4 Kuliner Khas Medan Yang Terpopuler, Bikin Anda Ketagihan

0
96
mie gomak
mie gomak, kota medan

Kuliner Khas Medan Jalan-jalan ke Medan tak akan terasa puas apabila Anda tidak mencoba berbagai jenis makanan khas-nya. Ada banyak sekali makanan yang dapat anda coba di sekitar kota yang terkenal sebagai ‘surga kuliner’ ini.

Jika Kuliner Khas Medan biasanya dikenal dengan mie balapnya, maka ada satu kuliner lagi dari daerah yang masih satu kawasan bernama mie gomak Medan. Meskipun asal usulnya tidak sejelas mie balap, namun mie yang asli dari daerah Toba Samosir dan menjadi salah satu makanan khas batak Toba ini kini banyak digandrungi wisatawan.

Mei gomak

Selain karena merupakan masakan yang sudah dikenal sejak lama, mie gomak Kuliner Khas Medan juga dikenal dengan olahannya yang tidak biasa dibandingkan kuliner mie lainnya di Nusantara. Anda mungkin mengenal masakan yang kaya rempah dengan sajian daging atau sayuran lain di dalamnya. Nah yang ini sangat beda. Mie gomak Medan sangat unik karena dimasak dengan rempah yang sangat banyak. Anda mungkin perlu mencobanya karena sangat jarang mie dimasak dengan rempah sedemikian rupa.

mie gomak
mie gomak, kota medan

Spagheti dari tanah Batak dikenal juga dengan sebutan Mie Gomak (atau mie lidi, karena bentuknya seperti lidi). Mie ini awalnya berasal dari daerah Balige di tepian Danau Toba. Seiring perkembangan zaman, mie ini kemudian bertransformasi menjadi santapan Kuliner Khas Medan. Yang membuat unik, bahan mentah dari pembuatan mie ini hanya ada dijual di Sumatera Utara. Selain dimakan begitu saja, mie ini juga bisa dicampur dengan kuah lontong atau bumbu kacang. Seporsi mie gomak biasanya dijual dengan harga sekitar Rp. 3.000 – Rp.10.000.

Dahulunya, penyajian mie gomak medan memang digenggam-genggam menggunakan tangan. Beberapa sejarah menyangsikan jika genggaman tersebut menjadi asal-usul nama mie gomak. Penyajiannya sangat berbeda juga dari kebanyakan mie yang sering Anda lihat. Mie gomak Medan disajikan di dalam sebuah wadah tersendiri, dipisah dengan kuah dan sambalnya. Biasanya pembeli akan menuangkan kuah yang penuh dengan rempah asli Sumatera diatas mie sebelum menikmatinya.

Mie yang dipakai untuk membuat kuliner ini adalah jenis mie lidi. Menurut banyak orang, ketika sudah dimasak mie gomak Medan akan memiliki wujud seperti mie Aceh namun ukuran mienya lebih besar dan isinya lebih padat.

Uniknya, mie gomak juga sering disebut dengan spaghetti batak karena sekilas sangat mirip dengan makanan spaghetti khas Italia. Apalagi jika mie asli batak ini penyajiannya dipisahkan dengan saus beserta kuahnya, maka akan sangat mirip. Tekstur mie gomak  yang memang seperti bahan spaghetti juga menjadi salah satu faktor mie ini mendapatkan julukan lain.

Soto medan

Rasa kali ini akan membahas mengenai soto yang berasal dari Sumatera Utara yakni soto Kuliner Khas Medan. Bagi Anda pecinta soto, tentu sudah tidak asing dengan makanan satu ini. Citarasanya yang gurih membuat makanan ini kerap dicari untuk memanjakan lidah. Selain khas kuah kental dan rempah-rempahnya, soto Medan juga menggunakan suwiran daging ayam atau potongan daging sapi.

soto medan,

“Selain itu juga ada potongan telur rebus di dalam kuahnya,” ujarnya. Soto Medan menpunyai rasa gurih dari santan yang gurih dan manis. Ditambah aneka pelengkap lainnya, membuat soto Medan terasa nikmat dengan aroma rempah-rempah yang sangat terasa nikmat saat disantap dalam keadaan hangat.

Bagi penyuka pedas, rasa pedas akan didapat sari sambal cabai rawit. Untuk penambah rasa segar soto, bisa didapat dari perasan air jeruk nipisnya. “Di dalam satu hidangannya ada bihun, tauge, suwiran daging ayam atau potongan daging sapi, potongan telur rebus, tomat, bawang goreng, daun bawang, daun seledri, dan kerupuk merah,”

Daub ubi tumbuk

Inilah menu sayur kebangsaan suku Batak. Menu ini juga dapat ditemukan hampir di seluruh warung makaKuliner Khas Medan. Daun ubi tumbuk biasanya dipadukan dengan sambal terasi atau gulai ikan lele asap. Keunikan dari olahan menu ini adalah adalah buah cempoka (rimbang) dan kincong yang menjadi campuran utama menu ini. Buah cempoka dan kincong yang digunakan hanya ada di tanah Sumatera.

daun ubi tumbuk

Menu makanan ini merupakan makanan favorit dari orang Batak yang dapat anda temukan di sekitar kedai-kedai makanan Kuliner Khas Medan. Oleh karena itu, saat anda berwisata ke Medan, sempatkanlah mencicipi daun ubi yang ditumbuk dan dimasak dengan santan ini.

Aku sendiri bisa dibilang sudah akrab dengan daun ubi sejak lahir. Kami lebih akrab menyebutnya daun singkong. Di rumahku, daun singkong ini mudah sekali didapat, mamak menanamnya di pekarangan rumah sebagai pagar. Mamakku kalau memasak daun singkong dengan cara yang paling mudah, cukup dengan di rebus.

Di Indonesia olahan daun ubi yang di tumbuk ada di berbagai tempat, tapi yang terkenal adalah daun ubi tumbuk Kuliner Khas Medan. Hampir di setiap kedai Kuliner Khas Medan, bisa kita jumpai sayur daun ubi tumbuk ini.

Lontong sayur medan

sayur merupakan salah satu menu sarapan favorit masyarakat Indonesia. Hidangan ini sebetulnya sangat mudah di beberapa kota di Pulau Jawa. Namun uniknya, olahan lontong sayur juga menjadi makanan Kuliner Khas Medan, Sumatera Utara.Keunikan lontong khas Medan adalah terletak pada bumbu lentonya. Bumbu ini membuat cita rasa masakan menjadi lebih gurih dan menggugah selera. Tak heran jika lontong Medan merupakan salah satu menu sarapan favorit penduduk lokal.

masakan nasi padang, medan
masakan nasi padang

Ke Medan? Jangan lupa ya cicip lontong Medan di warung ini. Kuahnya yang gurih kental dengan paduan rempah makin enak disantap dengan lontong yang pulen padat.Di Indonesia, setiap daerah memiliki sajian lontong yang khas. Berbeda dengan lontong Betawi, lontong di Medan ini dibuat dengan bumbu yang khas dengan tambahan bihun hingga bumbu rendang.

Lontong medan terdiri dari campuran lontong, sambal ikan teri, sambal tempe kacang, tauco, mie, bumbu rendang, kuah sayur, kerupuk kentang, dan juga serundeng. Lontong medan sangat mudah ditemukan di kota medan, salah satunya adalah Lontong Kak Lin.

Sarapan pagi, enaknya dengan lontong sayur ini. Warung lontong Medan Kak Lin ini sudah terkenal, lokasinya berada di depan SMAN 1 Medan atau di Jalan Teuku Cik Ditiro. Tidak di warung tenda, lontong Kak Lin ini berada di sebuah ruko yang nyaman. Rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 1994. Salah satu menu lontong yang wajib Anda coba adalah lontong pecal. Tampilannya mirip seperti pecel atau gado-gado dengan paduan kuah gurih dan tidak encer.

Rasanya yang gurih dan pedas, makin enak dipadu dengan sate kerang. Selain menu lontong pecal, ada juga lontong sayur biasa, lupis hingga nasi gurih yang enak dinikmati untuk sarapan pagi ataupun makan siang. Kalau mau ke sini, sebaiknya jangan datang malam. Kak Lin membuat rumah makannya sejak pagi pukul 06.30 hingga sore hari pukul 18.00.

Lontong Kak Lin yang berlokasi di Jalan Teuku Cik di Tiro No. 76, tepatnya di depan SMA 1 Medan ini sudah dikenal oleh banyak orang, karena kenikmatan dari sajian menu lontong nya. Beberapa menu makanan yang bisa anda coba di Lontong Kak Lin, diantaranya adalah Lontong sayur, Lupis, Nasi Gurih, Lontong Lecel dan lain-lain. Harga setiap porsi Lontong Kak Lin ini juga sangat murah meriah, yaitu mulai dari Rp. 13.000.

Begitulah nama sekaligus gambaran rasa dari semangkuk lontong Medan ini. Konon, nama ini diberikan oleh wakil presiden Jusuf Kalla saat mampir dan mencicip lontong di sini. Walaupun warungnya hanya beratapkan tenda, namun yang datang dari semua kalangan. Lontong nasinya dipadukan dengan kuah santan kental dengan warna oranye dan bisa Anda pilih lauknya sesuai dengan selera.

Apabila anda mau berkunjungi di medan jangan lupa guys untuk mecicipi makanan Kuliner Khas Medan ini guys daerah makanan ini cuman ada di medan oleh sebab itu jangan lewatkan liburan anda ke medan untuk mencicipi berbagai macam macam makanan yang ada di kota medan ini guys, buruan kunjungi guys bukan hanya wisata kulinernya aja guys ternyatadi sana ada berbagai macam keunikan ragam budayanya juga yang bikin para pengunjungi ingin kesana.

Sekian dari artikel kami apabila ingin mengetahui info info berikutnya silahkan baca artikel artikel yang sudah kami sediakan nanti kami akan lebih banyak lagi untuk mengaploud wisata kuliner lainya guys.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here