6 Destinasi Wisata Paling Kece Pulau Sumba, Yang Paling Populer

Advertisement

Keindahan alam Indonesia memang sangat kaya di karenakan banyaknya pulau pulau yang di sekitar negara Indonesia ini guys. Hallo kawan kawan sampai bertemu kembali kami akan memberi anda info guys tentang wisata yang paling kece nih di Indonesia ini adalah  salah satu Pulau Sumba. Tak hanya di Bali saja yang menjadi daya tarik pariwisata di Indonesia, Nusa Tenggara Timur pun memiliki berbagai keindahan alam yang menakjubkan. Pulau Sumba ini adalah  salah satu dari sekian banyak dataran megah di Nusantara. Indahnya alam di Pulau Sumba ini tak kalah jika dibandingkan dengan Hawaii lho!

Mungkin sangking kerennya di Pulau Sumba, beberapa artis atau public figure  berkunjung dan melakukan pemotretan di sana. Berikut ini beberapa Destinasi wisata Pulau Sumba yang bakal bikinanda tergiur  saat melihatnya.

WISATA BUKIT WAIRINDING

Hamparan rerumputan yang tertiup angin akan memanjakan mata. Padang savana berwarna hijau saat musim hujan, dan berwarna kuning saat kemarau. Bukit Wairinding yang juga pernah menjadi salah satu lokasi pemotretan Dian Sastrowardoyo ini berlokasi di Desa Pambotanjara, Waingapu, Sumba Timur.

Bukit Wairinding memang punya pesona yang cukup indah dan menarik untuk anda yang ingin berwisata.Di bukit Wairinding memang menunjukan pesona hamparan padang savana terhampar di bukit dan lereng-lereng gunung kecil-kecil yang indah yang Tuhan berikan kepada sang ciptaanya.

wisata bukit warinding, Pulau Sumba

Selain keindahan hamparan padang savana yang cukup luas sejauh mata memandang, di bukit Wairinding ini juga memiliki pesona sanset yang cukup indah saat sore hari. Untuk bisa mendapatkan keindahan terbenamnya matahari sore itu, anda juga harus pergi pada sore hari sekitar pukul 16.00 Wita sampai pukul 18.00 Wita.

Di bukit Wairinding ini memang cocok untuk anda berselfie atau berfoto dengan latar belakang hamparan padang savana maupun sinar matahari terbenam di ufuk barat saat sore hari.Di lokasi bukit Wairinding ini juga disediahkan oleh warga setempat berupa sarung tenun asli Sumba untuk dipakai saat berfoto, tapi bukan gratis lho? disewa juga, harga sewanya tergantung anda.

Letak bukit Wairinding memang cukup strategis, tepatnya di kampung Wairinding Desa Pambotanjara Kecamatan Kota Waingapu Kabupaten Sumba Timur, NTT.Jika anda ingin berwisata anda dari Kota Waingapu pusat Ibu Kota Kabupaten Sumba Timur anda ke arah barat mengikuti jalan raya Nasional Sumba dengan jarak tempuh hanya sekitar 17 kilometer.

WISATA PANTAI PURU KAMBERA

pantai Puru Kambera terletak 25 kilometer arah timur Kota Waingapu. Panorama pasir putih nan cantik serta air laut berwarna biru jernih bisa kamu temukan di sini. Terdapat pula hamparan savana hijau di sekitar pantai. Kamu juga akan menjumpai beberapa kuda terlihat sedang menikmati santapannya di padang hijau tersebut.

Inilah wisata satu ini tak kalah kerenya dengan wisata bukit wairinding Pantai ini terletak di daerah di Desa Mondu, Kecamatan Haharu, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Lokasinya ini tak cukup jauh berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Waingapu, ibukota Kabupaten Sumba Timur.

wisata pantai puru kambera, Pulau Sumba

Hamparan pasir pantai ini berwarna putih dengan air laut yang berwarna biru menggoda. Di sepanjang tepi tepi pantai ini membentang beberapa hamparan pohon cemara yang hijau nan rindang. Sangatlah ena untuk Berteduh di bawahnya, nantinya anda di sertai hembusan angin sepoi-sepoi dan pemandangan pantai merupakan kenikmatan tersendiri di pantai ini. Ombak pantai ini juga relatif tenang dan tidak terlalu besar, sehingga bisa pula untuk bersnorkeling. Waktu yang saat tepat untuk bersnokeling adalah saat pagi hari yakni ketika air laut sedang surut.

Pantai ini memang tak seramai pantai-pantai lain yang ada di kawasan Waingapu seperti Pantai Londo Lima misalnya. Pantai Puru Kambera masih sepi pengunjung. Jadi sangat cocok bagi Anda yang mendambakan ketenangan saat berlibur.

Namun sayangnya untuk Pantai Puru Kambera ini belum di kelola oleh pemerintah daerah setempat ternyata guys ataupun pengusaha. Hampir tidak ada penduduk di sekitar kawasan pantai ini. Begitu juga dengan rumah makan. Hanya ada beberapa penginapan saja yang di kelola oleh koperasi. Jangan lupa juga untuk membawa bekal makanan dan minuman bila akan berkunjung ke sini.

Pantai berpasir putih nan empuk yang seakan bercumbu tiada henti dengan ombak yang hadir silih berganti merupakan pemandangan yang sangat menawan. Desiran angin yang berpadu dengan teriknya mentari Sumba tidak menghambat kekaguman akan indahnya pantai. Beberapa deretan pohon yang ada di sana sangatlah rindang  telah mereduksi dengan sukses hawa panas yang kental menyelimuti Bumi Sumba.

Langit biru dengan lukisan awan putih bergumpal menambah elok karya Yang Kuasa.  Di sana akan di tambah dengan suasana tenang seakan pantai hanya milik kami, membuat keindahan yang paripurna. Semua masih alami dan sangat bersih. Begitu sampai di pantai, hati pasti tergoda untuk sekedar mencelupkan kaki di air bahkan nyemplung sekalian,, berenang menikmati air laut.

DANAU WEEKURI

Danau Weekuri dikenal memiliki air yang asin. Danau ini berada di Kabupaten Sumba Barat Daya. Air danaunya memiliki kadar garam yang tinggi, sehingga mampu mengapungkan tubuh wisatawan yang berenang. Birunya air laut dijamin akan menghipnotismu. Keren banget.

Kamu tentu tahu kan kalau Indonesia itu adalah surganya tempat wisata alam. Mulai dari gunung yang berjajar, pantai, air terjun, hingga danau yang ada di negeri kita menawarkan pesona yang bisa bikin siapa saja yang melihatnya merasa jatuh cinta.

wisata danau weekuri, Pulau Sumba

Jangan cuma pergi ke tempat-tempat yang memang sudah popular guys. Karena, masih ada banyak lagi loh destinasi yang belum sering dijamah oleh traveler. Contohnya seperti Danau Weekuri Sumba yang berada di Nusa Tenggara Timur.Tempatnya memang agak jauh dari perkotaan. Tapi, kebersihan dan keasrian alamnya dijamin masih sangat terjaga. Tak salah kalau tempat ini dikatakan sangat cocok didatangi oleh traveler yang mencari ketenangan saat liburan.

Lokasi Danau Weekuri Sumba ini memang cukup tersembunyi karena ditutupi oleh hutan rindang, semak belukar, dan tebing karang. Perlu usaha ekstra untuk bisa mencapai tempat ini. Walaupun tenaga yang dibutuhkan untuk sampai ke sana cukup besar, yakin deh kalau semua itu akan terbayar ketika kamu melihat langsung panorama alam yang ada di sana.

Tebing karang yang jadi dinding pembatas antara Danau Weekuri dengan laut lepas membuat tempat ini terlihat seperti sebuah kolam raksasa. Bibir danaunya dihiasi oleh hamparan pasir putih. Batuan dan tumbuhan hijau pun mempercantik pemandangan di sana. Eits.. tapi bukan itu yang jadi primadona di kawasan ini.

Wisata pantai wandorak

Pantai Mandorak menduduki posisi kedua setelah Danau Weekuri sebagai objek wisata terbaik di Pulau Sumba. Berada di Kabupaten Sumba Barat Daya, pantai ini tak kalah indah dari Hawaii. Uniknya, pantai ini berada di balik tebing curam. Saat sore hari, semburat cahaya matahari terbenam turut andil memperindah panorama Pantai Mandorak. Serasa menemukan kepingan surga.

Walaupun pasir pantainya tidak sepanjang Pantai Kolbano di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Pantai Mandorak yang terletak di Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, ini memberikan pemandangan yang menyejukkan mata.

wisata pantai mandorak Pulau Sumba

Tak jauh dari batu karang tersebut terdapat sebuah rumah panggung dengan arsitektur khas rumah-rumah Sumba pada umumnya. Rumah tersebut dikelilingi belasan pohon cemara yang selalu mengeluarkan suara jika tertiup angin laut.“Rumah yang dibangun itu biasa disewa wisatawan untuk menginap,” kata Umbu Rato penjaga Pantai Mandorak.

Pantai ini berjarak sekitar 50 kilometer dari kota Weetabula, Ibu Kota Sumba Barat. Kira-kira setara dengan satu setengah jam perjalanan.Pantai ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata pilihan. Selain menjorok ke lautan lepas, pantai ini juga menjadi tempat yang tepat untuk menyepi.

Wisata air terjun lapopu

Air terjun tertinggi di Nusa Tenggara Timur ini berada di kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru. Tepatnya di Desa Lapopu, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat.

Air terjun ini bertingkat. Jatuh airnya tidak langsung ke dalam kolam, tapi masih berundak-undak. Penat atau galau hilang seketika ketika berkunjung ke sini.Air Terjun Lapopu di Pulau Sumba dikenal sebagai air terjun tertinggi di Nusa Tenggara Timur ( NTT). Air terjun ini terletak di Desa Hatikuloku, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat.

wisata air terjun lapopu, Pulau Sumba

Air terjun ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Menupeu Tanah Daru dan Laiwangi di Pulau Sumba. Tinggi air terjun ini 90 meter. Lapopu berbeda dengan air terjun lainnya, di mana air terjun ini bertangga-tangga, kemudian membentuk tangga-tangga sebelum sampai di kolamnya. Sementara air terjun lainnya di TN ManaLawa ini langsung turun terjal ke bawah.

Keunikan air terjun dan alamnya yang masih asri ini menjadi daya tarik wisatawan untuk menikmati suasana di tengah hutan belantara Pulau Sumba. “Kami akan melaksanakan program pengembangan pariwisata berbasis ekologi dan budaya di kawasan Taman Nasional MataLawa Pulau Sumba. Gabungan pengembangan pariwisata alam dan budaya, kuliner harus mulai dipromosikan.

Artinya, kampung adat Sumba yang unik dibuatkan dalam bentuk paket wisata bersama dengan sejumlah keunikan air terjun dan padang savana serta berbagai jenis burung yang endemik di Pulau Sumba. Bird Life Internasional sudah menetapkan Pulau Sumba sebagai important bird area karena keunikan burung dan kupu-kupu yang hanya di Pulau Sumba.

Pantai nihiwatu

Inilah nihiwatu yang memang tak sepopuler Pantai Kuta. Namun siapa sangka, Pantai Nihiwatu berada di posisi ke-17 dari 100 pantai terbaik di dunia dan satu-satunya pantai di Indonesia yang terpilih menjadi pantai terbaik di Asia.

Meski tidak sepopuler pantai di Bali, Nihiwatu juga menjadi incaran para traveler, terutama peselancar. Bahkan, pantai ini juga dikenal dengan sebutan God’s Left. Ombak di Pantai Nihiwatu menjadi tantangan terbaik bagi para peselancar dunia.

wisata pantai nihiwatu Pulau Sumba

Nihiwatu berada di wilayah Sumba Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), berada 30 kilometer dari kota Waikabubak-Sumba Barat, NTT. Untuk menggapai surga ini, kamu membutuhkan waktu tempuh cukup panjang. Akan tetapi semua itu sepadan dengan air lautnya yang jernih, pasir pantainya yang bersih, dan suasana matahari terbenam yang menakjubkan.

Tak hanya pemandangannya yang menakjubkan, pantai ini menjadi salah satu surga bagi para surfer dunia untuk mencoba keganasan ombak pantai tersebut. Pantai berpasir putih ini mendapat julukan Left God Waves karena keganasan dan kesempurnaan ombaknya. Ombak di Nihiwatu diklaim sebagai salah satu yang tercepat di dunia. Hal tersebut menjadikan peselancar dunia penasaran untuk menaklukan ombak di pantai ini.

Advertisement
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.