Info Wisata Keren Pekanbaru Yang Wajib Di Kunjungi

Advertisement

Belum lengkap rasanya menjelajahi Pulau Sumatera tanpa mampir ke wisata Pekanbaru. Ibukota sekaligus kota terbesar di Riau ini memang terkenal dengan cadangan minyak dan perkebunan kelapa sawitnya. Namun siapa sangka jika Pekanbaru punya banyak destinasi menarik yang asyik untuk dikunjungi, mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah dan budaya yang mempesona. Mau tahu dimana saja lokasinya? Baca terus sampai habis ya.

Riau Fantasi

Tempat wisata di pekanbaru pertama yang patut anda kunjungi bersama dengan kelauarga anda adalah Riau Fantasi. Tempat wisata satu ini adalah tempat wisata terpopuler yang ada di Riau. Sehingga bagi anda yang berkunjung di Pekanbaru tidak akan lengkap rasanya jika anda tidak mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Bagi anda yang memiliki anak, tempat wisata satu ini merupakan tempat wisata yang cocok bagi anak anak anda. Anak anda bisa bermain air sepuasnya dan juga mencoba berbagai macam wahana air yang ada di tempat wisata satu ini. Bisa dikatakan wahana air dan wahana tempat bermain ini adalah yang paling besar dan juga lengkap di propinsi Sumatera.

Water Park Riau Fantasi

. Selain berbagai macam wahana yang bisa dicoba saat berada disini, ada juga fasilitas yang menarik. Fasilitas itu misalnya saja adanya menara yang berhubungan dengan jembatan goyang, ada juga ember berukuran raksasa diletakkan secara menggantung, saat ember itu dipenuhi air ember itu akan mengguyur pengunjung yang ada di bawahnya. Ember raksasa itu mampu menampung air sebanyak 3 ribu liter banyaknya. Yang harus diperhatikan ketika berada di tempat wisata ini adalah jangan sampai anak anak anda berenang di kolamnya orang dewasa. Hal itu dikarenakan kolam dewasa memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter sedangkan untuk kolam anak anak kedalamannya hanyalah 30 cm.

Bagi yang tidak menginginkan berbasah basahan ria, bisa mencoba wahana permainan kering. Wahana permainan kering yang ada disana adalah kora kora, sky tower, wave blaster, speedy coster dan juga family singer. Semua permaina  tersebut akan menantang adrenalin anda. Permainan tersebut tidak disarankan untuk penderita penyakit jantung. Fasilitas yang ada di Riau Fantasi ini lumayan lengkap yaitu mushola, toilet, kafetariaa, gazebo dan juga free wifi. Lokasi Riau Fantasi ini ada di Jalan Labersa. Perjalanan yang akan ditempuh dari pusat kota sekitar 45 menit. Tiket masuk untuk weekdays sebesar 60 ribu tupiah, untuk weekend biaya yang harus anda keluarkan sekitar 70 ribu rupiah. Saat weekend Riau Fantasi ini dipenuhi dengan pengunjung, oleh sebab itu anda harus mengawasi anak anda dengan seksama, jangan sampai anak anda hilang di tengah kerumunan.

Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Indrapura

Wisata anda tidak akan terasa seru jika tidak mengunjungi tempat wisata seru di pekanbaru yang satu ini. Hal itu dikarenakan anda tidak bisa melihat kehidupan kesultanan Siak di masa lampau. Pekanbaru memiliki istana yang megah dan menarik untuk dikunjungi wisatawan. Istana tersebut adalah pusat dari pemerintahan dari kesultanan Siak di masa lampau. Siak sendiri adalah saksi bisu dari perkembangan dan penyebaran agama Islam yang ada di Tanah Riau ini. Bisa dikatakan kesultanan Siak adalah kerajaan Islam yang terbesar di Riau pada abad ke-16 sampai dengan abad ke-20. Istana ini disebut juga dengan Istana Asherayah Al Hasyimiyah.

Sejarah dari istana ini adalah istana tersebut dibangun sjak tahun 1889 oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jlil Syaifuddin. Pada bangunan utama istana ini mengadopsi gaya dari arsitektur Eropa, Arab dan juga Melayu. Istana ini memiliki dua lantai. Meski sudah berusia satu abad lebih istana ini tetap megah dan kokoh berdiri. Lantai satu, pengunjung akan disuguhkan berbagai macam koleksi kerajaan berupa Patung Perunggu, patung perunggu itu merupakan patung Ratu Wilhelmina dari Belanda, patung yang terbuat dair batu pualam adalah patung dari Sultan Syarif Hasyim I. Patung sultan tersebut tidak hanya dibuat dari Batu Pualam saja namun patung itu juga dihiasai dengan berlian. Di lantai satu pengunjung juga bisa melihat gendang dimana usia gendang tersebut usianya lebih dari 200 tahun. Terakhir kali gendang ini diguunakan dan dibunyikan di tahun 1914 di saat Sultan Syarif Kasim II dilantik.

Di lantai dua pada jaman dahulu digunakan sebagai kamar sultan dan juga kamar yang digunakan oleh para tamu kerajaan yang berkunjung. Namun saat ini, lantai dua itu digunakan sebagai tempat unuk menyimpan koleksi senjata dari milik Sultan. Pengunjung yang datang kesini pun bisa melihat lukisan dari Napolen Bonaparte dari Perancis dan dikirim langsung dari Perancis. Benda koleksi sultan tersebut tidak hanya berasal dari dalam negeri saja namun juga berasal dari luar negeri khususnya dari beberapa negara di Eropa. Banyaknya benda koleksi luar negeri tersebut menunjukkan tanda bahwa dulunya kerajaan Siak menjalin kerjasama Internasional dengan negara negara yang ada di Eropa. Tiket masuk yang harus dibayarkan pengunjung untuk masuk ke dalam istana ini sebesar 3 ribu rupiah, yang harus dipatuhi oleh pengunjung yang datang kesini adalah pengunjung tidak boleh memakai alas kaki sebab alas kaki tersebut dikhawatirkan akan merusak batu granit dari istana ini.

Taman Rekreasi Alam Mayang

Taman Alam Mayang

Mulai dari banana boat hingga memancing bisa kamu lakukan di sini. Bahkan ikan tangkapan hasil memancing boleh kamu bawa pulang lho. Jangan lupa juga untuk berfoto di aneka spot yang instaworthy di area taman. Tidak akan rugi deh mampir kemari!

Bukit Warna-warni, Rainbow Hills Rumbai

Bukit Warna Warni

Sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Pekanbaru terdapat sebuah tempat wisata pekanbaru yang sedang hits dan keren abis. Namanya Rainbow Hills atau Bukit Pelangi. Tempat ini pertama kali diperkenalkan oleh blogger terkenal Marischka Prudence.

Kata “Rainbow” diambil dari paduan warna unik bukitnya yang dari jauh tampak seperti pelangi. Lokasi bukit ini tidak jauh dari Danau Khayangan. Setiap waktu, kontur dan warna tanah di bukit ini bisa berubah-ubah lho. Namun, hati-hati jika berkunjung saat musim hujan ya karena kondisi tanah yang tidak stabil bisa  longsor.

Danau Lembah Sari

Meski merupakan salah satu wisata pekanbaru yang keren kota modern di Sumatera, namun keasrian dan kealamian kotanya masih terus dijaga. Salah satunya adalah dengan adanya danau buatan di tengah kota, yaitu Danau Lembah Sari. Suasana danau yang tenang, hijau, dan luas menjadi daya tarik utama banyaknya wisatawan yang berkunjung kemari. Apalagi saat senja. Pemandangannya sangat indah. Stres, penat dan lelah dijamin akan hilang deh!

Bukit Kapur Air Hitam

Bukit kapur selalu jadi tempat wisata pekanbaru yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah bukit kapur di area Air Hitam, Pekanbaru. Bukit kapur ini kini marak dikunjungi wisatawan, dan bahkan jadi tempat favorit untuk pengambilan foto pre-wedding. Bentuknya yang megah dengan warna putih bersih membuat berfoto di sini tampak seperti sedang di berada di luar negeri

Di sekitar area danau juga banyak warung-warung yang menyediakan kuliner khas Pekanbaru, seperti Sup Tunjang yang lezatnya akan membuatmu ketagihan. Jangan lewatkan untuk berfoto di jembatan gantung tua yang instaworthy banget.

Desa Wisata Okura Yang Sejuk Dan Asri

ejak 2010, Desa Okura diresmikan menjadi desa wisata di Provinsi Riau. Suku asli Melayu-Riau masih tinggal di rumah-rumah panggung sepanjang Sungai Siak. Uniknya, kamu bisa menuju desa ini melalui jalan darat atau melalui jalur sungai dari Pelabuhan Sungai Duku.

Di sini wisata pekanbaru kamu juga bisa menikmati suasana pedesaan yang asri dan jauh dari hiruk pikuk kesibukan Kota Pekanbaru. Selain itu, kamu bisa melakukan aneka aktivitas seperti menyusuri sungai, melihat kehidupan suku asli Desa Okura, bersepeda diantara rimbunan pohon sagu hingga berkuda.

Rumah Adat Melayu-Riau, Anjungan Seni Idrus Tintin

Rumah Adat Melayu Riau

Dengan gaya arsitektur Melayu-Riau, Anjungan Seni Idrus Tintin nampak mencolok di antara bangunan lain di sekitarnya. Meski hanya terdiri dari satu lantai, namun gedung ini masih sering dipakai untuk kegiatan seni berskala nasional dan bahkan internasional lho. Salah satunya adalah Vinculos Indonesia 2018 yang merupakan konser musik kerjasama Kedutaan Spanyol, Kementerian Pendidikan dan Budaya Indonesia serta Pemerintah Daerah Riau.

Air Terjun Batu Dinding

Air Terjun Batu Dinding

Kurang dari dua jam dari pusat Kota Pekanbaru, kamu bisa menikmati sejuknya aliran Air Terjun Batu Dinding. Meski tidak terlalu tinggi namun kolam air terjunnya sangat luas. Kamu bisa bebas berenang dengan aneka gaya sepuasnya. Untuk menuju ke wisata pekanbaru yang satu ini pastikan membawa perlengkapan makanan yang cukup ya, karena lokasi air terjun ini berada di kawasan hutan larangan sehingga kamu tidak akan menemukan warung makanan di sekitar area air terjun.

Bono Di Sungai Kampar

Salah satu tempat wisata murah di pekanbaru dan cukup keren yaitu sungai besar di Provinsi Riau ini terkenal dengan ombak fenomenal yang dikenal dengan nama Bono. Bono bisa kamu temui di bagian Sungai yang dekat dengan muaranya. Peselancar terkenal Steve King bahkan pernah membuat rekor Guiness World Record di sini. Wow

Waktu yang tepat jika ingin berselancar adalah pada saat musim penghujan yakni antara bulan November hingga Desember. Di luar bulan itu kamu bisa menikmati tenangnya aliran Sungai Kampar sambil berkayaking dan menikmati hijaunya pemandangan alam sekitar

Pasir Pantai Di Pinggir Sungai, Pantai Cinta, Teluk Jering

Teluk Jering sebenarnya merupakan nama sebuah desa di Kabupaten Kampar yang berjarak sejauh 45 menit dari pusat Kota Pekanbaru. Desa ini sangat menarik karena memiliki pasir sungai berwarna putih layaknya pasi

elain itu terdapat pula sebuah hamparan rumput hijau yang menyegarkan mata. Kamu bisa bersantai sambil bermain pasir di area wisata pekanbaru bantaran sungai atau melakukan aneka aktivitas olahraga air yang tidak kalah serunya seperti banana boat.

Advertisement
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.