5 Wisata Alam Surabaya Menarik Yang Wajib Anda Tahu

6
15
Panorama Surabaya dari Jembatan Suramadu

Wisata Alam Surabaya Yang Wajib Anda Tahu

Wisata Alam Suarbaya, yach dimana sih Surabaya punya wisata alam? Kok rasanya aneh, ibu kota kedua terbesar Indonesia punya wisata dengan tema alam yang indah. Okelah kawan, dalam tulisan kali ini akan kita cerita soal wisata Surabaya yang bernuasa alam. Sepintas lalu cerita soal kota Surabaya merupakan kota yang biasa dikenal dengan julukan Kota Pahlawan. Dengan julukan kota Pahlawan, Surabaya mempunyai kepadatan penduduk nomor dua setelah Jakarta. Anda tahu sendirikan, kota dengan simbol bajol ijo adalah kota yang menjadi penyokong ekonomi, khususnya untuk Indonesia bagian timur. Mau tak mau keberadaan kota Surabaya menjadi tulang punggung perekonomian yang berada dikawasan timur Indonesia. Mulai sektor perdagangan, sektor industri, bisnis, properti, sektor konstruksi dan teknologi rata-rata Indonesia timur berkiblat pada kota Surabaya ini. Cukup vital memang keberadaan ibu kota provinsi Jawa Timur ini. Potensi yang tak kalah menawan adalah urusan wisata. Surabaya tak kalah ciamik untuk potensi wisata alam dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Sekilas Sejarah Kota Surabaya Tentang Kota Pahlawan

Surabaya mempunyai sejarah yang cukup lawas. Salah satu julukan yang paling terkenal adalah sebutan kota Pahlawan. Ya, cerita ini sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia soal keberanian arek-arek Suroboyo melawan Jendral dari English Jendral AWS Mallaby. Cerita ini bermula ketika seorang Brigadir AWS Malllaby tewas di Jembatan Merah karena peristiwa baku tembak dengan tentara Indonesia. Dengan tewasnya seorang Jendral yang dianggap cukup sakti didalam memimpin karier milter Inggris ini, maka sebagai pengganti Mallaby, Mayjen Robert Manserg membuat ultimatum agar rakyat Surabaya untuk melapor dengan menyerahkan senjata di tempat yang telah ditentukan. Jadi salah satu pemicu yang paling dahsyat dari pertempuran arek-arek Suroboyo di tanggal 10 November 1945, ultimatum dari Mayor Jendral Manserg. Singkat kata yang Inggris punya keyakinan untuk menaklukkan Surabaya cukup 3 hari, namun hingga 21 hari pertempuran tersebut Surabaya jatuh ditangan Inggris. Setidaknya dalam peristiwa ini tak kurang dari 16.000 arek-arek Soroboyo meninggal dalam insiden ini. So, dengan cerita ini Surabaya dikenal dengan sebutan Kota Pahlawan.

Sisi lain dari julukan Surabaya jika didalam dialek Jawa, Suro itu artinya ikan Hiu dan Boyo maksudnya adalah Buaya. Konon ceritanya sekitar tahun 1275 masehi yang memberi nama Surabaya adalah Raja Kertanegara yang berhasil menaklukkan daerah itu yang asal muasalnya bernama Ujung Galuh. Namun cerita ini juga dibantah dengan versi yang lain bahwa nama Surabaya berasal dari dua tokoh dua tokoh yang bernama Adipati Jayengrono melawan Sawunggaling. Kedua orang ini sama-sama mempunyai ilmu kesaktian yang berbeda dengan jurus-jurusnya. Ilmu yang dimiliki oleh Jayengrono adalah ilmu buaya sedangkan Sawunggaling punya kesaktian yang disebut ilmu Sura. Dengan bertempurnya kedua pendekar ini yang dilakukan dipinggir sungai Kalimas yang dekat dengan Peneleh. Dengan adu kekuatan selama 7 hari 7 malam keduanya masih draw, tak ada yang menang dan tak ada yang kalah. Dengan cerita inilah rakyat Surabaya punya julukan daerah yang di sebut Suro dan Boyo. Sehingga ketika disatukan akan menjadi Suroboyo atau biasa disebut dengan logat melayu Surabaya. Okelah terlepas mana yang benar dan mana yang salah, namun cerita ini mempunyai keunikan sendiri-sendiri sehingga di sebut Kota Surabaya ini.

5 Wisata Alam Surabaya Yang Wajib Anda Tahu

  1. Wisata Alam Mangrove

Dengan adanya julukan Surabaya yang terkenal menjadi kota yang Megapolitan berarti secara gak langsung menjadikan kota ini penuh dengan polusi. So, dengan kepiawaian pemerintah kota Surabaya mengelola tata kota, ada sebuah hutan liar yang cukup dekat dengan kota. Namanya Hutan Mangrove yang cukup alami serta masih liar untuk ukuran kota sebesar surabaya tersebut. Untuk mengakses Hutan Mangrove tersebut bisa menggunakan akses roda dua atau roda empat. Sama-sama mudah untuk mencapai hutan di tengah kota yang berada di Wonsorejo tersebut. Ketika Anda sudah menemui perempatan MERR, silahkan belok ke timur untuk menelusuri tepian sungai. Untuk menuju hutan manrove tersebut jika Anda berkendara dengan roda empat, tentunya harus lebih hati-hati karena aksesnya ada yang jalan menyempit, ada jalan makadam jenis kampung yang belum diaspal.

Apa sih istimewanya wisata alam hutan mangrove ini? Ya, tentu dengan melihat Surabaya yang begitu padat penduduk, kotanya yang panas, setidaknya Anda akan sedikit melihat nuansa hijau dan alami ketika melihat hutan di pinggir kota. Coba bisa Anda bayangkan di hutan tersebut Anda bisa mendengar berbagai spesies burung yang masih alami. Ada lebih dari 16 species tanaman mangrove, lebih dari 50 jenis serangga, ada 7 jenis primate dan untuk burung lebih dari 80 jenis spesies. Cukup menjakjubkan bukan? Jika Anda beruntung ketika traking di wisata pinggir laut ini, bisa menjumpaiaktifitas biawak yang sedang berlari-lari liar, ada kepiting dan ada pula ikan yang sedang berenang-renang di air dengan satai.

Dengan berjalan di atas jembatan yang terbuat dari kayu, Anda bisa berekplorasi dengan hutan yang lebat di tengah-tengahnya. Dengan menyewa kapal yang sudah ada disitu, Anda bisa diajak berjalan-jalan menyusuri indahnya hutan mangrove yang sangat menyejukkan mata. Cukup dengan merogoh uang tak lebih dari Rp.30.000 rupiah Anda sudah bisa menikmati perjalanan dengan kapal menyusuri pinggir-pinggir manrove tersebut. Jika Anda punya uang lebih bisa menggunakan kapal boat dengan sekali sewa Rp.300.000 rupiah. So, untuk menyusuri hutan mangrove ini paling sore adalah pukul 15.00 WIB. Jangan lebih dari itu, sudah tutup.

Untuk menikmati indahnya wisata alam Surabaya Mangrove, waktu tempuh pulang pergi sekitar 1 hingga 2 jam. Tentunya yang paling asik adalah Anda membawa camilan atau snack sendiri sebagai bekal perjalanan. Karena tidak ada pedagang yang jualan makanan di kawasan situ. Jika Anda sudah sampai di kawasan Mangrovenya Anda bisa menikmati di gazebo yang telah disediakan . Ada pula mushola, toilet dan perlengkapan lainnya. Cukup asik dan rilek jika Anda sejak pagi datang dikawasan ini. Bisa pula membawa bekal makanan yang bisa Anda nikmati disini bersama keluarga.

Ketika Anda berkunjung disitu dirasa sudah cukup, maka pemilik kapal yang Anda tumpangi akan memanggil Anda untuk kembali lagi kedarat. Jadi pastikan Anda tidak terlau sore untuk pulang, sehingga Anda tidak tertinggal oleh kapal. Selamat berpetualang dengan wisata alam Surabaya! Murah meriah dan Super Asik deh, di Jamin!

Wisata Mangrove Surabaya
Wisata Mangrove Surabaya
  1. Pantai Kenjeran Surabaya

Surabaya juga mempunyai wisata yang bernuasa pantai. Ya, pantai Kenjeran Surabaya. Jika Anda bukan warga Surabaya yang menginginkan wisata dengan nuansa pantai dan murah, tentunya pantai inilah yang cukup menawan untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Wisata Pantai Kenjeran saat ini ada dua tempat yang dikembangkan, yaitu pantai kenjeran lama dan pantai kenjeran baru, biasa disebut kenpark. Dari kedua tempat tersebut sebetulnya tidak ada perbedaan yang mencolok. Hanya saja pantai kenjeran baru dikemas dengan desain yang lebih apik dan modern. Dengan konsep wisata bernuasa pantai, dikedua tempat ini tetap sama wisata yang dijual yaitu angin sepoi-sepoi yang santai dikawasan pinggir pantai. Ya, cukuplah sebagai tempat untuk bersantai sejenak melupakan kepantan kota Surabaya yang bising serta panas. Anda tahu sendirikan dengan berwisata dipantai ini, setidaknya bisa merefresh sejenak otak kita yang mungkin perlu disetting ulang untuk mundur selangkah dengan menikmati kawasan pantai di pinggiran Surabaya ini.

Jika Anda mencoba masuk kawasan wisata Surabaya yang berada di ujung timur berarti Anda dengan desain pantai yang lama Anda kunjungi. Dikawasan ini ada permainan khusus anak-anak, ada tempat kios-kios yang disediakan untuk membeli oleh-oleh pernak-pernik khas kota Surabaya yang bernuasa pantai. Semisal Anda bisa membeli kaca cermin dengan aksesoris di pinggirnya berupa kerang-kerangan dilaut. Atau juga Anda bisa membeli kelambu untuk hiasan pintu rumah dengan motif full dari kerang. Pokonya banyak deh souvenir-souvenir yang dijual dengan nuansa etnik dari hasil hewan-hewan laut.

Jika Anda berkunjung di kawasan wisata kenjeran lama ini jangan heran jika tempat ini mungkin berkesan lebih kumuh jika dibandingkan dengan Kenjeran Baru, Ken Park. Memang sih ada semacam dua pembangunan yang cukup kontradiksi dengan adanya Kenjeran Baru ini. Memang idealnya ketika pemerintah Surabaya membangun kawasan baru, berarti kawasan lama juga harus tetap di rawat, namun sayangnya tidak seperti itu.

Jika Anda berkunjung di pantai Kenjeran, baik lama ataupun baru sebetulnya ada pemdangan yang cukup bagus untuk dinikmati, yaitu cukup berdekatan dengan Jembatan Suramadu. Jembatan ini bisa Anda liat dengan cukup jelas dari wisata Kenjeran ini. Jadi untuk Anda yang sukanya hanya duduk-duduk santai dipinggir pantai, bisa Anda lakukan disini.

Pantai Kenjeran, karena wisata dengan ikon pantai, tak jarang pula ada event-event yang cukup akbar digelar disini. Misalnya banyak artis-artis beken dangdut yang di undang dikawasan wisata ini untuk bernyanyi dan berjoget dipinggir pantai. Cukup asik memang, ditangah-tengah laut (tepi pantai) dibangun semacam panggung yang menjorok kepantai. Jadi semacam panggung permanen yang dibuat dari bangunan kayu. Jika pas ada event besar, tempat panggung pinggir pantai inilah yang biasa digunakan.

Untuk kawasan kenjeran baru, biasa orang sebut Kenjeran Park (Ken Park) pemerintah kota Surabaya mengelola dengan nuasa modern untuk wisata pantai. Lokasi ini menawarkan paket wisata berupa wisata air, sky, penyewaan alat olah raga, termasuk juga wisata yang bernuasa untuk pendidikan anak.

Uniknya dari KenPark ini adalah bibir pantai yang dikemas dengan dibangun arsitektur bernuasa China. Ini adalah magnet khusus untuk menarik wisatawan asing dan mancanegara, karena dengan bangunan ini banyak wisatawan Korea, Jepang, Thailand dan Asia timur datang ke kenjeran hanya ingin melihat eksotiknya bangunan bibir pantai ini. Kya-kya bangunan ini disebut, sehingga ketika malam hari tiba akan ada suasana romatis menyelimuti wisata pinggir pantai ini. Dengan cahaya yang temaram dan indahnya lampu lampion menjadikan pantai ini bak dinegeri tirai bambu China sana. Memang suasana ini dikondisikan agar menjadikan nuasa pantai di Jawa, namun serasa pantai China.

Wisata Pantai Kenjeran Surabaya
Wisata Pantai Kenjeran Surabaya
  1. Jembatan Suramadu

Jembatan Surabaya Madura (Suramadu), nama yang cukup fenomenal ketika melihat sejarah trend pembangunan jembatan-jembatan penguhubung di Indonesia, khususnya untuk yang berada dikawasan laut. Jembatan ini merupakan tonggak sejarah pengembangan jembatan terpanjangdi Indonesia. Bayangkan saja, tiang pancang diresmikan pertama kali oleh presiden Megawati Seokarno Putri tahun 2003, kemudian saat selesai tahun 2009 diresmikan oleh presiden yang berbeda SBY. Sehingga dengan terbangunnya jembatan Suramadu terbentuklah rekor jembatan terpanjang di Indonesia yang pertama kali dibangun, sepanjang 5 kilomter lebih jembatan ini menghubungkan Surabaya dan pulau Madura.

Tujuan utama dari dibangun jembatan ini adalah untuk memperlancar pemerataan pembangunan Surabaya dan Madura namun ada sisi positif lain ketika Anda menginginkan wisata yang murah di Kota Surabaya.

Jika Anda mencoba untuk berwisata di Jembatan Suramadu, berarti Anda harus siap melihat megahnya konstruksi jembatan yang cukup mencolok menjulan tinggi dikawasan dekat pantai Kenjeran tersebut.Jika Anda berkunjung disiang hari, menariknya adalah seakan-akan Anda dibawa terbang diatas alaut, ditengah-tengah laut. Jika Anda melihat sisi ke arah Surabaya berarti Anda aakn disuguhi pemandangan pantai Kenjeran, Patung yang besar Jalesveva Jayamahe. Lebih unik lagi ketika ada kapal besar yang sedang berlayar melewati bawah laut. Tentu akan menjadi pemandangan mahal yang wow! Terasa Anda diatas kapal tersebut, namun melihatnya dari atas jembatan yang boleh dibilang fenomenal ini. Jikapun Anda jalan-jalan dijembatan Suramadu malam hari, tentu yang tak kalah menarik adalah lampu warna-warna yang dipasang ditiang-tiang penyangga jembatan. Tentu akan berkesan romantis, jika Anda datang dengan kekasih hati Anda. Seandainya Anda membawa kamera yang kualitas bagus, tentu sangat sayang jika tidak menjepretkan kamera, pada suasana apik ini.

Wisata yang cukup murah, namun cukup memberikan kesan yang wah, apalagi jika Anda pertama kali berkunjung di kawasan ini. Tentu akan menjadi cerita dan kenangan tersendiri.

Ada cara lain untuk menikmati, eksotiknya jembatan Suramadu, yaitu dengan menyewa atau menaiki perahu. Kemudian melintas dibawah kolong jembatan Suramadu tersebut. Cara ini juga akan cukup asik dan menarik, ketika rata-rata orang menikmati indahnya jembatan dengan menyebrang diatas jembatan, namun Anda menggunakan perahu dan melihat dari bawah jembatan. Asik dan menarik bukan?

Jembatan Suramadu Surabaya
Jembatan Suramadu Surabaya
  1. Wisata Taman Kota Surabaya

Taman Kota Surabaya, Taman Bungkul. Ya, jika Anda hanya ingin menikmati kota Surabaya dengan wisata murah meriah Surabaya, datanglah ke taman ditengah-tengah kota yang cukup asri ini. Surabaya, walau kota Metropolitan, pemerintahnya cukup serius memperhatikan kehijaun lingkungannya. Selain untuk menetralisir polusi, juga bisa digunakan untuk media bermain dan wisata pendidikan yang murah bagi masyarkat Surabaya. Saat ini pemerintah dengan Wali Kota yang baru cukup intents memperhatikan kehijuan Surabaya. Ada perbedaan mencolok kota Surabaya jika dilihat beberapa tahun yang lalu. Jika dulu Anda mungkin melihat seluruh kali Surabaya identik dengan kali yang kotor dan jorok. Namun hari ini Surabaya cukup berbenah dengan menata taman dan sekitar sungai yang indah serta asri.

Taman Bungkul ini adalah taman yang cukup mencolok ketika Anda ingin menikmati kota Surabaya dengan nuasa taman. Jika Anda mengajak keluarga atau anak-anak bisa juga datang ketaman-taman yang lain dengan model taman baca. Jadi semacam perpustakaanlah ada, nuansa edukasinya. Cukup menarik dan sederhana, namun cukup bagus untuk merefresh otak Anda dengan berwisata ditaman ini dengan murah.

Taman Bungkul dan Area Permainan

Seperti sudah diceritakan diatas, Taman Bungkul mempunyai area bermain yang bagus untuk anak-anak. Sama juga sih sebetulnya dengan taman-taman asri yang sudah duluan untuk level dunia, Taman Bungkul juga mempunyai area bermain yang layak dan bagus untuk anak-anak. Bahkan jika mau, ada juga air mancur yang bisa di gunakan untuk bermain anak-anak.

Lokasi Taman Bungkul Surabaya

Untuk mencapai taman Bungkul dimana sih aksesnya? Jika Anda bukan warga Surabaya mungkin kurang paham dengan jalan-jalan yang ada di Surabaya. Taman Bungkul berada di Jalan Raya Darmo Surabaya. Tips untuk menuju taman ini ketika sore hari adalah yang menuju taman ini disaat aktifitas orang-orang pelang kerja, tentu akan macet. Pilihlah jam kira-kira orang belum pada keluar pulang kerja atau pilihalah waktu setelah orang pulang kerja. Jikapun Anda masih bingung dengan letak taman ini, tanyalah dengan warga Surabaya. Tantu akan ditunjukkan kepada Anda. Masyarakat Surabaya cukup ramah-ramah lho, walau mungkin terkesan kasar dan keras, namun cukup bersahabat bagi tamu-tamu yang datang dari luar kota.

Taman Bungkul Surabaya
Taman Bungkul Surabaya
  1. KBS (Kebun Binatang Surabaya)

Kebun Binatang Surabaya, yah kebun yang cukup terkenal semenjak dulu, cukup lengendari memang. Namun sayang keberadaan KBS ini cukup meresahkan masyarakat pecinta hewan, karena banyak yang mati. Jika Anda ingin melihat Surabaya dengan koleksi binatang-binatang yang aneh dan langka, cukuplah untuk menikmati kebun binatang yang ada ditangah kota ini.

Untuk alamat KBS, bisa Anda tuju di Jalan Setail nomor 1 Surabaya. Keunggulan KBS mempunyai berbagai koleksi hewan yang berasal dari tropis. Ada juga koleksi berbagai ikan yang dibuatkan Aquarium, karantina hewan toxidemi dan ruang khusus untuk binatang-binatang malam atau dengan istilah nokturama untuk bahasa ilmiahnya. Lumayan juga sih, jumlah spesies yang di tangkar di kebun binatang yang termasuk terbesar di Asia Tenggara ini. Ada 300an spesies dan 4000 lebih jumlah satwa yang dipelihara disini. Termasuk kelompok didalamnya jenis burung-burungan (aves), Reptilia, dan Pisces.

Kebun Binatang Surabaya
Kebun Binatang Surabaya

Keunggulan Kebun Binatang Surabaya Untuk Urusan Koleksi Binatang

Kebun Binatang Surabaya (KBS) mempunyai keistimewaan mempunyai koleksi spesies yang terbesar di Asia Tenggara. Lihat saja kebun ini sudah ada sejak Indonesia belum merdeka. Sekitar tahun 1916 yang saat itu berdasarkan instruksi Gubernur Surabaya, dengan nama “Soerabaiasche Planten-en Dierentuin” (Kebun Botani dan Binatang Surabaya). Cukup unik dan menarik bukan? So, untuk menikmati KBS, cukup dengan membayar Rp.15000 sudah bisa menikmati koleksi binatang yang sudah ada umurnya sudah cukup tua khususnya di Indonesia.

Ok, silahkan berekplorasi sendiri untuk membuktikan keunikan serta keunggulan Kebun yang ada ditengah-tengah kota, Kebun Binatang Surabaya! 

6 COMMENTS

  1. Ternyata Surabaya memiliki tempat wisata yang sangat menarik… Keren…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here