3 Tempat Wisata Blora Yang Kekinian Yang Terpopuler, Wajib Kunjungi

0
64
waduk bentolo
waduk bentolo

Tempat Wisata Blora adalah salah satu Kabupaten yang berada di Jawa  Tengah. Kabupaten Blora lokasinya berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Timur di sebelah timur. Sebelah utara Blorta berbatasan dengan Kabupaten Rembang dan Pati. Sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Ngawi. Dibagian barat berbatasan dengan Kabupaten Grobogan.

Tempat Wisata Blora merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Tengah, Kabupaten ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak Spot objek wisata orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Blora tersebut. Blora punya banyak a keren, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, Tempat Wisata Blora, Goa, sampai Waduk yang sangat memanjakan mata dan harus segera kalian explore.

Jika Anda punya rencana untuk berlibur Tempat Wisata Blora, Jangan khawatir akan keindahannya, Kabupaten ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Selama ini jika Blora jarang terdengar tempat yang keren untuk berlibur, namun ternyata Blora ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata alam yang keren yang tak kalah dengan wisata di Semarang, Jogja ataupun kota besar lainnya.

Blora merupakan sebuah daerah yang masuk dalam kawasan Jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur. Kondisi geografis Blora termasuk dalam dataran rendah serta perbukitan di 20 – 280 MDPL. Blora memiliki kawasan hutan jati yang menjadikan kota ini dikenal sebagai pengexspor kayu jati terbesar yang ada di Indonesia.

Bukan hanya itu saja, tempat yang kebanyakan dihuni oleh suku samin ini rata-rata penduduknya berprofesikan sebagai petani. Namun, perekonomian terbesarnya terletak pada exspor kayu jati dengan kualitas terbaik.  Selain itu, kota ini juga menjadi penghasil migas terbesar di Pulau Jawa tepatnya di kawasan Cepu.

Luar biasa yah. Namun masih belum cukup sampai disitu saja. Kota yang terkenal akan budayanya ini juga memiliki destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dan berikut Tempat Wisata di Blora yang populer dikalangan wisatawan Indonesia :

Waduk bentolo

Tak jauh dari lokasi Goa Terawang, anda dapat temukan tempat wisata yang namanya Waduk Bentolo gaes. Tempatnya ada di desa Tinapan, kecamatan Todanan. Sesudah saksikan elemen tanah, batu, sama hawa di Goa Terawang, tidak komplit bila elemen airnya terlewati.

waduk bentolo
waduk bentolo

Nah, di waduk ini anda dapat nikmati kubangan air seluas 270. 795 m2. Waduk ini adalah waduk buatan yang di buat oleh Pemkab Blora yang awalannya berperan sebagai sumber irigasi untuk tempat pertanian warga serta lalu digunakan sebagai tempat wisata.

Untuk kamu yang datang ke sini, anda dapat refreshing atau melepas capek sembari mancing ikan gaes. Pengunjung di sini datang dari Blora serta lokasi sekitarnya. Masihlah di lokasi ini, anda bakal temukan tempat yang dipakai sebagai bumi perkemahan yang populer dengan nama Bumi Perkemahan Pancasona. Seperti lokasi wisata Blora biasanya, anda bakal menjumpai nuansa hijau di sekitaran waduk yang mengakibatkan warna air jadi hijau lantaran terserang panyulan cahaya matahari.

Nah, untuk kamu yang lagi ada di dekat lokasi ini, tak ada kelirunya untuk singgah serta mengabadikan sebagian peristiwa keren di sini. Anda dapat juga sekalian ngajak keluarga, rekan, gebetan atau pasangan kamu bikin romantis-romantisan ditempat ini.

Apakah Anda pernah mendengar waduk Bentolo wisata Kabupaten Blora? Ya, waduk ini adalah satu diantara tempat wisata di Kabupaten Blora yang terdapat di Desa Tinapan, Kecamatan Todanan, Tempat Wisata Blora. Seperti waduk-waduk yang lain di Jawa Tengah, Waduk Bentolo jadi eksotis dengan panorama yang tidak kalah indah dengan Goa Terawang.

Gunung manggir

Tempat Wisata Blora Gunung Manggir merupakan obyek wisata alam berupa pegunungan dan terdapat Goa yang lokasinya terletak di perbukitan Manggir, desa Ngumbul Kecamatan Todanan, + 38,5 km daerah barat dari kota Blora atau + 3,5 km ke arah barat dari obyek wisata Goa Terawang. Obyek wisata gunung manggir berada di perbukitan batuan kapur dengan ketinggian + 250 m dari permukaan laut. luas areal + 4 Ha. Obyek wisata gunung Manggir juga terdapat Goa yang letaknya berada di dekat puncak gunung Manggir dengan mempunyai tiga trap atau tingkatan yaitu : Trap atas/ trap pertama , trap tengan dengan kedalaman + 15 m, dan trap bawah mempunyai kedalaman + 7 m.

gunung manggir
gunung manggir

Tempat Wisata Blora Gunung Manggir di Todanan Blora Jawa Tengah  adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa ngumbul, kecamatan todanan, kabupaten blora, provinsi jawa tengah, negara indonesia. Wisata Gunung Manggir di Todanan Blora Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Gunung Manggir di Todanan Blora Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota blora tidak mengunjungi wisata gunung yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Gunung Manggir di Todanan Blora Jawa Tengah sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya. Keindahan Wisata Gunung Manggir di Todanan Blora Jawa Tengah ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat  Wisata Gunung Manggir di Todanan Blora Jawa Tengah di kota blora.

Didalam goa ini terdapat stalaktit dan stalakmit yang unik dan menarik. Di Obyek wisata gunung Manggir disamping terdapat goa Manggir juga terdapat goa Mangklih yang letaknya terdapat dibagian utara gunung tersebut yang didalamnya terdapat mata air (sendang). untuk mencapai Tempat Wisata Blora Gunung Manggir dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua atau empat. dari jalan aspal kearah goa + 1 km melewati jalan kampung dan jalan setapak. Puncak gunung Maggir memiliki tanah terbuka + 5 m2, apabila kita melihat dari sini kesegala arah akan tampak pemandangan yang mengesankan, begitu indah dan menawan.

Kesongo

Bentuk lokasi semburan lumpurpun menyerupai bentuk miniatur dari gunung berapi. Kumpulan dari semburan lumpur ini sangat menyerupai kumpulan gunung berapi yang saling berdekatan yang sedang berlomba mengeluarkan magma dari perut bumi.  Pada waktu tertentu semburan lumpur di Kesongo menjadi besar yang terjadi dalam seharian. Besarnya semburan kurang lebih sama dengan semburan di Bledug Kuwu Grobogan. Pada saat akan terjadinya ledakan besar pada Lumpur kesongo biasanya ditandai dengan adanya suara gemuruh dan gempa kecil terlebih dahulu.

kasongo
kasongo

Kawasan Lumpur Kesongo memiliki luas 119,1 ha, yang terdiri dari 3 tipe habitat. Ketiga tipe tersebut adalah kawasan semburan lumpur, kawasan rawa dan kawasan padang rumput (savanna). Kawasan semburan lumpur merupakan kawasan yang dipenuhi oleh lumpur yang keluar dari perut bumi, pada daerah ini tidak ada vegetasi yang bisa hidup.

Kawasan Lumpur Kesongo memiliki luas 119,1 ha, yang terdiri dari 3 tipe habitat. Ketiga tipe tersebut adalah kawasan semburan lumpur, kawasan rawa dan kawasan padang rumput (savanna). Kawasan semburan lumpur merupakan kawasan yang dipenuhi oleh lumpur yang keluar dari perut bumi, pada daerah ini tidak ada vegetasi yang bisa hidup.  Kawasan yang menjadi daerah semburan lumpur memiliki luas kurang lebih 5 hektar. Pada kawasan ini biasanya dijadikan sebagai tempat masyarakat untuk meminta berkah pada Ki Joko Linglung. Pada saat setiap ritual, peziarah selalu membawa susu putih yang dituangkan ke dalam kawah lumpur agar permohonannya terkabul oleh Ki Joko Linglung.

Konon menurut masyarakat sekitar, susu putih merupakan makanan favorit dari Ki Joko Linglung. Selain sebagai tempat pemujaan lokasi semburan lumpur merupakan lokasi tempat bermain dan mencari makan beberapa jenis satwa yang hidup di sekitar lokasi tersebut. Kawasan padang rumput merupakan kawasan yang mayoritas ditumbuhi oleh vegetasi rumput. Kawasan savanna di Kesongo memiliki luas kurang lebih 112 ha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here