5 Tempat Liburan Terbaik Wisata di Tarakan Wajib Dikunjungi

Tempat Liburan Terbaik Wisata di Tarakan– Sebagai salah satu kota yang ada di Kalimantan Utara maka memang tak mengherankan jika Kota Tarakan memiliki banyak sekali destinasi wisata yang cukup menarik. Jika kita membahas mengenai destinasi tempat wisata di Tarakan ini maka pastinya tidak akan ada habisnya. Kota Tarakan ini sebenarnya berpisah dari kota di Kalimantan Utara yang lain. Hal ini memang dikarenakan kota yang satu ini terletak pada pulau yang tersendiri.

Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa tentang destinasi tempat wisata Tarakan yang pastinya tak akan mengecewakan. Banyak sekali destinasi wisata di tarakan yang dapat kita kunjungi. Jika kalian berpikiran untuk berlibur di Tarakan maka ada beberapa lokasi yang dapat kalian kunjungi, seperti:

Hutan Mangrove Tarakan

Sebagai salah satu wisata di tarakan Hutan Mangrove yang ada di Indonesia  kawasan hutan mangrove yang berada di Tarakan memang sangat amat menarik. Lokasi wisata yang berada di Jalan Gajah Mada ini memang salah satu dari beberapa tempat wisata kebanggaan masyarakat tarakan. Sama hal nya dengan beberapa wisata mangrove yang ada di sekitar kawasan lain seperti wisata mangrove edupark semarang atau hutan mangrove wonorejo surabaya.

Hutan Mangrove
  • Kawasan yang satu ini pun juga selain berfungsi sebagai tempat wisata juga berfungsi sebagai tempat konservasi alami. Jika kalian berkunjung ke lokasi ini maka kita akan disambut dengan suasana yang nyaman dan tenang. Udara yang ada di sekitar kawasan ini juga sangat terasa sejuk dan rindang. Bukan menjadi hal yang mengherankan jika banyak masyarakat tarakan yang menjadikan tempat ini sebagai salah satu lokasi mencari ketenangan. Kalian bisa datang di pagi hari untuk kemudian menyusuri jembatan kayu ulin yang sudah terkenal.
  • Jika kalian beruntung maka kalian akan melihat Bekantan yang merupakan hewan Langka. Kawasan Hutan mangrove Tarakan ini sendiri memang menjadi salah satu lokasi dari berbagai satwa untuk berlindung dan berkembang biak. Keaslian dan kondisi dari kawasan ini memang sangat dijaga dengan baik oleh masyarakat tarakan dan pemerintah tarakan itu sendiri. maka jika anda akan berkunjung ke kawasan ini sebaiknya tetap menjaga kondisi lingkungan yang ada.

Pantai Amal

Tempat wisata yang ada di Tarakan satu ini memang sangat cukup menarik untuk di kunjungi. Terutama bagi mereka yang menyukai dan menyenangi beragam hal yang berhubungan dengan wisata wisata laut. Pada dasarnya Kalimantan timur ini merupakan salah satu dari beberapa destinasi wisata bahari di Indonesia yang memang cukup terkenal. Provinsi Kalimantan Utara memang di karuniai dengan sangat banyak sekali wilayah pantai yang sangat menarik dan cantik.

Pantai Amal
  • Salah satu destinasi wisata pantai yang cukup terkenal dari kawasan Kalimantan Utara ini adalah Pantai amal. Pantai satu ini terdiri dari dua bagian utama yaitu pantai amal lama dan pantai amal baru. Pantai yang satu ini terletak di daerah kawasan Tarakan Timur, dan memang terkenal sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup menyenangkan. Jika kalian berkunjung ke pantai yang satu ini maka kalian akan dapat menikmati keindahan pantai yang alami. Pantai yang satu ini memang memiliki pemandangan air laut yang membiru, selain itu juga memiliki hamparan pasir yang sangat cantik.
  • Namun, hal yang menarik dari kawasan pantai satu ini adalah pada waktu matahari terbitnya. Pantai ini akan melayani kita dengan keindahan sunset terindah di tanah air Indonesia yang pastinya akan sangat sayang untuk kita lewatkan begitu saja. Pada saat akhir pekan tiba atau saat musim liburan menjelang maka masyarakat tarakan akan dating menyerbu lokasi ini untuk menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata yang tak boleh terlewatkan. Memang keindahan dari pantai satu ini bisa dikatakan tak perlu diragukan lagi. keindahan waktu matahari terbenamnya akan sangat membuat siapa saja terpesona.

Baloy Adat Tidung

Sebagai salah satu destinasi wisata di tarakan budaya yang di Indonesia, Tarakan memang bisa dikatakan memiliki potensi yang sangat cukup besar. Salah satu destinasi wisata budaya yang ada di daerah kawasan Tarakan adalah Baloy Adat Tidung atau Rumah Adat Suku Tidung.

Baloy Adat Tidung
  • Pada dasarnya suku tidung ini merupakan salah satu dari Suku Dayak yang ada di Kalimanta secara keseluruhan. Jika kita berbicara mengenai sejarah sejarah dan hal yang lainnya maka suku yang satu ini bisa dikatakan memiliki sejarah yang cukup kental dan cukup kuat. Baloy Adat Tidung ini sendiri terletak di daerah kawasan Pamusian, Tarakan Tengah, Kota Tarakan, Kalimantan Timur.
  • Jika kita mengunjungi lokasi ini maka kita akan bisa melihat kompleks rumah adat tidung yang cukup lengkap. Selain itu dikawasan ini kita juga akan dapat melihat singgasana Kepala Adat Besar Suku Tidung. Jadi bisa dikatakan dan disamakan kawasan yang satu ini mirip dengan kawasan kerajaan. Jika kita berkunjung ke kawasan yang satu ini maka selain kita dapat melihat keindahan bangunan yang terbuat dari kayu ulin. Maka kita juga akan dapat mendapatkan pelajaran yang cukup bermanfaat pastinya. Semakin kita mengenal adat dan budaya daerah maka kita akan semakin menyenangkan liburan kita nantinya.

Pesta Rakyat Iraw Tengkayu

Pastinya kita sudah sangat  kenal dengan yang namanya sekaten dan larung saji yang sudah sangat terkenal ini menjadi salah satu daya tarik wisata di Jogja sana. Upacara ini pada dasarnya merupakan sebuah upacara yang punya tujuan untuk memberikan rasa syukur dan berterima kasih atas karunia yang diberikan oleh Tuhan, Nah di tarakan ini sendiri juga terdapat kegiatan kegiatan yang serupa dengan itu, namanya adalah Pesta Rakyat Iraw Tengkayu.

Pesta Rakyat Iraw Tengkayu
  • Pesta adat yang satu ini adalah salah satu daya tarik yang dimiliki oleh kota Tarakan. Selain itu pesta rakyat yang satu ini dapat dikatakan merupakan salah satu dari berbagai wisata yang sudah mendarah daging di Tarakan. Pesta Rakyat Iraw Tengkayu ini sendiri tidak di peringati secara rutin untuk setiap tahunnya. Pesta rakyat ini sendiri hanya diperingati selama 2 tahun sekali. Justru hal inilah yang akan semakin membuat pesta yang satu sangat di tunggu tunggu oleh masyarakat tarakan dan wisatawan. Pada saat pesta rakyat ini berlangsung maka kita akan bisa menyaksikan keindahan kebudayaan yang dimiliki oleh Tarakan, berupa beragam ragam jenis tarian khas yang sangat cantik dan indah.

Gunung Putih

Banyak orang orang yang bilang belum ada rasanya menginjak Kabupaten Bulungan kalau belum berkunjung ke obyek wisata di tarakan yang satu ini. Gunung Putih inilah nama nya, objek wisata yang terkenal di Kabupaten Bulungan, dan memang banyak sekali orang yang datang untuk berkunjung ke tempat ini. Lokasinya ini berada di daerah Desa Gunung Putih Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara.

Gunung Putih
  • Tempat ini merupakan Gunung Kapur yang merupakan ikon yang sangat penting bagi Tanjung Palas yang pada masanya dahulu merupakan ibukota salah satu kesultanan yang paling berpengaruh di utara Kalimantan timur. Ini disebut Gunung Putihkarena gunung ini merupakan gunung kapur berwarna putih yang sangat indah dengan relief relief yang alami pahatan seorang seniman. Untuk mencapai objek wisata ini, kalian bisa menggunakan mobil langsung menuju daerah Tanjung Palas, namun perjalanannya lumayan agak jauh. Alternatif yang lebih cepat adalah dengan menyebrang ke Tanjung Palas dengan perahu dan dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan mobil ataupun motor. Waktu yang ditempuh kira kira hampir satu jam perjalanan untuk sampai ke lokasi obyek wisata ini.
  • Tidak ada biaya masuk untuk memasuki kawasan wisata Gunung Putih. Tempat ini selain sebagai tempat untuk wisata, ternyata juga bisa berfungsi sebagai lokasi olahraga yang tepat. Ingat, mengunjungi Gunung Putih Tanjung Palas ini, sebelum mendaki harus dalam keadaan kondisi tubuh bugar, perut jangan lapar supaya tidak lemas, serta dianjurkan dengan membawa banyak bekal air minum.

Wow!! Bagus sekali bukan tempatnya?  Tempat wisata di tarakan ini adalah salah satu wisata di tanah air yang harus kita banggakan dan harus kita jaga. Jadi bagi teman teman jika berkunjung di suatu tempat wisata supaya menjadi wisatawan yang peduli dan ramah terhadap lingkungan, dengan cara membuang sampah ditempat nya.

Sangat senang sekali sudah dapat mengisi waktu sebentar anda untuk melihat artikel wisata ini. Sekian dulu ya dari kami, kami akan hadir untuk anda lagi, jadi jangan lupa ya coment gimana sih tempat wisata di manado ini.

Sekian dulu dari kami, terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada salah penulisan kami minta maaf yang sangat besar. Yakkk dahh teman teman, sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya….

By; Husein Dong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *