5 Wisata Di Bali Selain Pantai Ini Wajib Untuk Kamu Kunjungi Karena Panoramanya Yang sangat Indah

Terdapat banyak sekali tempat-tempat wisata di Bali selain pantai. Dari sekian banyak tempat wisata di Bali, banyak yang mengharuskan kita merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa mengunjunginya. Ternyata kita dapat menemukan wisata di Bali selain pantai yang menawarkan keindahan yang tiada tara.

Berlibur ke Pulau Dewata Bali memang tidak ada habisnya. Keindahan alamnya, budaya, dan keramahan penduduknya seakan-akan memiliki daya tarik sendiri yang membuat wisatawan selalu ingin kembali berkunjung. Mulai dari pantai hingga gunung, wisata sejarah hingga uji adrenalin, bahkan kegiatan unik yang tak pernah dibayangkan sebelumnya, bisa didapatkan ketika liburan ke Bali.

Namun sayang, beberapa tempat tujuan liburan tersebut biasanya hanya bisa dikunjungi oleh wisatawan berkocek besar, mengingat harga tiket masuknya yang agak mahal. Tapi kamu jangan sedih, karena masih banyak destinasi di Bali yang ramah dengan kantong traveler berbudget minim.

Berenang di pinggiran pantai, berkunjung ke taman bunga, hingga menikmati suasana desa tradisional khas Bali yang indah, kita bisa mendapatkannya tanpa perlu lagi membayar. Simak 7 wisata di Bali selain pantai rekomendasi tempatberwisatamurah.com yang dapat kamu kunjungi sebagai tempat wisata paling indah di Bali berikut ini.

Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat

Jika kamu ingin melihat burung jalak Bali, ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk anda karena taman nasional Bali barat ini menyimpan berbagai jenis tumbuhan dan binatang. Sehingga sangat cocok untuk liburan keluarga anda. Tarif tiket untuk memasuki kawasan Taman Nasional Bali Barat ini adalah Rp 2.500,00 per orang (wisatawan domestik) dan Rp 20.000,00 (wisatawan asing).

Hal yang paling istimewa dari TNBB adalah menjadi rumah terakhir bagi burung jalak bali. Hewan cantik ini berkumpul di Semenanjung Prapat Agung, tepatnya di Teluk Brumbun dan Teluk Kelor. Burung ini adalah satu-satunya spesies endemik Bali dan tahun 1991 dinobatkan sebagai lambang fauna Provinsi Bali serta dilindungi keberadaannya oleh undang-undang.

Ada banyak sekali kera-kera yang ada disini sehingga kamu harus hati-hati ketika kamu sedang beristirahat disini. Sepanjang jalan yang masuk wilayah hutan Bali Barat itu tidak terlalu menyeramkan karena banyak kendaraan yang berlalu lalang dan terang. Tapi memang yang perlu diwaspadai adalah banyaknya kera yang sering keluar hutan dan diam di pinggir jalan.

Teluk Gilimanuk

Teluk Gilimanuk

Keberadaan teluk Gilimanuk ini menjadi sangat mudah untuk dikunjungi, karena lokasinya berada tepat depan Pelabuhan Gilimanuk dan bersebelahan tepat dengan Terminal Gilimanuk. Di teluk ini ada sebuah taman dengan beberapa bale bengong (gazebo) yang digunakan sebagai tempat untuk beristirahat. Lokasi taman ini begitu mempesona karena tempatnya berada tepat di pinggir pantai. Selain fasilitas itu, di kawasan obyek wisata ini juga tersedia perahu motor yang biasanya digunakan wisatawan untuk berkeliling teluk dengan panorama yang sungguh memukau.

Lokasi wisata di Bali selain pantai ini sangat pas sekali buat kamu dan keluarga untuk piknik gitu, sambil membawa makanan sendiri dari rumah. Wisata ini juga menawarkan panorama hutan mangrove yang menentramkan hati.

Selain bisa piknik, kamu juga bisa lho snorkeling dan diving disini, dan kamu juga bisa sambil menyelusuri Teluk Gilimanuk, Pulau Kalong, Pulau Gadung, dan Pulau Burung menggunakan perahu  motor ataupun water bicycle yang sudah disewakan sama masyarakat setempat.

Wisata di Bali selain pantai ini selalu menjadi daya tariknya wisatawan domestik maupun mancanegara lho. Maklum disamping komplit-komplit, tempat ini juga dekat dengan daerah tujuan wisata lainnya seperti Museum Manusia Purba, Karang Sewu, dan Taman Nasional Bali Barat

Monumen Bajra Sandhi

Monumen Bajra Sandhi

Objek wisata Monumen Bajra Sandhi, merupakan sebuah monumen yang lokasinya ada di jantung kota Denpasar, tepatnya berada di daerah Renon. Monumen ini dibangun dan didedikasikan untuk perjuangan rakyat yang ada di pulau Bali. Ada banyak wisatawan domestik yang tak tahu akan kawasan Renon Denpasar ini. Malahan yang banyak tahu tentang Bajra Sandhi Renon merupakan wisatawan asing, seperti wisatawan Korea dan China. Wisata di Bali selain pantai ini termasuk tempat wisata di Bali yang murah dan menarik.

Jika di Jakarta mempunyai Monas, pulau Bali memiliki Bajra Sandhi. Keduanya itu sama-sama berfungsi sebagai monumen tugu peringatan. Rancangan dari Monumen Bajra Sandhi sangat kental dengan arsitektur khas Bali, banyak pahatan dan ukiran yang sangat unik. Bagi para wisatawan Asia contohnya Jepang, China, dan Korea, keunikan monumen Bajra Sandhi terlihat seperti Pagoda. Oleh karena itu, banyak wisatawan Asia yang mengangap monumen ini merupakan Pagoda, seperti di negara mereka. Harga masuk wisata Bali murah ini hanya Rp 5.000 untuk wisatawan domestik dan Rp.10.000 untuk wisatawan asing.

Tampak Siring

Istana Tampak Siring

Tampak Siring merupakan nama sebuah kecamatan di kabupaten Gianyar, luas dari wilayah kecamatan Tampak Siring itu sebesar 42,63 kilometer persegi. Jika kamu berangkat dari airport Ngurah Rai Denpasar, maka Kamu membutuhkan waktu sekitar satu jam lima belas menit untuk sampai ke tempat wisata di Bali selain pantai ini dengan mobil. Tampak Siring lebih banyak dikenal dikalangan wisatawan sebagai sebuah pura yang bernama Tirta Empul.

Tirta Empul merupakan nama sebuah pura yang letaknya ada di kecamatan Tampak Siring. Pura Tirta Empul paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik itu wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik. Objek wisata Tirta Empul merupakan salah satu tempat liburan di Bali yang wajib untuk kalian kunjungi. Di pura Tirta Empul ini terdapat mata air dan biasanya digunakan oleh masyarakat yang memeluk agama Hindu, untuk permandian dan memohon tirta suci.

Selain itu, tempat wisata di Bali selain pantai ini terdapat istana kepresidenan yang dibangun oleh presiden pertama di Indonesia yaitu IR. Soekarno sebagai tempat peristirahatan beliau saat berkunjung ke pulau Bali. Istana Tampak Siring ini di bangun dari tahun 1957 – 1960.

Pembangunan istana Tampak siring dilakukan secara perlahan-lahan dan mengalami tahapan. Arsitek yang mendesain istana kepresidenan bernama RM Soedarsono. Bangunan awal yang di bangun pada tahun 1957 merupakan wisma yudistira dan wisma merdeka.

Istana Tampak Siring ini telah  mengalami penambahan bangunan pada tahun 2003, yang diperuntukan untuk KTT ASEAN Summit XIV. Penambahan bangunan pada Istana Tampak Siring itu berupa bangunan untuk sarana konferensi dan resepsi tamu negara. Balai Wantilan yang berada di Istana Tampak Siring juga telah mengalami renovasi untuk acara pertunjukan kesenian tamu negara. Tujuan dari pembangunan istana kepresidenan ini adalah sebagai tempat Presiden, keluarga presiden dan tamu-tamu negara beristirahat saat berkunjung ke pulau Bali. Harga masuk wisata Bali murah ini hanya untuk membayar parkir saja yaitu senilai Rp 15.000/orang dan Rp 5.000 untuk parkir.

Objek Wisata Sangeh Monkey Forest

Sangeh Monkey Forest

Objek wisata Sangeh Bali, adalah kawasan hutan lindung didominasi pohon pala. Selain kamu dapat melihat hutan lindung, kamu juga dapat melihat ratusan monyet di Sangeh Bali

Objek wisata Sangeh ini berlokasi di desa Sangeh, masuk kedalam kecamatan Abiansemal, wilayah Kabupaten Badung. Lokasinya berjarak 22 kilometer dari kota Denpasar, kamu akan menempuh kurang lebih 45 menit perjalanan jika berkendara dari kota Denpasar.

Saat ini, penataan objek wisata Sangeh sudah sangat rapi, dengan area parkir yang luas. Untuk tiket masuk, kamu akan dikenakan biaya masuk area objek wisata Sangeh sebesar Rp 5.000 per orang. Nanti tiket masuknya itu akan dialokasikan untuk pemeliharaan satwa monyet-monyet dan pemeliharaan kebersihan yang ada disekitar Sangeh.

Tepat di tengah hutan. kamu akan melihat 2 buah Pura. Pura yang agak kecil namanya pura Melanting dan pura yang lebih luas namanya adalah pura Bukit Sari. Penduduk setempat, sangat menyakralkan pura tersebut, begitu pula dengan monyet-monyet yang ada disekitar objek wisata Sangeh.

Hal ini sangat berhubungan dengan cerita dari keberadaan Sangeh itu sendiri, yang diyakini adalah Duwe (milik) dari para Dewa Pura Bukit Sari.

jika kamu berkunjung ke objek wisata Sangeh, kamu harus melihat hal yang harus diperhatikan seperti, tidak memakai perhiasan yang berlebihan, serta tidak membawa barang bawaan yang berlebihan. Ini bertujuan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, seperti monyet mengambil perhiasan kamu atau barang bawaan yang kamu bawa.

Sebaiknya kamu menyiapkan beberapa makanan seperti pisang atau ketela yang dapat kamu beli di warung sekitar areal parkir dari objek wisata Sangeh. Pemandu wisata di sekitar areal Sangeh banyak tersedia, dengan berpakaian adat Bali, yang siap membantu kamu bila kamu perlukan.

Berkunjung ke daerah Sangeh akan lebih cocok untuk wisata keluarga bersama anak-anak kamu. Karena bisa memperkenalkan hutan lindung kepada anak kamu dan putra putri kamu dan bisa berinteraksi dengan monyet-monyet yang ada di Sangeh. Aktivitas favorit wisatawan jika berkunjung ke objek wisata Sangeh adalah berfoto bersama monyet dan memberi makan monyet, tentunya kamu juga ingin mencobanya bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *