6 Wisata Kuliner Legendaris Madiun Yang Wajib Anda Kunjungi

0
66
Ayam Bakar Cobek

Madiun merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang belakangan namanya mulai berkibar di dalam dunia wisata. Berkaca pada daerah lainnya, Madiun juga menyuguhkan destinasi wisata kekinian, sebut saja Hutan Pinus Nongko Ijo, Hutan Trembesi dan lain-lain. Tidak hanya wisata alam saja yang memikat, banyak kuliner legendaris Madiun yang cocok dicicipi kelezatanya.

Kuliner legendaris Madiun ini tidak hanya pecel semata, banyak jenis lainnya yang bisa dicoba. Tapi tetap saja pecel masuk dalam list karena memang identik dengan Madiun selama ini. Yuk lihat ulasan berikut ini untuk mengetahui kuliner legendaris di Madiun yang bisa dicicipi ketika berkunjung.

Soto Kutilang

kuliner legendaris madiun yg pertama kami kenalkan yaitu Soto Kutilang Dari namanya saja unik yaitu Soto Kutilang, sebutan ini lebih akrab di telinga masyarakat Madiun. Selain itu juga diberi nama Soto Bu Topo. Hidangannya sudah dinikmati sejak puluhan tahun lalu. Hal tersebut seperti yang dijelaskan oleh Novia Lintang, perempuan asli Madiun yang jadi penggemar soto daging saat diwawancari oleh Travelingyuk. “Sotonya sudah ada sebelum Papa Mamaku menikah, sudah puluhan tahunlah usianya,” kata Novi yang terakhir menikmati Soto Kutilang pada 4 Agustus 2017 lalu. Hebatnya, meski sudah lama ada dan banyak kuliner kekinian merajalela, makanan ini tak pernah sepi pembeli karena penikmatnya lintas generasi.

Soto Kutilang

Sesuai dengan namanya, menu yang utama yang jadi tujuan para pembeli adalah soto berkuah dengan daging yang melimpah. Jika masih kurang, bisa nambah berbagai macam lauk dengan harga murah.  “Di situ ada soto daging menu utamanya , trus bisa pake lauk tambahan, daging empal, usus, babat, perkedel kentang, sama keripik tempe,”

Di mana ada gula, di situ ada semut. Di mana ada makanan enak, di situ pasti ada kamu juga kan? Maka dari itu datanglah ke Madiun dan mencoba Soto Kutilang. Tapi Ingat, jangan datang saat sore karena begitu siang biasanya sudah habis terjual.  Kamu juga harus sabar, karena hampir setiap hari pembelinya banyak bahkan sampai membentuk antrian.

Pecel Pojok

Madiun selama ini memang terkenal dengan kuliner legendaris madiun yaitu pecelnya. Maka dari itu, tidak mengherankan jika banyak sekali penjual nasi pecel yang terdapat di Madiun. Mulai dari pedangang kaki lima sampai dengan di restoran, pecel hampir selalu ada. Salah satu sesepuh pecel di Madiun yang sudah memiliki jam terbang yang sangat lama contohnya adalah Nasi Pecel Pojok.

Pecel Pojok Madiun

Pecel Pojok Madiun merupakan legenda pecel di Madiun yang namanya sudah sangat populer. Nasi pecel yang sangat legendaris yang usianya lebih dari setengah abad dan termasuk sesepuh alias masuk dalam jajaran tempat nasi pecel tertua di Madiun. Menu utama yang disajikan tentu saja adalah pecel.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, menu utama yang ditawarkan di Nasi Pecel Pojok ini adalah nasi pecel. Biasanya, dalam seporsi nasi pecel ada nasi putih yang dicampur dengan aneka macam sayuran hijau seperti halnya bayam, daun turi, taoge, daun kenikir, cacahan mentimun lalu disiram dengan sambal kacang yang bisa direquest kepedasannya. Tidak lupa juga ada lalapan berupa daun kemangi segar, petai cina dan juga serundeng plus kerupuk puli.

Untuk lauknya beraneka ragam, bisa dipilih sesuai dengan selera. Contohnya adalah lidah sapi, daging empal, babat, paru goreng, daging ayam, ati ampela, lele goreng, ayam, tempe goreng, tahu bacem, perkedel, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain nasi pecel ada juga rawon yang bisa dipilih

kuliner legendaris madiun Nasi Pecel Pojok atau yang juga disebut sebagai Depot Nasi Pecel Pojok ini berlokasi di Jl. HOS Cokroaminoto No. 121, Kota Madiun, Jawa Timur. Lokasi tepatnya berada di pojokan antara Jl. Cokroaminoto dan Jalan Ringin. Di samping SDK Santa Maria. Lokasinya berada di dekat jalan raya sehingga akan sangat mudah ditemukan. Untuk jam operasionalnya dibagi menjadi dua waktu. Pagi mulai jam 07:00 sampai dengan 11:00 siang. Kemudian saat malam mulai jam 05:00 sore hingga 11:00 malam.

Dawet Suronatan

kuliner legendaris madiun ini cocok untuk menyegarkan tenggorokan saat cuaca panas, saat cuaca dingin, paling enak menyantap semangkuk minuman dawet untuk melegakan tenggorokan. Jika kebetulan melintas di Kota Madiun, terdapat Dawet Suronatan legendaris. Seperti apa rasanya?

Dawet Suronatan

Dawet yang satu ini bisa ditemui di Jalan Merbabu No 10, tepatnya sekitar 50 meter di sisi utara masjid Agung Kota Madiun. Disebut legendaris karena dawet ini tetap eksis sejak 1962. Meski saat ini dikelola generasi ke tiga dari pencetusnya, kenikmatan Dawet Suronatan tak pernah pudar.

Disebut Dawet Suronatan, lantaran minuman tradisional yang satu ini pertama kali buka di kampung bernama Suronatan. kuliner madiun murah Pendirinya adalah Maunah, yang kini sudah almarhum. Seiring ramainya pembeli, sejak tahun 1970 Maunah dan suaminya almarhum Markoen memilih pindah lokasi jualan di Jalan Merbabu No 10, Kota Madiun. Depot dawet ini bertahan hingga kini. Namun, nama Suronatan tetap melekat seakan menjadi brand bagi es dawet ini.

Setelah Maunah meninggal tahun 1997, bisnis dawet ini diterusakan anaknya Sunarsih (67). Seiring berjalannya waktu, sejak 2003 Dawet Suronatan diwariskan ke Udhi Meilano (37) yang tak lain cucu Maunah, juga anak Sunarsih.

Depot Nasi Pecel 99

Warung nasi pecel selanjutnya adalah Depot Nasi Pecel 99.kuliner legendaris madiun ini Dinamakan demikian karena terletak di Jalan Cokroaminoto No. 99, Kota Madiun, tak jauh dari Warung Nasi Pecel Pojok.

Depot Pecel 99 Madiun

Depot yang sudah berdiri sejak tahun 1987 ini konon merupakan tempat favorit mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ibu Ani Yudhoyono ketika berkunjung ke Kota Madiun. Hal ini terlihat dari beberapa foto beliau berdua yang sedang menikmati nasi pecel terpampang di dinding depot ini.

Selain itu juga ada foto beberapa pejabat dan public figure yang pernah berkunjung ke sini. Nasi pecel di depot ini memang sudah tidak diragukan lagi rasa dan kualitasnya. Satu pincuk nasi pecel terdiri dari nasi dan beraneka ragam sayuran hijau, tauge, taburan lamtoro (petai cina), serundeng, daun kemangi, dan disiram dengan sambal pecel yang khas.

Sambal pecel ini dibuat dengan resep rahasia oleh pendirinya, yaitu Bpk. Karyono bersama sang istri, Ibu Herimurti. Begitu masuk mulut, maknyuss!

Selain itu juga tersedia berbagai pilihan lauk pauk seperti daging empal, sate telur puyuh, babat, tempe, dan masih banyak lagi. Apabila bosan makan nasi pecel, kalian bisa mencicipi nasi rawon, ayam penyet, pecel lele dan nasi bali di depot yang buka setiap hari sejak pukul 7.00 pagi sampai pukul 01.00 dini hari ini.

Ayam Bakar Cobek

Ayam Bakar Cobek

Bagi kamu penggemar ayam bakar, kamu bisa mengunjungi tempat wisata kuliner yakni warung ayam bakar Cobek yang berlokasi di Jl. Kelapa Manis. Di tempat wisata kuliner ini menyediakan ayam bakar yang sagat berbeda dari ayam bakar lainnya yang rasanya enak dan wajib kamu coba. Ayam bakar madu merupakan menu andalan yang ada di tempat wisata kuliner Madiun ini.

Warung Latte Madiun

Bagi kamu yang suka nongkrong, kamu bisa mengunjungi salah satu tempat wisata kuliner yang terletak di Jl. Cokroaminoto, taman, kec madiun, Jawa Timur 63133. Tempat wisata kuliner Madiun yang satu ini bernama Warung Latte. Di tempat wisata kuliner ini menyajikan Kopi sebagai menu Spesialnya. Berbagai Kopi Spesial mulai dari Kopi Asli Indonesia sampai Kopi Mixed disajikan oleh Latte.

Warung Latte Madiun

Ada juga menu lainnya di tempat wisata kuliner ini seperti Steak + Black Burger yang sangat populer banget di daerah Madiun. Apalagi roti bakar, hingga mendoan dan aneka gorengan lainnya juga bisa menemani waktu nongkrong kamu saat berkunjung ke tempat wisata kuliner Madiun ini.

Ditunjang dari atmosfir tempat yang sangat moderen, membuat tempat wisata kuliner ini selalu penuh oleh para Muda – Mudi maupun Pelancong yang berkunjung ke Kota Madiun. Biasanya di tempat wisata kuliner Madiun ini juga sering sering diadakan Band atau Pertunjukkan Music. Melalui Program Go Monday, Latte punya Jadwal Bagi Band Indie maupun Top 40 yang sengaja perform di tempat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here