13 Destinasi Objek Wisata Di Samarinda Yang Wajib Masuk Daftar Liburanmu

Wisata Di Samarinda- Sebuah mitos mengatakan bahwa setiap orang yang datang ke Samarinda kemudian meminum air Sungai Mahakam, maka suatu saat pasti akan kembali lagi ke Samarinda. Percaya atau tidak, semua orang pasti akan rindu tempat yang pernah dikunjungi, apalagi jika kunjungannya itu untuk berwisata. Bukan semata – mata karna air sungainya, Samarinda memang selalu membuat rindu yang pernah berkunjung. Terutama karena nasi kuningnya, mihun, ayam cincane, soto banjar, dan masih banyak lagi kuliner khas lainnya.

Tak hanya kulinernya yang menggoda, destinasi wisata di Samarinda ternyata juga selalu sukses membuat rindu. Salah satunya Pulau Kumala yang terletak di tengah Sungai Mahakam. Atau bagi umat muslim, Masjid Islamic Center Samarinda yang merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara juga punya daya tarik tersendiri.

Meski tidak setenar Bali atau Lombok, tapi destinasi wisata di Samarinda berikut ini wajib dikunjungi meski cuma sekali seumur hidup.

  1. Pulau Kumala

Pulau Kumala sering disebut sebagai Ancolnya Samarinda. Kenapa begitu? Karna Destinasi wisata di Samarinda ini menyediakan beragam atraksi permainan, seperti misalnya jet coaster, bombom car, gokart, komedi putar, dan kereta api mini untuk mengelilingi pulau. Ada juga sky tower berupa planetarium yang bisa dimanfaatkan untuk melihat pemandangan Pulau Kumala dan juga Kota Tenggarong dari ketinggian. Sky Tower ini berketinggian 75 meter, jadi cukup puas kalau untuk menikmati panorama perkotaan.

Pulau Kumala Sam

Di area Pulau Kumala Tenggarong ini ada aquarium yang menampung ikan pesut atau (orcaella brevirostris). Ikan pesut ini merupakan spesies lumba – lumba air tawar yang juga terdapat di Sungai Irawady, Brazil dan Sungai Mekong di China.

  1. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah merupakan salah satu tempat wisata di Samarinda yang menyajikan panorama bawah laut. Airnya yang jernih, ombak tenang serta pasir putihnya yang lembut membuat pulau ini kerap kali dijadikan arena untuk snorkeling. Pemandangan yang bisa dinikmati termasuk diantaranya terumbu karang, biota laut yang beragam, termasuk bintang laut yang lucu.

Pulau Beras Basah

Aktivitas lain yang bisa dilakukan saat berkunjung selain snorkeling adalah bermain banana boat. Untuk mencoba permainan ini wisatawan cukup membayar Rp25.000 saja. Fasilitas lain yang ada juga cukup lengkap, seperti mushola, warung makan dan toilet yang bersih.

  1. River Cruise Sungai Mahakam

Belum lama ini pemerintah Samarinda mulai mengerjakan wisata menyusuri sungai menggunakan kapal, atau sering juga dikenal dengan istilah ruver cruise. Melalui atraksi wisata ini wisatawan akan diajak menyusuri Sungai Mahakam, sungai yang memiliki panjang tak kurang dari 920 km dan menjadi salah satu media transportasi utama warga Samarinda.

River Cruise Sungai Mahakam

Saat ikut dalam river cruise ini wisatawan akan melihat setidaknya tiga kebudayaan di sini, yaitu kebudayaan pesisir yang berada di kota Samarinda, kebudayaan kerajaan yang berada di Kutai Kartanegara, juga kebudayaan pedalaman di Kutai Barat hingga ke Mahakam Ulu. Semuanya berada di sepanjang aliran sungai Mahakam tentu saja. Perjalanan ini akan memberikan pengalaman yang berbeda sekali dengan tempat wisata lainnya di Indonesia.

  1. Kampung Tenun Samarinda

Salah satu oleh – oleh dari Samarinda adalah kain tenun. Motif utama kain tenun Samarinda adakah kotak – kotak. Tempat wisata di Samarinda yang juga sekaligus dijadikan sebagai sentra penghasil kain tenun ada di Kecamatan Samarinda Seberang, tepatnya di Kampung Baqa dan Kampung Masjid.

Di Kampung Baqa dan Kampung Masjid wisatawan tak hanya bisa membeli kain yang sudah jadi, namun bisa juga melihat langsung proses pembuatan kain tenun. Proses pembuatannya sendiri masih dibilang sangat tradisional dan sederhana, yaitu menggunakan alat tenun manual bernama gedokan. Wisatawan juga diperbolehkan mencoba membuat kain tenun sendiri, tapi harus dengan pendampingan ahlinya. Biasanya untuk satu kain tenun dibutuhkan waktu 3 – 7 hari untuk membuatnya.

  1. Desa Budaya Pampang

Untuk wisatawan yang tertarik dan penasaran ingin mempelajari sejarah dan budaya adat Dayak, maka Desa Budaya Pampang bisa jadi pilihan destinasi yang tepat. Destinasi wisata di Samarinda yang satu ini akan mengajak wisatawan untuk belajar mempelajari tentang budaya adat. Desa yang dihuni oleh Suku Dayak Kenyah ini pada setiap hari Minggu pukul 13.00 – 15.00 waktu setempat akan mengadakan pertunjukan seni di lamin (gedung pertemuan desa). Biasanya saat pertunjukan berlangsung, seluruh warga akan mengenakan pakaian adat.

Wisatawan yang ingin merasakan bagaimana rasanya jadi seorang warga suku Dayak bisa juga menyewa kostum baju adat lalu berfoto dengan atar rumah sukunya.

Rumah adat Suku Dayak masih dalam rumah adat yang unik karena memiliki ukiran khas yang tak dimiliki suku lainnya. Di Desa Budaya Pampang juga terdapat tempat penjualan souvenir Suku Dayak yang cocok untuk oleh – oleh kalian selepas dari sana.

  1. Wisata Air Terjun Pinang Seribu Samarinda

Tempat wisata Samarinda satu ini adalah tempat wisata alam Air Terjun Pinang Seribu. Air terjun ini berada di Kelurahan Sempaja Utara, Samarinda Utara. Bentuk yang unik seperti undakan pada anak tangga membuat air terjun ini bisa dinaiki. Kamu bisa mengunjungi air terjun ini ketika bukan musim hujan agar aliran air terjun yang mengalir tidak terlalu deras sehingga relatif aman.

  1. Air Terjun Tanah Merah Samarinda

Tempat Wisata Air Terjun Tanah Merah yang berada di Dusun Purwosari, Samarida Utara ini memiliki ketinggian 15 meter. Uniknya, air yang mengalir di air terjun ini terlihat jernih. Namun ketika air sudah menuju hilir, warna air akan berubah menjadi keruh kemerahan. Hal ini dikarenakan dasar tanah hilir di sini berjenis gambut.

  1. Kebun Raya Unmul Samarinda

Nama kebun ini adalah singkatan dari Universitas Mulawarman (Unmul). Ya, Kebun Raya Unmul Samarinda ini merupakan tempat wisata Samarinda yang dipunyai Universitas Mulawaman dan telah terbuka untuk khalayak umum. Lama perjalanan ke Kebun Raya Unmul Samarinda kurang lebih 30 menit dari pusat kita Samarinda.

Di kawasan Kebun Raya Unmul Samarinda ada danau besar yang kamu bisa menyewa sepeda air untuk berkeliling danau tersebut. Selain itu di Kebun Raya Unmul ini juga ada kebun binatang mini serta museum kayu yang menyimpan berbagai koleksi jenis kayu dari berbagai penjuru Kalimantan.

  1. Taman Rekreasi Lembah Hijau Samarinda

Jangan lupa untuk datang ke Taman Rekreasi Lembah Hijau. Tempat wisata ini merupakan kombinasi antara wisata alam dan berbagai sajian atraksi menarik. Tidak kalah dengan banyak tempat wisata terkenal lainnya di Kota Samarinda, Taman Rekreasi Lembah Hijau ini juga bisa menarik atensi banyak pelancong yang datang ke kota ini. Selain itu, di kawasan tempat wisata Samarinda ini kamu juga bisa menikmati fasilitas outbond.

  1. Tjiu’s Palace Samarinda

Tjius palace adalah salah satu tempat wisata Samarinda untuk keluarga yang memiliki banyak wahana hiburan seperti kolam pemancingan ikan, sepeda air (kayuh dan mesin) dengan bentuk yang unik dan lucu, serta masih banyak lagi. Selain itu ada juga kereta api dan kolam khusus anak-anak. Untuk kamu Toppers yang memiliki hobi memancing, tempat ini pasti akan kamu suka!

  1. Pelas Tahun Samarinda

Pelas Tahun Pampang merupakan aktivitas budaya masyarakat Suku Dayak Kenyah di Desa Pampang Samarinda yang melambangkan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan (NASIB), telah memberikan anugerah berupa hasil panen untuk kebutuhan masyarakat disana. Masyarakat Dayak Kenyah di Pampang selalu melakukan Upacara Pelas Tahun tiap tahunnya.

  1. Penangkaran Buaya Samarinda

Tempat Wisata Penangkaran Buaya Makroman Samarinda adalah tempat wisata yang menarik sekaligus memacu adrenalin. Di area dengan luas kurang lebih 7 hektar ini, kamu bisa melihat sekaligus berfoto dengan 3 jenis buaya di Penangkaran Makroman: Buaya Siam, Buaya Muara, dan Buaya Sepit.

  1. Samarinda Islamic Center

Ada satu tempat wisata religi Samarinda yang dapat kamu kunjungi bagi kamu beragama Islam, Masjid Islamic Center Samarinda. Desain arsitektur masjid ini konon diilhami dari arsitektur Hagia Sophia di Turki. Masjid ini mempunyai menara utama tunggal setinggi 99 meter yang termasuk jumlah asmaul husna serta enam menara dengan ukuran lebih kecil yang melambangkan jumlah rukun iman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *