6 Spot Mancing Di Pantai Malang Yang Memiliki Pemandangan Indah

Advertisement

6 spot mincing di Malang- Kabupaten Malang mempunyai garis pantai selatan yang cukup panjang, tentu saja hal ini mendukung potensi spot mancing. Selain spot mancing liar air tawar, di Malang juga banyak spot mancing atau tempat mancing liar di pantai selatan Malang yang perlu diketahui oleh para pemburu spot mancing dan wajib dikunjungi oleh para pemancing.

Ombaknya yang besar khas laut selatan. Ada banyak jenis ikan pantai selatan Malang, mulai ikan air laut lepas, sampai ikan karang dan ikan air payau Langsung saja, inilah spot mancing di pantai Malang yang sering dikunjungi oleh pemburu spot mancing dan kalian juga wajib untuk mengunjunginya:

Pantai Sendang Biru

Siapa yang tak kenal Pantai Sendang Biru? Barangkali hanya vegetarian saja yang kurang tertarik dengan pantai ini. Tapi bahkan saat Kalian tak tertarik dengan ikannya, Pantai Sendang Biru masih menawarkan wisata yang seru. Dan yang pastinya, pantai ini merupakan surganya ikan di kawasan Malang.

Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru juga terkenal sebagai pantai penghasil ikan terbaik di Malang. Pilihan yang sangat tepat kalau Kalian memang serius memancing. Sejak dari tepi pantainyapun, Kalian sudah disambut dengan jajaran perahu nelayan. Jelas ini pantai penghasil ikan, bukan? Kalian bisa menyewa perahu-perahu ini, sekalian minta tunjukan di mana spot-spot pemancingan yang punya banyak ikan. Lebih dari sekedar menikmati acara memancingnya, Kalian pingin pulang bawa ikan, bukan? Nah, Sendang Biru menawarkan keduanya. Pemkalianngan lepas pantainya juga memesona dengan air yang biru jernih, dan ikannya juga bisa diangkut pulang untuk oleh-oleh sekeluarga. Sesial-sialnya Kalian tak dapat ikan hasil pancingan sendiri di Pantai Sendang Biru, masih bisa beli ikan pada nelayan. Masih segar, pula. Mau mengakui ikan hasil pancingan sediri juga tak ada yang protes.

Lokasi: Sendangbiru, Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang

Pantai Pawonan

Pantai Pawonan dikenal juga dengan nama Heaven Land oleh anak-anak zaman sekarang. Sesuai nama kekinian ini, Pantai Pawonan memang mempunyai panorama surgawi, belum juga ikan-ikannya yang melimpah menunggu untuk dibawa pulang.

Pantai Pawonan

Pantai Pawonan masih belum memiliki fasilitas memadai, cocok buat Kalian yang menyukai sedikit petualangan dan memancing. Dari Kota Malang, Kalian lanjutkan perjalanan ke Turen, lanjut sampai Sumbermanjing Wetan. Kalian akan melalui Jalur Lintas Selatan yang menuju ke arah Pantai Goa Cina dan Batu Bengkung. Parkir saja kendaraan di Pantai Batu Bengkung, kemudian lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki ke Pantai Ngopet, Pantai Pasang, Pantai Gladakan, Pantai Parang Puthul, hingga Pantai Karang Bolong. Setelah melewati pantai-pantai ini, Kalian akan tiba di Pantai Pawonan. Rute yang lumayan menantang, bukan? Tapi jerih payah Kalian berjalan menyusuri pantai sambil mengangkut perlengkapan pancing akan terbayar tuntas dengan pemkalianngan Pantai Pawonan yang masih alami. Setelah menemukan spot memancing yang dirasa cukup nyaman, tinggal lempar kail dan tunggu sampai ada ikan yang melahap umpan Kalian. Bawa pulang ikan sebanyak mungkin, mumpung gratis!

Lokasi: Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang

Pantai Tamban

Dari Sendang Biru, Kalian bisa lanjutkan ke Pantai Tamban. Kedua pantai ini masih dalam satu desa, satu sama lain bisa jadi alternatif kalau Kalian kurang sreg dengan lokasi pemancingan di salah satunya.

Pantai Tamban

Sebenarnya alternatif memancing tidak hanya di Pantai Tamban atau Sendang Biru saja karena Kalian bisa menyewa perahu menuju Pulau Sempu. Jangan lupa memastikan dulu apakah pulau ini bisa diakses, ya. Tapi tawaran memancing di Pantai Tamban saja sudah cukup menarik bagi penyuka kegiatan memancing. Buktinya, Ngalam Fishing Tournament di Pantai Tamban yang diselenggarakan diawal tahun ini sempat laris manis diserbu peserta. Kalau Kalian ketinggalan acara ini, masih bisa meluncur langsung ke lokasi sembari menikmati suasana pantai yang indah. Bila ada perahu nelayan yang bisa disewa, Kalian bahkan bisa menikmati acara memancing ikan laut di lepas pantai. Pasti seru, dan bisa jadi bikin nagih.

Lokasi: Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang

Pantai Lenggoksono

Pantai Lenggoksono termasuk dalam kawasan Eco Wisata Bowele Malang, melengkapi Pantai Bolu-Bolu dan Wedi Awu. Memiliki garis pantai yang panjang dan dasar lautnya lebih berpasir ketimbang karang, Pantai Lenggoksono sebenarnya cocok untuk Kalian belajar surfing. Atau barangkali Kalian sudah menjadi surfer yang hkalianl? Tapi hal yang paling seru dilakukan di Pantai Lenggoksono adalah mencari ikan.

Pantai Lenggoksono

Pada pertengahan tahun ini sempat diadakan lomba memancing nasional di Pantai Lenggoksono. Tentu, acara ini membuktikan betapa kayanya pantai ini akan simpanan ikannya. Kalau mencoba mencari ikan di Lenggoksono, dan cukup beruntung, Kalian bisa dapat lobster, cumi, layur, atau cakalang. Setidaknya, ikan-ikan ini paling sering dijumpai di Pantai Lenggoksono. Apalagi, kawasan pantai ini memang menjadi konservasi lobster batu, lobster pasir, dan lobster mutiara. Kalau lobster adalah salah satu hidangan favorit Kalian, mencari lobster ke Pantai Lenggoksono jelas bakal jadi kegiatan yang seru. Malas ribet? Beli saja langsung pada nelayan yang baru merapat. Lobsternya masih segar-segar!

Lokasi: Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang

Pantai Watu Lepek

Perjalanan spot mancing ke Pantai Watu Lepek sama menantangnya dengan perjalanan ke Pantai Pawonan. Setelah memarkirkan kendaraan di Pantai Batu Bengkung, Kalian ambil arah berkebalikan dari Pantai Pawonan, yaitu ke arah timur. Berjalan kaki lagi, meskipun tak sejauh menuju Pantai Pawonan, Kalian akan melewati Pantai Goa Angin sebelum tiba di lokasi memancing, Pantai Watu Lepek.

Pantai Watu Lepek

Berada di balik bukit, Pantai Watu Lepek masih sepi pengunjung karena sebagian besar wisatawan lebih tertarik dengan Pantai Batu Bengkung. Kalaupun ada yang tertarik ke Pantai Watu Lepek, biasanya karena ingin memancing ikan di pantai. Memang pantai ini cukup difavoritkan banyak pemancing ikan. Kalian bisa turut mengeluarkan perlengkapan memancing dan duduk dengan tenang sambil menunggu umpan dilahap ikan. Di lepas pantai, tampak batu karang ikon pantai di Kabupaten Malang ini, berbentuk seperti lepek atau piring kecil yang digunakan sebagai alas cangkir. Barangkali seiring dengan ikan pertama yang tertambat di kail, Kalian bisa menemukan jawaban kenapa batu karang tersebut berbentuk mirip lepek, bukannya mangkuk atau peralatan dapur yang lain.

Lokasi: Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang

Pantai Kleweng

Penampakan Pantai Kleweng ini cukup menarik. Tidak cuma keren dipkalianng mata, pantai ini memiliki bibir pantai dan karang terjal yang dua-duanya bisa dijadikan tempat spot mancing ikan laut. Deburan ombang dan angin laut akan menemani Kalian selama menunggu datangnya ikan menghampiri kail. Pantai Klewang sendiri merupakan pantai yang terpencil dan masih belum dikelola. Seperti pantai di pesisir selatan Kabupaten Malang lainnya, pantai ini memiliki ombak yang cukup besar. Meski demikian, panoramanya tak kalah dengan pantai-pantai di sisi timur dan baratnya.

Pantai Kleweng

Jika ingin memancing, Kalian bisa bergeser ke Tanjung Watu Pawon atau Lembu Pawon. Di tempat itu, Kalian bisa memancing di pasiran (surf fishing). Kalian yang suka spot mancing di tebing (rock fishing), Kalian juga bisa melakukannya di tebing-tebing sekitar Pantai Klewang. Pantai yang letaknya masih satu deretan dengan Pantai Licin ini berada di Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Dari pusat Kota Malang, Kalian harus menuju ke selatan melalui Kecamatan Bululawan, terus ke Kecamatan Turen, lalu ke Kecamatan Dampit, dan sampai di Kecamatan Ampelgading. Sampai di Desa Lebakharjo, langsung saja ke Dusun Licin, maka Kalian akan sampai ke Pantai Licin.

Untuk menuju pantai ini, Kalian bisa memarkir kendaraan di Pantai Licin. Dari lokasi area parkir, Kalian harus berjalan sekitar satu kilometer melewati jalan setapak berupa pasir pantai. Menariknya, untuk masuk ke pantai ini tidak dipungut biaya, karena tidak ada tiket masuknya, karena memang belum ada pengelola resmi. Belum adanya pengelola ini membuat Pantai Klewang juga belum memiliki warung makanan dan minuman, dan penginapan. Jadi, Kalian disarankan membawa bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah. Solusi lainnya, Kalian bisa juga membakar ikan hasil memancing.

Lokasi: Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang

Sudah lengkap referensi lokasi spot mancing di Malang? Kalian tinggal pilih mana lokasi yang paling menarik untuk dicoba. Memang sulit sih, habisnya pantai-pantai di Malang memang semua cantik-cantik. Dan beberapa pantai malah menawarkan kemungkinan treking yang cukup seru. Siapa yang tahan, coba. Kalaupun tak dapat ikan, masih terhibur dengan indahnya panorama pantai Malang yang tak mengecewakan.

Advertisement
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.