19 Rekomendasi Wisata Kuliner Sragen Yang Mendunia

0
64
Sate Kambing Widi

19 Rekomendasi Wisata Kuliner Sragen adalah beberapa tempat kuliner di sragen lebih tepatnya rekomendasi tempat makan di sragen dan tempat nongkrong di sragen jadi bagi anda yang mencari oleh oleh sragen, tempat makan di sragen dan tempat nongkrong di sragen maupun info kuliner di sragen berikut rekomendasi dari kami :

  1. Rengginang Tiwul

Rengginang Tiwul

Wisata kuliner di sragen Kuliner Rengginang Tiwul, merupakan salah satu makanan khas setempat yang rasanya sangat nikmat dan bikin mau tambah lagi. Rasanya yang sangat gurih dan renyah, menjadikan makanan satu ini sangat pas untuk Anda nikmati sebagai camilan bersama kopi dan teh. Bila kalian ingin membelinya, Anda bisa mengunjungi Pasar Bunder di Sragen untuk mendapatkan Rengginang Tiwul.
Harganya juga di bilang sangat murah, satu kantong bisa Anda bawa pulang dengan hanya Rp. 10 ribu saja. Atau, kalian bisa memesannya di Tokopedia seharga Rp 15.000.

  1. Gathot Sragen

Gathot Sragen

Selanjutnya, ada gathot wisata kuliner sragen. Makanan yang satu ini merupakan gaplek yang lama tersimpan, lalu direndam dan dicuci lagi, baru dipotong dan dikukus. Hasilnya, menghasilkan makanan yang sangat gurih dan nikmat. Biasanya, untuk menambah rasanya, makanan ini bisa ditambahi garam, gula atau kelapa.
Untuk mendapatkan produk satu ini, kalian bisa mengunjungi sejumlah tempat toko oleh-oleh, seperti Warung Bu Dharmo yang berada di Sragen. Harganya dibilang cukup murah, hanya Rp 10.000 per kantong. Sekarang, rasa gathot sudah banyak sekali variasi, lho. Kalian bisa memilih gathot rasa pisang, nangka. dan rasa lainnya yang tentunya bisa menjadi camilan pilihan kalian.

  1. Keripik Tempe

Keripik Tempe

Keripik tempe memang bisa kalian temukan di mana saja. Tapi, keripik tempe wisata kuliner enak sragen memiliki rasa yang berbeda dan juga unik. Tentunya, bila kalian menginginkan rasa keripik tempe yang gurih, juga empuk, maka keripik tempe Sragen wajib kalian cicipi.
kalian bisa mengunjungi Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen yang banyak sekali menjual sejumlah kripik tempe tersebut. Rasa tempe yang diiris tipis, lalu dibalut dengan tepung dengan aroma bahan bahan yang kuat, menjadikan keripik tempe asal Sragen begitu sangat memukau. Kalian bisa mendapatkan keripik tempe seharga Rp 1.500 per bungkus kecil dengan isi 15 buah.

  1. Wajik Mbah Rajak

Wajik Mbah Rajak

Wajik merupakan makanan khas daerah sekitaran Jawa yang rasanya sudah terkenal sangat nikmat. kalian dengan mudah menemukan makanan satu ini di berbagai tempat di wisata kuliner sragen, salah satunya di Pasar Sragen Kota.
Rasanya yang nikmat, juga pas untuk dinikmati lama. Cara membuat makanan satu ini adalah dari beras ketan yang sudah direndam, lalu dikukus. Setelah itu, diaduk lalu dikukus kembali, baru ditumbuk dan dicetak. Kalian bisa membelinya di Jenang Mbah Rajak, di daerah Kampung Cantel Wetan, Sragen.
Ini merupakan tempat menjual Wajik Sragen yang memang sudah terkenal sejak lama. Harganya cukup murah, mulai dari Rp 20.000 per kilogram, atau bila ingin membeli per kotak, bisa dibeli seharga Rp 25.000.

  1. Walangan

Walangan

Walangan merupakan makanan khas Sragen, yang bisa kalian temukan di kecamatan Sumberlawang. Walangan dibuat dari bahan berupa singkong atau ketela yang diparut. Selanjutnya, dicampur dengan gula merah lalu digoreng.
Tentunya, menggoreng walangan bukan menggunakan minyak sayur, tetapi menggunakan minyak kelapa. Setelah digoreng, belum dapat langsung dimakan, tapi didiamkan dulu semalaman. Keesokan harinya, dicampurkan lagi gula merah yang sudah dicairkan.
Rasanya yang manis dan gurih, juga renyah. Apalagi, harganya cukup murah, lho. Per bungkus kecil, hanya dijual seharga Rp 6.000 saja. Bila membelinya per kilogram, dijual seharga Rp 14.000. Tentunya, kalian bisa mengunjungi kecamatan Sumberlawang, Sragen untuk menemukan makanan berbentuk bulatan yang rasanya sangat nikmat ini.

  1. Intip Mini

Intip Mini

Intip merupakan salah satu wisata kuliner sragen makanan dibuat dengan bahan kerak nasi. Nah, bila intip ini biasanya berukuran besar, maka di Kecamatan Sumberlawang, tepatnya di Dukuh Kedungdowo, Desa Hadiluwih, kalian dapat menemukan intip yang ukurannya lebih kecil, yakni hanya sekitar 12 cm saja. Harga intip mini memang lebih murah, hanya Rp 2.000 saja per buah.
Bahkan, bila kalian langsung membelinya di Desa Jati dan Desa Kedungdowo, Sumberlawang, harganya bisa lebih murah. Harga jualnya untuk intip mini yang lebih kecil ini dijual seharga Rp 1.200 saja, sedangkan yang agak sedang baru dijual Rp 2.000. Rasanya juga sangat amat nikmat dan renyah, serta kriuk-kriuk. Apalagi dengan tambahan bumbu dan varian rasa yang menjadikan intip ini semakin tambah nikmat.

  1. Saci/Sragen Munchies

Saci

Saci adalah salah satu camilan pilihan bagi kalian yang suka makanan manis. Bentuknya seperti dodol, namun bentuknya sedikit lebih menarik. Saci ini merupakan kependekan dari Sragen Munchies.
Dodol jenis baru khas Sragen ini dibuat dari bahan tepung garut, gula aren, dengan tambahan bumbu lain untuk memperkaya rasanya. Kemudian, dibuat dengan bentuk yang sangat unik dan menarik untuk menarik perhatian pembeli. Harganya juga terbilang cukup murah, satu pak atau kemasan berisi 10 Saci dijual seharga Rp 15.000 saja.
Kalian bisa mendapatkannya di sekitaran Kota Sragen, terutama di sejumlah toko oleh oleh. Salah satunya di Resto Ndayu Park juga ada di Galeri Batik Sukowati.

  1. Ampyang

Ampyang

Masih ada makanan yang berasal dari Kecamatan Sumberlawang, Sragen. Selain Walangan, ada makanan lain yang bernama ampyang. Makanan yang satu ini adalah makanan yang dibuat dari bahan kacang tanah dengan gula merah. Kacang tanah ini awalnya disangrai dulu, lalu baru dicampurkan dengan gula merah, menjadikan makanan yang sangat manis dan nikmat.
Nama ampyang juga biasa disebut berasal dari istilah “jalan rusak” karena bergelombang dan tidak rata. Tidak hanya itu, makanan yang satu ini juga bisa membuat kalian ketagihan, apalagi rasanya sekarang berinovasi dengan tambahan tambahan sejumlah rasa lainnya.
Kalian bisa berkunjung ke Sumberlawang, dan dengan mudah menemukan ampyang ini di sejumlah toko oleh-oleh. Salah satunya yang ada di Kedai Bu Sri. Harganya terbilang cukup murah, hanya Rp. 4.500 per kotak.

  1. Keripik Pisang Sumberlawang

Keripik Pisang Sumberlawang

Masih dari wilayah Sumberlawang, satu lagi kuliner asal daerah ini yang satu ini perlu kalian cicipi adalah keripik pisang Sumberlawang. Makanan yang satu ini sebenarnya bisa kalian temukan di mana saja, tetapi kalau bicara tentang rasa, tentunya jangan sampai melewatkan uniknya rasa keripik pisang asal Sumberlawang, Sragen ini.
Gurihnya sangat pas, renyahnya juga pas. Tidak hanya itu, rasa pisangnya pun juga nikmat. Perlu kalian ketahui, di Sumberlawang, kalian juga bisa menemukan pisang Bawen yang rasanya sangat nikmat, empuk dagingnya, juga banyak vitamin dan mineralnya. Nah, pisang bawen inilah yang menjadikan rasa keripik pisang di Sumberlawang ini begitu berbeda.
Kalian bisa mendapatkannya di sejumlah UKM, toko, minimarket dan sebagainya di Kecamatan Sumberlawang. Harganya untuk kemasan 1 ons hanya dijual murah Rp 5.000 saja. Nah, bila kalian ingin lebih banyak, kemasan 2 kg juga hanya dijual Rp 80.000, kok.

  1. Emping Garut

Emping Garut

Emping garut adalah emping yang sengaja dibuat dari bahan umbi garut, jadi bukan dari melinjo. Penyebab diciptakannya makanan ini awalnya karena melinjo yang tidak begitu baik bagi orang-orang yang menderita asam urat. Jadi, agar lebih aman, umbi garut diolah menjadi sebuah makanan, yaitu salah satunya emping.
Garut juga tanaman yang sangat baik, karena mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Meski begitu, makanan ini juga baik untuk yang menderita diabetes. Nah, kebetulan di kota Sragen, khususnya di Desa Blangu, Kecamatan Gesi, merupakan salah satu sentra penghasil umbi garut terbesar, woww!
Harganya pun cukup murah, kalian dapat membelinya seharga Rp 30.000 untuk ukuran 1 kg emping mentah. Bila ingin yang sudah digoreng, maka harga jualnya menjadi sekitar Rp 45.000 per 1 kg. Kalian bisa mendapatkannya di Emping Garut Fadillah, yang bisa kalian temukan di Kecamatan Gesi, Sragen.

  1. Soto Girin Sragen

Soto Girin Sragen

Wisata Kuliner Sragen yang satu ini adalah soto, jangan ngaku kalian suka soto kalo kalian belum menikmati soto yang satu ini, soto satu ini berasal dari sragen yang bernama “Soto Girin Sragen”, jika kalian bersama keluarga atau bersama saudara atau teman teman kalian main ke sragen jangan lupa mampir ke sini , sotonya yang sangat nikmat dan sangat memanjakan lidah dan perut kita, inilah soto yang sangat populer sekali dikota sragen , dan soto legendaris yang ada di sragen, dan berlokasi di jalan Brigjen katamso sragen kulon.

  1. Rumah Makan Bu Djar

Rumah Makan Bu Djar

kuliner yang menyajikan menu khas masakan jawa , dan baru buka kurang lebih sekitar 3 tahun ini sangatlah rekomended banget bagi para pecinta masakan jawa , olahan jawa dan banyak lagi lainnya yang disediakan di warung ini, dan hanya ada di kota sragen, dan rumah makan masakan jawa ini adalah  Rumah Makan BU DJAR yang berlokasi di daerah Jl. Raya Sukowati No. 470 Sragen.

  1. Tengkleng & Sate Kambing Mas Mitro

Tengkleng Dan Sate Kambing Mas Mitro

Salah satu sate kambing yang punya reputasi tinggo di kota Sragen adalah Sate Kambing Mas Mitro. Meski nama kedainya sate kambing, tapi hidangan yang disediakan banyak dicari para pengunjungnya justru hidangan tengkleng. Dengan rasa tengkleng yang sangat menggoda dan dengan daging kambing muda pilihan tengkleng ini menjadi primadona di sragen , Kedai ini berada dekat di daerah Beloran, tepatnya di Jl. Raya Sukowati 117 sebelahnya dealer motor Harapan Utama.

  1. Bothok Mercon Pembawa Berkah

Bothok Mercon Pembawa Berkah

Sangat pedas dan terasa panas di lidah yaitu “Bothok Mercon Pembawa Berkah” wisata kuliner sragen, bothok ini terasa sangat enak di lidah tapi juga sangat membakar lidah , walaupun rasanya sangat pedas dan bisa membuat lidah kita terbakar , warung bothok yang ada di kota sragen ini tidak sepi dari pelanggan, banyak orang yang datang untuk mencoba bothok mercon ini , jangan ngaku suka pedas kalo belum pernah nyobain makanan yang ada di sini , yang berlokasi di Jl. Raya Sukowati 255 Sragen.

  1. Trancam Mbah Pin

Terancam Mbah Pin

Trancam mbah Pin, wah pastinya yang sekali mendengar kata trancam mbah Pin kita langsung memikirkan rasa kelezatan bumbu sambal trancam dan kesegaran sayurannya. Trancam mbah Pin ini menyajikan trancam dengan lauknya yang serba bakar menarik para pecinta kuliner yang memperhatikan kesehatannya yang datang ke warung lesehan ini. Warung makan ini hanya buka setelah maghrib  hingga pukul 21.00 WIB.

  1. Bakso Rusuk Palur

Bakso Rusuk Palur

Bagi anda yang suka bakso dan di tambah rusuk , mampir ke sini kuliner yang satu ini menyajikan bakso rusuk yang sangat enak untuk di nikmati dan sangat rekomended banget jika di coba , jika anda main main di karanganyar tepatnya di palur , Ada beberapa pilihan menu seperti bakso biasa (polos), bakso rusuk ( iga sapi ) dan bakso tetelan. Pilih saja sesuai dengan seleramu. Harganya murah sekitar Rp. 10 ribu hingga Rp. 20 ribu. silahkan nyobain ke sini yang berlokasi di  Jl. Sukowati, Sine, Kec. Sragen, Kabupaten Sragen.

  1. Sate Kambing Widi

Sate Kambing Widi

Juga mempunyai wisata kuliner sragen andalan seperti ini kuliner Sate Kambing Widi yang sangat populer dan sangat di gemari oleh warga sragen, dengan rasa sate kambingnya yang sangat terjamin enak dan daging yang sangat empuk menjadikan sate ini andalan di kota sragen , yang berlokasi di Dukuh Kajen, Desa Celep, Kedawung, Sragen. Bagi kalian yang pecinta sate , silahkan nyobain di sini di jamin rekomended banget rasanya.

  1. Sate Kelinci Pak Peng

Sate Kelinci Pak Peng

Sate yang menggoda sekali wisata kuliner sragen karena kelezatannya yaitu Warung Pak Peng hidangannya daging kelinci disate dengan tambahan bumbu spesial sehingga rasanya menjadi istimewa Jika datang ke sini kalian harus membawa kesabaran, karena bisanya antriannya panjang, apalagi di jam makan siang, kalian yang suka sate kelinci buruan nyobain sate kelinci di sini di jamin satenya sangat amat enak sekali. Yang berlokasi di jalan antara Solo sampai Ngawi, Ngrampal, Sragen

  1. Pecel Tumpang

Pecel Tumpang

Makanan khas wisata kuliner sragen yang mendunia dan paling dicari di Sragen yaitu kulinernya yang bernama Pecel Tumpang ini sangat di gemari di sragen , dengan bumbu pecel yang legit dan pedas tetap nendang di lidah, kalian penggemar pecel silahkan datang ke sragen dan cicipilah pecel tumpang di sini yang berlokasi di Kuwungsari, Kabupaten Sragen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here