6 Kuliner Khas Semarang Yang Terpopuler, Wajib Anda Kunjungi

0
49
babat gongso, semarang
babat gongso, semarang

Kuliner Khas Semarang ini adalah Kota yang banyak kulinernya seperti bandeng presto, nasi ayam Semarang, garam asem, lumpia. Kota semarang adalah kota terbesar ke lima sesudah Jakarta, Surabaya, Medan dan Bandung guys.Sebagai salah satu Kota paling berkembang di Pulau Jawa ternyata guys. Kota Semarang juga memiliki beberapa julukan yaitu,antara lain: The Port of Java dan Semarang Pesona Asia.

Mencari Kuliner Khas Semarang yang jarang ditemukan di selain di kota asalnya? Kamu bisa menjatuhkan pilihan pada babat gongso. Berbeda dengan lumpia atau makanan khas lain, yang satu ini memang jarang dijumpai di luar Kota Semarang. Maka dari itu, sempatkan untuk mencicipinya. Karena sekali coba, kamu akan terus merindukannya.

Kuliner Khas Semarang ini juga di sebut Kota Lumpia karena lumpia makanan khas Semarang, yang terbuat dari Alkuturasi 2 budaya yaitu budaya Jawa dan China, Kota Atlas juga Julukan dari Semarang lho!karena Kota semarang memiliki semboyannya adalah Kota ATLAS (Aman,Lancar,Asri dan Sehat), sebagai slogan pemeliharaan keindahan Kota.

Bagi kalian yang traveling ke Semarang,jangan lupa cicipin makanan khas Semarang. Rasanya di jamin enak dan mantap guys. Harganya juga sangat murahserta terjangkau jadi semua kalangan orang bisa mencicipi makanan khas Kota Semarang ini.Berikut ini ulasan makanan Khas dari Kota Semarang.

Bandeng presto

Bandeng Presto ini adalah Kuliner Khas Semarang dari Kota terbesar ke Lima yaitu Semarang, Jawa Tengah. Makanan bandeng presto ini adalah di buat dari ikan bandeng yang segar dan dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam. Usut punya usut ikan bandeng presto ini ditemukan oleh masyarakat kota semarang yang lahir di Kota Pati, Jawa Tengah dan akhirnya menjadi ikon besar Kota Semarang.

bandeng presto semarang
bandeng presto semarang

Ikan bandeng ini dimasak pada alas daun pisang guys dengan cara dipresto. Apa yang di maksud dengan di presto? Presto adalah cara memasak dengan uap air yang betekanan tinggi guys. Uap air yang berada di panci akan memasak makanan yang berada di dalam panic gimana guys tahu apa nggak. Karena ikan bandeng populer memiliki banyak duri, kebanyakan ikan bandeng presto ini juga makanan yang digemari dengan cara masak presto duri-duri ikan menjadi lunak dan bisa di makan.

Bandeng presto yang pertama ini bisa kamu dapatkan di Jalan Pandanaran No.53 Randusari, Semarang Selatan. Ada beberapa olahan bandeng di sini, mulai dari bandeng duri lunak seharga Rp85.000-an per kilonya, kemudian Bandeng Duri Lunak Vacum yang dibanderol dengan harga Rp106.000-an per kilonya, lalu ada juga Bandeng Duri Lunak Pepes seharga Rp 85.000-an per kilonya, dan satu lagi yaitu Bandeng Crispy seharga Rp57.000-an per kilonya. Jenis kemasan bandengnya pun beragam tergantung daya tahannya.

Kemasan biasa bisa tahan 2 hari di luar lemari pendingin dan tahan 1 minggu di dalam lemari pendingin. Sedangkan kemasan vacum bisa bertahan seminggu di luar lemari pendingin dan sebulan di dalam lemari pendingin. Jenis yang terakhir ini cocok buat kamu yang hobi traveling.

Meski memiliki banyak duri di dalamnya, tapi banyak yang suka dengan bandeng. Dan jalan Pandanaran nampaknya menjadi salah satu gudang yang tepat untuk mendapatkan bandeng ini. Yap, tak hanya Bandeng Juwana-Elrina dan Bandeng Bonafide yang bisa kamu temui di kawasan ini, ada juga Toko Djoe yang dulunya berada di kompleks pertokoan Simpang Lima kini membuka cabangnya di sini. Seperti toko oleh-oleh di Semarang lainnya, bukan hanya bandeng yang bisa kamu beli di toko tersebut. Ada juga kuliner khas Semarang seperti enting gepuk, jenang Mubarok, wajik, getuk, dan banyak lainnya.

Nasi ayam semarang

Nasi Ayam adalah makanan khas Semarang yang mirip-mirip dengan nasi liwet khas Kota Solo. Nasi ayam berupa sajian nasi putih yang terasa gurih dan renyah karena dimasak dengan santan, yang disantap dengan suwiran daging ayam yang sudah matang, sambal goreng labu siam dan krecek, tahu putih, dan telur pindang laludi kasih dengan kuah santan.

nasi ayam semarang
nasi ayam semarang

Kuliner nasi ayam ini cukup mudah ditemukan di Kuliner Khas Semarang pada malam hari. Biasa dujual di pusat kuliner, hingga tenda sederhana pinggir jalan. Salah satu yang tersohor adalah Nasi Ayam Bu Widodo, yang sudah berjualan sejak 1994 di area kuliner Simpang Lima.

Tampilan penjualnya seperti penjual gudeg Jogja, ibu-ibu yang berdagang dikelilingi panci-panci besar berisikan paket komplit hidangan tersebut. Pengunjung pun menyantapnya di atas tikar-tikar yang dijejerkan sekitar pedagang tersebut. Lengkap dengan potongan telur rebus berbumbu, tahu opor, sayur labu manis dengan krecek, dan suwiran ayam, lalu diguyur kuah opor kuning. Untuk yang mau menambahkan lauk, Anda bisa memilih aneka bagian ayam seperti sate telur, sate usus, opor daging paha, dada, kepala, dan sayap ayam.

KompasTravel pun memesan satu porsi nasi ayam tersebut lengkap dengan tambahan lauk dada ayam. Nasinya menggunakan bumbu santan dan rempah seperti daun salam dan serai layaknya nasi liwet. Sayur labuh siam memang terasa lebih manis, ada tambahan potongan krecek di dalamnya.

Mie kopyok

Mie kopyok adalah makanan khas yang berasal dari Kota Semarang yang bahannya dasar mie yang di tambahkan dengan tetelan daging dengan tambahan lauk berupa tahu dan kerupuk gendar diatasnya. Mie kopyok merupakan sangat khas Kota Semarang yang susah di temukan di tempat lain. Mie Kopyok kebanyakan dijajakan dengan gerobak keliling dari kampung ke kampung.

mie kopyok, semarang
mie kopyok, semarang

Mie Kopyok adalah makanan tradisional berbahan dasar mie yang di campur dengan irisan tahu, lontong, tauge dan kerupuk gendar. Mie Kopyok merupakan salah satu makanan tradisional khas Semarang, Jawa tengah. Di Semarang, mie satu ini juga sering disebut mie lontong, karena menggunakan lontong sebagai bahan campurannya. Mie Kopyok ini hanya bisa kita temukan di Semarang dan dijajakan dengan gerobak keliling dari kampung ke kampung atau warung di pinggir jalan.

Mie Kopyok ini berisikan potongan lontong, mie, tauge dan bahan lainnya. Dalam proses pembuatannya, mie dan taoge dicelupkan ke dalam air yang mendidih. Setelah matang kemudian ditiriskan dan disajikan ke dalam piring. Dalam proses penyajiannya, mie dan tauge ditambah dengan irisan lontong. Selain itu ditambahkan juga bahan lain seperti, irisan tahu pong, irisan daun seledri, dan bumbu air bawang putih. Tidak lupa juga di tambahkan dengan bawang goreng dan kerupuk gendar/ kerupuk kerak.

Untuk menikmatinya, anda bisa  menambahkan kacang goreng,kecap atau sambal. Bagi anda yang menyukai masakan pedas, anda bisa menggunakan sambal sebagai penambah rasa. Selain memiliki cita rasa yang khas, mie satu ini termasuk makanan yang mengenyangkan. Karena irisan lontong pada Mie Kopyok dapat menggantikan nasi yang sering kita konsumsi. sehingga anda bisa menggunakannya sebagai menu makan siang atau makan malam.

Babat gongso

Nasi Babat Gongso adalah Kuliner Khas Semarang yang wajib kita coba bagi pecinta makanan. Anda bisa menemukannya Nasi Goreng Pak Karmin, di Jln Pemuda(Samping Jembatan Mberok), Semarang. Babat gongso disni terkenal dengan rasanya yang enak dan khas.

babat gongso, semarang
babat gongso, semarang

Ada banyak menu andalan di Warung Pak Marsono. Selain merasakan gurihnya jerohan satu ini dimasak dengan bumbu pilihan, kamu juga wajib mencicipi nasi goreng berbagai versi termasuk nasi goreng babat. Beberapa kuliner di sini cukup unik karena dimasak masih dengan kayu bakar. Itulah yeng menjadikan rasanya semakin khas dan tak ada di tempat lain.  Puas dengan babat gongso, kamu bisa lanjut menyambangi Lawang Sewu yang jaraknya hanya sekitar 4 km atau 13 menit berkendara dari Warung Pak Sumarsono.

Selain nasi goreng babat, biasanya warung makan juga menjual menu pelengkap seperti babat gongso. Seperti Warung Pak Sabar, kamu bisa puas kulineran khas Semarang yang memiliki banyak rasa. Ada juga menu tahu gimbal dan tahu pong yang semuanya enak. Jika kamu kebetulan sedang wisata di Kawasan Simpang Lima, bisa sempatkan untik datang ke sini dengan melwati Jalan Gajahmada, waktu tempuhnya sekitar 6 menit perjalanan dengan mobil.

Babat Gongso adalah potongan babat dan jeroan, seperti, limpa, ati, paru, yang dimasak dengan bumbu kecap yang kental, manis, dan pedasnya sangat terasa. Babatnya juga empuk. Harga satu porsi Rp.20.000,- sampai Rp.25.000,-. Rasanya dijamin memuaskan dan maknyus.

Pisang planet

Kalau banana nugget dimasak dengan cara digoreng, pisang plenet diproses dengan cara dibakar. Sebelum dibakar, pisang ditekan hingga pipih (diplenet) terlebih dahulu. Kata ‘plenet’ sendiri diambil dari Bahasa Jawa yang berarti memencet atau memipihkan. Lalu disajikan dengan aneka topping, seperti cokelat, keju, kacang, selai nanas, meses, atau tepung gula.

pisang planet, semarang
pisang planet, semarang

Pisang yang biasanya digunakan untuk membuat pisang plenet adalah pisang kepok kuning yang matang dari pohon. Soalnya, pisang jenis ini nggak lembek dan mudah dipipihkan. Rasa pisangnya juga lebih manis dan legit. Pembuatan pisang plenet diawali dengan mengupas pisang. Setelah dikupas, pisang dibakar di atas bara arang hingga warnanya berubah kecoklatan. Kemudian pisang diplenet dengan menggunakan dua buah papan hingga pipih dan berbentuk agak bundar. Pisang yang telah pipih diberi mentega dan dibakar kembali hingga matang dan agak gosong.

Pisang planet yang dijual di gerobak-gerobak memiliki varian rasa, antara lain coklat, keju, dan nanas. Ada juga yang hanya ditaburi gula. Pisang planet ada di Jalan Pemuda dekat Gedung Lawang Sewu dan pusat jajanan toko Sri Ratu. Waktu buka pisang planet adalah menjelang sore hari hingga tengah malam.harga satu tangkup pisang planet adalah Rp.4.000,-. Murah meriah pokoknya.

Tahu pong

Selain pisang planet, tahu pong juga Kuliner Khas Semarang lho! Tahu pong adalah tahu goreng yang garing dan gurih. Saat di gigit, tahu pong tidak ada isinya dan kosong (kopong). Oleh sebab itu,tahu ini dinamakan tahu pong.

tahu pong, semarang
tahu pong, semarang

Tahu Pong Karangsaru tersebut masih menghidangkan tahu pong komplit dengan kombinasi pong dan emplek, gimbal urang, telur teh rebus-goreng, dengan ramuan saus cair kecap manis yang sedang pedasnya dan cukup kecut jeruk nipisnya juga berlebihan bawang putihnya, sedap bila diselingi dengan rasa acar lobaknya yang khas daikon Jepang. Ketulenan yang masih menerus dari nostalgia Tahu Pong Jagalan.

Tahu pong enak disantap saat panas atau hangat. Lalu dikasih petis yang encer. Ada tambahan acar dan ulekan cabai hijau. Rasanya sungguh jadi ketagihan. Harga sangat murah, seporsi cuman Rp.6.000,-.

Tahu pong sebaiknya segera dimakan sekeluar dari gorengan, sebab kulitnya cepat layu dan tahunya menjadi gembos. Ini berbeda dari ta-u pok di Tiongkok maupun di Hong Kong yang kulitnya pada umumnya bertahan kering dan tetap berbentuk sewaktu disajikan. Dikarenakan berbeda dalam proses persiapan tahu sebelum digoreng. Dimana potongan tahu itu, bila sebelumnya direndamkan dalam air garam dan didinginkan dalam es, proses ini mengeraskan permukaan tahu, lalu dicelupkan sejenak kedalam cairan air kanji yang lebih encer dari susu, ini untuk menyelaputinya sebelum dimasukkan kedalam minyak panas dan digoreng ulang secara dua tahap, dengan demikian tahu pong bisa lebih renyah dan tidak mudah melempem.

Semarang bisa diakui sebagai kota tujuan Kuliner Khas Semarang yang unik, dari sana juga banyak jajan dan makanan yang sering dibawa sebagai oleh-oleh. Diantara tiga hidangan yang sangat populer disana, seperti Mie Titee dan Lumpia, memang hanya Tahu Pong yang “ Semarang” dan yang boleh menjadi lambang kuliner Kota Semarang.

 Sekian Dari artikel saya apabila anda ingin mencoba makanan khas semarang maka berkunjunglah ke Kuliner Khas Semarang karena kota semarang ini mempunyai berbagai Kuliner Khas Semarang lainya yang harus kamu coba guys, apa bila ingin tahu info info berikutnya maka jangan tinggalkan update tan kami berikutnya karena kami akan memberi wisata kuliner yang lebih menyenangkan dan enak serta lezat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here