5 Wisata Semarang Food Yang Bikin Tergila Gila, Nyesel Gak Coba

0
70
es puter colik, semarang

Wisata Semarang Food adalah sebuah Kota yang banyak kulinernya guys seperti bandeng presto, nasi ayam Semarang, garam asem, lumpia. Kota semarang ini adalah kota terbesar ke lima sesudah Jakarta, Surabaya, Medan dan Bandung guys.Sebagai salah satu Kota paling berkembang di Pulau Jawa ternyata guys. Kota Semarang ini juga memiliki beberapa julukan yaitu,antara lain: The Port of Java dan Semarang Pesona Asia.

Mencari tempat Wisata Semarang Food yang jarang ditemukan di selain di kota asalnya? Kamu bisa menjatuhkan pilihan pada babat gongso. Berbeda dengan kuliner lumpia atau makanan khas lain, yang satu ini memang jarang dijumpai di luar Kota Semarang. Maka dari itu guys, sempatkan untuk mencicipinya. Karena sesekali coba, kamu akan terus merindukannya.

Kota Semarang ini juga di sebut dengan Kota Lumpia karena lumpia makanan khas Semarang, yang terbuat dari Alkuturasi 2 budaya yaitu budaya Jawa dan China, Kota Atlas juga Julukan dari Semarang lho! karena Kota semarang memiliki semboyannya adalah Kota ATLAS (Aman,Lancar,Asri dan Sehat), sebagai slogan pemeliharaan keindahan Kota.

Bagi kalian semua guys yang traveling ke Semarang,jangan lupa cicipin makanan Wisata Semarang Food. Rasanya di jamin enak guys dan mantap guys. Harganya juga sangat murah terjangkau serta terjangkau jadi semua kalangan orang bisa mencicipi makanan Wisata Semarang Food ini.Berikut ini ulasan Wisata Semarang Food.

soto bangkong

Di antara berbagai oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Perpaduan dengan gurihnya kuah kaldu dengan aneka pelengkap seperti bihun, daging, tauge, dan cacahan kubis membuat soto sangat digemari oleh banyak orang.

soto bangkong, semmarang
soto bangkong, semmarang

Dan bila kamu ingin menyantap sajian soto khas Ibukota Jawa Tengah ini yang lezat, rumah makan Soto Ayam & Ayam Goreng Bangkong dapat menjadi salah satu alternatif tepat. Selain dengan terkenal akan kelezatan sotonya, keunikan nama Bangkong menjadi salah satu daya tarik warung makan milik Joko Bennyanto ini, sehingga membuat banyak pengunjung penasaran.

Dalam bahasa Jawa ini guys, Bangkong berarti katak atau kodok berukuran besar yang biasa hidup di sawah. Namun saat ini jangan khawatir, bukan terbuat dari daging katak, penamaan Bangkong didasarkan pada lokasinya yang berada tepat di perempatan Bangkong.

Seperti salah satu sotoWisata Semarang Food lainnya, soto Bangkong memiliki tampilan bening dan tidak terlalu berminyak menyerupai sop. Berisi mi soun, tauge, tomat, dan irisan daging sapi lembut nan melimpah, cita rasa gurih dan dan segar sangat pas perpadu dengan isiannya dll.

Bahkan saking populernya guys, setiap daerah di Indonesia umumnya memiliki sajian soto yang sangat khas dan berbeda satu dengan lainnya. Salah satunya adalah soto Semarang yang identik dengan rasanya yang menyegarkan.

Merupakan salah satu Ikon Kuliner Kota Semarang karena rasanya yang lezat guys, Soto Ayam & Ayam Goreng Bangkong ini berada di samping Kantor Pos Bangkong (Perempatan Jalan MT Haryono dan jalan Brigjen Katamso). Selain itudi Semarang juga buka cabang di beberapa kota besar lain seperti Jakarta dan Bogor yang dikelola oleh keluarga.

Meski begitu, karena lokasinya ini yang cukup luas, pengunjung tetap dapat leluasa menyantap soto sambil bercengkerama bersama keluarga. Bahkan dengan rumah makan yang dirintis oleh H. Soleh Soekarno sejak tahun 1946 ini memiliki ruangan VIP yang dapat dipesan untuk acara rapat maupun pertemuan khusus lainnya.

Jika anda bosan dengan sajian soto, rumah makan ini juga menyediakan menu lainnya yang tak kalah menggugah selera, lho. Dengan Sesuai namanya, selain soto Bangkong, pengunjung juga dapat mencicipi kelezatan ayam dan bebek goreng kampung nan gurih, semur ayam, serta garang asem bercita rasa asam gurih menyegarkan. Semuanya ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni mulai Rp 15 ribuan hingga Rp 25 ribuan saja per porsinya.

es puter colik

Karena dengan kelezatannya, Es puter Cong Lik dikenal sebagai salah satu kuliner legendaris Wisata Semarang Food, Jawa Tengah. Jajanan yang satu ini disukai banyak orang dan menjadi jujugan pelancong yang singgah di kota tersebut.Sebenarnya apa sih rahasianya.

es puter colik, semarang
es puter colik, semarang

Semasa kecil Sukimin ini (76) menjadi pembantu orang Jepang yang tinggal di Hotel Jansen, Semarang. Ia oleh majikannya sering disuruh-suruh membeli es krim yang jadi kegemaran majikannya. Sejak itu dia dijululuki dengan nama julukan kacung cilik (pembantu kecil) yang kemudian disingkat Cong Lik. Usai Jepang meninggalkan Indonesia dia menjadi pembantu pedagang es putar bernama Taryo asal Pekalongan guys. Ia menjajakan es puter keliling kampung lalu mulai menabung untuk membeli gelas dan sendok untuk berjualan sendiri guys. Cuman seputar cerita sedikit guys barang kali kepo dengan orangnya.

membuka lapak es puternya di emperan toko di Gang Warung, Pecinan, Semarang mulai pukul 19.00-24.00 Wib. Namun saat ini seringkali es puter yang dijualnya sudah habis terjual sebelum waktunya tutup karena banyaknya pembeli. Bahkan dengan sebagian tidak mendapatkan tempat duduk saking penuhnya. Ia mengaku berjualan malam hari karena susah mencari tempat berjualan siang hari.

Saking laris es puter ini yang dijualnya, sejak beberapa tahun terakhir Cong Lik membuka tiga cabang secara berturut-turut. Masing-masing di Jalan Seroja guys, Jalan MT Haryono, dan di depan swalayan Sarinah, Telogosari. Ketiga cabang itu dikelola sama anak-anaknya. Sukimin telah memiliki tujuh anak dan sembilan cucu. Setiap hari dia memproduksi 10 tabung es puter.

Cong Lik ini memiliki resep rahasia di balik kelezatan es puternya. Ia sering mendapat tawaran dari para pemilik modal di Jakarta, Surabaya, dan Semarang agar bersedia membuka resepnya. Merekaoitu ingin membuka restoran es puter tetap dengan nama Cong Lik. Namun tawaran itu ternyata ditolaknya karena ia merasa cukup dengan rezeki yang didapatkannya saat ini.

Es puter Cong Lik ini memiliki empat varian rasa seperti coklat, alpukat, kelapa dan durian. Salah satu alasannya yaitu es ini tetap laris karena rasanya yang tetap sama sejak pertama kali dijual sejak 1984 lalu. Bahan yang digunakan sangat alami seperti buah-buahan, gula dan santan tanpa bahan pengawet atau pemanis buatan. Dalam pembuatan es puter, Cong Lik menggunakan alat manual. Satu porsi pun es puter dijual Rp 15.000.

lumpia gang Lombok

Kalau anda ingin berkunjung ke Semarang, satu kuliner wajib yang harus kamu coba dan dijadikan oleh-oleh adalah lumpia. Dari banyak penjual yang menjajakan lumpia, ada satu lumpia yang sudah terkenal dan menjadi legendaris. Namanya juga Lumpia Semarang Gang Lombok. Lumpia Gang Lombok sangat terkenal karena Lumpia yang berada di gang Lombok nomor 11 itu sudah ada sejak ratusan tahun.

lumpia
lumpia

Saat ini Lumpia Gang Lombok ini dikelola oleh Purnomo Usodo atau yang akrab dipanggil dengan Untung, dia adalah generasi ke empat dari Lumpia Gang Lombok ini. Saat kedai ii te;ah dibuka mulai pukul 08.00 WIB, suasana riuh ramai pun langsung terasa di kedai ini. Biasanya puncak ramai pelanggan pada jam makan siang guys karena siang adalah jam istirahat untuk orang pekerja, para wisatawan yang ingin mencoba lumpia tersebut harus rela berdesakan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.  Kedai Lumpia Gang Lombok ini elalu ramai didatangi baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

Untuk lumpia basah hanya awet hingga 24 jam di suhu normal dan hingga satu pekan di dalam lemari pendingin guys. Sedangkan dengan lumpia goreng bertahan hingga dua hari. Ciri khas lain dari Loenpia Semarang Gang Lombok No 11 ini adalah saus kental manis yang terbuat dari pati singkong. Saus ini dapat digunakan menjadi pilihan menikmati lumpia selain dengan cabai rawit.Wisata Semarang Food Daun selada dan daun bawang ini juga dapat disantap bersama lumpia agar rasa di mulut semakin lengkap.

Dalam sehari Untung bisa menjual sekitar 300-500 lumpia guys lumayan kan. Angka ini akan terus melonjak dua kali lipat saat hari libur hingga mencapai 1.000 buah. Satu lumpia dihargai Rp15 ribu guys. Kedai Lumpia Gang Lombok ini berukuran empat kali lima meter persegi tersebut terpampang banyak penghargaan atas kuliner Lumpia Gang Lombok, dari Pemerintah Kota Semarang hingga situs Trip Advisor dan Idea Life.

Lekker paimo

Bagi anda penggemar Wisata Semarang Food, pasti kenal Leker Paimo, biasa mangkal di depan SMA Kolese Loyola ini, menyajikan leker yang lezat berbagai rasa. Tak hanya rasa pisang, coklat dan keju saja, namun juga ada rasa caramel, pisang coklat, pisang coklat keju, hingga mayonaise dan sosis mozzarella yang biasa ditambahkan pada pizza. Di tangan Paimo ini, makanan yang berbahan dasar tepung terigu ini menjadi camilan bergengsi meskipun tetap dibuat dan disajikan dengan cara sederhana.

kue lekker semarang
kue lekker semarang

Leker Paimo ini memiliki cukup banyak pelanggan tetap yang sebagian di antaranya datang memakai mobil. Dengan rasa yang tak kalah dengan krepes maupun pizza guys, banyak pelanggan mengakui kelezatan leker buatan Paimo ini. Untuk yang suka dengan rasa manis bisa memesan rasa guys seperti coklat, pisang, dan keju, sedangkan yang lebih senang dengan leker gurih biasa memesan rasa sosis mozzarella. Leker Paimo ini juga sering menerima pesanan untuk acara ulang tahun maupun pernikahan guys.

Leker Paimo ini semula berjualan di daerah Karanggeneng, kemudian pada tahun 1993 dia pindah ke Jl Karanganyar di depan SMA Loyola, tak jauh dari Asem Asem Koh Liem. Paimo melayani pelanggan dari jam 10.00-17.00.

Dengan harganya anda tak perlu kuatir Lekker Paimo Wisata Semarang Food dijual dengan harga bervariasi, mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 16.000 tergantung pilihan isi. Untuk isinya coklat, karamel, susu putih atau coklat kacang Rp 1.000. Sementara itu untuk isian keju manis Rp 4.000, keju jagung manis Rp 7.500, isian telur sosis Rp 9.000, mayonaise keju pisang coklat Rp 11.000 hingga sosis mozarella Rp 16.000.

Wedang tahu

Seorang pemilik Wedang Tahu Pak Adi di Mataram Semarang, membeberkan resep andalannya yang sudah turun temurun sejak tahun 80an. Bahan-bahan yang telah harus disiapkan untuk kemban tahunya, ialah biji kedelai, air matang, garam secukupnya.

wedang tahu, semarang
wedang tahu, semarang

Untuk biji kedelai sendiri, Adi ini telah mengatakan biasa menggunakan kedelai import yang ada di pasaran. Untuk Ukurannya yang besar membuat sari yang dihasilkan lebih banyak. Biji kedelai tersebut menurutnya di hancurkan atapun dikelola, bisa diblender dicampur air lalu disaring. Sarinya tersebutlah yang dipadatkan guys. “Kembang tahu ini biar lembut harus pas perbandingannya, kalau banyakan sari kedelai, nanti jadi tahu, tapi kalau banyakan airnya daripada sari kedelainya, jadinya susu kedelai,” ujar Adi.

Jika ingin praktis anda dapat menggunakan susu kedelai dengan perbandingan enam mili susu kedelai berbanding empat mili air matang. Kemudian sama diberi denan garam sedikit saja, agar tidak terlalu manis. Untuk membuat kembang tahu ini guys, Anda perlu perekat sari kedelai yang membuat sari tahu padat. Salah satunya yaitu yang dipakai secara tradisional ialah sekau. Anda bisa mendapatkan bubuk sekau di toko-toko kue China.

Selain sekau, seorang pemilik mengatakan sekarang sudah bisa diganti dengan bubuk agar-agar yang mudah didapatkan di pasaran. Sari tahu itu tadi dicampur bubuk agar seperti layaknya membuat agar yang lembut. Sedangkan untuk kuahnya guys jahenya, Wisata Semarang Food Adi lebih memeilih menggunakan jahe mprit yang kecil. Menurutnya jahe jenis tersebut menghasilkan pedas yang lebih dari jahe lainnya guys Namun, ia membebaskan jika Anda ingin menggunakan jahe biasa bahkan jahe merah sekalipun.

Jahe tersebut telah di bakar terlebih dahulu agar aroma dan pedasnya lebih keluar. Lalu dengan di geprek hingga hancur dan piph sebelum direbus. Tambahkan dengan daun pandan secukupnya, gula merah sekitar 200 gram atau secukupnya, dan garam seperempat sendok teh kedalam rebusan jahe tersebut. Diamkan hingga mendidih cukup lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here