3 Tempat Wisata Di Magelang Yang Memiliki Pemandangan dan Spot Foto Bagus

0
224
Rumah Kamera

Wisata di Magelang- Magelang merupakan sebuah Kota di Jawa Tengah, Kota ini mempunyai sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, oleh karna itu masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan keunikan yang ada di Magelang tersebut. Magelang punya banyak sekali Spot objek wisata keren, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian, Bukit, Taman, sampai Air Terjun yang sangat memanjakan mata yang harus segera kalian explore.

Jika Kalian punya rencana untuk berlibur ke Magelang, Jangan khawatir akan keindahannya, Kota ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Kalian dikunjungi. Selama ini mungkin Magelang jarang terdengar masalah tempat yang keren untuk berlibur, namun ternyata Magelang ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata alam yang keren yang tak kalah dengan wisata di Semarang, Jogja ataupun Kota besar lainnya.

Baiklah agar tidak panjang lebar, langsung saja ke titik tujuan artikel ini kami buat, Artikel ini bertujuan Untuk memudahkan Kalian menemukan tempat wisata di Magelang yang paling indah, Terbaru dan di rekomendasikan untuk Kalian Jelajahi. Berikut kami ulas secara jelas 3 Tempat Wisata di Magelang Terbaru yang harus segera Kalian explore:

Top Selfie Pinusan Kragilan

Sekarang ini, berfoto memang menjadi kegiatan yang hampir pasti dilakukan oleh para wisatawan ketika berkunjung ke obyek wisata. Terlebih kalau latar belakang atau pemandangannya unik, tangan seakan gatal untuk mengabadikannya dengan kamera. Salah satu destinasi yang menawarkan spot swafoto nan instagrammable adalah Top Selfie Pinus Kragilan. Lokasi obyek wisata di Magelang ini tepatnya berada di Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Magelang, Jawa Tengah. Dari Magelang, jarak tempuhnya sekitar 26 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit. Rute termudah adalah melalui Jalan Magelang-Salatiga sejauh sekitar 23 kilometer, kemudian berbelok selatan kurang-lebih 3,5 kilometer sampai tujuan.

Jika ditempuh dari Yogyakarta, maka jarak tempuhnya kurang-lebih 50 kilometer dengan waktu tempuh dalam kisaran 1 jam 45 menit. Rute dari Yogyakarta adalah melewati Gardu Pandang Ketep kemudian lurus ke utara di Jalan Ketep-Kopeng. Kawasan yang kerap disebut Pinusan Kragilan ini merupakan sebuah hutan pinus di lereng barat Gunung Merbabu. Panorama di sini begitu spesial dengan adanya jalan di tengah hutan. Menjelang masuk kawasan hutan pinus sebelah barat, jalan itu seolah tampak bagai pintu gerbang raksasa yang dijaga oleh pasukan pohon pinus di kanan-kirinya. Inilah spot yang kerap dijadikan pengunjung sebagai tempat berfoto.

Top Selfie Pinusan Kragilan

Kini destinasi yang masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu ini juga semakin lengkap dengan berbagai spot swafoto atau berfoto tambahan. Salah satunya terletak di dua pohon pinus ujung jalan. Pengunjung bisa naik tangga ke pohon untuk menuju spot swafoto itu. Nantinya hasil foto dengan latar belakang barisan pepohonan pinus yang berbaris rapi akan terlihat mengesankan. Pengelola juga sudah menyediakan fotografer andal dengan harga terjangkau bagi pengunjung yang ingin berfoto. Mereka akan mengarahkan pengunjung untuk berpose sehingga hasil jepretannya pun berkualitas. Lokasi berfoto juga tersedia di tengah jalan setapak kawasan hutan pinus. Di sana, banyak terdapat hammock atau tempat tidur gantung yang disusun bertingkat-tingkat. Hasil foto di atas hammock nantinya juga tak kalah keren.

Kunjungan ke sini bisa dilakukan sejak pagi hingga sore. Tak perlu khawatir dengan teriknya matahari karena pepohonan cukup rindang sehingga mampu menghalangi paparan sinar matahari langsung. Selain itu, udara juga sejuk karena letaknya berada lereng gunung. Harga tiket masuk untuk masuk Top Selfie Pinusan Kragilan adalah Rp 10.000 untuk hari biasa dan Rp 12.500 saat hari libur. Selain itu, berbagai fasilitas seperti warung makan hingga toilet sudah cukup lengkap tersedia.

Rumah Kamera (Camera House MGL)

Tiga dimensi bisa diaplikasikan dalam karya seni rupa. Karya seni rupa ini biasanya terlihat dari patung dada. Beberapa pahlawan pun juga diabadikan posturnya melalui patung dada, sebut saja Jenderal A.Yani, Ismail Marzuki, dan sebagainya. Tapi tren karya ini mulai muncul beberapa tahun belakangan dalam bentuk lukisan. Saking kekiniannya, hampir di semua Pulau Jawa dan Bali, mempunyai tempat wisata yang bertemakan 3 dimensi. Pernahkah Kalian membayangkan ada sebuah rumah yang dibangun menyerupai kamera DSLR? Di Magelang, tepatnya 10 menit dari Candi Borobudur, ada seorang seniman yang membangun sebuah  rumah menyerupai kamera SLR. Pemilik rumah ini merupakan Tanggol Angien Jatikusumo, seorang seniman yang berasal dari Semarang dan lama tinggal di Bali.

Awal mulanya ketika itu Pak Tanggol ingin membeli kamera untuk membantunya melukis. Ketika sudah terbeli, beliau berpikir bahwa benda ini perlu dirawat dan disayang. Kemudian, terpikirkan kapan rumahnya berbentuk kamera. Dari ide tersebut, Pak Tanggol kemudian membuat rumahnya mirip seperti kamera DSLR. Tempat unik yang dibangun pada tahun 2014 ini ternyata merupakan galeri seni lukis dari Pak Tanggol. Tak perlu khawatir kelelahan ketika mengagumi karya seni rupa ini. Ada kursi unik yang siap untuk diduduki.

Rumah Kamera

Rumah Kamera (Camera House MGL) ini mempunyai tiga lantai jika dihitung dari bawah. Kalian bisa menuju ke atas masuk melalui tangga. Sekeliling dinding tangga pun juga dihiasi dengan karya seni sang seniman. Di lantai 3, atau ujung lensa kamera, Kalian bisa melihat pemandangan desa yang sangat asri. Bukan cuma itu, Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Andong, Bukit Menoreh serta Punthuk Setumbu pun bisa dilihat dari sini. Lantai paling atas rumah ini seperti lantai pemantau atau pengawas. Sensasi lain yaitu Kalian bisa masuk ke sebuah kamera melalui “lampu flash” sebagai pintu masuk. Bahkan Kalian bisa melihat pemandangan dari luar pada bagian mode LCD. Mode ini digunakan sebagai jendela.

Tak hanya lukisan Pak Tanggol yang bisa Kalian nikmati tetapi juga lukisan 3D, cafe, serta Gembok Cinta seperti di Paris atau Korea Selatan. Buat yang suka selfie, tentu tempat ini tak boleh dilewatkan begitu saja. Ada beberapa spot foto yang bagus sekali untuk berselfie hanya cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang. It’s selfie paradise! Jika Kalian datang dari Sleman, sekitar 40 kilometer sudah sampai Magelang. Biasanya Kalian hanya mengunjungi Candi Borobudur, saatnya berkunjung ke tempat lain. Rumah Kamera misalnya, tak sampai 1 kilometer dari Candi Borobudur, Kalian sudah sampai di sini. Kalian bisa mengendarai kendaraan Kalian ke arah selatan dari Candi Borobudur. Ada baiknya jika ke sini menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan kendaraan umum. Jika Kalian bingung bagaimana menuju ke sini, silakan melihat peta agar tak tersesat. Atau bisa membuka google maps kemudian ketik “Camera House” di kolom pencarian.

Balkondes Ngadiharjo

Liburan kali ini enak sepertinya bilamana kita dapat berwisata bersama keluarga atau teman dekat. Nah, kami punya salah satu rekomendasi destinasi wisata di Magelang yang terbilang unik dan baru. Tempat tersebut adalah, Balkondes Ngadiharjo. Balkondes sendiri adalah Balai Perekonomian Desa, tempat – tempat tersebut dibangun untuk menambah referensi wisata, di samping juga meningkatkan pendapatan ekonomi warga. Balkondes Ngadiharjo sendiri telah didirikan pada tahun 2017 sebagai bagian dari program CSR Perusahaan Listrik Negara (PLN). Balkondes Ngadiharjo ini dibangun diatas tanah bengkok milik Kepala Desa seluas kurang lebih 1,5hektar.

Balkondes tersebut pastinya langsung menyita perhatian baik warga sekitar maupun warga warga luar kota. Balkondes Ngadiharjo ini berada di Desa Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Balkondes Ngadiharjo menawarkan suguhan menarik bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Tidak hanya sebuah wisata kuliner, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan indah sejauh mata memandang.

Balkondes Ngadiharjo

Waktu yang cocok untuk mendatangi Balkondes Ngadiharjo ini adalah pada saat sore hari ataupun pagi hari. Karena saat sore hari atau pagi, view yang disuguhkan sangatlah indah, seperi sunset dan sunrise juga ada pemandangan alam yang terbentang luas. Oleh karna itu tempat ini cocok sekali untuk wisatawan yang suka foto-foto. Dengan kombinasi bangunan yang unik serta pemandangan alam yang indah, tak salah jika Balkondes Ngadiharjo dijadikan salah satu destinasi wisata di Magelang yang patut dikunjungi. Para wisatawan juga bakalan disuguhi pemandangan empat gunung, yakni Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Suroloyo yang sungguh sangat megah.

Namun sangat disayangkan, track perjalanan ke tempat wisata di Magelang yang satu ini masih tergolong baru dan dalam tahap pengerjaan, sehingga masih cukup susah dilewati untuk mini bus, untuk mobil keluarga saja masih tidak cukup bila saling bertemu. Kami datang ketempat ini saat malam hari, sebenarnya memang kurang cocok datang saat malam, karena pemandangan tidak bisa terlihat jelas dalam kegelapan. Akan tetapi hal tersebut terbayarkan dengan indahnya lampu lampu taman yang unik dan menghiasi sekitar taman Balkondes Ngadiharjo ini. Sehingga kami masih bisa tetap ber foto-foto juga walaupun malam hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here