7 Kuliner Legendaris Kota Surabaya Nikmat, Wajib Untuk Di Coba

0
187
rawon kakulator kota surabaya

Legendaris Kota Surabaya, Sebagai ibukota Provinsi Jawa Timur, Surabaya tidak hanya terkenal dengan mall dan pantai atau kebun binatangnya saja guys. Selagi berkunjung ke sana, rasanya akan tambah lengkap kalau kamu mampir dan berwisata dengan kuliner Legendaris Kota Surabaya loh guys.

Legendaris Kota Surabaya merupakan salah satu kota tertua di Indonesia ternyata guys, tak heran jika banyak pendatang yang ingin mengetahui seluk beluk kota ini guys. Selain ingin menyaksikan peninggalan bersejarah dari kota pahlawan di Kuliner Surabaya  ini, tentu saja juga ingin menyicip kuliner khasnya kan.

Mendapat julukan kota tertua, Surabaya juga dapet memiliki beberapa kuliner yang pantas disebut legenda. Selain rasanya melegenda dan khas, juga karena telah dikelola secara turun temurun ternyata.

Mulai dari yang pedas-pedas, sampai yang seger dan semuanya yang termasuk kuliner  Surabaya punya kuliner favorit yang nggak cuma Legendaris Kota Surabaya, penasaran kan anda apa saja kuliner di Kota Surabaya?  Sebagaian besar kuliner di Surabaya ini yang tergolong lezat dapat dijumpai di malam hari ternyata guys berarti anda harus berkunjungi pada malam hari. Jadi, selain menikmati gemerlap lampu kota yang satu ini, lidah kalian juga akan dimanjakan oleh beberapa kuliner khasnya. Berikut 7 makanan legendaris yang berada di Surabaya yang terkenal. Simak sebagai berikut ini.

Bebek goreng tugu pahlawan

Lokasinya ini cukup strategis tepat di depan taman kota yang disebut juga sebagai Tugu Pahlawan. Tepatnya di sekitar Jalan Tembaan No. 19A Bubutan. Warung yang satu ini dikenal sebagai kuliner malam hari karena baru buka pada jam 6 sore.

bebek goreng tugu pahlawan kota surabaya

Pastikan kalian semua sudah mengantri sebelum jam buka jika tidak ingin ketinggalan atau menunggu lama demi menikmati cita rasanya. sampe sampe ngantri seperti sepur, untung di warung ini di bagi hingga antrean menjadi dua bagian, yaitu untuk makan di tempat serta dibawa pulang. Urusan rasa tidak perlu diragukan lagi  log guys, warung ini menyediakan menu favorit paha super ukuran jumbo ada yang biasa juga.

Bumbu yang di sajikan pada bebek ini begitu pas gurihnya, bahkan hingga merasuk dalam dagingnya yang terbilang empuk cukup lezatkan. Semakin nikmatkan guys karena di sajikan dengan parutan kelapa yang semakin gurih di atas daging bebeknya. Bagi yang suka pedas kawan kawan bisa meminta tambah untuk sambalnya, nasi panas, daging bebek lezat dan sambal pedas adalah perbaduan pas untuk memanjakan lidah.

Harga yang di sediakan untuk satu porsi bebek tergolong murah, hanya RP 18 ribu untuk yang paha biasa. Sedangkan porsi jumbo cukup membayar Rp 22 ribu saja.

Tahu telor

Tahu telor di Legendaris Kota Surabaya ini memang banyak sekali jenisnya, namun yang paling legendaris dan dicari banyak orang adalah Tahu Telordi Surabaya ini guys. Anda bisa mengunjungi warung ini pada waktu menunjukan pukul 4 sore. Lokasinya di Jalan Dharmahusada Mojo, Gubeng No. 112.

tahu telor kota surabaya

Meskipun warung ini sangat ramai pengunjung, namun pelayanannya cukup tangkas dan antusias dalam menanggapi para pembeli. Jadi kalian semua tidak perlu khawatir akan kelaparan dan menunggu lama. Saat baru tiba pelayan akan langsung menghampiri dan menanyakan pesanan kalian serta level pedas yang diinginkan gimana guys cukup kan dengan pelayanannya.

Dalam satu porsi tahu telor ini anda akan disuguhi tahu goreng, tahu yang digoreng bersama telor dadar, tauge, kentang, lontong lengkap beserta kerupuknya dll. Hal yang paling membedakan dengan kebanyakan tahu telor lainnya adalah rasa cinta khas bumbunya yang tidak enek dan gurihnya pas. Untuk satu porsinya kalian cukup membayar seharga Rp 14 ribu saharga segitu pun sedang banyak di temui di kalangan masyarakatkan.

Rawon kakulator

Jangan berpikir makanan ini berhubungan dengan alat penghitung ya guys cukup perbeda. Namun karena namanya yang unik ini, warung ini jadi begitu legendaris guys. Selain itu rasa Rawon yang di sajikan di warung yang terletak di Sentra PKL Taman Bungkul guys ini juga tergolong lezat kok nantinya kamu akan di suguhi taman taman yang indah di sekitarnya.

rawon kakulator kota surabaya

Warung ini sudah buka sejak 43 tahun yang lalu dan beberapa kali pindah lokasi guys. Nama awalnya Rawon Sedap Malam ini, sedangkan kalkulator sendiri di ambil dari ketangkasan para pramuniaga dalam menghitung total tagihan guys.

Rawon kalkulator, nama warung ini begitu viral di telinga warga Legendaris Kota Surabaya. Bukan hanya namanya yang unik, tapi juga karena rawonnya yang enak dan begitu melegenda. Untuk seporsi rawon yang nikmat abis, kamu cukup merogoh harga sebesar Rp20 saja guys!

Yang bikin menariknya lagi dari warung di daerah Taman Bungkul satu ini, seusai makan aseorang Kasir ini bisa secepat kilat menghitung jumlah yang harus dibayar, makanya warung tersebut bisa di juluki Rawon Kalkulator.

Menu di sini ternyata ada 2 guys, yang disajikan cuman rawon dan soto, sedangkan yang lainnya seperti perkedel, tempe, jerohan dan telur asin dll. merupakan makanan pendamping. Kuah hitam pekatnya begitu menggoda selera, terlebih saaat gigitan pertama pada dagingnya yang empuk dan menguarkan aroma rempah-rempah guys. Perpaduan untuk menggoyang lidah kian pas saat makan, terlebih jika kalian menambahkan sambal pedas dan tauge yang memberikan sensasi berbeda guys.

Tahu campur

Inillah makanan tahu campur tak kalah enaknya dengan rawon yang di atas guys berlokasi di sekitar di Jalan Embong Malang No. 78 Genteng, tahu campur ini begitu melegenda di kalangan Surabaya dan dianggap paling familiar di lidah masyarakat Surabaya ini guys.

tahu campur kota surabaya

Untuk mencicipi kuliner satu ini kalian harus siap mengantri pada jam 5 sore karena warungini cukup lah ramai pembelinya guys, tepat saat warung tersebut buka. Kuah yang disajikan begitu melekat dengan di tambahkan aroma kaldu sapi yang menggoda selera.

Dengan harga tiap seporsinya Rp 17 ribu, tahu campur Surabaya ini menyajikan daging sapi yang empuk dan bumbu petis manis. Dalam satu piring tersebut terdapat beberapa potongan daging sapi yang cukup besar, dengan di tambahi otot sapi kenyal yang tak kalah nikmatnya, mie kuning, tahu, lentho dan kerupuk udang dll.

Meskipun terkesannya terlihat kental dengan bumbunya,. Semakin menambah cita rasa jika disajikan dengan perasan jeruk nipis serta sambal cukup antep kan guys.

Lontong balap

Katanya jangan sampai ketinggalan untuk menjajali kuliner khas Surabaya ini guys lontong balap satu ini sudah ada sejak tahun 1958 tahun tersebut kalian tentu belum lahir kan. Namun kelezatan yang tersaji pada saat zaman itu masih bisa kalian nikmati sekarang. Cukup kawan kawan datang saja ke Jalan Embong Malang no. 38 atau Jln Prof. Dr. Moestopo No. 11, nantinya anda bisa melahap seporsi lontong balap dengan kuah segarnya yang begitu nikmat.

lontong balap suroboyo

Dalam satu porsi lontong balap ini, kalian bisa menikmati lentho, sate kerang, lontong, mie kuning dan togedll. Sajian tersebut nantinya disiram kuah bening yang panas dan ditaburi irisan daun bawang serta bawang goreng cukup nimat kan.

Karena dengan Kelezatan lontong balap ini memang ditentukan dari kuah bening tapi segar dan gurih serta sambal petisnya yang lezat. Selain itu cita rasa khas Surabaya ini yang tak berubah semenjak 60 tahun lalu juga dipengaruhi dari peralatan yang digunakannya. Selain itu di sini juga melalui proses memasak secara tradisional yang cukup panjangdurasi waktunya.

Sate klopo

Inilah salah satu sate yang Legendaris Kota Surabaya guys, Warung sate legendaris dan masih memiliki banyak penggemar adlah Sate Klopo Ondomehen Bu Asih. Dulunya katanya, racikan satenya dari 69 tahun lalu tidak berubah dan tetap lezat kok guys. Keunikan sate ini adalah setiap tusuk daging sapi atau ayamnya akan dibalut dengan parutan bumbu kelapa yang sudah dibumbui guys.

sate klopo, Kota Surabaya

Kelapa parut tersebut akan dibakar sehingga menimbulkan aroma wangi yang menyatu dengan dagingnya tersebut. Pelengkap makanan ini adalah seperti serundeng yang juga terbuat dari kelapa parut. Untuk satu porsinya sate sapi klopo yaitu 10 tusuk memang cukup mahal, sekitar Rp 25 ribu gimana guys.

Sate satu ini cukup unik kan karena dibuat dari kelapa yang menyelimuti potongan daging di dalamnya, kemudian di sajikan bersama lumuran saus kacang dan potongan bawang merah serta cabai buruan jajal makanan ini guys.

Sate ini disajikan dengan bumbu bumbu yang khas Surabaya kacang dan kecap dilengkapi potongan bawang merah. Jika kalian pecinta pedas, bisa minta untuk ditambahkan potongan cabe rawit juga guys. Tekstur daging sapinya yang tebal cukup empuk serta kenyol, jadi tidak perlu khawatir kesusahan melahapnya. Rasa manis juga ada, pedas dan gurih bercampur menjadi satu gimana nantinya rasanya guys, istimewanya kan, bumbu kacang yang disajikan juga lebih lembut sehingga kacangnya lebih terasa guys.

Rujak cingur

Nah tak kalah dengan rujak cingur ini guys karena dengan kuliner guys, ngomongin rujak di Legendaris Kota Surabaya ini, memang gampang banget ditemuin guys di warung-warung rujak di berbagai tempat di daerah sekitar Legendaris Kota Surabaya. Tapi ada satu warung rujak yang paling spesial, yaitu Rujak Cingur Ahmad Jaiz. Warung legendaris ini sudah berdiri sejak tahun 1970, dan sejak itu pula pengunjung di sana tidak pernah sepi.

rujak cingur, Kota Surabaya

Rujak Cingur yang satu ini dianggap yang paling mahal di dunia. Pasalnya untuk menikmati satu porsinya kalian harus rela mengeluarkan satu lembar uang Rp 50 ribu. Namun dengan harga yang begitu mahalnya, kalian tidak perlu mengkhawatirkan masalah rasanya. Jika biasanya bumbu rujak cingur berasal dari kacang tanah, untuk yang satu ini menggunakan kacang mede. Sehingga memberikan rasa gurih yang berbeda untuk lidah.

Dalam satu porsi rujak cingurnya kalian juga disuguhkan dengan buah-buahan segar seperti nanas, mangga muda, kedondong, timun, bengkoang dan sayuran. Jangan lupakan yang menjadi andalannya yaitu cingur sapi yang luar biasa enak. Lokasi rujak cingur legendaris ini berada di Jalan Achmad Jais No. 40 Wonokromo Jawa Timur. Warung ini hanya buka selama lima jam saja yaitu mulai pukul 12 siang hingga jam 5 sore.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here