4 Kuliner Makanan Di Medan Yang Paling Pecah

Advertisement

4 makanan di Medan- Medan memang kota yang sangat unik. Penduduknya yang muncul dari beragam etnis menjadikan Medan kaya sejarah dan budaya. Hal ini juga berdampak pada sisi pariwisata, terutama kulinernya. Makanya, sangat disayangkan kalau kalian berkunjung ke ibu kota Sumatera Utara ini tanpa mengeksplor kulinernya.

Buat kalian yang berencana ke Medan, sudah siap memanjakan perutmu? Karena di sini kami punya daftar wisata kuliner makanan di Medan yang paling pecah. Mulai dari yang sudah melegenda hingga yang kekinian, semua wajib kalian kunjungi.

Sate Memeng

Saat mudik ke Medan, ada kuliner yang sayang untuk kalian lewatkan. Namanya Sate Memeng. Kuliner ini katanya paling enak se-kota Medan. Medan punya banyak wisata kuliner yang enak, salah satunya Sate Memeng.

Sate Memeng berada di Jalan Irian Barat, No 2, Gang Buntu, Kota Medan. Terletak di pinggir jalan, warung makan ini selalu ramai dikunjungi. Layaknya sate, Sate Memeng punya beberapa pilihan daging. Mulai dari daging ayam, sapi, hati dan usus ada di sini.

Sate Memeng

Pilihan sambal untuk menjadi teman makannya juga beragam. Ada sambal kacang, kecap dan padang. Dagingnya yang besar-besar dan lembut bercampur dengan kuah kacang, kecap atau padang. Bikin kalian enggak mau berehenti ngunyah.

Kalau kalian mau mencicipi semua sambalnya kalian bisa pesan dengan bumbu terpisah. Mau dimakan satu-satu atau dicmapur semua, sate ini tetap enak! Harga satu porsi sate adalah Rp 20.000 denga isi 5 tusuk sate. Belum termasuk lontong atau nasi. Kedai ini mulai buka pukul 18.00-01.00 WIB. Kalian yang mau makan bersama keluarga bisa menjadikan kuliner ini sebagai pilihan saat mudik ke Medan.

Bihun Asie Kumango

Medan merupakan gudangnya kuliner enak. Salah satunya adalah Bihun Bebek. Hidangan ini terdiri dari bihun rebus yang disajikan dengan irisan daging bebek rebus. Terdapat banyak bihun bebek yang cukup recommended di Medan. Salah satunya adalah Bihun Bebek Asie Kumango. Konon tempat makan ini merupakan salah satu yang terbaik di Kota Melayu Deli.

Bihun Bebek Asie Kumango telah ada sejak tahun 1930. Dengan kata lain, tempat makan di Medan satu ini telah berdiri selama kurang lebih 88 tahun lamanya. Kedai sarapan pagi ini sejatinya hampir mirip dengan kedai lainnya. Bangunannya didominasi warna putih, dindingnya dihiasi pernak-pernik etnik seperti keramik. Deretan meja-meja bundar membuat kesan klasik terasa kian kuat.

Bihun Asie Kumango

Menu utama di restoran ini tak lain adalah bihun bebek. Satu porsi bihun disajikan dengan irisan daging bebek melimpah, sawi, daun bawang, dan bawang putih goreng. Pengunjung juga diperkenankan memesan lauk tambahan, misalnya saja hati atau ampela. Kaldu di sini tidak terlalu kental, namun juga tak terlalu encer. Warna pekatnya berasal dari sari pati bebek yang sudah diolah secara cermat.

Warga Medan biasa mengunjungi kedai ini untuk menyantap sarapan pagi. Asyiknya lagi, di Bebek Asie Kumango pengunjung juga bisa memesan menu lain seperti kopi, teh, atau pun roti srikaya.

Bihun Bebek Asie Kumango berlokasi di Jl. Kumango No. 15, Medan, Sumatra Utara. Mereka beroperasi dari Senin hingga Sabtu, mulai pukul 06:30 sampai dengan 23:00 WIB. Dengan kata lain, Teman-temen juga bisa menjadikan tempat ini sebagai salah alternatif makan malam.

Nah, untuk seporsi bihun bebek di sini dibandrol Rp60.000. Harganya memang agak mahal, namun saat kalian merasakan satu gigit saja dgaing bebek, dijamin bakal langsung tergila-gila.

Soto RM Sinar Pagi

Medan sebagai ibukota dari provinsi Sumatera Utara bisa dibilang sebagai salah satu surganya kuliner di Indonesia. Karena di kota tersebut terdapat berbagai macam ragam kuliner yang mampu menggoyang lidah para penikmat wisata kuliner. Satu yang legendaris yaitu Soto Medan di Rumah Makan Sinar Pagi.

Salah satu dari soto medan, soto ini memiliki kuah santan yang kental dan berwarna kuning kehijauan sebagai ciri khasnya, serta penggunaan jintan pada bumbu yang membuat rasa soto medan menjadi segar ketika dicicipi. Salah satu tempat asyik untuk menikmati wisata kuliner makanan di Medan adalah Rumah Makan Sinar Pagi, di sini tersedia soto Medan yang rasanya mampu menggoyang lidah.

Rumah Makan Sinar Pagi terletak di jalan Sei Deli No 2D, Silalas, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan. Soto di rumah makan ini sudah sangat terkenal di kalangan para wisatawan.

Soto RM Sinar Pagi

Soto Medan yang satu ini rasanya memang sangat nikmat dan maknyus. Rasa rempah-rempahnya sangat pekat, sehingga sotonya memiliki rasa yang gurih, segar dan sekaligus menghangatkan tubuh karena rempah-rempahnya yang begitu mendominasi. Paling enak menikmati sotonya bersama nasi yang masih panas dan pergedel kentang serta rempeyek udang. Wenak!

Di sini juga menyediakan agar-agar dingin yang disajikan di dalam gelas terbalik sebagai makanan penutup. Selain soto, RM Sinar Pagi ini juga menyediakan sop, nasi pecal, lontong sayur dan gado-gado.

Rumah makan Sinar pagi buka mulai dari jam 7.00 wib hingga jam 15.00 wib. Bila tertarik makan di sini, kalian harus sabar mengantri atau datanglah pagi-pagi sekali, karena rumah makan ini selalu ramai pengunjungnya apalagi menjelang jam makan siang, bisa-bisa tidak dapat meja.

Lontong Kak Lin

Lontong, menu makanan yang sudah tidak asing bagi penduduk seantro negeri. Makanan nan lezat dari olahan beras yang dimasak hingga sangat lunak itu sudah ada sejak turun temurun meski tidak diketahui kapan asal muasalnya. Dengan menu olahan berbagai jenis lontong pula yang mengantarkan, Warung Lontong Kak Lin yang ada di Jalan Cik Ditiro Medan menjadi salah satu nominasi restoran terbaik.

Menu Lontong yang menjadi kalianlan sejak 20 tahun silam tersebut sudah menggaet banyak peminat kuliner warga Kota Medan. Menu yang disediakan Warung Kak Lin diantaranya adalah Lontong sayur, lontong pecal, lontong mie, lontong tahu goring serta beberapa jenis olahan lontong lainnya dengan kisaran harga antara Rp10.000 – Rp20.000 per porsinya.

Lontong Kak Lin Medan

Datang ke Medan tidak lengkap jika belum merasakan sarapan dengan menu khas sana, lontong medan. Secara tampilan dan isi, panganan ini sama seperti lontong sayur yang kita kenal. Namun ada yang membuatnya istimewa, yaitu rasanya yang khas, pas kadar manis dan pedasnya. Terlihat setiap hari mulai pagi hingga pukul 10.00 WIB masyarakat berbondong-bondong bersama rekan kerja atau teman sekolah berkumpul bersama di warung yang terletak di Jalan Cik Ditiro Medan.

Bumbu pecal yang tersiram rata di atas sayuran, lontong, berikut telur ayam balado tampak sangat menggoda selera. Rasa manis, asam, dan pedas berpadu serasi pada menu ini. Sayur yang digunakan pun masih segar, yang menambah komplet cita rasa kelezatannya. Sang pemilik kedai, Kak Lin yang bernama asli Nuzulina, mulai merintis usaha ini sejak 1994 di kawasan Jalan Teuku Cik Ditiro, Medan. Ibu tiga anak itu bercerita, dulu ia sempat berjualan di emperan pinggir jalan di samping SMA Negeri 1 Medan. Berbekal modal yang dimiliki bersama sang suami, Kak Lin terus bekerja keras dengan berjualan hingga akhirnya menu racikannya dikenal oleh semua kalangan.Berkat kegigihannya, Kak Lin mampu memindahkan lokasi dagang yang semula di emperan jalan ke sebuah ruko yang lebih layak.

Wow!! Enak enak makanan di Medan nya? Makanan di Medan ini adalah Wisata kuliner makanan di Medan yang harus kita banggakan dan harus kita jaga karena sekarang kebanyakan tempat makanan di Medan ini sudah diolah lagi oleh orang orang indonesia dan terjamin. Jadi bagi teman teman jika berkunjung di suatu tempat wisata kuliner menjadi wisatawan yang sangat peduli dan ramah terhadap lingkungan, dengan cara membuang sampah ditempat nya dan bertindak sesuai adabnya ya.

Sangat senang sekali sudah dapat mengisi waktu sebentar kalian untuk melihat artikel wisata kuliner ini. Sekian dulu ya dari kami, kami akan hadir untuk kalian lagi, jadi jangan lupa ya coment gimana sih wisata kuliner tempat makanan di Medan ini.

Sekian dulu dari kami, terima kasih telah membaca artikel makanan di Medan. Jika ada salah penulisan kami minta maaf yang sangat besar. Yakkk dahh teman teman, sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya….

Advertisement
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.