4 Obyek Wisata Semarang Yang Lagi Terpopuler Ngehits , Buruan Kunjungi

0
198
umbul sidomukti
umbul sidomukti

Obyek Wisata Semarang Ibu kota Jawa Tengah ini memang menjadi salah satu ikon kota tujuan favorit wisata di Indonesia. Tidak hanya memiliki tempat-tempat wisata guys yang ikonik, seperti Lawang Sewu dan Alun-alun Simpang Lima, tapi juga ada beberapa spot wisata di Semarang, yang bisa dikatakan masih baru dan kekinian, pas bagi Anda yang suka berpetualang.

Nah, bila Anda tidak ingin ketinggalan zaman guys, terus berpetualang mengunjungi sejumlah Obyek Wisata Semarang, atau tempat lama yang mungkin belum dikunjungi, sekarang waktu yang tepat. Kami ini sudah menyiapkan sejumlah Obyek Wisata Semarang, yang pantas direkomendasikan karena bukan hanya kekinian dan ngehits. Yuk, merapat guys!

Ayana gedong songo

Ayana Gedong Songo ini merupakan salah satu tempat Obyek Wisata Semarang. Tempat wisata ini yang satu ini akhir-akhir ini semakin banyak dikunjungi karena tempatnya yang unik dan instagramable. Tempat ini mulai dibuka untuk umum sejak tanggal 11 Juni 2018. Karena memiliki konsep yang unik, tempat ini langsung banyak menarik perhatian pengunjung.

gedong songo pinus
gedong songo pinus

Memang dari pihak pengelola Ayana Gedong Songo ini menyediakan banyak sekali spot foto keren untuk para pengunjung yang ingin berfoto. Latar untuk pegunungan dan langit biru membuat tempat ini sangat indah untuk berfoto.

Tempat ini berada di dalam satu kawasan yang sama dengan Candi Gedong Songo guys, oleh karena itu untuk memasuki tempat ini kamu harus membeli tiket masuk Candi Gedong Songo dulu seharga 10 ribu rupiah. Setelah itu anda memasuki kawasan candi, selanjutnya kamu bisa memasuki kawasan Ayana Gedong Songo dengan membayar tiket masuk 20 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 10 ribu rupiah untuk anak-anak.

Pengelola tempat Obyek Wisata Semarang ini menyediakan banyak spot cantik guys yang dapat dipakai para pengunjung untuk berfoto, diantaranya ada bubble tent, balon udara, tempat duduk unik di tengah kolam, hammock, dan lain sebagainya. Menurut pengelola ini, total ada 35 spot foto yang tersedia di tempat ini.

Namun perlu kamu ingat lagi guys, tidak semua spot foto yang disediakan di sini adalah gratis. Ada beberapa spot foto yang berbayar guys, misalnya saja jika ingin berfoto di balon udara kamu harus membayar lagi lima ribu rupiah per orang.

Ayana Gedong Songo ini masih berada di dalam kawasan komplek Candi Gedongsongo, tepatnya di area Candi 1 atau kurang lebih 150 meter dari pintu masuk. Kalau kamu ingin mengunjungi baru pertama kali mengunjungi tempat ini, yang harus kamu ingat adalah semua fasilitas yang ada di dalam Ayana Gedong Songo adalah spot untuk berfoto dan bukan rest area, jadi kamu sebaiknya tidak duduk berlama-lama di satu spot saja. Beri satu kesempatan kepada pengunjung lain yang juga ingin berfoto di spot yang sama.

ayana gedong songo
ayana gedong songo

Nah gimana guys? Tertarik untuk ikut berburu foto-foto cantik juga di tempat wisata yang memang instagenic ini? Buruan kunjungi Ayana Gedong Songo, dan jangan lupa ajak teman-teman kamu juga ya. Selamat berlibur!

vanaprastha gedong songo park

Kawasan Candi Gedong Songo ini terletak di Kabupaten Obyek Wisata Semarang tak hanya menyuguhkan wisata sejarah, ada pula wahana wisata rumah kayu. Perbedaan rumah kayu Gedong Songo dengan rumah kayu di Malang adalah pada letak rumahnya. Di Malang, rumah kayu dibangun di atas pohon, sementara rumah kayu di Gedong Songo berdiri di antara rimbunnya hutan pinus. Berada di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut guys, Gedong Songo beserta wahana wisata di dalamnya memberikan hawa sejuk khas pegunungan Ungaran.

ayana gedong songo
ayana gedong songo

Semilir dengan angin yang berhembus akan menerpa para pengunjung. Sejauh mata memandang, hijaunya hutan pohon pinus akan tersibak. Kehadiran Vanaprastha Park kian ini menyuguhkan ketenangan bagi para pengunjung. Dikatakan Ramto ternyata, petugas Vanaprastha Park, kawasan taman dan rumah kayu yang dibuka pada tahun 2010 ini masuk dalam lahan miliki Perhutani. Pengunjung lainya harus membayar biaya masuk lagi sebesar lima ribu rupiah. Biaya untuk masuk kawasan Gedong Songo sendiri yakni delapan ribu rupiah.

“Di sini ada villa kamar guys, villa cempaka, villa kenanga, dan villa teratai. Bagi yang akan menginap, harap menghubungi terlebih dahulu. Kalau pengunjung hanya boleh menyaksikan villa-villa tersebut dari luar,” papar Ramto. Selain fasilitas villa, ada pula taman pinus, taman bermain anak, area camping, dan kursi tempat bercengkerama sembari menyesap dinginnya udara yang tertiup. Dibangun dengan pula gazebo yang dapat dimanfaatkan untuk yoga dan meditasi, cocok sekali bagi yang menginginkan ketenteraman.

“Rumah-rumahnya diambil dari nama bunga guys. Dindingnya terbuat dari kayu jati. Rumah kayunya pindahan dari Kedung Ombo, Purwodadi. Pakai kayu sebagai simbol kalau ini punya Perhutani,” ujar Ramto. Tiga rumah kayu ini di Vanaprastha berusia lebih dari satu abad yang masih bertahan dari era pendudukan Belanda, diboyong dari areal hutan jati. Rumah ini tersebut dulunya dimanfaatkan sebagai hunian pejabat perusahaan kehutanan. Areal Vanaprastha ini kerap juga dipakai untuk foto prewedding, retreat, serta menginap.

Viraha buddhagaya

Obyek Wisata Semarang, salah satu kota bersejarah yang ada di Indonesia, mempunyai banyak tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi Salah satunya adalah Vihara Buddhagaya yang terletak di Jalan Raya Pudakpayung Watugong, Semarang. Dari salah satu pusat Kota Semarang, Anda dapat mencapai Vihara Buddhagaya dengan perjalanan selama 45 menit dengan mobil ke arah Ungaran, atau jalan menuju Solo – Jogja. Karena ini letaknya yang berada di pinggir jalan besar dan tepat di depan Markas Kodam IV Diponegoro, Watugong, Vihara Buddhagaya dapat diakses dengan mudah Kawasan ini dinamakan Watugong karena di daerah tersebut ditemukan batu (watu) yang bentuknya seperti gong.

vihara buddhagaya
vihara buddhagaya

Kompleks Vihara Buddhagaya Watugong ini yang mempunyai luas 2,25 hektar ini terdiri dari 5 bangunan utama dengan 2 bangunan utama, yaitu Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala yang dibangun pada tahun 1955. Selain itu guys, dalam kompleks Vihara Buddhagaya Watugong terdapat pula Monumen Watugong, patung Dewi Kwan Im, patung Buddha di bawah pohon Bodhi yang terletak di pelataran vihara, patung Buddha tidur berwarna coklat dengan pakaian dan tubuh berwarna emas di sebelah kiri pagoda, serta kolam teratai di sekitar pagoda. Pohon Bodhi ini (Ficus Religiosa) yang ada di pelataran Vihara Buddhagaya ini ditanam oleh Bhante Naradha Mahathera pada tahun 1955.

Ikon paling terkenal dari Vihara Buddhagaya ini adalah Pagoda Avalokitesvara atau biasa disebut Pagoda Metakaruna yang berarti pagoda cinta dan kasih saying guys. Pagoda ini didirikan untuk menghormati Dewi Kwan Sie Im Po Sat yang dipercaya oleh umat Buddha sebagai dewi kasih saying guys. Pagoda Avalokitesvara mempunyai tinggi 45 meter dan terdiri dari 7 tingkat yang menyempit ke atasujuh tingkat ini dimaknakan sebagai kesucian yang akan dicapai oleh pertapa setelah mencapai tingkat ke tujuh guys. Pagoda Avalokitesvara yang identik dengan perpaduan warna merah dan kuning khas bangunan Tiongkok ini diresmikan oleh MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia pada tahun 2006.

Di dalam Pagoda Avalokitesvara yang berukuran 15 x 15 meter dan berbentuk segi delapan ini terdapat patung Dewi Kwan Im berukuran 5,1 meter, serta patung Panglima We Do di sisinya guys. Di tingkat kedua hingga keenam, ada patung Dewi Kwan Im yang menghadap ke empat penjuru mata angin. Ini dimaksudkan supaya sang dewi dapat memancarkan welas asih ke empat penjuru. Sedangkan dengan di bagian puncak pagoda terdapat patung Amitabha, yaitu guru besar para dewa dan manusia Di puncak ini juga terdapat stupa untuk menyimpan relik, yaitu mutiara Buddha. Namun, Anda tidak dapat ke puncak pagoda, karena di pagoda ini tidak disediakan tangga untuk mengakses puncaknya. Total patung yang

umbul sidomukti

Umbul Sidomukti ini merupakan salah satu Kawasan wisata Pegunungan yang sudah sangat terkenal di Semarang, terletak di lereng gunung ungaran dengan ketinggian 1200 dpl, tepatnya berada di Desa Sidomukti, Bandungan – Semarang. Sehingga dengan kawasan wisata ini memiliki pemandangan yang luar biasa terutama dari kolam renang alaminya.

umbul sidomukti
umbul sidomukti

Area wisatanya ini sendiri luas dan terdapat banyak tempat di dalamnya, yang paling menarik dari Umbul Sidomukti sebenarnya adalah kolam renangnya, dan saat ini telah ada empat buah kolam renang yang disusun bertingkat dan berbeda kedalamannya. Airnya dingin sekali, jernih dan menyegarkan.

Selain itu di area ini juga sudah dibangun penginapan Pondok Wisata guys dan juga Pondok Panorama, Restaurant Pondok Lesehan, Cafe Pondok Kopi, Camping Ground dan fasilitas outbond yang berupa wahana permainan menantang keberanian, di antaranya flying fox, Marine bridge, Higest Triangle (Magic Box, Badui Bridge, stick Bridge), rapeling menuruni lembah sisi kolam, ATV, bersepeda, berkuda, jalur trekking dan Goa Tirta Mulya. Selain itu buat kamu yang hobi paralayang ada juga tempatnya lho di sini. Di Umbul Sidomukti juga menyediakan tempat untuk meeting dan pernikahan, informasi lebih lanjut untuk ini bisa langsung kontak Umbul Sidomukti di bawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here