4 Wisata Pantai Banyumas Yang Kekinian, Yang Terpopuler Wajib Mampir

0
85
pantai ayah kebumen
pantai ayah kebumen

Ibukota dari Kabupaten Banyumas sendiri bermana Purwokerto. Kota ini terkenal dengan sebutan Ngapak Island karena logat  bicara masyarakat sekitar yang sangat khas. Banyumas sendiri terletak di kaki Gunung Slamet yang memiliki ketiggian 3400mdpl dan  masih termasuk  Gunung yang aktif.  Oleh karena lokasi Kabupaten Banyumas yang dekat dengan Gunung Slamet, maka sangat kental dengan kekayaan Alamnya.

Ada begitu banyak wisata alam di kabupaten Banyumas. Banyumas terkenal dengan sebutan kabupaten seribu curug karena jumlah air terjunnya yang banyak. Tidak hanya potensi alam saja yang terdapat di Kabupaten Banyumas, namun unggul juga dengan kebudayaannya. Mungkin banyak wisatawan yang sangat mengenal wisata di Banyumas adalah Baturraden saja. Ternyata tidak hanya itu saja. Banyumas menyimpan banyak wisata-wisata lain yang sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan anda.

Pantai suwuk

Pantai suwuk ini Kebumen memiliki daya pikat tersendiri untuk dikunjungi. Di epanjang barat Pantai ada deretan 3 bukit yang sangat indah, bukit tersebut menjulang kokoh dan Hijau bersemi. Keberadaan Pantai tersebut berbatasan langsung dengan samudera hindia guys. Pantai ini juga berbatasan langsung dengan Pantai karang bolong yang membentang dari utara sampai selatan pantai guys. Wisata Pantai Banyumas Suwuk ini menuju ke Pantai Karang Bolong tersebut hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja.

pantai suwuk

Pantai ini di beri hamparan pasirnya hitam, namun meskipun begitu hamparan pasir hitam tersebut malah menambah kesan eksotis dari Pantai tersebut. Ada pula pohon yang rimbun yang seolah berdiri memagari keindahan pantai ini guys. Ada pohon cemara udang, pohon pandan dan juga rerumputan yang tinggi-tinggi dll. Tanaman ini memberikan kesan yang sangat apik terhadap Wisata Pantai Banyumas.

Area pasir Pantai tersebut seringkali dijadikan sebagai sarana bermain Mobil Offroad bagi para pecintanya alam. Banyak sekalai kalangan anak muda yang berdatangan kesini, pada hari-hari biasa kebanyakan dari kebumen sendiri memang. Terlebih ketika sore hari di sini, suasana Pantai menjadi semakin ramai dan asyik. Para pengunjung bisa pula bermain layang-layang di sini pada sore hari guys.

Di Pantai sendiri ini, tidak diperbolehkan untuk berenang. Sebab ombaknya ini terkenal ganas dan sangat tinggi dan besar. Bahkan dulu konon ketinggian ombak melebihi ombak yang ada di parangtritis. Pantai ini juga terkenal dengan legendanya mengenai nyi roro kidul guys yang menguasai laut selatan. Namun secara ilmiah, ombak di Pantai ini besar sebab berbatasan langsung dengan samudera hindia.

Untuk harga tiket masuk pantainya ini sangat terjangkau sekali. Pengunjung cukup membayar tiket masuk seharga 4500 rupiah saja untuk dewasa dan 2500 rupiah untuk anak-anak di bawah usia 5 tahun. Pengunjung disarankan untuk datang pada hari kerja saja agar mendapatkan suasana yang sepi dan lebih asri. Karena bila datang pada hari libur maka akan sangat ramai sekali guys.

Pantai Suwuk ini ada di selatan Kota Gombong, kira-kira jaraknya 22 kilometer dari kota gombong tersebut. Waktu tempuh yang dibutuhkan adalah sekitar 35 menit saja. Sementara itu bila dari pusat kota kebumen, maka jaraknya sekitar 50 kilometer. Bila ditempuh bisa memakan waktu kurang lebih 1,5 jam. Waktu yang lumayan lama tersebut akan terbayar begitu sudah sampai di pantai.

Pantai jetis

Beberapa waktu yang lalu guys saat pulang kampung terakhir, saya dan suami sempat berwisata ke Pantai Jetis Purworejo. Sebelum ke pantai ini, saya sempat searching berbagai info dan foto soal Pantai Jetis ini  Pantai ini kini terkenal dengan beberapa spot foto kekinian yang membuat wisatawan penasaran untuk kesana Saya salah satunya.

pantai jetis
pantai jetis

Pantai Jetis ini terletak di daerah Ketawang tepatnya di Desa Patutrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo. Rute untuk menuju pantai ini gampang banget kok Kamu bisa menempuh rute via Jalan Raya Kutoarjo Ketawang atau via Jalan Daendels Kalau dari Kutoarjo, kamu bisa melewati Jalan Raya Kutoarjo Ketawang sekitar 15 km sampai ketemu pertigaan Jalan Daendels. Kalau kamu ingin dari Jalan Daendels, tinggal lurus saja menuju arah Kebumen sampai ketemu pertigaan Jalan Kutoarjo-Ketawang. Nanti di situ ada papan petunjuk menuju Pantai Jetis Jaraknya sekitar dari pintu gerbang ke pantai pun nggak jauh. Sekitar 1 km guys. Berbeda dengan Pantai Jatimalang guys yang jarak masuk dari pintu gerbangnya sekitar 2-3 km.

Sama halnya dengan pantai-pantai selatan Jawa guys (khususnya Purworejo) yang lain, ciri khas Pantai Jetis adalah berpasir hitam dan memiliki ombak yang cukup besar. Itulah sebabnya pengunjung harus berhati-hati apabila ingin berenang di pantai ini karena ombaknya yang cukup besar. Kalau boleh memilih yaa, saya lebih suka tipikal pantai yang pasirnya putih dan warna air lautnya kebiruan. Buat saya, pantai yang seperti ini indah banget.

Walaupun begitu, ada hal dari Pantai Jetis guys yang bikin saya penasaran Yang bikin saya penasaran adalah di Pantai Jetis ini banyak spot foto kekinian yang mengundang wisatawan untuk kesana. Saya salah satunya. Kunjungan saat itu juga pertama kali saya ke Pantai Jetis, hahaha. Maapkeun, ya maklumlah selama hidup di Purworejo dulu saya jarang main alias banyak belajar mulu. Wisata Pantai Banyumas Sekarang pas udah punya pasangan dan bisa diajak ngebolang bareng, baru deh ke Pantai Jetis. Sekalian dengan mempromosikan pantai ini sebagai salah satu potensi wisata Purworejo.

Puas untuk menikmati indahnya pantai dan deburan ombak, saya dan suami menuju spot lain. Banyak spot kekinian dan instagramable di pantai ini. Saya pun nggak mau ketinggalan buat ikut foto-foto di spot kekinian itu. Spot pertama ini yang saya datangi adalah sebuah panggung dengan hiasan bunga berbentuk hati. Spot ini letaknya di bagian barat. Untuk anda menuju ke spot ini, saya harus naik dulu ke atas tempat seperti panggung setinggi 2-3 meter. Lumayan guys ngeri juga sih karena cukup tinggi dan anginnya kencang. Tapi pas udah sampai di atas guys, duh syahdu mellow gimana gitu rasanya, hahaha #lebay. Di samping panggung cinta ini (biar mudah saya menyebutnya begitu) ini, ada spot lain yang juga berbentuk panggung. Cuma kami nggak naik karena lebih tinggi, anginnya kencang, dan ribet karena bawa-bawa tripod.

Pantai karangbolong

Pantai Karang Bolong ini bertempat di Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten, bagai menjadi magnet yang selalu menarik pengunjung untuk datang. Dengan Tebing dengan lubang dibagian tengahnya mengundang rasa penasaran hingga meninggalkan rasa kagum yang terpancar dari wajah pengunjung.

pantai karangbolong
pantai karangbolong

Berjarak dengan jarak 50 km dari Kota Serang atau 140 km dari Jakarta, Pantai Karang Bolong berada di tepi jalan yang memudahkan pengunjung untuk menemukannya. Wisata Pantai Banyumas Lokasinya yaitu pantai ini tepat berada di Jalan Raya Karang Bolong yang menghubungkan antara Anyer dan Carita.

Pada mulanya guys, pantai ini bernama Pantai Karang Suraga. Sebuah nama yang diambil dari seorang petapa yang pernah bertapa di sini hingga akhir hayatnya. Konon, cerita yang dipercaya masyarakat sekitar, sang petapa masih hidup dan tinggal di Pantai Karang Bolong. Nama ini berubah seiring banyaknya pengunjung yang menyebut pantai ini dengan sebutan Pantai Karang Bolong, nama Pantai Karang Suraga pun perlahan-lahan berubah.

Keunikan dengan pantai ini terletak pada salah satu tebing yang berlubang di tengahnya. Menurut para ahli geologis, lubang atau bolongan yang terdapat di tebing tercipta karena kikisan air laut yang berlangsung sangat lama. Namun versi lain menyebutkan dengan sebutan, Wisata Pantai Banyumas lubang tersebut ada karena imbas letusan mega dahsyat Gunung Krakatau yang terjadi pada tahun 1883 Wisata Pantai Banyumas.

Diperkirakan lubang ini yang terbentuk memiliki diameter 50 meter dengan laut lepas sebagai pemandangannya. Bahkan jika cuaca lagi baik dan tidak tertutup kabut, Wisata Pantai Banyumas pengunjung bisa melihat Anak Gunung Krakatau yang melegenda ini guys. Para Pengunjung yang datang ke pantai ini bisa naik ke lubang melalui tangga yang terdapat di kanan lubang. Dari sinilah lanskap laut lepas dan Pantai Carita bisa terlihat.

Hal ini menarik lainnya di Pantai Karang Bolong adalah menyaksikan deburan ombak menghantam batu karang. Namun untuk melihat fenomena ini pengunjung harus menyesuaikan dengan keadaan cuaca. Biasanya saat sore hari ombak akan membesar dan membuat hempasan yang indah untuk disaksikan.

Pantai Karang Bolong ini juga dirimbuni dengan pepohonan yang sejuk. Ini membuat pengunjung sangat nyaman saat berkunjung ke sini Wisata Pantai Banyumas. Pohon-pohon ini di sini ada yang sudah berumur ratusan tahun dengan akar-akarnya yang terlihat tua. Di Beberapa tempat lainya, pepohonan bisa dijadikan tempat untuk berteduh sambil menikmati pemandangan yang tersaji di Pantai Karang Bolong

Pantai ayah

Tidak ada habisnya jika membahas tentang keanekaragaman wisata di Indonesia guys mulai dari wisata bahari, kuliner, alam, serta kebudayaannya. Banyak hal yang bisa menjadi pilihan, jika Anda berasal dari Jawa Tengah, Kebumen merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa dijadikan pilihan. Banyak hal yang ada dan bisa dipelajari. Diantara beberapa wisata yang ada yaitu pantai, gua bahkan bagi pecinta sejarah, disini ada benteng yang menjadi saksi kemerdekaan Indonesia.

pantai ayah kebumen
pantai ayah kebumen

Tidak kalah menggemparkan guys, Goa Jatijajar yang merupakan gua kapur tua dengan stalagtit dan stalagmite yang indah ditambah dengan pencahayaan yang pas membuatnya semakin terkesan eksotis dan penuh aura kehangatan. Jalan ini menuju goa yang merupakan tatanan trap beton membuat pengunjung mudah dalam akses serta keberadaan diorama dan patung-patung yang menceritakan legenda Lutung Kasarung membuat pengunjung semakin penasaran dan ingin mendatanginya. Letaknya yang di Jl. Jatijajar Desa Jatijajar Kecamatan Ayah ini membuatnya mudah untuk dijumpai.

Pantai Ayah ini merupakan sebuah pantai yang menawan, indah, dengan ombaknya yang besar menandakan pantai ini sebagai kawasan pantai di Laut Selatan. Wisata Pantai Ayah ini terletak di provinsi jawa Tengah. Pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan guys, karena sering dijadikan sebagai tujuan karya wisata untuk beberapa daerah disekitar Kebumen.

Ditambah dengan ini keberadaan kawasan hutan jati yang dikelola Perum Perhutani KPH Kedu Selatan menjadikan kawasan di sekitar pantai menjadi asri dan permai. Dan guys yang perlu pengunjung ketahui, hutan jati ini merupakan kawasan hutan jati satu-satunya di Jawa Tengah. Wisata Pantai Banyumas Ketinggian ini hutan jati sekitar 5 mdpl dengan suhu dari 24 sampai 34 derajat Celcius cocok digunakan untuk berkemah, karena disini memang disediakan tempat yang digunakan sebagai Bumi Perkemahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here