5 Kuliner Di Pacitan Yang Memiliki Ciri Khas Tersendiri

Advertisement

Pacitan tidak hanya terkenal dengan tempat wisatanya yang sangat bagus namun disana juga terdapat wisata kuliner di Pacitan. Melakukan liburan ke Pacitan tidak akan membuat Kamu kelaparan, karena banyak sekali makanan yang harus Kamu cicipi. Jika Kamu melakukan perjalanan dari tempat wisata satu dengan lainnya maka, dijamin Kamu bisa menemukan banyak sekali makanan kuliner yang dijual disana.

Wisata kuliner di Pacitan sangat banyak, mulai dari kuliner street food, cafe sampai dengan makanan kuliner yang berada di hotel. Kebanyakan para wisatawan yang berkunjung di Pacitan pasti lebih memilih untuk membeli kuliner yang berada di street food. Rasanya sangat nikmat disisi lain harganya juga cukup terjangkau bagi orang yang sedang melakukan traveling dikota ini. Semua makanan kuliner yang dijual disini sangat khas, hanya Kamu temukan di Pacitan saja.

Berbagai macam tempat wisata kuliner di Pacitan tidak hanya digunakan sebagai tempat makan saja, namun Kamu juga bisa menghabiskan waktu nongkrong disana. Setiap tempat kuliner menyediakan fasilitas tempat yang nyaman bagi para pelanggan. Kamu pasti sangat betah menghabiskan waktu disana.

Terlalu banyaknya tempat wisata kuliner di Pacitan pasti membuat Kamu bingung. Tenang saja karena Kamu dapat memilih tempat kuliner yang tepat. Pilihlah tempat kuliner khas Pacitan yang menyediakan makanan dengan rasa super lezat. Berikut ini merupakan berbagai macam kuliner di Pacitan yang wajib Kamu coba.

Soto Pacitan

Soto pacitan memang sangat unik karena tidak memakai santan, seperti halnya soto Surabaya. Dan yang paling kelihatan adalah pemakaian telur rebus, sledri, kacang tanah goring, bawang goring, dan campuran kecambah jawa yang membuat soto Pacitan cukup unik dan menggoda selera.

Soto Pacitan bahkan sudah banyak beredar di luar Pacitan, karena memang rasanya berbeda dari soto kebanyakan. Bahkan Presiden SBY yang juga berasal dari pacitan begitu suka dengan soto Pacitan. Yang paling enak dalam menjaga cita rasa soto Pacitan adalah menggunakan bahan baku ayam kampung. Selain kualitas gizi yang cukup tinggi, kadar lemaknya juga sangat rendah, juga akan menjaga rasa soto tetap harum dan nikmat saat disantap bersama keluarga.

Soto Pacitan

Berbagai warung yang menyuguhkan soto ayam Pacitan ini banyak terdapat di Pacitan, seperti warung Marem, sebuah warung yang berlokasi di Jalan Raya Kebonagung KM 6, Kebonagung Pacitan, menyediakan menu khusus soto ayam kampung. Selain itu juga ada warung Soto Bu Maryati, tepat nya di sebalah Kantor Polisi Sektor Kebonagung, makanya sering dikenal sebagai Soto Bonagung.  Warungnya sederhana, di pinggir sawah.

Selain soto Maryati dan Soto Marem, soto khas Pacitan bisa juga dinikmati di beberapa warung lainnya. Ada Soto Giyem, atau Soto Sebrok. Kedua warung itu bertempat di Desa Menadi Pacitan kota. Rasanya agak mirip-mirip, segar, kuah bening, tanpa banyak ornamen, terasa ringan di lidah, sehingga semangkok saja mungkin tak akan cukup.

Komposisi soto khas Pacitan jauh lebih simpel dibanding soto pada umumnya. Hanya dengan paduan kuah bening, kecambah, suwir ayam kampung, ditambah taburan bawang goreng, irisan seledri, dan kacang tanah goreng utuh.

Kupat Tahu

Salah satu kuliner di pacitan yang ngangeni untuk disantap sebagai menu makan siang atau makan malam adalah kupat tahu Pacitan, atau orang ada juga yang menyebut dengan tahu kupat. Tahu kupat merupakan salah satu kuliner yang terdiri dari tahu goreng, kupat (ketupat), tauge, kol, dan diguyur air bawang putih dan kuah kecap, di atasnya ditaburi irisan daun seledri dan kacang goreng.

Kupat Tahu

Yang menjadikan kupat tahu Pacitan memiliki cita rasa khas adalah kuah kecap yang kental menjadikan tahu kupat memiliki rasa manis yang menonjol, lalu air bawang putih menambahkan sedikit rasa gurih, tambah mantap dengan imbuhan kerupuk kuning atau rambak. Biasanya si pedagang kupat tahu Pacitan akan menanyakan ke pelanggannya, “pedas, sedang atau biasa?” tawar salah satu penjual, dan untuk selanjutnya terserah anda mau mencicipi yang pedas, sedang, ataupun taka da tambahan cabenya.

Sale Pacitan

Anda mungkin saja pernah menjumpai model kuliner berupa kue yang berbahan baku dari pisang kering, lalu di gulung – gulung menyerupai kelereng? Ya, itu adalah sale. Sale Pisang, makanan khas Pacitan. Sale merupakan salah satu makanan khas Pacitan, selain nasi tiwul dan ikan kalakan. Bahan bakunya terbuat dari pisang manis yang dikeringkan dengan cara alami. Dimasak tanpa bahan pengawet namun bisa bertahan dalam waktu beberapa bulan.

Sale Pcitan

Dengan kemasan yang unik, sale Pacitan bisa anda temui dalam berbagai bentuk, baik kemasan biasa dalam ukuran sedang, berbentuk anggur yang berwarna-warni serta lembaran-lembaran besar, atau berbentuk cumi – cumi. Semuanya tetap nikmat dan sangat cocok menjadi hidangan dikala keluarga berkumpul.Seperti diketahui, Sale Pisang yang saat ini menjadi makanan khas Pacitan bahkan menjadi cinderamata dan oleh – oleh ketika anda berkunjung ke Kota yang berada di ujung Provinsi Jawa Timur ini.

Singkong Keju

Salah satu makanan hasil bumi warga Pacitan yang cukup dikenal adalah Singkong. Biasanya, warga setempat mengolah singkong menjadi makanan pengganti beras, yakni thiwul, atau berbagai jajanan lainnya, seperti utri dan gatot. Namun demikian, seiring perkembangan zaman, modifikasi olahan singkong tersebut terus dilakukan masyarakat Pacitan, salah satunya menghasilkan Singke (Singkong Keju) Gula Pacitan.

Singkong Keju

Rasa singkong modifikasi yang dibuat berbeda dari singkong keju kebanyakan. Rasa singkong Pacitan yang enak, dipadukan dengan keju dan gula semut khas Pacitan, menghasilkan singke yang rasanya krenyes dan lezat ini. Selain menggunakan bahan baku singkong, Singke Gula Pacitan ini juga diberi taburan keju dan gula semut. Sehingga bisa dipastikan rasa lezat dan lembut singkong Pacitan, ditambah dengan keju dan gula semut yang manis, menghasilkan rasa yang aduhai.

Jenang Dodol Pacitan

Jenang yang satu ini adalah salah satu dari sekian banyak kuliner khas Pacitan yang menyajikan sensasi rasa yang ngangeni. Dengan bentuk yang kecil namun bikin kenyal, manis, dan bertaburkan wijen sebagai pelengkap, rasa dari jenang dodol Pacitan ini sangat nikmat kala menyentuh dinding – dinding di rongga mulut. Rasanya juga begitu manis dan wangi, sehingga jenang dodol Pacitan ini bisa dikatakan sebagai kuliner unggulan di Pacitan.

Jenang Dodol pacitan

Jenang dodol Pacitan sendiri sangat banyak ditemui di beberapa toko oleh – oleh khas Pacitan dengan harga yang bervariasi. Dengan berbahan baku antaralain, tepung beras ketan, gula, dan santan sebagai bahan baku utama, jenang dodol Pacitan dapat dikategorikan kuliner yang dikonsumsi dengan bentuk sebagaimana adanya tanpa memerlukan rehidrasi serta cukup awet.

Selain itu juga, bahan baku tambahan dari jenang dodol Pacitan adalah vanili dan wijen untuk mendapatkan rasa yang khas. Biasanya, jenang dodol Pacitan ini cocok dikonsumsi sebagai oleh – oleh bagi keluarga, kerabat, atau bahkan dikonsumsi sendiri sebagai camilan di rumah.

Wow!! Enak enak bukan kuliner di Pacitan nya? kuliner di Pacitan ini adalah Wisata kuliner enak Pacitan yang harus kita banggakan dan harus kita jaga karena sekarang kebanyakan tempat makan Pacitan ini sudah diolah lagi oleh orang orang indonesia dan terjamin. Jadi bagi teman teman jika berkunjung di suatu tempat wisata kuliner menjadi wisatawan yang sangat peduli dan ramah terhadap lingkungan, dengan cara membuang sampah ditempat nya dan bertindak sesuai adabnya ya.

Sangat senang sekali sudah dapat mengisi waktu sebentar anda untuk melihat artikel wisata kuliner ini. Sekian dulu ya dari kami, kami akan hadir untuk anda lagi, jadi jangan lupa ya coment gimana sih wisata kuliner tempat makan kuliner di Pacitan ini.

Sekian dulu dari kami, terima kasih telah membaca artikel kuliner di Pacitan. Jika ada salah penulisan kami minta maaf yang sangat besar. Yakkk dahh teman teman, sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya….

Advertisement
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.