3 Obyek Wisata Purwokerto Dekat Stasiun Yang Kekinian, Buruan Kunjungi

0
201
telaaga sunyi
telaaga sunyi

Obyek Wisata Purwokerto sudah cukup populer di kalangan wisatawan. Tempat untuk wisata yang terletak di lereng Gunung Slamet ini dapat ditempuh dalam perjalanan 15 menit dari pusat kota Purwokerto guys.

Di Baturaden ini, anda bisa melihat pemandangan air terjun yang sangat menawan, serta sejuknya suasana alam pegunungan. Dari ketinggian anda juga bisa dapat menyaksikan keindahan kota Purwokerto, Cilacap, dan juga Pulau Nusa Kambangan.

Baturaden

Wisata di Baturaden ini merupakan tempat wisata yang berada di sebelah utara Obyek Wisata Purwokerto atau tepatnya di lereng gunung slamet, jika sebelumnya kita membahas tentang wisata Telaga Warna di Wonosobo (baca : Telaga Warna Dieng Wonosobo) sekarang kita akan melirik wisata alam nan indah dan romantis yaitu Baturaden.

baturaden
baturaden

Wisata Baturaden ini banyak dikunjungi oleh wisatawan Obyek Wisata Purwokertoaik lokal maupun luar negeri, tidak sedikit hotel dan vila indah berdiri di kawasan ini untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal di kawasan baturaden, dengan hawa yang sejuk dan pemandangan yang indah membuat wisatawan betah untuk tinggal di setiap hotel maupun vila yang ada di sini.

Jika masa kecil anda tau kawan kawan sering mendengar akan lenggenda Lutung Kasarung maka tempat inilah yang menjadi latar utama dari dongeng tersebut, dongeng Lutung Kasarung berkembang di masyarakat Baturaden, atas alasan inilah lengenda dan dongeng dari lutung kasarung tak luput dari Kawasan Wisata Baturaden. Baturaden ini sendiri berasal dari kata ‘Batur’ yang dalam bahasa Jawa berarti Pembantu, Teman, atau Bukit dan ‘Raden’ berarti Bangsawan

Untuk anda mengunjungi lokawisata Baturaden kalian cukup menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dengan waktu tempuh sekitar 15 menit, jarak dari Obyek Wisata Purwokerto sekitar 15 km. Jika kalian ingin menggunakan angkutan umum kalian cukup pergi ke terminal utama Purwokerto dan carilah angkutan umum dengan jurusan Baturaden.

Baturaden ini sendiri terletak di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Cukup mudahkan jalur untuk menuju lokawisata Baturaden, namun kalian perlu berhati-hati karena untuk menuju kawasan ini kalian harus menempuh jalan dengan tanjakan yang tajam.

Baturaden ini merupakan tempat wisata alam yang indah, di Indonesia memang banyak wisata alam yang indah seperti Wisata Alam Bogor, namun Baturaden tidak kalah indahnya dengan tempat wisata alam yang lain, banyak wisatawan datang ke tempat ini untuk memanjakan mata begitu megahnya ciptaan Tuhan, di kawasan Baturaden terdapat beberapa spot yang menarik, jika kalian datang ke tempat ini sangat sayang jika tidak mengunjugi beberapa spot di bawah ini.

Pancuran Pitu dan Pancuran Telu Baturaden merupakan tempat favorit para wisatawan yang datang ke Wisata Baturaden, Obyek Wisata Purwokerto kawasan ini merupakan tempat pemandian air panas dengan pemandangan yang indah guys.

Kalian sendiri akan menikmati pemandian alami dengan suhu berkisar antara 60 hingga 70 derajat celcius, tidak sedikit yang datang ke sana untuk terapi air panas banyak penyakit, kawasan ini merupakan salah satu wisata di Baturaden, selain untuk pemandian air panas kalian juga dapat menikmati pijat sulfur yang banyak terdapat di tempat ini, cukup dengan membayar 7.500 hingga 15.000 rupiah kalian sudah bisa menikmati pijatan ini.

Selain dengan destinasi wisata di atas, Kawasan Wisata Baturaden juga memiliki bumi perkemahan yang biasa digunakan untuk camping, pada tahun 2001 tempat ini pernah menjadi lokasi Jambore Nasional Gerakan Pramuka.

Telaga sunyi

Telaga Sunyi ini juga salah satu destinasi wisata yang ada di Kawasan Wisata Baturaden, Telaga Sunyi merupakan sebuah mata air yang bersih dan jernih, masyarakat men-sakralkan tempat ini untuk itu para wisatawan dilarang untuk mandi maupun berenang di tempat ini demi keselamatan pengunjung.

telaaga sunyi
telaaga sunyi

Ketika kalian semua pergi ke tempat ini, kalian akan merasakan tidak sedang berada di Indonesia, karena letak dan kondisinya seperti di negara lain seperti Jepang, jernih sejuk disertai dengan kicauan burung yang merdu, bagi kalian yang ingin menenangkan hati perlu coba untuk datang ke tempat ini.

Obyek Wisata Purwokerto ini, sebuah kota di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini ternyata memiliki surga tersembunyi yang layak kamu sambangi. Bukan hanya punya beragam kuliner yang bisa kamu santap, kota yang sering disebut sebagai kota kripik ini memang memiliki pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Dari sekian banyaknya destinasi wisata yang berada di sana, kamu bisa mencoba menjelajahi Telaga Sunyi yang sudah nggak diragukan lagi keindahannya.

Sesuai dengan namanya guys, telaga ini merupakan aliran sungai yang hening dan sunyi. Di sini nantinya akan Diselimuti dengan udara sejuk serta dikelilingi oleh alam yang berada di sekitarnya menjadikan tempat ini masih asri dan alami. Hal ini yang membuat banyak wisatawan datang ke tempat ini untuk mencari ketenangan. Bukan hanya bisa menjernihkan pikiran guys, kamu juga akan merasakan kenikmatan Tuhan yang tidak bisa lagi kamu dustakan.

Berlokasi sekitar 3 km dari salah satu destinasi terkenal di Purwokerto guys, yakni Baturaden kamu bisa ke sana hanya dalam waktu 15 menit saja. Telaga Sunyi ini terletak di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah guys. Karena dengan kota yang terkenal adalah Purwokerto, jadi tempat ini dianggap berada di Purwokerto Ya mirip Borobudur yang sering dianggap wisata Jogja.

Jika kamu semua sangat menyukai kegiatan di bawah air, kamu bisa langsung nyebur dan merasakan kesegarannya. Jajaran batu ini yang berada di dasar telaga ini bisa menjadi spot cantik buat kamu yang ingin berswafoto di dalam air. Tak hanya indah guys di lihat dari atas, Telaga Sunyi juga sungguh menawan dari dalam air.

Tiket masuk untuk menikmati keindahan alam ini juga cukup murah ko dengan harga terjangkau, yakni hanya Rp 7.000 saja. Dengan harga segituguys kamu nantinya bisa menikmati keindahan alam disana nantinya, kamu sudah bisa menikmati jernihnya air di Telaga Sunyi. Bebatuan besar ini yang ada di dalamnya pun bisa terlihat dengan jelas dari daratan. Dengan udara yang jernih jauh dari polusi juga bisa kamu hirup untuk bisa menenangkan pikiran. Rasanya sunyi dan bikin adem hati.

Namanya juga alam guys, sudah seharusnya kita jaga bersama tanpa mengotorinya dengan sampah maupun perkataan yang sembarangan. Di tempat ini, penduduk lokalnya juga mempercayai beberapa mitos yang memang sudah sering terjadi. Salah satunya yaitu mitos yang dipercayai di sini ialah ketika seseorang berkata kotor akan ada makhluk halus yang mendorong sampai ke dasar sungai.

Menurut beberapa wisatawan yang telah mengunjungi tempat ini guys, sudah banyak yang membuktikan mitos ini. Ya terlepas dari benar atau tidaknya mitos tersebut, kita memang nggak seharusnya berkata kasar di manapun apalagi di alam bebas guys. Bukan tanpa alasan jika hal itu benar adanya, tapi namanya juga kita berkunjung ke tempat orang lain harus tetap menjaga sopan santun guys serta tutur bicaranya juga harus di jaga.

Curug gede

Seperti yang diketahui guys, Obyek Wisata Purwokerto ini memiliki sejuta keindahan alam yang sangat sayang jika terlewatkan. Hal ini tentunya dikarenakan letaknya yang berdekatan dengan Gunung Slamet. Dan tempat Wisata curug gede ini merupakan salah satunya. Curug gede ini merupakan air terjun yang memiliki ketinggian kisaran 50 meter. Masuk dengan dalam kawasan wisata Baturaden membuat curug ini banyak dikunjungi wisatawan domestik dan luar kota.

curug gede
curug gede

Curug ini dikelilingi oleh perbukitan guys sehingga membuatnya semakin asri dan menakjubkan. Berdasarkan informasi, curug ini merupakan curug terindah yang terdapat di Baturraden karena menyuguhkan pemandangan alam yang sejuk serta air yang sangat jernih. Apalagi dengan tanaman serta batuan di sekitarnya juga seakan mendukung suasana alami dan mendamaikan siapapun yang melihatnya. Namun saat ini, untuk mendapatkan pesona alam tersebut, Anda harus melalui track yang sulit dan curam sehingga sangat tidak dianjurkan untuk membawa anak-anak.

Saat sampai di lokasi Wisata curug gede ini, Anda akan disuguhkan pemandangan “Dam Jepang” serta jembatan yang merupakan salah satu peninggalan Belanda di Banyumas. Setelahnya, Anda bisa berjalan kaki selama beberapa menit untuk bisa menikmati keindahan air terjun dari Curug Gede ini. Tak hanya itu guys, terdapat pula aneka ragam pepohonan yang tumbuh subur di sekitar curug seperti pohon pinus, cemara gunung, pohon damar dan lain sebagainya. Melihat betapa asrinya pemandangan yang disuguhkan guys, maka sangat wajar jika banyak pengunjung yang datang ke curug ini.

Karena tracknya ini yang agak sulit, kebanyakan pengunjung yang datang kesini merupakan muda mudi yang hendak menikmati keindahan alam sambil berfoto ria. Apalagi dengan, tempat wisata ini juga menawarkan tempat makan dan tempat peristirahatan dengan pemandangan indah. Di tempat makan tersebut, Anda juga bisa menikmati hangatnya tempe mendoan yang terkenal sebagai makanan khas Purwokerto. Fasilitas parkir ini yang disediakan tempat wisata ini juga terkelola dengan cukup baik. Tempat Wisata curug gede juga sering dijadikan lokasi berkemah masyarakat setempat terutama para mahasiswa atau pelajar. Hal ini dikarenakan jaraknya yang tidak terlalu jauh dari wilayah kampus dan sekolah-sekolah yang ada di Banyumas, khususnya Obyek Wisata Purwokerto.

Melihat betapa menawannya guys alam yang disajikan di tempat ini, maka sangat sayang jika Anda melewatkannya begitu saja saat berkunjung ke Banyumas. Untuk berkunjung ke tempat ini, harga tiket yang harus dibayarkan terbilang sangat murah yaitu Rp 5000 per orang dan biaya parkir Rp 2000. Harga nya terjangkau kom guys tersebut tentu terbilang sangat murah mengingat betapa menakjubkannya pesona alam Wisata curug gede yang bisa dinikmati. Anda yang berada di luar kota guys dan ingin berwisata ke curug ini juga tidak perlu khawatir mengenai penginapan. Karena banyak sekali hotel, losmen atau villa yang berada di Baturraden sebagai tempat Anda menginap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here