6 Tempat Wisata alam Sendawar

6 Tempat Wisata alam Sendawar

Sandawar yang artinya tanah yang alam dan negri yang subur dan rezeki yang melimpah oleh tanpa akhir adalah semboyan dari Kabupaten yang mana digunakan sampai sekarang Kutai Barat yaitu salah satu Kabupaten pemekaran di Provinsi Kalimantan Timur yang lebih dikenal dengan nama “Sendawar”.Setelah anda menikmati  objek wisata bawah, anda bisa melanjutkan objek wisata sendawar lainnya di Kecamatan Nyuatan yaitu

Jantur ( Air terjun ) Inar

Air Terjun yang terletak diKampung dimana kampung tersebut terletak di provinsi kalimantan timur Temula dan sebelum anda menuju ke objek wisata ini anda akan menemui terlebih dahulu rumah sangat panjang atau sering disebut Lamin-Lou-Luuq yang dimana  kan oleh Suku Dayak Benuaq yaitu Lou Eheng yang terletak di Kampung Pepas Eheng Kecamatan Barong Tongkok.Disarankan anda ke Jantur Inar terlebih dahulu, agar bisa menikmati air terjun dengan berbasah-basah ria dan jangan lupa untuk membawa baju ganti, barulah anda ke lou eheng.

Jantur Air Terjun Inar

Dari pusat kota Sendawar (Kelurahan Simpang Raya Kec.Barong Tongkok) menuju Jantur Inar sekitar ± 30 km. Jantur ini adalah air terjun yang tertinggi di Kabupaten Kutai Barat yaitu ± 35 meter dan jantur ini masih sangat alami. Setelah anda puas menikmati jernihnya air terjun yang jatuh dari ketinggian 35 meter itu, kembalilah anda memulai perjalanan wisata di pedalaman Kalimantan timur, dengan trip selanjutnya anda bisa ke kampung eheng (arah jalannya kembali ke Kec.Barong Tongkok) namun sebelum anda ke kampung tersebut anda akan melewati

sungai Brasan di bawah bukit kojau

Sungan brasan yaitu sungai diantara bukit yang paling tinggi yang akan anda jumpai di dalam perjalanan antara Kampung Temula dan Kampung Eheng. Disana anda juga dapat menikmati pemandangan alam yang begitu excotik, pohon-pohon aren yang berjajar kokoh disepanjang sungai ditambah warna hijau dari dedaunan pohon hutan menambah segarnya mata memandang, begitu juga pemandangan air sungai (kali) yang jernih dan terdapat banyak batu-batu kecil didalamnya.

sungai Brasan di bawah bukit kojau

Ada satu lagi acara adat suku benuaq tunjung yang sering diadakan yaitu acara pengobatan tradisional yang dalam bahasa benuaq nyadari suku Dayak Benuaq. Didepan Lou tersebut banyak berjejer patung-patung. Patung-patung dengan ukiran dayak & seperti wajah-wajah manusia atau dalam bahasa Dayak Benuaqnya adalah Belontanqk, berdiri & berjejeran didepan tangga menuju kedalam lou kampung eheng. Semakin banyak patung-patung itu berdiri berarti semakin banyak pula acara yang pernah dilakukan di dalam keluarga yang bermukim di lou tersebut.

Beliant

Di daerah kampung eheng yang ada di kawasa provonsi kalimantan timur sering sekali ada rumah penduduk yang mengadakan acara tersebut, untuk menjumpainya anda bisa bertanya kepada masyarakat sekitar. Beliant adalah tradisi masyarakat dayak benuaq tunjung sejak dahulu kala yang mempunyai dan turun temurun untuk pengobatan dan masih bertahan hingga sekarang. Setiap orang yang sakit biasanya di beliant oleh dukun kampung. Beliant pun banyak aneka ragamnya seperti Beliatn Bawo, Beliatn Bawe, Beliatn Sentiyu, Beliatn Kenyong, Beliatn Luangan, Beliatn Bejamu dan lain-lainnya.

Beliant

Namun bukan hanya lou/lamin dan acara-acara adat saja yang akan anda temui di kampung pepas eheng ini, anda dapat juga menjumpai masyarakat yang sedang menganyam kerajinan dari rotan seperti tas yang terbuat dari rotan atau dalam bahasa benuaqnya anjat, biasanya kita dapat menjumpai mereka di dalam lamin atau pun dirumah penduduk di sepanjang jalan desa ini, biasanya mereka duduk-duduk di teras rumah dan disini anda pun dapat membeli cinderamata asli kerajinan dari kabupaten kutai barat yaitu anjat, gelang, cincin dan sebagainya, karena ditempat lain harganya jauh lebih mahal karena disini termasuk tempat sentra kerajinan.

Danau Aco

Danau Aco yaitu sebuah danau diatas bukit yang berada di kampung melapeh baru, anda bisa melihat ekosistem yang saling melengkapi dari hutan, air hingga bukit di danau ini. Fasilitas penunjang lainnya juga telah disediakan seperti perahu karet agar anda bisa mengelilingi danau dari sudut demi sudut. Ikan air tawar pun banyak terdapat didanau ini, anda pun dapat melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti memancing.

Danau Aco

Jika anda ingin menikmati tarian hudoq yang menandakan akan dimulainya penanaman benih padi atau istilah disini orang menyebutnya nugal, datanglah dibulan oktober ke daerah Kabupaten Mahakam Hulu dan di bulan nopember ada pesta erau dayak bahau yang sering dilangsungkan di lamin kampung tering.

Tempelakq

Lanjut lagi perjalanan anda dengan arah balik ke Barong tongkok, namun sebelum anda sampai di barong tongkok, sekitar 1 km dari kampung pepas eheng anda bisa menemui pengrajin Mandau (senjata khas dayak) rumahnya tidak jauh dari sungai idan, namun sepanjang saya sering kesana, saya hanya menikmati orang tersebut sedang membuat ulu (gagang Mandau) dan ternyata beliau tidak membuat besi parang (boetn manaau), hanya sebatas membuat ulu, sarung parang & aksesories mandau saja.

Tempelakq

Setelah anda puas menikmati tangan sang pengrajin yang sedang membuat ulu Mandau, anda bisa melanjutkan perjalanan kembali ke kampung berikutnya yang jaraknya sekitar 1 km dari tempat pengrajin Mandau, disana kembali akan anda temui rumah adat yaituLamin Benung (Lou Benung) yang didepannya terdapat banyak sekali patung-patung yang berdiri kokoh dan patung disini lebih banyak dibandingkan rumah adat lamin di kampung eheng tadi. Sama halnya dengan di Lou Eheng, tak jauh dari lamin tersebut ada sebuah kuburan tua khas dayak benuaq yang lebih banyak variasinya dibandingkan kuburan yang ada di Eheng.

museum kayu

Disini anda akan dibawa untuk lebih mengenal berbagai macam jenis kayu yang tumbuh di hutan kutai barat.Wisata museum kayu selanjutnya adalah wisata yang baru di bangun oleh pemerintah Kabupaten kutai barat tepatnya bernama “taman budaya sendawar (lamin 5 etnis)” yang berada tidak jauh dari pusat perkantoran pemerintah arahnya menuju ke melak. Disana dibangun sebuah lamin/loou 5 etnis yang terdiri dari suku Dayak Benuaq, Dayak Tunjung, Dayak  Dayak Aoheng, Dayak Kenyah & etnis Melayu (Kutai, Banjar, dll).

Museum Kayu

Namun Lamin/Loou tersebut dibangun dengan sentuhan modern. Saran saya jika anda ingin ke Kabupaten Kutai Barat tepatnya jika anda berkunjung ke Ibu kotanya datanglah di hari sabtu, karena di taman budaya sendawar setiap sabtu malam selalu diadakan pertunjukan tari-tarian tradisional 6 etnis. Masih satu lokasi di taman budaya sendawar terdapat toko souvenir yang dikelola oleh dinas pariwisata.

Di Kabupaten Kutai Barat anda akan banyak menjumpai objek wisata Jantur (air terjun) selain dari nama-nama jantur yang telah saya paparkan diatas. Beberapa jantur tersebut adalah Jantur Manarung yang berlokasi di kampung ombau asa yang masih berada di kecamatan barong tongkok. Lalu jantur mapan yang berada dipinggir jalan raya kampung mapan, tidak jauh dari jantur mapan terdapat gua maria, dimana tempat tersebut sebagai tempat wisata religi. Dan masih banyak jantur lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *