinya, tempat wisata alam Lampung ini menawarkan gaya baru bagi para pecinta selfie. Buktinya, ada banyak spot keren, unik dan kece yang bisa anda coba.

Tapi, melihat penamaan sejumlah spot tersebut, jelas ada sisi romantisme yang ingin dijual oleh pihak pengelola. Lihat saja namanya, mulai dari Dermaga Asmara dengan latar panorama hutan mangrove yang indah, kemudian Dermaga Cinta yang berbentuk hati dan masih ada lagi tempat unik lainnya.

Bahkan, Pantai Dewi Mandapa sudah biasa menjadi spot spesial bagi mereka yang ingin mengambil foto prewedding. Ke depannya, pihak pengelola juga sudah mempersiapkan sebuah cafe dengan tema khusus, lho!

Ada juga Pulau Cinta! Pulau ini berada di seberang Pantai Dewi Mandapa, yang bila dilihat dari atas berbentuk hati. Untuk sampai ke pulau ini, ada jembatan penyeberangan dari kayu.

Yang menarik adalah semua spot tersebut berlatar belakang hutan mangrove yang begitu indah dan asri untuk dipandang.

Pantai Dewi Mandapa Lampung

Lokasi: Gebang, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung

  1. Air Terjun Curup Gangsa

Siapa pun tahu untuk bisa mendapatkan surga, dibutuhkan perjalanan yang panjang, sulit dan menantang. demikian pula  Anda ingin bisa menyaksikan secuil potongan surga di Way Kanan bernama Curup Gangsa.

Untuk bisa di air terjun ini, Anda harus rela melakukan perjalanan panjang dari Bandar Lampung. Tapi setelah sampai ke lokasi, Anda tidak akan kecewa karna akan menyaksikan indahnya pemandangan alam, lanskap yang istimewa dan hawa pegunungan yang sejuk.

Sesampainya di Curup Gangsa, Anda akan disuguhi pemandangan menara air setinggi kurang lebih 70 meter dengan lebar 20 meter, ditambah sejumlah air terjun kecil yang menambah eksotisme wilayah ini. Bebatuan besar di sepanjang sungai dan derasnya air memberikan nilai lebih dari keindahan curug ini.

Air Terjun Curup Gangsa Lampung

Lokasi: Dusun Tanjung Raya, Kampung Kota Way Kecamatan Kasui, Kabupaten Way Kanan, Lampung.

  1. Air Terjun Ciupang

Apa yang istimewa dari Air Terjun Ciupang? Adalah dinding batu yang menjadi landasan dari cucuran air dari atas tebing yang menjadi alasan kecantikan air terjun itu sendiri.

Berlokasi jauh dari kota Lampung, Air Terjun Ciupang sangat asri dan alami. Pemandangannya juga masih istimewa, dengan suasana alam yang sejuk dan menyegarkan.

Yang paling mengesankan tentunya adalah struktur bebatuan air terjun itu sendiri. Tebing batu hitam menjadi background yang unik untuk Anda berswafoto. Apalagi cucuran air terjun menjadi tak seberapa deras karena merambat di dinding tebing, meski juga tak bisa dianggap remeh.

Sejumlah tumbuhan hijau dan air yang jernih dan segar sepertinya mengajak dan membujuk untuk Anda segera menceburkan diri. Hasrat yang susah untuk diabaikan.

Air Terjun Ciupang Lampung

Lokasi: Dusun Purwajaya, Desa Sumberjaya, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung

  1. Air Terjun Putri Malu

wisata alam Lampung berikutnya yaitu jika Ingin menyaksikan langsung bagaimana kerennya sebuah air terjun di hutan tropis? Ayo melipir ke Air Terjun Putri Malu.

Air terjun ini memiliki keistimewaan, yaitu tidak hanya berada di lingkungan pegunungan dengan hutan tropis nan asri, tapi juga bentuk cucuran air yang lain dari pada biasanya.

Berbicara soal pemandangan alam, Air Terjun Putri Malu berada di tengah – tengah pegunungan hutan tropis. Anda akan menyaksikan pepohonan yang menjulang tinggi, tebing batu yang menarik dan merasakan hawa pegunungan yang sejuk.

Sementara cucuran airnya juga menarik. Air Terjun Putri malu memilki ketinggian ± 80 m. Air terjun ini jatuh ke bawah melengkung lembayung menyerupai punggung manusia yang sedang mandi, hal inilah yang mendasari curup ini dinamakan “Putri Malu”.

Lansekap lingkungan di sekitar air terjun ini menambah eksotisme dan menegaskan betapa instagrammable-nya tempat ini. Gimana tergiur untuk mendatanginya?

Air Tejun Putri Malu

Lokasi: Juku Batu, Banjit, Kabupaten Way Kanan, Lampung

  1. Bukit BLT

Kawasan perbukitan di Kabupaten Pringsewu memiliki pemandangan yang seru. Dan untuk bisa menikmati semaksimal mungkin panorama alam itu, berkunjung ke Bukit BLT menjadi kewajiban tersendiri.

Butuh 45 menit perjalanan dari Bandar Lampung untuk sampai ke Bukit BLT. Dengan sedikit tracking, Anda sudah tiba di spot yang pas untuk menikmati keindahan ciptaan Tuhan terebut.

Tak hanya perbukitan, Anda juga bisa melihat hamparan sawah, aliran sungai hingga perumahan warga lewat lanskap yang istimewah kecantikannya.

Pihak pengelola Bukit BLT juga sudah menyiapkan spot khusus untuk berfoto dengan latar belakang perbukitan alami yang eksentrik, dan jumlahnya cukup banyak lho!

Air Tejun Putri Malu

Lokasi: Blitarejo, Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu, Lampung

  1. Bukit Pangonan

Ke Bukit Pangonan paling asyik adalah berduaan dengan pasangan. Bagaimana tidak, selain wisata alam lampung yaitu pegunungannya yang romantis, ada sejumlah spot foto yang memang diperuntukkan bagi mereka yang berpasangan.

Berlokasi di perbukitan Pangonan, Pringsewu, panorama pemandangan alam didominasi oleh pepohonan hijau yang alami. Hamparan hutan dan perbukitan membentuk panorama yang menarik.

Pihak pengelola pun mendirikan sejumlah spot untuk berfoto dengan lansekap tersebut sebagai background, misalnya papan titian berbentuk hati, dan masih banyak lainnya.

Namun bukan berarti Bukit Pangonan tak cocok buat keluarga. Ada juga spot khusus untuk wahana wisata keluarga seperti flying fox dan spot kece lainnya yang bisa anda coba.

Bukit Pangonan Lampung

Lokasi: Jl. Raya Danau, Fajar Esuk, Kec. Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung

  1. Taman Batu Granit Tanjung Bintang

Dari ketinggian, banyak hal yang bisa dilihat secara menarik. Demikian pula ketika Anda berada di Taman Batu Granit Tanjung Bintang.

Dari atas batu granit yang tersusun menjulang secara alamiah, Anda bisa menyaksikan rapatnya panorama hutan dan perkebunan karet.

Dengan latar belakang perkebunan karet, dan Anda berada di puncak tertinggi batu granit, foto yang diambil hasilnya akan sangat unik lho!

Tapi, untuk bisa mendapatkan momen yang tepat, serta alasan keamanan, disarankan akan lebih baik bila Anda berkunjung secara berkelompok dan pada pagi hingga siang hari. Konon kabarnya daerah sekitar sini masih sangat sepi dan rawan. jadi buat wisata alam Lampung yang satu ini harus berwaspada ya!

Taman Batu Granit Tanjung Bintang Lampung

Lokasi: Perkebunan Karet PTPN VII Afdeling Bergen, Purwodadi Dalam, Kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan

  1. Pantai Gigi Hiu

wisata alam Lampung berikutnya berhubungan dengan pantai. Apa yang identik dengan tempat yang namanya pantai? Pasir yang putih, gelombang air yang tenang dan kebiruan? Nah, di Pantai Gigi Hiu, Anda tak akan menemukan itu, tapi jauh lebih ekstrem lagi. Kenapa begitu? Karena di pantai ini, Anda akan kesulitan menemukan tempat untuk bisa berenang. Tapi Anda akan mudah menemukan spot yang menarik untuk berfoto – foto dengan latar belakang yang eksotik.

Yang menjadi andalan dari pantai gigi hiu adalah lansekap yang tidak biasa. Batu – batu karang menjulang dengan kesan tajam dan lancip layaknya deretan gigi ikan hiu menjadi ciri khasnya tersendiri.

Yang menjadikan spot ini istimewa adalah momen kala matahari terbit atau tenggelam, yang menjadikan semburan cahaya dari sang surya menambah keindahan gugusan batu karang tersebut.

Jika Anda mencari ketenangan, namun dengan atmosfer yang eksotis dan ekstime, Pantai Gigi Hiu, atau juga disebut Pantai Pegadungan atau Karang Pegadungan, atau Pantai Batu Layar bagi warga lokal, adalah jawaban yang tepat untuk didatangi.

Pantai Gigi Hiu

Lokasi: Desa Pegadungan, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung

BY: Zelvian Armando

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *