15 Tempat Wisata Di Manado Terbaru dan Paling Hits Buat Di Kunjungi

Tempat Wisata Di Manado Terbaru dan Paling Hits- Ibu kota dari Sulawesi Utara ini merupakan kota kedua yang paling ramai di Sulawesi setelah Makassar. Memang banyak sekali tempat wisata di wakatohi Sulawesi tenggara yang wajib di kunjungi. Meskipun begitu, Sulawesi Utara, tepatnya di Manado ini juga banyak wisata di manado yang tidak kalah indahnya. Dengan perekonomian di Manado sangat tumbuh cepat, banyak tempat wisata yang bisa dilihat di Manado. Banyak tempat wisata yang terkenal di Manado, yang pantas layak dikunjungi untuk berlibur bersama keluarga. Apa saja sih tempat wisata yang bisa kita temui di Manado?. Berikut adalah beberapa tempat wisata di manado :

  1. Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken- tempat wisata Manado yang tidak mungkin tidak dikenal oleh para pencinta travel. Dengan pemandangan yang sangat amaat indah di dunia yang paling menakjubkan, taman laut ini sudah ditetapkan menjadi salah satu situs warisan dunia tahun 2005 oleh Unesco. Maka dari itu, tidak heran kalau memang banyak biota laut, aneka ragam terumbu karang, ikan yang berwarna warni dan cantik, membuat tempat yang sangat cantik ini menjadi seperti surga bagi pecinta kegiatan menyelam, snorkeling dan fotografi.

Ada lebih 30 titik selam yang ada, dan tentunya membuat kita betah berlama-lama menyelam. Jika tidak bisa berenang,kalian tidak usah takut, karena apa? kita bisa berwisata dengan kapal selam khusus dengan kaca transparan untuk dinding supaya kita bisa melihat pemandangan bawah laut dengan jelas. Meski kita bisa datang kapanpun, tetapi yang paling terbaik adalah bulan Maret sampai Agustus. Air yang lebih jernih sehingga jarak pandang kita akan lebih jauh dan baik.

  1. Gunung Tumpa

Gunung Tumpa

Gunung Tumpa– Wisata di manado terletak di kelurahan Meras, kecamatan Bunaken dan ditempuh sekitar satu jam dari pusat kota Manado dengan angkutan darat kita bisa melihat pemandangan berupa pepohonan yang hijau nan indah dan kebun kelapa. Pemandangan yang sangat amat luar biasa indah akan memanjakan mata teman teman semua, dengan pemandangan alami yang menunggu untuk kita dijelajahi.

Lokasi ini sangat wajib dikunjungi bagi wisatawan yang tergila gila dengan fotografi. Dengan sedikit menanjak ke tempat yang tepat, para fotografer pun dan juga pendaki serta pencinta alam bisa menikmati pemandangan yang indah dan juga bisa menikmati alam yang segar, objek foto-foto yang sangat menarik dan juga pepohonan yang rindang. Bagi para penggemar fotografi, dapat mendapatkan foto untuk matahari terbit dan juga matahari tenggelam.

  1. Pulau Lembeh

    Pulau Lembeh

Pulau Lembeh– Wisata di manado tempat ini juga tidak kalah indahnya dengan bunaken. Ada sekitar 88 spot menyelam yang indah menunggu kita, dan pastinya untuk para penggemar snorkeling, diving dan fotografi, tempat ini memang wajib dikunjungi. Pulau kecil yang terletak di kota Bitung inipun tidak terlalu jauh dari Manado. Untuk biaya masuk ke pulau Lembeh ini saja hanya membutuhkan uang sebesar 8.000 rupiah.

Tetapi tentu saja kita bisa berkeliling tempat wisata di sekitar Manado dengan menyewa perahu, meskipun membutuhkan biaya yang sedikit agak banyak berjumlah kurang lebih 300 ribu rupiah, tetapi kita gak akan rugi, kita bisa menyewa perahu untuk berkeliling antar pulau dan ke sekitar Manado. Untuk teman teman yang tidak terlalu suka kegiatan air seperti diving dan snorkeling,teman teman dapat juga berfoto-foto di sekitar pulau yang airnya jernih dan berpasir putih ini.

  1. Taman Laut Tumbak

Taman Laut Tumbak

Taman Laut Tumbak– Masih belom terlalu jauh dari tempat wisata air, Taman Laut Tumbak juga dapat diadu dengan Bunaken dan Pulau Lembeh. Berjarak sekitar 3 jam dari Manado dan terletak di kabupaten Minahasa Utara ini cocok untuk memuaskan hobi wisatawan wisatawan yang menyukai wisata di bawah air.

Ada sekitar 20 spot diving dan snorkel di Tumbak yang patut teman teman dicoba, beberapa di antaranya yaitu Napo Kipas, Bohaga Mangrove, Bohaga Kecil, Taman Karang, dan Pintu Samudra. Meskipun memiliki keindahan yang sangat luar biasa, tetapi taman laut Tumbak ini belom terlalu dikenal oleh wisatawan umum. Maka dari itu, kita bisa dapat berwisata dengan tenang dan menikmati tempat yang indah dan juga menakjubkan ini. Tapi walaupun begitu, jangan lupa untuk tetap berhati-hati karena mengingat adanya bahaya wisata air.

  1. Danau Tondano

Danau Tondano

Danau Tondanowisata manado cantik tidak kalah dengan pemandangan indah di luar negeri, danau ini merupakan salah satu destinasi utama yang ada di Manado dan Sulawesi Utara. Karena itu kita tidak boleh melewatkannya. Tempat wisata ini juga pas untuk dikunjungi bersama-sama keluarga ini terbentuk akibat aktivitas vulkanis, mirip dengan kejadian pembentukannya danau Toba.

Dengan pemandangan yang sangat amat indah, asri, dan teduh membuat pengunjung betah dan senang berlama lama di daerah Danau Tondano ini. Danau wisata ini juga memiliki pulau kecil di tengah danaunya ini memiliki luas sekitar 4000 hektar dan diapit tiga gunung, yaitu Gunung Tampusu, Gunung Kaweng, dan Gunung Masarang. Wisatawan dapat berkeliling dengan perahu motor untuk 10 penumpang. 

  1. Pulau Siladen

Pulau Siladen

Pulau Siladen– Surga dunia tersembunyi yang tidak boleh dilewatkan ini membutuhkan perjalanan menggunakan kapal motor dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dari kota. Pulau Siladen ini terkenal dengan hamparan pasir pantai yang putih, air berwarna biru jernih, dan memiliki dua titik penyelaman yang paling menarik bernama Siladen 1 dan Siladen 2.

Jangan lupa untuk menjaga uang dengan cara berhemat saat liburan akan tiba, karena di pulau ini juga terdapat banyak sekali fasilitas homestay, hotel, resort dan fasilitas akomodasi yang baik, jadi kita tidak usah khawatir untuk bolak balik kalau ingin menghabiskan banyak waktu di pulau ini. Bagi para wisatawan yang menginginkan ketenangan dan juga keindahan yang gak kalah dari pantai lain, maka Pulau Siladen menjadi pilihan. 

  1. Pantai Ratatotok

Pantai Ratatotok

Pantai Ratatotok- Wisata di manado berada di daerah kecamatan Minahasa Tenggara dan dapat ditempuh 3 jam dari Manado, pantai ini yaitu  merupakan milik penambangan emas Newmont. Meskipun begitu, tidak banyak membuat pantai ini kotor dan tidak terawat. Pemandangan yang sangat amat bagus, pantai yang bersih, laut biru jernih, pasir putih yang bikin nyaman membuat pengunjung betah karena udaranya yang sangat bersih dan baik untuk kesehatan.

Terdapat sekitar 24 titik diving dan snorkeling, terumbu karang dan berbagai jenis ikan dan koral yang merupakan hasil hasil dari program konservasi laut PT. Newmont. Kedalaman lokasi diving dan snorkeling beragam, mulai dari sekitar 5-40 meter dengan jarak pandang sekitar 10-25 meter dan suhu air sekitar 26 sampai 32 derajat celcius.

  1. Pulau Lihaga

Pulau Lihaga

Pulau Lihaga- Pulau yang satu ini terletak di daerah Minut, dekat kota Manado ini bernuansa eksotis dan pengunjung bisa saja mendapat pantai pasir putih dengan air yang biru hijau dan jernih. Ombak yang bersahabat dan sangat tenang memang membuat pengunjung tidak bisa surfing, tetapi wisatawan pun bisa bersantai, berjemur dan bermain air di pinggir pantai yang indah ini.

Meskipun pengunjung akan dikenai biaya masuknya, tetapi pemandangan yang akan diberikan terbayar dengan pemandangan yang luar biasa indah dan menenangkan di pulau ini. Pulau Lihaga memang tidak banyak pengunjung karena belum terekspos. Tetapi, pemandangan di pulau Lihaga ini bisa diadu dengan tempat wisata di luar negeri.

  1. Wisata Bunga Tomohon

Wisata Bunga Tomohon

Wisata Bunga Tomohon- Selain di kota Bandung, ternyata Manado juga memiliki taman taman bunga cantik yang tertata rapi, tentu saja tidak kalah dengan keindahan wisata alam yang lain. Terletak di Kota Tomohon yang berjarak 20 kilometer dari Manado, kita bisa saja melihat banyak tempat wisata yang menarik di Tomohon. Di kota ini, warga warga menanam banyak bunga-bunga cantik karena tanah yang subur.

Wisatawan wisatawan sebaiknya datang di antara bulan Juni sampai Agustus, karena disini ada festival bunga hias dan bisa juga melihat parade bunga serta berbagai pertunjukan pertunjukan seni di sepanjang jalanan kota. Bagi para wisatawan yang belum puas menjelajahi sekitar daerah Tomohon, kalian jangan khawatir karena terdapat banyak penginapan di sekitar Tomohon, jadi tidak usah khawatir kalo ingin menikmati tempat-tempat wisata yang tidak kalah menariknya.

  1. Arung Jeram Timbukar

Arung Jeram Timbukar

Arung Jeram Timbukar– Para penyuka olahraga ekstrim arung jeram pasti akan sangat menyukai tempat yang satu ini. Dari kota Manado sampai menuju ke desa Timbukar, Minahasa hanya dapat memakan waktu 2 jam. Jangan lupa untuk selalu mengingat bahayanya arung jeram. Terdapat banyak sekali tempat yang menarik di sepanjang jalan, jadi perjalanan pun tidak akan membosankan.

Sesampainya di desa Timbukar, pengunjung dapat juga memilih paket yang ada, dan mulai mengarungi jeram di Sungai Nimanga sambil menikmati keindahan keindahan alam dan tebing di sebelah kanan dan kiri. Dari tempat start menuju finish hanya memakan waktu 2 jam, berjarak sekitar 9 kilometer. Tentunya pengunjung juga dapat menikmati wisata kuliner yang disajikan di desa Timbukar.

  1. Pantai Malalayang

Pantai Malalayang

Pantai Malalayang– Salah satu obyek wisata yang juga tidak bisa dilewatkan adalah pantai Malalayang yang berlokasi tidak jauh dari pusat kotanya, sekitar 4 kilometer dari kota Manado. Tempat inilah yang sangat populer dengan masyarakat di sekitar Manado, memiliki banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan. Mulai dari diving, snorkeling, bermain air, berenang, sampai berbincang dan menikmati wisata kuliner yang berjejer disepanjang pantai Malalayang.

Tempat ini juga memiliki keindahan bawah laut yang tidak kalah menarik, dan di sekitar pantainya saja ada tempat penyewaan alat selam untuk pengunjung maupun wisatawan yang tidak membawa alat selam. Berbeda dengan pantai pantai yang lain, pantai Malalayang memiliki pasir berwarna hitam dan memiliki ombak yang sangat tenang, sehingga kita bisa bermain air tanpa harus khawatir. Selain menyelam dan berenang, wisatawan juga bisa menikmati wisata kuliner yang ada tepat di pinggir pantai.

  1. Gunung Dua Saudara

    Gunung Dua Saudara

Gunung Dua saudara– Sesuai dengan namanya, wisata di manado gunung yang memiliki 2 puncak kembar yang sangat menawan ini berada sekitar 12 kilometer dari pusat kota Bitung nya. Gunung nonaktif yang berada di sekitar sebelah timur Gunung Klabat ini berhadapan dengan Cagar Alam Tangkoko. Keindahan puncak Gunung Duasaudara ini terlihat jelas dari pesisir Lembeh, dan sangat amat mengesankan.

Memang bukan termasuk ke dalam gunung terindah di Indonesia sebagai didaki. Meskipun mendaki gunung sekitar 1.351 meter di atas permukaan laut ini terhitung sulit, tetapi banyak sekali wisatawan yang sudah sangat puas dengan berjalan jalan di kaki gunung dan menikmati wisata kuliner serta pemandangan indah dan udara segar.

  1. Taman Wisata Tandurusa

Taman Wisata Tandurusa

Taman Wisata Tandurusa- Bagi wisatawan yang suka melihat lihat binatang unik, tidak ada salahnya untuk melihat koleksi hewan di taman wisata Tandurusa. Taman yang berada di Kecamatan Aertembaga dan berjarak sekitar dua jam dari pusat kota Manado ini memiliki banyak sekali koleksi binatang endemik yang beragam khas Sulawesi.

Tidak akan bosan untuk menjelajah taman wisata ini, karena sarat informasi dan memiliki banyak hal menarik yang dapat dilihat dan dipelajari. Mulai dari babirusa, monyet hitam, tarsius, sampai berbagai hal jenis burung bisa ditemui di taman wisata ini. Tarsius ini sudah menjadi ikon Sulawesi Utara. Binatang yang bentuknya menyerupai monyet tetapi bertubuh tak lebih besar dari 15 centimeter memiliki tangan dan kaki yang berukuran lebih panjang dari tubuhnya. Ciri ciri lain yang mencolok dari binatang ini adalah matanya yang bulat dan besar sangat, berukuran hampir separuh dari wajahnya.

  1. Air Terjun Kima Atas

Air Terjun Kima Atas

Air Terjun Kima Atas– Wisata di manado air terjun Kima Atas memang air terjun Indonesia yang wajib dikunjungi, tetapi selalu menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan yang mengunjungi daerah Manado itu. Berjarak kurang lebih sekitar 15 kilometer dari kota Manado, pengunjung hanya membutuhkan waktu tempuh 20 menit dengan kendaraan darat.

Air terjun yang berada di daerah Kelurahan Kima Atas ini memiliki banyak pepohonan, udara sejuk, air jernih dan senantiasa menemani kalian dengan pemandangan yang indah. Aliran yang tidak terlalu deras ini membuat kita aman untuk berenang dan bermain air. Atau setelah kita puas dengan berenang, bermain air dan berfoto-foto dan kita hanya menikmati pemandangan dan gemericik air, kita bisa bersantai di sekitar lokasi air terjun yang memiliki banyak sekali hidangan kuliner yang menarik untuk dicicipi.

  1. Bukit Kasih

Bukit Kasih

Bukit Kasih– Tidak hanya tempat wisata di Qatar yang eksotis saja yang pantas di kunjungi. Banyak tempat eksotis yang lain yang ada di dalam negeri. Wisata di manado salah satunya adalah Bukit Kasih. Tempat wisata unik yang menarik ini wajib untuk dikunjungi, bertempat di Desa Kanonang, sekitar 55 kilometer dari pusat kota Manado nya.

Sesuai dengan nama nya bukit kasih, wisatawan dapat melihat lima rumah ibadah agama di Indonesia dalam satu tempat. Wisatawan di sambut dengan monumen setinggi sekitar 22 meter yang biasa disebut dengan Tugu Toleransi. Tugu berbentuk segi lima di setiap sisinya terdapat simbol masing masing agama dengan kutipan dari kitab suci masing masing agama. Ada lima rumah ibadah yang dihubungkan dengan jalan berliku, dan terdapat menara salib berwarna putih dengan tinggi sampai sekitar 50 meter. 

  • Wow!! Bagus sekali bukan tempatnya?  Tempat wisata di manado ini adalah salah satu wisata di tanah air yang harus kita banggakan dan harus kita jaga. Jadi bagi teman teman jika berkunjung di suatu tempat wisata supaya menjadi wisatawan yang peduli dan ramah terhadap lingkungan, dengan cara membuang sampah ditempat nya.
  • Sangat senang sekali sudah dapat mengisi waktu sebentar anda untuk melihat artikel wisata ini. Sekian dulu ya dari kami, kami akan hadir untuk anda lagi, jadi jangan lupa ya coment gimana sih tempat wisata di manado ini.

Sekian dulu dari kami, terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada salah penulisan kami minta maaf yang sangat besar. Yakkk dahh teman teman, sampai jumpa kembali….

By: Husein Dong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *