6 Obyek Wisata Pare-Pare Indah, Wajib Di Kunjungi

Bertemu lagi dengan kami guys kini kami ada kabar baik nih tentang tempat tempat wisata yang bikin anda inginkesana loh guys inilah beberapa obyek wisata pare-pare. Kota pare-pare inilah di daerah provinsi Sulawesi selatan guys, jangan sampai ketinggalan tentang destinasi di kota pare-pare ini guys karena kota ini banyak sekali wisata yang indah serta menarik guys mari kita pahami dulu guys tentang isi seputar kota pare-pare guys.

Kota pare-pare ini merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi Sulawesi selatan guys. Kota ini merupakan salah satu kota yang tersembunyinya suatu pemandangan alam yang ada di kota ini mungkin anda akan tertarik saat menjelajahi kota pare-pare ini guys. Ternyata kota pare-pare ini merupakan kota  kelahiran bapak presiden yang ke 3 republik Indonesia loh guys, baru tau kan anda ternyata kota pare-pare ini kota kelahiran bapak presiden kita yang ke 3.

Pare-pare ini merupakan kota di sekitar tepi laut yang sangat cantik serta di tambahi pemandangan pemandangan pepohonan yang ada di sekitarnya.tempat tempat wisata yang berada di kota pare-pare ini. kali ini kami akan memberi tahu anda guys beberpa tempat wisata yang terbaik untuk anda kunjungi ketika berada di kota pare-pare ini. Ada banyak sekali guys seperti wisata Pales Teduh, Kebun Raya Jompie, WaterBoom, Terumbu Karang Tonrangeng, Pantai Lumpue, Gua Tompangnge dll. Inilah beberapa obyek wisata pare-pare guys.

Untuk anda sampai ke kota cantik ini, dari Makassar anda juga dapat melakukan perjalanan sejauh 150 kilometer guys, lumayan jauh guys. Tapi suatu hal kecil inijangan menjadi suatu hambatan guys untuk merasakan betapa indahnya kota kecil ini dengan di suguhi berbukitan. Tapi jangan merasa galau guys nanti ketika kamu di kota sana akan terasa seperti kota yang indah guys karena banyak keindahan keindahan tersembunyi obyek wisata pare-pare ini guys.

Wisata pales teduh

Warga di sekitar Parepare yang ingin merasakan asiknya nongkrong di warung kafe kekininan, kini nggak perlu bingung lagi kalian guys, karena dengan adanya Cafe Pales Teduh yang bisa jadi rujukan. Kafe yang satu ini berada di Jalan Kelapa Gading guys, di Kelurahan Bumi Harapan Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare.

Meski baru di buka setahun yang lalu, kini cafe ini telah mendapat sambutan yang hangat dari warga sekitar yang menjadikannya tempat nongkrong yang adem dan dekat dengan alam huys ini kesempatan untuk kita mengenal alam lebih dekat. Pales teduh ini berasal dari kata Pales yaitu seorang pemilik kafe dan Teduh yang mewakili suasana kafenya guys yang memang bener-bener teduh guys karena hampir 90 % area di sekitar cafe ini di kelilingi pohon dan tanpa atap guys cukup menarikan buat orang pecinta alam ini untuk mengunjunginya.

wisata pales teduh, obyek wisata pare-pare

Giaman guys dengan gambar di atas cukup menarikan tempat wisata pales teduhnya cafe di dominasi oleh kayu dan bamboo guys keren bukan? bahkan meja dan kursi untuk menyambut pengunjungnya itu terbuat dari bahan yang alam asli seperti ranting dan batang pohon.

Semua para pengunjung bisa langsung merasakan suasana teduh di bawah pohon sambil menikmati semilir angin yang berhembus di kawasan café ini. Hampir semua tidak ada atap untuk cafe ini, di saat situasi turunnya hujan para karyawan di sini siap mengelola mengantisipasi hujan dengan menyiapkan terpal darurat untuk berteduh. Di pinggir cafe ini terdapat sungai alami yang mengalirkan air segar dan pepohan rimbun membuat tak ada jarak antar kafe dengan alam di sekitarnya gimana guys sudah di temani pepohan yang rindang serta sungai yang alami guys.

Pales Teduh ini di desain untuk menyatu dengan suasana alam tanpa meninggalkan kenyamanan nongkrong dan menikmati hidangan yang telah di siapkan. Fasilitas yang sudah di sediakan pun cukup lengkap guys mulai dari tempat parkir yang luas dan tempat ibadah yang memadai serta  Sebuah cafe di kawasan Pare-pare yang layak untuk di jajal guys barang kali mau mengunjungi café ini guys. jika kamu suka nongkrong sambil berdekatan dengan alam tanpa sekat.

Obyek Wisata Kebun Raya Jompie

Kebun Raya Jompie ini menjadi salah satu lokasi selanjutnya yang tidak boleh kamu tinggalkan ketika berada di Pare-pare. Lokasi ini tidak kalah cantiknya loh guys dengan wisata Pales Teduh menyuguhkan sesuatu yang unik di banding lokasi wisata yang lainnya. Kebun yang aslinya di bangun sejak tahun 1920 ini menyuguhkan keanekaragaman guys hayati yang cocok dijadikan tempat wisata sekarang ini menjadi suatu wisata yang indah. Lokasi ini juga sering  di jadikan pusat penelitian tumbuhan tropis. Di sini kamu bisa merasakan suasana yang sejuk, asri, dan sangat nyaman karena banyak pepohonan yang rimbang.

Sehingga sangat cocok untuk kalian guys yang menginginkan suasana yang rilaks. Terlebih bagi kamu yang di sibukkan dengan pekerjaan sehari-hari itu pun udah lelah kecapekan. Bahkan Kebun Raya Jompie ini pernah mendapatkan sebagai hutan terbaik yang ada di Sulawesi Selatan guys anda tak perlu heran.

Meskipun di hutan, namun kamu bisa menikmati beberapa fasilitas mewah yang ada di dalam hutan, seperti kolam renang, kolam habitat air tawar, tempat istirahat, ruang pertemuan, saluran dreinase dll. Serta jalan setapak menuju beberapa kawasan yang di sekelilingnya terdapat panorama alam yang memukau.

obyek wisata kebun raya jompie, obyek wisata pare-pare

Inilah satu lagi objek wisata yang mengangkat Sulawesi Selatan adalah telah di resmikannya hutan kota Jompie sebagai Kebun Raya Nasional Jompie guys.Kebun raya Jompie merupakan satu dari dua hutan kota alami di Indonesia selain Bogor di daerah Sulawesi selatan juga ada guys. Yang telah menyimpan banyak keanekaragaman hayati serta menjadi objek wisata dan pusat penelitian tumbuhan tropis, khususnya untuk tanaman endemik Sulawesi.Kehadirannya ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi penduduk sulawesi, serta menjadi daya tarik baru Sulawesi selatan.

hutan ini seluas kira-kira 13,6 hektar yang di jadikan sebagai hutan kota terbaik di Sulawesi Selatan ini juga di tetapkan sebagai pusat koleksi kawan kawan.

Kawasan kebun raya ini dulu di beri nama Celebes Tour, karena kebun raya ini merupakan bagian dari kompleks Hutan Alitta. Tempat lokasinya terletak di Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Soreang, Sulawesi Selatan dengannya jarak dari pusat Kota Parepare sekitar 3,5 kilometer.Untuk menuju ke Kebun Raya Jompie terbilang mudah, obyek wisata pare-pare karena di kawasan kebun raya Jompie sangat dekat dengan akses jalan menuju Kabupaten Pinrang dan Sidrap.

Di sini tak hanya menyajikan wisata ekologi yang lengkap guys, KRJ juga menghadirkan berbagai fasilitas pendukung lainnya loh guys seperti, kolam renang, kolam habitat air tawar, area perkemahan, ruang pertemuan.

Wisata Waterboom

Untuk mengisi liburan anda di akhir pekan maupun liburan sekolah di obyek wisata pare-pare, Waterboom Pare pare salah satu pilihannya.Waterboom yang telah menjadi sebuah primadonanya bagi warga di kawasan Ajattappareng ini loh guys, di sini sangat lah ramai di kunjungi oleh pengunjung lainya dari berbagai daerah seperti daerah Barru, Pinrang, Enrekang, atau Sidrap.

Waterboom Parepare ini tempatnya terletak di jalan Sawi nomor 25, jika ingin sekali memakai google, maka akan langsung terlihat guys tempat waterboom nya guys waterboom parepare memiliki dua kolam renang: untuk anak-anak dan dewasa. kolam renang dewasa memiliki kedalaman yang bervariasi.

Di sisi sebelah selatan memiliki kedalaman sekitar 1 meter, di sisi tengah memiliki kedalaman hampir 2 meter, dan di sisi paling utara memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter. kalau kolam anak-anak ga usah di tanyakan lagi guys tentang kedalamannya ya, di kolam renang dewasa terdapat prosotan yang terdiri dari 3 level ketinggian guys apa bila anda ingin prosotan silahkan di coba. tua, muda, dan se usia anak-anak pun sering bermain prosotan di sana obyek wisata pare-pare

wisata waterboom, obyek wisata pare-pare

harga tiket untuk masuk untuk usia dewasa di atas 9 tahun pada saat tulisan ini dibuat sekisar  20.000 sedangkan untuk usia anak-anak 9 tahun ke bawah sekisar 15.000. Dari pihak pengelola juga telah menyediakan kursus berenang bagi anda sekalian yang pengen belajar berenang guys si sana sudah ada pemandunya.

Berbagai fasilitas di sana di dukung juga ada di wahana ini seperti puluhan gazebo, tribun mini untuk menyaksikan aktifitas pengunjungnya guys di seluncuran maupaun di kolam obyek wisata pare-pare, tempat duduk yang dapat dinikmati keluarga sambil bersantai dan kolam renang khusu disertai luncuran untuk anak-anak. Mushola yang cukup luas untuk menampung banyak jamaah juga tersedia disini dan kantin serta kafe yang dilengkapi puluhan tempat duduk dan meja untuk para pengunjung yang ingin makan dan minum.Waterboom Parepare pastilah sangat menyenangkan bila datang bersama keluarga maupun teman.

Biayanya yang terjangkau dan berbagai wahana yang di sediakan disini pastilah membuat Anda tidak berfikir panjang untuk datang ke tempat ini. yang Tetapi, Anda juga harus mengingat untuk menjaga kebersihan di waterboom ini untuk kenyamanan bersama.

Wisata terumbu karang Tonrangeng

Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan guys terumbu karang, lokasi wisata yang satu ini cocok untuk di jadikan pilihan utama ketika berada di obyek wisata pare-pare. Di karenakan lokasi ini merupakan kawasan terumbu karang. Pemerintah setempat bahkan merubah menjadi lokasi ini menajadi pusat pelestarian terumbu karang serta budidaya terumbu karang bagi warga obyek wisata pare-pare. Lokasi wisata ini mirip dengan

terumbu karang yang ada di sekitar Pantai Lumpue ini tergolong terumbu karang tepi, menyebar dalam areal yang sempit sepanjang 120 meter dengan lebar 25 meter. Begitu juga terumbu karang di Pantai Tonrangeng ini guys, lebarnya berkisar 75-100 meter dari garis pantai.

wisata terumbu karang Tonrangeng, obyek wisata pare-pare

Ini berbeda dengan terumbu karang pada tiga lokasi lainnya, yakni Tanjung Karang Tonrangeng Barat, Tanjung Karang Tonrangeng Utara serta Tanjung Karang Tonrangeng paling utara yang mengalami kerusakan akibat aktivitas pemboman ikan oleh para nelayan.Penelitian ini di laksanakan CV Sukma Lestari kerjasama dengan Bappeda obyek wisata pare-pare selama bulan Agustus hingga November 2009. Selain untuk mengidentifikasi terumbu karang, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengidentifikasi jenis-jenis biota ekonomis potensi ekosistem terumbu karang, serta kondisi terumbu karang yang ada.

Wisata lumpue

Inilah salah satu Destinasi Wisata Alam yang ada di obyek wisata pare-pare. Lumpue pertama kali di perkenalkan kepada pengunjung sejak awal 1970-an. Kala itu Lumpue yang bermuara langsung dengan laut lepas loh guys, Hanya berupa hamparan pasir yang memberikan banyak ruang di bibir Pantainya cukup menarikan, tempat sejumlah nelayan berlabuh. Dari waktu ke waktu, kawasan ini berubah menjadi salah satu lokasi yang dikunjungi banyak orang, akhirnya Salah satu Pemuka Masyarakat di Wilayah ini obyek wisata pare-pare, menata sebahagian kawasan ini, hingga menjadi objek Wisata Pantai yang mulai dilirik pengunjung domestik.

Hendrik Pangka, salah satu Tokoh Pemuda di Lumpue, bercerita jika Sejak dibuka Pantai ini pernah di kunjungi turis asing dari Sejumlah Negara untuk Menikmati pantai atau sekedar berjemur, hanya saja, kala itu banyak warga sekitar utamanya anak anak berkerumul melihat aktifitas para Turis asing yang berjemur ini obyek wisata pare-pare, mungkin terlihat asing dan turisnua risih, sehingga objek itu tidak berlangsung lama, Cerita Hendrik Pangka.

wisata pantai lompae, obyek wisata pare-pare

Kini, Kawasan Wisata yang diklaim milik pribadi ini, mulai menata diri dan menawarkan beberapa Kawasan ke Pengunjung Lokal, Ajatappareng dan Sulsel dan Pengunjung Domestik pada umumnya.Setiap hari Libur dan Libur Nasional, Pantai Lumpue ramai dikunjungi, Ada yang menghabiskan akhir pekan bersama keluarga, Bakar ikan, dan kadang Pengunjung dari Kabupaten Tetangga untuk melaksanakan arisan keluarga, Komunitas dan Tour Pendidikan.

Kawasan Pantai Lumpue, saat ini dikelola 3 Pihak Penyedia Jasa, masing masing tempat ini miliki pintu administrasi,Gasebo, dan Fasilitas lainya. Cukup Rp.3000 / Orang, pengunjung sudah bisa menikmati hamparan pasir putih, Deretan Perahu Nelayan yang tertata, Kedai makanan khas pantai, berenang di laut terbuka dengan batas yang wajar.Gasebo dan Alat Keamanan Berenang bagi anak (Ban) dan Perahu Juga bisa digunakan didalam dengan tarif sendiri.

Goa tompangnge

Tak kalah dengan wisata satu ini guys Gua Tompangnge merupakan tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi di Parepare. Gua ini biasa juga disebut dengan gua kelelawar karena gua ini banyak dihuni ribuan kelelawar.

Ketika Anda di mulut gua, Anda akan menyaksikan ribuan kelelawar yang hidup di Gua Tompangnge dan jalan masuknya pun berlumpur, kotor, dan bau.Selain Gua Tompangnge, di kawasan ini juga ada air terjun yang sangat indah, hanya berjarak 500 meter dari gua. Aliran airnya yang mengalir dari untaian akar-akaran yang menggantung dari pucak bukit yang berada di sebelah Gua Tompangnge.

wisata goa tompangnge,obyek wisata pare-pare

Goa Tompangnge memiliki luas sekitar 100 hektar dan fungsinya sebagai tempat konservasi hutan. Gua ini memiliki potensi untuk dikembangkan yang sebelumnya harus dilakukan survey dan penelitian terlebih dahulu. Dalam mengeksplorasi gua setidaknya perlu pemetaan gua untuk mengukur panjang gua, mulut gua, potensi air dan potensi peninggalan budayanya.  Gua ini memiliki kandungan fosfat yang tinggi dan guano kelelawar yang dihasilkan dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai pupuk yang alami. Karena jumlah kelelawar di gua tersebut sangat banyak, guano yang dihasilkannya pun juga akan banyak.

Hal ini merupakan suatu potensi yang luar biasa, namun yang perlu diketahui dan diperhatikan adalah pengelolaan yang harus tepat sehingga tidak mengganggu keberdaan kelelawar dan kelestarian gua. Di Gua ini juga terdapat batu lappa (batu datar) yang biasanya dipergunakan untuk tempat ibadah.Bagi Anda yang menyukai adrenalin, mungkin Anda dapat mencoba masuk ke dalam gua ini. Anda dapat menjumpai ribuan kelelawar di tempat ini dan tentu saja tujuan wisata Anda ini  akan terasa sangat unik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *