6 Tempat Wisata Sulawesi Selatan Yang Paling Terkenal

Wisata Sulawesi Selatan – Sulawesi Selatan adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Jika kalian lihat di Peta Indonesia tepatnya di bagian pulau Sulawesi, kita akan menemukan Provinsi Sulawesi Selatan. Kalau kalian semua mendengar kata sulawesi selatan mungkin terkenal dengan kota makassar yang sekaligus menjadi ibu kota dari provinsi sulawesi selatan tersebut  nih gays. Tapi, Sulawesi Sulawesi selatan gak cuma makassar aja lho gays, namun wilayah provinsi sulawesi selatan yang satu ini juga memiliki destinasi wisata yang tidak kalah indah dan mempesona juga lho gays.  Dan untuk tempat wisata yang ada di Sulawesi Selatan juga tidak cuman wisata Pantai Losari saja nih gays. Nyatanya, di pulau Sulawesi Selatan ada beberapa lokasi tempat wisata yang apik-apik lainnya dan tantunya tidak kalah bagusnya dengan destinasi wisata yang ada di tempat lainnya nih gays. Dan terlebih lagi tempat wisata yang ada Provinsi Suawesi Selatan Ini sangat penuh pengetahuan dan tentunya ramah kantong.

Nah gays,ngomong-ngomong tentang tempat wisata, kali ini saya bakalan ngasih tau kalian semua tentang wisata apa saja sih yang bisa kalian semua jumpai dan kalian kunjungi saat kalian sedang berkunjung di Sulawesi Selatan. Dan tentunya ramah di kantong dan gak cuman sekedar liburan saja tuh gays? Berikut ini daftar tempat wisata Sulawesei Selatan yang harus kalian semua kunjungi.

Taman Macan

Wisata Taman Macan Sulawesi Selatan

Wisata Sulawesi Selatan yang paling terkenal yang pertama yaitu taman macan. setelah kita mendengar nama wisata sulawesi selatan yang satu ini pasti yang terbenak di pikiran kalian pasti ada macannya kan gays! tapi jangan salah gays, di taman yang satu ini itu gak ada macannya tapi hanya terdapat patung macan yang menjadi ikon dari tempat wisata sulawesi selatan yang satu ini aja gays. Tempat wisata sulawesi selatan yang satu ini beralamatkan di jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Bulogading, Sub-Distrik Ujung Pandang, Kota Makassar dan taman macan ini juga sekaligus dijadikan sebuah monumen untuk menyimbolkan perjuangan atas Laskar 45 (Laskar Harimau Indonesia dari Ujung Pandang).

Di dalam monumen yang dibangun pada tahun 1985 dan diresmikan langsung oleh Bapak Surono, Menkopolkam waktu itu, dan juga terukir tulisan sejarah berdirinya monumen taman macan ini dan masih banyak lagi tulisan yang menginformasikan tentang Laskar 45 dulu. Wisata Taman macan ini juga dijadikan taman kota untuk warga sekitar beraktivitas contohnya seperti olahraga atau di jadikan sebagai tempat untuk melepas penat dari kesibukan sehari-hari. Suasana di sekitar objek wisata Taman Macan ini juga begitu sejuk serta banyak tumbuh pohon yang rindang. Dan fasilitas yang banyak disukai oleh pengunjung adalah adanya kran air langsung minum juga lho gays.

Celebes Canyon

wisata calebes canyon sulawesi selatan

Tempat objek wisata Sulawesi Selatan yang tidak kalah terkenal berikutnya yaitu Celebes Canyon. Tempat objek wisata Sulawesi Selatan yang satu ini beralamat di Desa Libureng, Sub-Distrik Tanete Riaja, Distrik Baru, tempat wisata alamyang satu ini terdapat kumpulan bebatuan sendimennya karena proses alam yang eksotis seperti halnya di Grand Canyon National Park, Arizona, Amerika Serikat. Selain itu juga, air yang timbul di tempat wisata Sulawesi Selatan ini berasal dari Sungai Ule juga jernih dan wisata Celebes Canyon ini masih di kelilingi dengan hutan, sehingga masih sangat terjaga keindahan dan juga kebersihan ojek wisata Sulawesi Selatan yang satu ini.

Jika kalian sedang berada di Provinsi Sulawesi Selatan Tidak ada salahnya jika kalian berkunjung sebentar di tempat wisata yang satu ini. Dan untuk pergi ke sini dari Distrik Barru, bisa melalui Jl. Poros Pekkae Soppeng yang memerlukan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 51 menit atau berjarak kurang lebih 33,9 kilometer. Atau kalian bisa juga melalui Jl. Pahlawan yang lebih cepat 9 menit dari pada harus melalui Jl. Poros Pekkae Soppeng, karena kalau kalian berangkat melalui jalan Pahlawan kalian cuman berjarak kurang lebih 20,8 kilometer dari tempat wisata calebes canyon dan otomatis lebih cepat untuk sampai nya nih gays.

Goa Mampu

Wisata Goa Mampu Sulawesi Selatan

Objek wisata Sulawesi Selatan yang populer selanjutnya yaitu Goa Mampu. Objek wisata Goa mampu yang selalu ramai dikunjungi pada akhir pekan ini berada di Desa Cabbeng, Sub-Distrik Dua Boccoe, Distrik Bone. Wisata Goa Mampu adalah jenis goa kapur yang di dalamnya dihiasi dengan stalagmit dan stalagtit yang unik serta bakalan memanjakan mata kalian jika melihat keindahan dari objek wisata Sulawesi Selatan yang satu ini gays.

Selain itu juga, terdapat koloni kelelawar berjumlah sangat besar, dimana kotoran yang di hasilkan dari kelelawar yang berjumlah sangat banyak ini oleh warga sekitar dimanfaatkan sebagai pupuk guano. Untuk sampai ke objek wisata Goa Mampu ini kalian memerlukan waktu sekitar 2 jam lebih 5 menit atau berjarak kurang lebih 73,2 kilometer jika melalui Jl. Poros Leppangeng-Watampone. Tapi, jika kalian sudah sampai di tempat wisata Goa Mampu ini, kalian bakalan di sugukan oleh pemandangan yang indah yang di hasilkan oleh Goa Mampu yang satu ini. Jadi kalian gak bakalan nyesel karena telah beerkunjung di tempat ini.

Taman Prasejarah Leang Leang

Wisata Taman Prasejarah Leang Leang

Tempat wisata Sulawesi Selatan yang terkenal selanjutnya adalah taman presejarah leang leang. tempat wisata yang berada di area Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung (TN BaBul), kata “leang” yang merupakan Bahasa Daerah Makassar berarti goa. Di dalam taman presejarah leang leang ini terdapat juga Goa Jane, Jarie, Karrasa, Pettae, Pettakere, Saripa dan goa-goa lain-lainnya yang juga ada lukisan paleolitik.

Taman Prasejarah Leang Leang ini disebut-sebut juga sebagai asal-usul manusia pertama di Maros. Hal itu mencuat ke publik, karena ada lukisan tangan manusia yang berwarna merah juga putih dan ada juga lukisan hewan babirusa yang diperkirakan sudah berusia antara 35.000-40.000 tahun pada penelitian yang dilakukan tahun 2011 lalu pada dinding goa ini gays. Lukisan tangan yang berada di dalam goa ini ada yang menghadap ke kanan dan ada yangmenghadap ke kiri nih gays. Beberapa gambar yang ada di goa ini di antaranya tanpa jempol, karena ada tradisi yang dilakukan untuk memotong jari tangan ketika seorang yang dituakan meninggal gays.

Tengkonan Lempe-Lolai

Wisata Tengkonan lempe-Lolai

Wisata Sulawesi Utara yang satu ini merupakan sebagai salah satu “Negeri di Atas Awan” yang berada di provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya  bertempat di Desa Benteng Mamulu, Distrik Toraja Utara. Kalau masalah suasana yang ada di tempat wisata yang satu ini jangan ditanya lagi gays, karena suasana di Tongkonan Lempe-Lolai, sudah pasti dingin, karena berada di atas ketinggian. Dan keindahan yang di sajikan di objek wisata Sulawesi Selatan ini sudah pasti indah banget gays.

Berjarak sekitar 20,8 kilometer atau bisa ditempuh kurang lebih satu setengah jam dari Distrik Toraja Utara, wisata Tongkonan Lempe-Lolai menyajikan sunrise dengan kabut awan yang sangat tebal. Uniknya nih gays, sampai pukul 7.00 waktu setempat yang mana mataharinya sudah tinggi, namun kabut yang menyelimuti tempat wisata ini masih saja sangat tebal. Untuk mendapatkan pengalaman yang gak bakalan terlupakan seumur hidup kalian, maka aku saranin kallian berangkatlah waktu subuh.

Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat

Wisata Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat

Meskipun tempat wisata yang satu ini ada embel-embel nama “Irian”, tapi monumen yang satu ini memang benar adanya di Jl. Jend. Sudirman, Desa Baru, Sub-Distrik Ujung Pandang, Kota Makassar. Monumen ini ada karena ada peristiwa sejarah jaman dahulu, dimana Belanda masih menguasai Irian Barat sejak kemerdekaan RI diproklamirkan. Kemudian dibentuk tim oleh  Bapak Presiden Soekarno untuk membebaskan Irian Barat yakni bernama Komando Mandala.Monumen Mandala yang berlantai 4 dan setinggi 75 meter yang dibangun pada tahun 1994-1996 ini bertujuan supaya mengenang jasa para pahlawan dahulu dalam pembebasan Irian Barat serta imbalan atas jasa mantan Presiden RI ke-2, Soeharto. Karena, Soeharto menjadi Komandan Komando Mandala dalam Operasi Trikora tersebut gays.

Di dinding luar Monumen Mandala ini juga terdapat bentuk nyala api yang melambangkan luapan antusiasme untuk membebaskan Irian Barat. Sementara di tubuh monumen ini ada relief yang menceritakan sejarah perjuangan pembebasan Irian Barat dulu gays. Yang menjadi pertanyaan yaitu, mengapa Monumen Mandala ada di Provinsi Sulawesi Selatan bukan di Irian (sekarang Papua)? Jawabannya sederhana gays, Karena markas dari Komando Mandala ada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *