3 Tempat Wisata Belitung Yang Keindahannya Masih Terjaga

0
146
Pulau Lengkuas

Belitung bisa dibilang sebagai salah satu destinasi wisata yang dulunya tersembunyi. Tidak begitu banyak orang tahu keindahan sesungguhnya dari Belitung. Tetapi sejak munculnya film Laskar Pelangi, keindahan wisata Belitung yang sesungguhnya mulai terekspos. Hal ini mengakibatkan Belitung menjadi salah satu destinasi wisata liburan favorit bagi para traveler yang ingin mengeksplor keindahan negara kita tercinta ini. Jika kalian memasukkan Belitung sebagai tempat liburan Kalian selanjutnya, beberapa tempat wisata di Belitung yang wajib dikunjungi antara lain:

Pantai Tanjung Tinggi

Salah satu pantai kebanggaan yang di miliki Kabupaten Belitung yaitu Pantai Tanjung Tinggi yang berletak 30 Km dari pusat Kota Tanjung Pandan. Tanjung Pandan adalah Ibukota Kabupaten Belitung. Pantai ini juga pernah dijadikan tempat syuting film terkenal yaitu Laskar Pelangi. Pesona kecantikannya merupakan daya tarik tersendiri dari pantai ini. Hamparan pasir putih dan air laut yang berwarna hijau tosca kebiruan serta hamparan bebatuan yang berada di sekitar pantai menambah pesona keindahan Pantai Tanjung Tinggi.

Keindahan pantai-pantai di Belitung memang tidak diragukan lagi, sebagai salah satu contoh Pantai Tanjung Tinggi atau Pantai Parai Tenggiri. Tak heran banyak para wisatawan lokal maupun mancanegara menjadikan Belitung sebagai tujuan tempat wisata. Pantai Tanjung Tinggi ini berbentuk teluk kecil yang memiliki panjang sekitar 100 meter. Karena berbentuk teluk, maka arus ombak di pantai ini relatif kecil, sangat cocok dan pas untuk aktivitas olahraga air. Namun, Kalian harus tetap berhati-hati, jika tidak ingin tersengat oleh ubur-ubur.

Pantai Tanjung Tinggi

Selain kecantikannya, daya tarik dari Pantai Tanjung Tinggi sebenarnya terletak pada hamparan batu-batu granit yang ada di sekitar pantai. Tepatnya berada di bagian sebelah timur pantai. Batu-batu tersebut mempunyai ukuran yang beraneka ragam, ada yang sangat besar dan ada juga yang relatif kecil. Jika Kalian gemar fotografi, Kalianbisa mengambil objek batu-batu tersebut sebagai modelnya dengan latar belakang Pantai Tanjung Tinggi dan matahari terbenamnya.

Tidak hanya menikmati pesona kecantikannya saja, Kalian bisa melakukan berbagai macam aktivitas olahraga air di Pantai Tanjung Tinggi. Aktivitas yang bisa Kalian lakukan di pantai ini yaitu, berjemur, berenang, memancing, snorkeling, menyelam, dan menyewa jetski serta menjelajah dengan kano atau perahu karet. Jika Kalian melakukan penyelaman, Kalian akan menjumpai berbagai jenis, bentuk dan warna spesies laut yang menghuni pantai ini beserta “rumah-rumahnya” yang terbuat dari terumbu karang.

Pantai Tanjung Kelayang

Kira-kira 100 meter dari pantai. ada batu-batuan granit yang berbentuk seperti pulau dan mirip seperti burung. Karena pulau ini mirip dengan burung, jadi orang memberi nama tempat ini dengan nama Pantai Tanjung Kelayang Belitung. Salah satu jensi burung yang banyak dijumpai di daerah ini. Ukuran dari pulau kecil yang terbentuk itu kira-kira 50m persegi. Terlihat istimewa dan unik.

Tanjung Kelayang merupakan semenanjung yang menjorok ke arah Utara. Dengan pulau granit batu kelayang yang terletak di sebelah Timur. Tanjung Kelayang adalah pantai pasir putih yang membentang panjang berkilo-kilo meter. Dari Tanjung Kelayang terhampar pantai pasir putih sejauh kurang lebih 4 kilo meter sampai ke Tanjung Tinggi.

Pantai sebelah Timur merupakan tempat yang pas untuk berenang, karena permukaan dasar pantai jernih dan berpasir putih. Tempat ini juga baik jika kalian ingin bermain di tepi pantai karena permukaan pantai yang lebar. Pantai sebelah Timur merupakan pintu masuk Tanjung Kelayang, di sini hanya ada pasir putih, tidak ada granit di pantai. Dari sebelah sana pengunjung biasanya berjalan sepanjang pantai kurang lebih 300m ke arah Utara, dimana bisa ditemukan bebatuan granit, tersebar sepanjang ujung semenanjung dan juga di permukaan laut. Salah satunya yang tadi berbentuk seperti burung kelayang tadi.

Pantai Tanjung Kelayang

Sementara itu pantai sisi Barat memiliki pemandangan yang berbeda. Panjang pantai ini tidak sepanjang sisi Timur karena di sisi Barat terdapat lebih banyak batu-batu granit. Pemandangan yang unik dari pantai sisi Barat adalah 3 pulau kecil, kira-kira 300m dari bibir pantai. Dikombinasikan dengan bebatuan granit besar yang tersebar di permukaan laut, pemandangan di sisi Barat menjadi lebih menarik, apalagi pada saat matahari terbenam. Tempat terbaik untuk menikmati pemandangan pantai sisi Barat berada di puncak batu-batu granit di area ujung dari semenanjung.

Tanjung kelayang juga merupakan tempat start jika kalian ingin tour ke pulau-pulau kecil di sekitar tanjung kelayang, seperti pulau lengkuas, pulau burung, pulau batu berlayar. di sekitaran pantai terdapat banyak perahu nelayan yang bisa kalian sewa. Dengan jarak yang begitu dekat dari pantai, perjalanan dengan perahu kurang lebih 30 menit dan kalian bisa berjalan mengitari pulau-pulau yang tidak berpenghuni itu karena sepanjang pulau dikelilingi oleh pasir putih. Jangan sampai lupa membawa persediaan air minum dan snack karena tidak ada air minum dan tidak ada satu orang pun di pulau-pulau itu. kecuali di pulau lengkuas, kita akan bertemu penjaga mercusuar yang sangat ramah, tapi tetap saja walaupun pulau ini berpenghuni, mereka juga tidak menyediakan air minum.

Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas, sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah timur pulau belitung. Sebuah pulau kecil yang sejak zaman penjajahan itu sudah terkenal dan memiliki peran yang penting dalam sejarah kemerdekaan bangsa indonesia. Pulau lengkuas ini memang mempunyai keindahan yang luar biasa, pasir putih dengan air yang biru jernih membuat kita bisa menikmati dasar pantai di pulau lengkuas. Kumpulan bongkahan batu granit raksasa yang berada di pantai lengkuas ini juga menambak eksotisme dan keunikan pantai di pulau lengkuas.

Dari Balik Kumpulan pepohonan kelapa yang ada di pulau lengkuas, Sebuah mercusuar peningglana penjajah dengan ketinggian 50 -60 dengan gagah seakan-akan menembus langit diatas pulau lengkuas. Jika pengunjung berminat untuk menaiki mercusuar ini harus mempersiapkan tenaga ekstra, karena mercusuar ini mempunyai 18 lantai yang harus dilewati oleh para wisatwan yang ingin menikmati keindahan pulau lengkuas dari atas mercusuar.

Pulau Lengkuas

Secara administratif pulau lengkuas ini berada di kecamatan sijuk, kabupaten belitung provinsi bangka belitung. Pulau Lengkuas ini adalah pulau  yang memiliki ukuran kecil, pengunjung bisa mengililingi pulau hanya dengan waktu sekitar 20 menit saja. Rute menuju ke pulau lengkuas ini juga termasuk agak sulit dan rumit. Untuk mencapai pulau Lengkuas bisa melalui beberapa jalur jika dari kabupaten belitung. rute pertama adalah dari desa Tanjung Kelayang .

Bila kalianmemulai perjalanan dari desa Tanjung Kelayang  maka kalianbisamengekplorasi beberapa pulau yang memiliki pemandangan pantai yang indah  yaitu pulau Pasir, pulau Babi, pulau Burung, lalu baru menuju ke pulau pulau Lengkuas. Namunjika perjalana kaliandi mulai dari Tanjung Binga, maka wisawatan bisa menikmati 2 pulau yaitu  pulau Litung dan pulau Semaju, setelah melewati 2 pulau itu baru lah sampai dipulau lengkuas.

Dengan keindahan pantai dan panorama pulau lengkuas, menjadikan puau lengkuas belitung ini menarik perhatian para wisatawan asing dan lokal. Dengan demikian pengelola wista pulau lengkuas juga semakin memperhatikan fasilitas yang tersedia di pulau lengkuas Hotel di pulau lengkuas banyak tersedia. Hotel dan Penginapan murah di pulau lengkuas juga memilik fasilitas yang lengkap, dari makanan hingga fasilitas toilet dan kamar mandi yang begitu bersih.

Selain memiliki pantai yang indah, keindahan pulau lengkuas juga bsia dinikmati dari atas mercusuar. Dari atas akan terlihat sekeliling  pulau lengkuas, bahkan beberapa pulau kecil yang mengelilingi pulau lengkuas. Setelah puas melihat keindahan pulau lengkuas dari atas menara, pengunjung bisa mencoba mandi di kolam bidadari. Kolam Bidadari adalah kolam alami yang terbentuk dari batu-batu granit yang saling bmenyatu.  Sehingga air laut dari pantai pulau lengkuas  berkumpul di dalam kolam tersebut.

Pulau lengkuas juga terkenal engan spot mancing terbaik di wilayah kabupaten belitung. Para oenghobi mancing bisa menyewa kapal untuk menuju ke spot tersebut dengan menyewa kapal milik pengelola pulau lengkuas. Beberapa jenis ikan yang ada di sini adalah  ikan kakap merah, dan  ikan jenis mayong. Karena pulau lengkuas adalah sebuah kepualau yang kecil, tentunya sangat rawan akan perubahan cuaca dan iklim. Bulan terbaik untuk berlibur di pulau lengkuas adalah pada bulan maret samapi bulan desember. Pada bulan-bulan tersebut sudah memasuki musim kemarau, sehingga area di sektiar pulau lengkaus akan lebih terlihat indah. Jika berkunjung di bulan selain itu selain air laut agak pasang, angin laut juga akan bertiup lebih kencang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here