3 Teh Susu Telur Medan Yang Nikmat, Bikin Ketagihan

0
143
The susu telur mo hata, medan
The susu telur mo hata, medan

Susu Telur Medan merupakan salah satu ibukota provinsi Sumatera Utara, sekaligus kota terbesar ketiga di Indonesia. Selain itu panorama alam yang indah, Medan juga juga terkenal dengan makanannya yang enak. Kamu pun juga bakal menemukan masakan lezat serta the susu telur di sana yang sudah ada sejak puluhan tahun lamanya.

Kota Medan tidak hanya terkenal dengan tempat wisatanya loh guys yang sangat bagus namun disana juga terdapat wisata kuliner Medan serta the susu telur { tst }. Melakukan liburan ke Medan tidak akan membuat Kamu kelaparan, karena banyak sekali makanan yang harus Kamu cicipi. Bila Kamu melakukan perjalanan dari tempat wisata satu dengan lainnya maka, dijamin Kamu bisa menemukan banyak sekali makanan kuliner yang dijual disana.

Medan memang kota yang sangat unik. Penduduknya yang telah muncul dari beragam etnis menjadikan Medan kaya sejarah dan budaya. Hal ini juga berdampak dengan sisi pariwisata, terutama kulinernya. Makanya, sangat disayangkan kalau kamu berkunjung ke ibu kota Sumatera Utara ini tanpa mengeksplor the susu telur.

Jangan di lewatkan kalo kamu berkunjung di medan apabila anda sudah mengexplore alamnya, kulinernya jangan lupa untuk mencicipi the susu telur di kota medan ini Karen dengan cita rasa khas Susu Telur Medan anda setelah mencobanya pasti nantinya ketagihan untuk mencobanya lagi, mari kita mengetahui teh susu telur yang paling enak di kota medan ini, berikut ini ulasanya.

Kota medan. Teh Susu Telur (TST) adalah salah satu minuman favorit warga Medan guys dari segala kalangan usia. Tua, muda, semuanya senang sekali untuk menikmati segelas Susu Telur Medan. Jika anda bicara tentang TST di Medan. Biasanya bangku-bangku yang ada disana yang udah disediakan selalu penuh diisi oleh rombongan anak muda yang pulang malam, atau pekerja yang baru pulang kerja, dan mereka yang suka begadang.

The susu telur mo hata

Di daerah Medan ini (Sumatera Utara), Susu Telur Medan (atau yang lazim disebut dengan TST) merupakan salah satu minuman favorit. Bahkan ada yang menyebutkan, TST adalah minuman paling digemari kedua setelah tuak guys (minuman beralkohol khas Medan). Eh ternyata, teh yang dikenal karena rasa dan khasiatnya, justru bukan berasal dari kota tersebut, melainkan dari dataran Minangkabau, Sumatera Barat.

The susu telur mo hata, medan
The susu telur mo hata, medan

Di daerah asal Malinkundang tersebut, Susu Telur Medan disebut dengan Teh Talua guys. Talua sendiri artinya adalah telur jangan salah paham dulu. Minuman ini dibuat dengan cara kuning telur ayam kampung guys bukan telur ayam biasanya diaduk sampai berbusa bersama gula pasir di dalam gelas, setelah itu di seduhkan air larutan teh panas/mendidih guys dan diberi susu kental manis didalam gelas tersebut. Teh talua ini sangat mudah ditemukan di lapau-lapau (kedai) di ranah Minang. Biasanya minuman ini dinikmati sebagai pembuka hari atau diminum pagi hari sebelum masyarakat minang melakukan  aktivitas di luar sana.

Dalam sejarahnya, masyarakat Minangkabau meminum teh talua sambil melakukan “Ma Hota” yaitu diskusi/becerita di lapau-lapau, Dimana masyarakat sana itu sambil berbagi informasi dan saling berdebat tentang perkembangan, keadaan terkini, negara ataupun situasi dunia secara umum. Meminum Teh Talua dengan Ma Hota adalah suatu kombinasi yang sempurna bagi mereka suku minang. Bahkan ada yang menyebutkan, jika meminum Teh Talua dengan tidak melakukan Ma Hota guys, akan beda rasanya. Selain itu pula, Teh Talua ini juga identik dengan kaum borjuis di daerah Minang. Teh Talua biasanya dijadikan sajian para kawan kawan setempat, ataupun perantau yang baru saja kembali, ketika menerima tamu.

Di Medan, Teh Talua pertama kali diketahui nya berasal dari salah satu kedai teh di Jl.Puri, di kedai nya Pak Haji Puri. Menurut sejarahnya, the ini merupakan campuran dari teh dan telur, tanpa menambahkan susu. Pengunjung yang selalu datang pun menyarankan kepada Pak Haji untuk menambahkan susu kental manis, agar rasanya bisa seperti Teh Talua yang terdapat di Padang. Singkat cerita ya guys, beliau pun bereksperiman, dan jadilah Teh Susu Telur.

Café dzikraa te susu telur

Salah satu minuman khas Medan yang cukup menjadi ikon tersendiri adalah TST atau kependekan dari Teh Susu Telor . Minuman TST ini dibuat dengan bahan-bahan telur, susu kental manis, dan teh yang direbus dll. Cara membuatnya pun  cukup unik, mula-mula penjual TST menuangkan susu kental manis ke dalam gelas, lalu ditambah dengan gula, kemudian ditambah dengan kuning telur. Setelah selesai semua bahan tertuang, kemudian di blender menggunakan mixer, sampai semua bahan tercampur rata, dan membentuk seperti busa putih. Kemudian teh ini yang sudah direbus dituangkan ke dalam gelas yang berisi campuran tadi.

Café dzikraa te susu telur, medan
Café dzikraa te susu telur, medan

Ketika anda minum pertama kali, rasanya giaman guys seperti teh yang pekat, dengan aroma susu dan telur yang wangi. Bahkan aroma amis telurnya hampir tidak tercium. Bau amis dari minuman ini tersamarkan oleh bau teh dan susu yang mendominasi guys tapi rasanya enak kok guys. Dari tampilan dari minuman ini pun sangat menggoda selera, biasanya penjual minuman TST mempercantik tampilan minuman mereka dengan gelas yang dihias menyerupai coffe latte, sehingga mampu menarik pengunjung untuk datang ke warung kopi mereka. Bahkan bagi para wisatawan, tak lengkap berkunjung ke Medan kalau tak minum TST, slogan itu yang menjadikan minuman ini menjadi minuman khas kota Medan. Sangat jarang sekali warung kopi di luar kota Medan yang menjual TST.

The susu telur pak haji

Gerai Susu Telur Medan yang eksis sejak tahun 1960-an ini terletak di Jalan Puri guys. Pengelolanya sekarang ini sudah sampai generasinya yang ketiga. Yang telah membuat TST ini selalu ramai dikunjungi adalah karena konsistensi rasanya yang tak berubah, selalu enak. Konsistensi rasa ini didapat dengan menggunakan kombinasi unsur-unsur pembentuk yang pas, mulai dari tehnya sendiri, susu, dan telur yang digunakan dll (bisa telur bebek atau telur ayam kampung). Selain nikmat, TST juga dipercaya banyak penggemarnya ternyata mampu menguatkan stamina.

Teh susu telur pak haji, medan
Teh susu telur pak haji, medan

TST Pak Haji ini buka setiap hari sekitar pukul dua siang hingga jam dua dini hari, Meski demikian, jam tutupnya bisa lebih pagi jika di akhir minggu, karena tempat ini sering juga dijadikan lokasi nonton bareng pertandingan sepak bola guys.

Meski demikian, TST Pak Haji Susu Telur Medan sempat juga sepi gyus. Hal ini berlangsung ketika Jalan Puri, lokasi TST ini, penuh dengan galian guys. Jangankan untuk nongkrong guys di gerainya, untuk bisa lewat dengan nyaman saja di Jalan Puri membutuhkan usaha yang cukup maksimal. Untunglah saat ini guys, galiannya sudah beres, meskipun jalannya masih dihiasi lubang dimana-mana.

Sekian dari kami apabila anda ingin tahu info info berikutnya jangan lupa untuk membaca artikel artikel selanjutnya guys. Karena kami setiap hari menguploud banyak sekali artikel lainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here