15 Destinasi Wisata Bintan Yang Paling Hits

Advertisement

Destinasi Wisata Bintan- Apa yang pertama kali terbersit di benak Anda ketika mendengar nama Bintan? Pasti kebanyakan dari Anda langsung membayangkan sebuah pulau eksotis penuh dengan resort eksklusif yang dipadati turis – turis berduit asal Negeri Singa.

Tebakan Anda tidak sepenuhnya salah, mengingat pulau indah ini memang berjarak tak jauh dari Singapura, dan banyak dipenuhi oleh hotel-hotel serta resort – resort mewah.

Kenyataan yang sebenarnya dibalik semua citra mewah tersebut, Bintan masih menyimpan banyak lagi daya tarik lain yang tak kalah memikatnya selain dari akomodasi elit.

Jadi jangan mengira kalau satu-satunya hal seru yang bisa Anda lakukan di sana adalah bersantai di pinggir kolam renang sambil menyesap segelas cocktail. Saatnya untuk mengupas rahasia tersembunyi lainnya yang ada di pulau indah ini! berikut destinasi wisata bintan yang wajib dikunjungi.

  1. Menelusuri gurun pasir eksotis: Gurun Pasir Busung

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa Indonesia memiliki bentang alam yang sangat beragam. Bahkan di tengah – tengah hutan yang rindang maupun pantai – pantai tropis pun Anda dapat menemukan hamparan gurun pasir.

Inilah yang akan Anda jumpai di Gurun Pasir Busung yang misterius. Lokasi ini dulunya merupakan tempat penambangan bauksit yang kini menjelma menjadi sebuah gurun pasir nan cantik. Tak mau kalah dengan yang ada di Timur Tengah!

Gurun Pasir Busung Bintan

Beberapa waktu belakangan ini, nama Gurun Pasir Busur mulai naik daun dan jadi favorit para pemburu wisata alam. Namun sehubungan dengan tempat ini belum dikembangkan sebagai destinasi wisata alam sepenuhnya, jadi pengunjungnya pun masih sedikit.

Akses menuju gurun pasir ini tidak terlalu sulit, karena berada tepat di tepi Jalan Raya Busung. Tapi saying sekali, untuk menuju ketempat ini anda tidak bisa menggunakan angkutan umum.

  1. Mendatangi kapal legendaris pada waktu senja: MV Doulos Phos

Dari balik  gemerlapnya hotel – hotel dan resort – resort mewah, ternyata Bintan juga memiliki sejarah yang cukup menarik.

Salah satu cara untuk napak tilas sejarah (sekaligus foto-foto!), Anda dapat mengunjungi kapal yang “menghabiskan masa tua” di Pelabuhan Bandar Bentan Telani ini.

MV Doulous Phos

Kapal yang telah dibangun pada tahun 1914 (dua tahun setelah Titanic) ini dulunya dinamakan SS-Medina, baru setelah di penghujung tahun 1977 namanya digantiganti menjadi MV Doulos Phos. Dalam sejarahnya, kapal ini tercatat dalam Guiness Book of Records sebagai kapal penumpang tertua di dunia. Selain itu, kapal ini juga sudah pernah digunakan untuk misi kemanusiaan dengan membawa beberapa buku – buku.

Di tahun 2009, akhirnya kapal ini dijual dan oleh sang pemilik baru akan diubahfungsikan menjadi sebuah boutique hotel. Rencananya, di akhir 2016 ini proyek hotel tersebut akan rampung.

Nah, mumpung belum selesai berubah wujud, Anda dapat menyambangi dan menyaksikan langsung kemegahan kapal legendaris ini. Paling keren jika berkunjung ketempat ini diwaktu sore hari dengan latar belakang hangatnya senja yang spektakuler.

  1. Danau indah dengan panorama surealis: Danau Biru, Kawal

Walaupun sama – sama berwarna biru, namun entah kenapa warna air di Danau Biru ini jauh lebih menghipnotis daripada lautan yang mengelilingi Bintan.

Danau Biru Kawal Bintan

Pemandangan ini akan lebih spektakuler lagi dengan bukit – bukit pasir berwarna putih yang tampak serasi sekali di sekelilingnya. Saking indahnya, Anda pasti tak akan menduga bahwa danau ini tidak tercipta secara alami, melainkan akibat aktivitas penambangan yang hingga kini masih dilakukan.

Karena danau ini sebetulnya bukan merupakan sebuah obyek wisata, maka saat berkunjung ke sini Anda tak akan diganggu oleh ramainya turis. Hanya pemandangan danau yang begitu menakjubkan. Ingat ya, kalau ke sini jangan meninggalkan sampah!

  1. Kemeriahan parade bahari tahunan: Kepri Marine Festival

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang dua per tiga wilayahnya merupakan lautan. Jadi sangat pantas sekali rasanya kalau kekayaan bahari tersebut dirayakan dalam sebuah festival yang meriah.

Itulah yang dapat Anda temui di Kepri Marine Festival atau Festival Bahari Kepri, sebuah event tahunan yang diadakan di Tanjung Pinang, Bintan. Festival ini diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai usia dan berasal dari seluruh penjuru Kepulauan Riau yang bertujuan untuk mengundang minat wisatawan domestik maupun mancanegara.

Berbagai kegiatan yang terdapat dalam festival tersebut antara lain yaitu, peragaan busana, pertunjukan musik, perlombaan perahu naga, serta permainan tradisional.

Kepri Marine Festival

Namun bagian yang paling seru dari festival itu adalah parade Kepri Carnival menyusuri waterfront yang menampilkan 100 peserta dengan aneka kostum gemerlap dan berwarna – warni bertema bahari yang menambah kemeriahan acara tersebut.

Perpaduan antara musik enerjik, latar lautan, serta kostum-kostum unik tentunya menjanjikan sebuah perayaan yang tiada duanya!

  1. Asyiknya bersantai serta beraktivitas di tengah alam dan bermain air: Treasure Bay Bintan

Sesuai dengan namanya, Treasure Bay Bintan merupakan salah satu sebuah harta karun berkilauan yang dimiliki bintan. Bahkan lebih dari sekadar kompleks resort, Treasure Bay mungkin bisa dikelompokkan sebagai resort-city yang menawarkan berbagai kemewahan yang akan memberikan Anda pengalaman liburan paling berkesan selama hidup.

Jadi, silakan pilih sendiri mau mulai dari yang mana dulu:

5.1 Sensasi berkemah dengan fasilitas mewah: The Canopi

Di The Canopi, para tamu akan diajak untuk merasakan suasana menginap layaknya berkemah dalam tenda, namun tetap bisa menikmati kenyamanan ala resort berbintang.

The Canopi Treasure Bay Bintan

Ada 41 buah tenda di The Canopi yang masing-masing dikelilingi pepohonan hijau yang menyejukkan, dengan pemandangan sungai mangrove dan laut di kejauhan.

Setiap tenda yang terdapat di sini dilengkapi dengan fasilitas penyejuk ruangan, ranjang berkelambu, bak mandi air panas luar ruangan, serta koneksi WiFi yang cukup mumpuni. Bahkan wisatawan yang manja saja pasti akan merasa betah dan tenang berkemah di sini.

5.2 Laut buatan pertama di Asia Tenggara: Crystal Lagoon

Coba saja bayangkan sebuah pantai jernih yang berpasir putih paling indah yang pernah Anda lihat. Sudah? Nah, sekarang lipat gandakan sepuluh. Itulah yang akan Anda dapatkan jika datang ke Crystal Lagoon.

Crystal Lagoon Treasure Bay Bintan

Menyandang nama sebagai laguna air laut buatan pertama di Asia Tenggara, Crystal Lagoon menyuguhkan pemandangan epik berupa air dengan gradasi kebiruan dan pasir putih nan lembut yang begitu menjanjikan suasana liburan paling memorable.

Meskipun ramai dikunjungi wisatawan, akan tetapi ukuran laguna yang sangat membentang luas, setara dengan 50 kolam ukuran olimpiade. Wow! Itulah yang membuatnya tetap nyaman untuk dinikmati.

5.3 Basah-basahan sambil menguji adrenalin: Bintan Wake Park

Ini dia surganya para penggemar aktivitas air! Entah itu ingin mengeksplor keindahan bawah air, atau melakukan kegiatan seru diatas air, semua bisa dilakukan di sini.

Bintan Wake Park merupakan sebuah fasilitas wakeboarding (perpaduan antara skateboard dan surfing) terbaru di Bintan. Olahraga ini mengharuskan anda untuk berdiri disebuah papan selancar, lalu ditarik oleh seutas tali. Kebayang kan betapa degdegannya?

Wake Park Treasure Bay Bintan

Jikalau wakeboarding masih belum cukup memuaskan hasrat adrenalin Anda, jangan khawatir. Masih ada banyak lagi aktivitas lainnya yang tak kalah seru. Ingin mencoba terbang menggunakan jetovator atau mengemudi underwater scooter dibawah air, misalnya.

Kalau tak berani melakukan itu semua, setidaknya cobalah berjalan di atas air dengan menggunakan ZOVB Balls yang begitu ringan.

  1. Igloo misterius dari batu bata: Rumah Arang

Beneran ada igloo di Indonesia? Ya, memang kedengarannya aneh, namun Anda bisa menemukan igloo di Bintan! Memang sih tidak terbuat dari es, tapi bentuknya sama persis kok.

Bangunan – bangunan berbentuk dome ini ternyata dulunya merupakan dapur tungku milik warga Suku Laut, sebelum terbengkalai semenjak proses pembakaran bakau untuk membuat arang telah dilarang.

Kini, kubah yang terbuat dari batu bata ini menjadi sebuah obyek yang menarik perhatian para wisatawan yang datang.

Rumah Arang Bintan

Coba saja deh berfoto diantara bangunan – bangunan unik ini, pasti teman – teman Anda akan penasaran dibuatnya dan mencoba menebak – nebak apakah gerangan itu sebenarnya.

  1. Pantai surga yang serasa milik pribadi: White Sands Island

Tertarik untuk menghabiskan waktu di sebuah pulau layaknya surge yang terpencil?

White Sands Island bukanlah resort biasa, merupakan sebuah pulau pribadi di mana para tamu diajak untuk menikmati liburan sepuasnya dalam suasana tropis.

White Sands Island Bintan

Anda bisa mengisi waktu luang dengan snorkeling menikmati keindahan bawah lautnya, mengayuh mengitari pulau, atau berkemah di bawah bintang – bintang.

Pokoknya apapun yang bikin Anda hepi, disini anda bisa lakukan apa yang anda mau. Puas beraktivitas di pulau nan istimewa ini, pesanlah minuman dari bar dan nikmati piknik di pinggir pantai sambil menunggu indahnya pemandangan matahari terbenam.

  1. Melihat tukik ke laut lepas: Penangkaran Penyu White Sands Island

Apakah Anda sudah pernah melihat bayi penyu alias tukik untuk pertama kalinya melangkah tertatih – tatih berusaha menyeberangi pantai menuju laut? Menggemaskan bukan?

Nah, di sini anda bisa membantu bayi – bayi hewan lucu tersebut.

Penangkaran Penyu White Sands Island

Kalau kebetulan sedang berkunjung ke Bintan pada saat musim yang pas, pokoknya jangan lewatkan aktivitas yang satu ini.

  1. Menikmati istimewanya alam Bintan dari balik awan: Air Adventures Flying Club

Naiklah ke atas kokpit terbuka pesawat amfibi ini dan bersiap – siaplah untuk menikmati Bintan dan segala keindahannya dari sudut pandang yang berbeda.

“Luar biasa!”

“Momen liburan paling keren!”

“Pokoknya nggak boleh dilewatkan!”

Kalimat-kalimat di atas hanyalah sebagian ungkapan dari mereka yang sudah memberanikan diri menjajal langsung terbang bersama Air Adventures Flying Club di Bintan.

Air Adventure Flying Club Bintan

Pesawat yang digunakan dan kendalikan oleh pilot dengan pengalaman terbang selama lebih dari 20 tahun, jadi Anda tak perlu waswas dan tinggal duduk santai saja menikmati pemandangan yang indah sekaligus mendebarkan jantung.

Dengan membiaya tambahan sebesar Rp350.000,- Anda juga bisa mendapatkan rekaman video ketika sedang terbang berada di antara awan – awan. Ini baru namanya kenang – kenangan!

  1. Liburan yang penuh dengan petualangan di puncak gunung: Gunung Bintan Adventure Trek

Kata siapa Bintan cuma punya pantai indah? Di Gunung Bintan, mata Anda akan dipukau oleh keindahan alam yang luar biasa!

Dari puncak yang berada di ketinggian 340 meter di atas permukaan laut, Anda akan disajikan dengan pemandangan setiap sudut pulau sejauh mata memandang. Puncak tersebut juga bisa dicapai dengan mendakinya.

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

Selain pemandangannya yang elok, dalam pendakian pun nantinya anda akan bertemu dengan berbagai satwa dan tumbuhan liar, serta air terjun!

Anda pun juga bisa memetik langsung buah manggis atau pisang yang terletak di perkebunan.

Di perjalanan balik, jangan lupa untuk mampir ke air terjun tersembunyi dan segarkan kembali diri Anda dengan airnya yang sejuk.

  1. Berfoto – foto dengan patung 1000 wajah: Wihara Patung 100 Wajah (Vihara Ksitigarbha Bodhisattva)

Sebagai negara berdasar Pancasila, Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai rumah – rumah ibadah beragam keyakinan yang ada di Indonesia, termasuk di Bintan.

Salah satu rumah ibadah yang paling unik di Bintan adalah Vihara Ksitigrabha Bodhisattva atau dikenal juga dengan nama 500 Lohan Temple atau Wihara Patung 1000 Wajah.

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

Anda pasti bertanya – tanya, mengapa disebut Wihara Patung Seribu Wajah? Karena di sini terdapat 500 patung murid Buddha berukuran normal dalam berbagai ekspresi. Benar – benar unik dan membuat Anda langsung merasa seperti sedang berada di Negeri Tiongkok.

Pastikan Anda menyempatkan diri ke taman tempat patung – patung tersebut berada dan menyaksikan langsung keunikan masing – masing patung yang berbeda satu sama lain. Anda bahkan bisa mengetahui nama – nama mereka dari pahatan yang terdapat di bagian bawah kakinya.

  1. Bermain golf dengan latar belakang lautan: Ria Bintan Golf Club

Ada yang bilang kalau golf adalah olahraga yang membosankan. Tapi kami pastikan di Ria Bintan Golf Club, Anda tidak akan merasa bosan sedikitpun.

Tak pandang apakah Anda sudah mahir mengayunkan tongkat golf atau baru pertama kali mencoba, suasana disini pasti buat Anda kian termotivasi untuk mencetak hole-in-one.

Ria Bintan Golf Club

Klub golf ini berada tepat di tepi laut, menyuguhkan pemandangan Laut Cina Selatan yang spektakuler, dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Dan bukan cuma pemandangan saja yang menjadikan klub ini istimewa.

Jika ingin menyempurnakan pukulan dan ayunan Anda, lapangan golf bintan kelas dunia dengan 18 lubang ini siap menjadi tempat latihan yang sempurna.

  1. Menyusuri jejak Suku Laut yang ada di Bintan: Trails of the Sea Gypsies

Percaya deh, Bintan tak hanya dipenuhi hotel – hotel mewah saja. Kalau ingin mengetahui kehidupan asli Bintan yang sesungguhnya, keluarlah sejenak dari resort mewah Anda.

Salah satu yang dapat disaksikan hingga saat ini adalah kehidupan masyarakat Suku Laut yang mendiami kawasan pesisir pantai. Suku Laut adalah penduduk nomaden yang berkelana mengitari lautan seluruh Indonesia.

Trails Of The Sea Gypsies

Walaupun sudah banyak yang menetap di kawasan pesisir Bintan dan tersentuh oleh kehidupan modern, namun gaya hidup tradisional dan sederhana masih tetap dipertahankan. Diantaranya yang bisa Anda lihat adalah rumah – rumah terapung dan proses pembuatan perahu tradisional.

Dan satu hal lagi yang tak mungkin anda abaikan adalah canda tawa anak – anak kecil Suku Laut yang selalu ceria menyambut siapapun yang datang berkunjung.

  1. Temukan ketenangan jiwa di tengah hutan: Aroma River Spa

Aroma River Spa bukanlah tempat spa biasa. Ini adalah satu-satunya spa terapung di Bintan, di mana Anda dapat memanjakan tubuh dengan aneka perawatan spa, di tengah-tengah rindangnya hutan bakau.

Aroma River Spa

Fasilitas yang ada di sini didesain sedemikian rupa sehingga bisa terasa menyatu dengan lingkungan sekitarnya.

Setelah mencoba perawatan Traditional Riau Body Massage atau De-Stress River Spa Package, nikmatilah perjalanan menyusuri sungai yang tenang dengan perahu dan temukan ketenangan batin.

  1. Kenakan perlengkapan snorkeling Anda dan nikmati keindahan bawah laut: Tasik Rivers Bintan

Airnya yang jernih serta kehidupan bawah lautnya yang beraneka ragam menjadikan Bintan surganya pecinta snorkeling.

Anda tak akan merasa bosan menghabiskan waktu berjam – jam atau bahkan berhari – hari memandangi dunia bawah lautnya yang mempesona, dengan deretan terumbu karang bermacam – macam bentuk  serta ikan – ikan berwarna – warni.

Tasik Rivers Bintan

Dan beruntungnya lagi, Anda tak perlu merogoh kocek dalam – dalam untuk bisa menikmati itu semua.

Jangan sampai lupa untuk membawa kamera anti-air anda untuk mengabadikan momen istimewa tersebut!

 

Advertisement
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.