5 Kuliner Khas Tulungagung Yang Terkenal Kelezatannya, Bakal Bikin Ketagihan

Advertisement

Kuliner Khas Tulungagung adalah kabupaten yang berada di provinsi Jawa Timur  guys, terletak di barat daya kota Surabaya . Dan kota ini di kenal sebagai kota penghasil marmer , selain itu juga di kenal dengan Kuliner Khas Tulungagung nya yang di jamin bakal bikin kamu ketagihan . Bagi anda  para pecinta kuliner wajib banget buat mencoba makanan disini, apalagi jika makanan itu sudah di kenal di seluruh Indonesia. Nah kamu mau tau kuliner khas tulungagung apa saja yang ada di Tulungagung  guys, berikut sedikit ulasan tentang Kuliner Khas Tulungagung yang wajib kamu coba.

Kue sagon

Bicara mengenai Indonesia tidak akan pernah ada habisnya guys. Tidak hanya soal alamnya guys yang begitu menggiurkan, juga tentang kebudayaan dan kuliner yang sangat sayang untuk dilewatkan. Sebut saja nasi goreng dan rendang yang pernah masuk dalam daftar makanan terenak di dunia. Ada juga kue lawas yang tetap memiliki penggemar guys hingga kini. Berikut ini adalah penuturan Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara tentang kisah kue sagon, jajanan jadul jaman kakek dan nenek kita.

kue sagon
kue sagon

Di antaranya yaitu banyaknya kuliner yang disajikan, ada salah satu kuliner yang semakin ditinggalkan. Beberapa orang sedang mulai enggan untuk mencari atau bahkan menjual makanan yang memiliki cita rasa yang cukup khas yaitu adalah rasa manisnya. Makanan tersebut bernama Kue Sagon.

Kuliner yang juga terbuat dari kelapa ini sangat mudah dicari di wilayah Pulau jawa dan Sumatra. Hanya saja, kemudahan dalam mencari itu tidak bisa dilakukan saat ini. Pasar yang biasa menjajakan makanan ini pun mulai jarang terlihat. Satu per satu penjual mulai berpaling ke kuliner kan guys yang lebih banyak diminati oleh para wisatawan semua. Biasanya sagon menggunakan tepung ketan. Tetapi, tepung ketan ini bisa diganti dengan tepung sagu atau tepung kanji bila tepung ketan susah untuk dicari.

pada zaman dahulu, orang-orang memberikan sebuah nama dengan begitu mudah. Dilihat dari bahan dasar yang digunakan atau nama penemunya. Begitu pula dengan Kue Sagon ini guys, masih belum terlalu jelas siapakah yang menemukannya. Banyak sekarang yang bilang, nama Kue Sagon diambil dari bahan bakunya yang menggunakan tepung sagu.

Saat pertama kali untuk mencoba akan muncul rasa yang cukup unik yang akan membuat para wisatawan ketagihan. Tidak hanya akan pecah di lidah guys, cita rasa Kue Sagon yang paling mencolok adalah manis dan gurihnya. Aromanya pun juga berbeda dengan kuliner lainnya. Aromanya juga begitu harum dan wangi.

Ayam lodhho

Ayam lodho paling enak tentunya menjadi incaran tersendiri bagi masyarakat yang ingin mencicipi Kuliner Khas Tulungagung Jawa Timur yang populer ini. Sebetulnya, ayam lodho ini merupakan sajian berbahan dasar daging ayam yang menyerupai opor dan pedas. Namun yang membedakan dari sajian ayam lodho ini adalah cara mengolahnya yang diawali dengan cara memanggang daging ayam sehingga aromanya lebih menggugah.

ayam lodho
ayam lodho

Karena merupakan makanan khas, biasanya ayam lodho ini merupakan menu pokok ketika ada acara selamatan, syukuran, pesta atau acara-acara lainnya. Namun saat ini Anda akan mudah menemukan makanan khas ini berjajakan di tempat-tempat makan. Untuk itu, inilah 9 ayam lodho paling enak yang bisa Anda temukan di Tulungagung dan Trenggalek.

Salah satu ayam lodho terkenal dan memiliki rasa yang lezat adalah tempat makan ayam lodho Pak Yusuf. Berada di Jalan KH R. Abdul Fatah No.88, Barat pasar Ngemplak, Tulungagung. Tempat ini sangat terkenal akan citarasa ayamnya yang khas dan lezat bahkan tempatnya pun cukup nyaman dan luas.

Untuk ayamnya sendiri bertekstur sangat empuk dan lembut, bumbunya nendang dengan aroma rempah yang sangat menggugah. Kuahnya pun kental, ditambah dengan nasi uduk lezat dan lombok juga urap-urapan sehingga menjadikan tempat ini cocok untuk Anda pilih ketika ingin menikmati kuliner khas Jawa Timur ini.

Ayam lodho Pak Yusuf memang cukup populer sebagai penyedia ayam lodho yang lezat. Tak hanya di kawasan Tulungagung saja, bagi Anda yang sedang berada di kawasan Trenggalek dan ingin mencicipi sensasi kuah kental dan pedasnya makanan ini, bisa mengunjungi rumah makannya di Jalan Raya Kedunglurah, Pagolan, Trenggalek, Jawa Timur. Harga makanan mulai dari Rp. 20.000 saja dan bisa dikunjungi dari pukul 7 pagi hingga 10 malam.

Seperti cabangnya di Tulungagung, di kedai ini pun menyajikan hidangan ayam lodho yang luar biasa lezatnya. Ayam bakar kampung yang berbumbu, dipadukan dengan kuah santan pedas yang khas dan kental. Dipadukan dengan urap yang beragam, menjadikan Anda yang mencicipinya pasti ketagihan, apalagi jika Anda penyuka makanan pedas.

Enting enting kacang

Enting-enting Kacang ini dibuat kemarin, gegara stock nougat kacang untuk taburan bolu gulung masih banyak tapi saya harus tetap ajarkan cara membuatnya. Lalu tiba-tiba saya teringat Jidah, nenek saya Allahyarhamha- yang sungguh luar biasa. Beliau duluuu.. jaman saya kecil sering membuat Enting-enting seperti ini untuk dijual. Untuk mendapatkan penghasilan, untuk menolong ekonomi keluarga, untuk tetap berkarya dari dapur. Saya kecil suka menunggui disampingnya. Menunggu potongan pinggiran untuk dicemil-cemil. Nggak bantuin malah nakal ngambilin cuilannya melulu.

enting enting kacang
enting enting kacang

Jadilah begitu selesai bikin karamel, aduk dengan kacang, saya langsung minta tolong pegangin sutil sama mbak Gemi Miranti, salah satu pengajar NCC yg kebetulan datang, tuang adonan diatas Seven Papers, tutup lagi diatasnya dengan Seven Papers, laly saya gilas tipis dengan rolling pin. Segera potong-potong.

Getuk pisang

Sebelumnya ini sudah buat Getuk Singkong dan Getuk Lindri Tidak lengkap jika tidak membuat getuk dari pisang yang rasanya tidak kalah dengan dua getuk di atas Getuk pisang rasanya lebih lembut dan lebih manis karena rasa pisang sendiri sudah manis. Getuk pisang ini biasa di bungkus menggunakan daun pisang tetapi kali ini membuat Getuk Pisang menggunakan kukus dengan panci langsung karena mencari daun pisang sedikit susah bunda.

getuk pisang
getuk pisang

Getuk Pisang adalah salah satu buah yang kandungan gizinya sangat bermanfaat bagi tubuh. Pisang tidak hanya dapat dinikmati secara langsung tapi juga dapat diolah menjadi berbagai macam olahan pangan yang menggiurkan dan enak. Salah satu olahan dari pisang yang enak adalah gethuk pisang.

Jenang syabun

Kuliner Khas Tulungagung , mempunyai beragam makanan khas tulungagung , yang cukup banyak dan nikmat . Salah satunya adalah Jenang Syabun , yang mempunyai rasa cukup manis dan legit . Nikmatnya Jenang Syabun ini , ternyata diminati konsumen luar negeri. Salah satu produsen Jenang Syabun ini adalah Asroi , warga Kelurahan Sembung Kecamatan Kota Tulungagung . Asroi merupakan generasi ke tiga dari usaha Jenang Syabun, yang telah di rintis oleh kakeknya Haji Askandar sejak tahun lima puluhan lalu .

jenang syabun

Karena rasanya yang khas , Jenang Syabun ini manjadi buruan konsumen , baik lokal Tulungagung mapun luar kota. Bahkan beberapa kali , Asroi mendapat pesanan dari luar negeri sepereti Malaysia , Hongkong  dan Jepang , itupun harus di kirim didalam peti es. Karena Jenang Syabun , tidak berpengawet . Jenang Syabun yang tidak bisa bertahan lama , maka banyak pesanan dari luar daerah maupun manca negara yang terpaksa di tolaknya.

 Setiap harinya , Asroi dengan di bantu sejumlah karyawannya , memproduksi Jenang Syabun  sebanyak 30 kg. Bila bertepatan dengan hari libur panjang , dan hari besar , seprti idul fitri , permintaan bisa meningkat hingga tiga kali lipat dan memproduksi hingga 90 kg. Menurut Asroi , dari namanya syabun , mungkin akan muncul banyak pertanyaan. Karena bila jenang ini terbuat dari sabun , pasti rasanya tidak mungkin bisa nikmat . Jenang Syabun sendiri bahan dasarnya , beras ketan , kelapa , gula pasir , dan susu kental manis , serta tanpa bahan pengawet kimia , yang di masak dalam sebuah beajana besar , dengan di aduk terus menerus hingga mengental .

“Syabun berasal dari bahasa arab sobun yang artinya muda , nama ini diberikan agar para generasi penerus Jenang Syabun ini selalu bergikir muda dan kreatif,” kata Asroi. Dengan rasa yang begitu nikmat  harga Jenang Syabun ini tergolong , sangat terjangkau , dari semua kalangan . Untuk setiap kotak berisi 16 biji , seberat setengah kilogram , oleh Asroi , di bandrol seharga Rp 22 ribu rupiah.

Advertisement
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.