28 Objek Wisata Di Makassar Yang Paling Populer

Tempat Wisata di Makassar – Mengisi waktu libur panjang akan sayang jika hanya menikmati suasana rumah saja. Berwisata adalah satu cara terbaik untuk mengusir penat karena tuntutan pekerjaan atau sekedar mengusir rasa nervous setelah mengikuti ujian sekolah. Makassar sudah terbiasa menjadi pilihan wisatawan menikmati keindahan alam yang disuguhkan.

Beberapa objek wisata yang bisa dijelajahi adalah wisata alam, wisata kuliner Makassar, wisata religi, wisata sejara, wisata belanja, dll. Jika tidak ingin repot, Kamu bisa gunakan jasa tour and travel untuk mengatur jadwal kunjung dan tempat mana saja yang terbaik untuk dikunjungi. Mereka akan menawarkan paket wisata Makassar dengan beragam tarif disesuaikan dengan tempat tujuan dan fasiltias pendukung.

Objek wisata di Makassar sangatlah melimpah. Beberapa di antara banyaknya objek wisata, berikut list 20 tempat wisata di Makassar yang bisa Kamu kunjungi mulai dari pantai hingga wisata belanja.

  1. Pantai Kanipang, Pinrang

Jika ingin mendapatkan ketenangan, sekaligus menikmati suasana pantai yang syahdu, Pantai Kanipang di Pinrang bisa menjadi opsi yang menarik.

Berada di pantai dengan ombak yang tidak bergejolak, ditemani angin sepoi-sepoi di bawah pohon kelapa yang teduh ditambah momen asyik menyaksikan sunset, sulit untuk menemukan tempat seindah ini.

  1. Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional Bantimurung

Jika Kamu cari Tempat Wisata di Maros, datanglah ke Taman Nasional Bantimurung yang menjadi buruan para wisatawan selain Pantai Losari. Terletak sekitar 45 km dari pusat Kota Makassar, Taman ini memiliki luas sekitar 43.750 hektar dengan wilayahnya meliputi bukit kapur, air terjun dan gua. Selain ketiganya, Kamu juga bisa menikmati wahana flying fox. Cukup siapkan dana sebesar 20 ribu rupiah untuk masuk ke Taman Nasional Bantimurung.

  1. Air Terjun Leang Pa’niki, Gowa

Air terjun Leang Pa’niki tidak hanya menyuguhkan panorama yang asyik, tapi juga menawarkan suasana yang asyik untuk bersantai.

Air Terjun Leang Pa’niki

Air yang mengalir sangat segar dan dingin, pas untuk kamu mandi di bawahnya. Tapi kamu harus waspada dan hati-hati apabila debit air cukup tinggi karena arusnya bakal kuat.

  1. Trans Studio Makassar

Tidak hanya Bandung yang memiliki objek wisata menarik seperti Trans Studio, ternyata di Makassar pun menyediakan wahana wisata modern yang berdiri di atas lahan seluas 2,7 hektar.

Trans Studio Makassar

Terdapat sekitar 21 wahana dan empat zona permainan di antaranya Cartoon City, Lost City, Magic Corner dan Studio Central. Untuk tiket masuk, kamu akan dikenakan biaya senilai 100.000 Rupiah untuk hari biasa, dan 175.000 Rupiah untuk ahir pekan, bahkan bisa mencapai 200.000 saat event tertentu.

  1. Apparalang, Bulukumba

Di balik tebing Apparang yang kokoh terdapat pantai indah yang harus kamu kunjungi. Alam bawah lautnya juga keren, hal yang tidak boleh kamu lewatkan kala berkunjung ke sana.

Tidak hanya itu saja, sejumlah spot berfoto juga didirikan warga untuk memanjakan para traveller yang gemar berselfie. Panorama tebing dan laut lepas berwarna biru memang sulit untuk tidak diabadikan.

  1. Taman Laut Taka Bonerate

Makassar ternyata memiliki wisata bahari yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Bisa di bilang Taman Laut Take Bonerate ini merupakan surga bari para penyelam. Kamu bisa berenangan denan ratusan jenis ikan, kura-kura dan penyu. Keelokan terumbu karang membuatmu enggan untuk berpindah dari tempat ini. Siapapun yang hobi menyelam, jangan sampai lewatkan Taman Laut Taka Bonorate dari list wisata saat liburan di Makassar.

Kamu bisa berkunjung kapan saja, namun ada waktu terbaik untuk menyelam yaitu antara bulan April-Mei karena pada saat itu biasanya arus dan suhu ari dan berbagai faktor lain sedang dalam kondisi baik sehingga menyelam pun menjadi sempurna.

  1. Air Terjun Tama’lulua, Jeneponto

Air terjun ini termasuk salah satu yang cukup ngehits di Sulawesi Selatan. Debit air yang besar dan ketinggian air terjun yang di atas rata-rata menjadi keistimewaan dari air terjun Tama’lulua di Jeneponto ini.

Faktor lain yang bisa membujukmu mendatangi salah satu destinasi wisata di Makassar ini adalah alam yang masih natural. Hijaunya pepohonan membuat perjalanan ke lokasi akan sangat asyik dan menyegarkan.

  1. Kebun Teh Malino

Objek wisata di Makassar lain yang bisa membuatmu betah khususnya para pecinta alam yaitu Kebun Teh Malino yang disebut-sebut sebagai kawasan “Puncak”-nya Sulawesi Selatan. Kota Malino terkenal sebagai Kota Bunga karena memiliki sejumlah objek wisata menarik seperti Lembah Biru, Bunker tempat peninggalan Jepang, Air Terjun Takapala, Air Terjun Seribu Tangga dan Gunung Bawakaraeng.

  1. Batu Lappa, Kab Barru

Batu Lappa berarti batu yang bersusun, dan dengan tambahan aliran air yang mengalir di atasnya, juga panorama alam yang asri, destinasi wisata di Kabupaten Barru itu kini menjadi trendy di Sulawesi Selatan.

Gemuruh air dari air terjun dan panorama alam yang natural menjadi alasan utama untuk menikmati suasana di lokasi ini. Namun siap-siap saja ya, dibutuhkan sedikit usaha untuk bisa menikmati pemandangan istimewa tersebut.

  1. Tanjung Bira

Tanjung Bira terkenal dengan pasirnya yang lembut seperti bedak bayi dan airnya yang jernih kebiruan. Jangan sampai Kamu melewatkan keindahan alam yang disuguhkan di sini. Beberapa aktifitas yang bisa dilakukan adalah berenang, berjemur, snorkeling, menikmati pemandangan terbit dan tenggelamnya matahari hingga berselfie yang tidak boleh terlewatkan. Tarif tiket yang dikenakan pun sangat mura cukup dengan 5.000 Rupiah per orang. Jika lupa tidak membawa alat snorkeling, di sana tersedia penyewaan seharga 30.000 Rupiah.

  1. Objek Wisata Lemo dan Londa, Makale, Tana Toraja

Pemakaman pun bisa dijadikan destinasi wisata. Pemandangan yang tidak lazim menjadi alasan utama kenapa wisata kubur batu di Tana Toraja ini harus masuk dalam itinerary kamu dalam kunjungan ke Sulawesi Selatan.

Pemakaman Lemo merupakan pekuburan di tebing batu di Tana Toraja. Nuansanya cukup menyeramkan dan mistis, tapi menyuguhkan pemandangan yang eksotis. Jangan lupa untuk selalu bersikap hormat kala mengunjungi lokasi ini, ya!

  1. Benteng Somba Opu

Tidak hanya wisata alam indah yang dimiliki oleh Makassar, buat Kamu yang ingin berkunjung ke objek wisata lain yang cukup bersejarah datang saja ke Benteng Somba Opu yang menyimpan benda-benda bersejarah peninggalan Kerjaan Gowa. Terdapat pemandangan lain yang cukup menarik, Kamu bisa temukan taman satwa dan waterboom yang lengkap dengan fasilitas pendukung dan terkenal sebagai Gowa Discovery Park. Untuk masuk ke Gowa Discovery Park, dikenakan tiket masuk sebesar 100.000 Rupiah.

  1. Bendungan Parigi, Poros Malino, Gowa

Siapa menyangka ada bendungan yang begitu Instagenik di Sulawesi Selatan. Jika ingin menjumpainya, kamu bisa langsung merapat ke Gowa, tepatnya ke  Bendungan Parigi, Poros Malino.

Sudahlah menyuguhkan pemandangan bendungan yang keren, dengan tekstur bangunan bertingkat, alam di sekitar dam juga rupawan. Nuansa alami, hijau dan menyegarkan juga bisa kamu dapatkan kala berkunjung ke sini.

  1. Benteng Fort Rotterdam

Tempat wisata sejarah lain di Makassar, Kamu bisa kunjungi Benteng Fort Rotterdam yang merupakan peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Awalnya, benteng ini terbuat dari tanah liat, kemudian pada masa pemerintahan Raja Gowa ke-14 diganti menjadi batu padas dari Pegunungan Karst yang berada di daerah Maros. Benteng Fort Rotterdam berbentuk seperti seekor penyu yang akan merangkak turun ke laut. Jika penasaran dengan tempatnya, langsung datang saja ya.

  1. Helena Sky Bridge Bantimurung, Maros

Jika berkesempatan mengunjungi Taman Nasional Bantimurung, sempatkan untuk meniti jembatan gantung yang Instagenik, Helena Sky Bridge. Pengalaman yang kamu dapatkan bakal istimewa.

Berada di ketinggian lebih dari 100 meter dari permukaan tanah, Helena Sky Bridge membawa kamu ke dunia yang baru. Ada panorama kerajaan kupu-kupu di bawah jembatan dan pemandangan gunung karst yang indah. Jangan sampai tidak selfiedi sini, ya!

  1. Museum Balla Lompoa

Museum yang unik, menarik, berbeda dari museum lain pada umumnya. Arsitektur bangunan yang berbentuk rumah khas orang Bugis yaitu rumah pangung terbuat dari kayu ulin atau kayu besi, membuat para wisatawan takjub dan nyaman berada di sana. Museum ini merupakan hasil rekontruksi Istana Kerajaan Gowa yang didirikan pada tahun 1963. Didalamnya menyimpan benda-benda pusaka peninggalan kerajaan.

  1. Bendungan Kampili, Gowa

Satu lagi spot asyik menikmati pemandangan di Gowa, yaitu Bendungan Kampili. Bukan hanya panorama bendungannya saja yang menarik, pemandangan alam sekitar juga istimewa karena ada ‘miniatur’ Grand Canyon di sini.

Struktur bebatuan di sepanjang aliran sungai yang unik menghadirkan panorama yang asyik. Arus dari sungai juga cukup aman untuk berenang, meski kamu harus tetap waspada dengan setiap perubahan.

  1. Monumen Korban 40.000 Jiwa

Jika Kamu ingin mengingat peristiwa tahun 1946 hingga tahun 1947 silam, dimana pada saat itu menjadi lembaran kelam bagi masyarakat Sulawesi Selatan. Saat itu, sebanyak 40.000 orang tewas dibantai oleh pasukan Belanda yang dipimpin oleh Kapten Raymond Paul Piere Westerling dalam operasi penumpasan pemberontak, datanglah ke Monumen Korban 40.000 Jiwa yang berada di wilayah asri dan tertata rapi.

Monumen tersebut dilengkapi oleh bangunan seperti pendopo, monumen dan relief pada dinding. Saat berkunjung ke sana, Kamu akan disuguhkan dengan satu pemandangan patung yang tinginya sekitar 4 meter. Patung tersebut menggambarkan korban yang selamat dari pembantaian dengan kaki buntung dan tangan yang menggunakan penyangga.

  1. Celebes Canyon, Barru

Destinasi wisata di Makassar, atau lebih tepatnya di Barru, ini termasuk spot wisata baru. Lanskap bebatuan yang tidak biasa menjadi daya tariknya.

Bentukan lanskap bumi yang unik, ditambah aliran air dari sungai Ule, membuat panorama di daerah ini menjadi sangat menarik.

  1. Pulau Lanjukang

Menikmati keindahan terumbu karang yang berada di Makassar, bisa kunjungi Pulau Lanjukang. Tempat ini hanya dihuni oleh 13 kepala keluarga sehingga cukup sepi dan kerap dijadikan sebagai tempat pelarian bagi mereka yang ingin mengasingkan diri dari keramaian kota. Kamu bisa berenang dan snorkeling untuk menikmati keindahan dasar pantai. Karena masih sepi, bersantai di Pulau Lanjukang begitu menyenangkan karena bisa menikmati ketenangan pantai seutuhnya.

  1. Pulau Samalona, Makassar

Berikutnya, tempat wisata di Makassar yang tak boleh ditinggalkan yaitu Wisata Bahari di Pulau Samalona. Untuk tiba di Pulau Samalona Kamu bisa gunakan speed boat. Beberapa aktifitas yang bisa dilakukan yaitu menyelam, menikmati panorama sunset serta hal lain yang bisa dinikmati. Beberapa fasilitas publik seperti mushola, warung, toilet, mendukung para wisatawan yang sedang berlibur menikmati hamparan pasir putih.

Salah satu pulau kecil di Indonesia yang terkenal karena keindahannya adalah Pulau Samalona di Makassar. Bukan hanya berpasir putih dan berombak tenang, Pulau Samalona juga menyuguhkan pemandangan bawah laut yang keren, dengan beragam karang dan koral. Letak Pulau Samalona juga tidak cukup jauh dari pantai Losari. Datang ke sana, kamu harus siap dibuat takjub oleh panorama pulau tropis yang asri.

  1. Buttu Macca, Enrekang

Panorama enrekang yang eksotik bisa kamu nikmati dengan leluasa dari Buttu Macca. Mulai dari papan titian hingga ayunan langit ekstrim menjadi daya tarik tersendiri.

Karena daya tarik itu pula Buttu Macca menjadi salah satu destinasi wisata ngehits. Kamu yang ingin menambah koleksi foto di Instagram sepertinya tidak boleh melewatkan spot yang satu ini, ya!

  1. Pulau Kodingareng Keke

Indahnya Pulau Kodingareng Keke disuguhkan untuk mengagungkan Ciptaan Tuhan yang amat sangat indah. Pulau yang khusus untuk wisatawan dan tidak berpenghuni ini menjadi tujuan wisata favorit dari berbagai kawasan, baik wisata lokal maupun mancanegara. Tidak hanya di Bali saja yang menyuguhkan Pantai pasir putih dengan laut hijau jernih, untuk Kamu yang berlibur ke Makassar, bisa menikmati suasana Pulau Kodingareng Keke dengan warna laut jernih dan bergradasi mulai dari warna biru muda, tosca, hingga biru tua.

Meskipun saat ini baru bisa membaca artikelnya, pasti sudah bisa membayangkan betapa indahnya Cipataan Tuhan yang satu ini. Saat berkunjung, Kamu harus membawa perbekalan karena di sini tidak tersedia fasilitas publik termasuk orang berjualan.

  1. Air Terjun Bissappu, Bantaeng

Salah satu destinasi wisata di Bantaeng ini mulai kembali ke alam, karena minimnya perhatian dari pemerintah. Namun, keindahan dan keasrian alam dan panoramanya masih bertahan, terutama lingkungan di sekitar air terjun Bissappu.

ebatuan besar tampak tergeletak di sekeliling air terjun, sementara hijaunya tetumbuhan menyelimuti alam di sekitarnya. Nuansa natural pun begitu terasa, yang membuat siapa pun yang datang terbius dengan pesonanya.

  1. Pegunungan Karst (Kapur)

Tempat Wisata di Makassar selanjutnya adalah Pegunungan Karst (kapur) yang lokasinya berjarak sekitar 40 km arah utara Kota Makassar dan sangat mudah menjangkaunya karena hanya beberapa meter dari jalan raya lintas provinsi. Terdapat beberapa objek wisata alam yang bisa ditemukan seperti Telaga Bidadari, Gua Bulu Barakka, Gua Telapak Tangan, dll.

Pegunungan Karst atau Taman Batu Kapur ini merupakan Taman Batu terbesar/terluas di Indonesia dan masuk urutan ke tiga di dunia.

  1. Gunung Bulusaraung, Pangkep

Salah satu spot asyik menikmati pemandangan dari ketinggian adalah di Gunung Bulusaraung Pangkep. Gunung yang tidak terlalu tinggi ini cukup mudah didaki. Pendaki pemula seharusnya tidak kesulitan menempuh jalur ini.

Jika sudah sampai di puncak, kamu akan mendapat suguhan pemandangan yang hijau dan lanskap keren karst wilayah Pangkep.

  1. Air Terjun Takapala

Jika kamu pecinta alam dan senang bermain air, selain pantai atau pulau-pulau yang masuk ke dalam daftar kunjungan nanti, jangan lewatkan wisata air di Air Terjun Takapala yang tidak kalah eksotis dengan air terjun pada umumnya. Air terjun ini menjadi salah satu objek favorit di Makassar dan untuk menjangkaunya membutuhkan perjuangan. Tapi, setelah sampai di tempat tujuan rasa lelah akan terbayar dengan indahnya tempat ini.

  1. Pantai Losari

Tempat Wisata di Makassar pertama yang paling terkenal adalah Pantai Losari, sehingga jangan sampai Kamu lewatkan ketika sedang berlibur ke Makassar. Terkenalnya Pantai Losari tidak lepas dari keunikan yang dimiliknya. Jika biasanya pantai-pantai dikenal dengan pasirnya, tapi tidak untuk Pantai Losari yang tidak memiliki pasir.

Ada banyak aktifitas yang bisa dilakukan seperti memancing, naik sepeda air atau banana boot hingga berlayar menggunakan perahu. Bahkan, tempat wisata menarik yang satu ini terkenal dengan julukan pantai dengan meja dan warung terpanjang di dunia, karena dulunya terdapat warung-warung tenda yang menyambung satu sama lain sepanjang 1 KM. Buat kamu yang ingin menikmati indahnya matahari terbenam di sudut Kota Makassar, Pantai Losari tempatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *