7 Tempat Wisata Pantai Di Yogyakarta Yang Unik Dan Indah

7 tempat wisata pantai- Berlokasi di bagian selatan Pulau Jawa, jarak antara Yogyakarta dengan pesisir pantai selatan yang menawarkan bentang alam yang indah dan dramatis kurang lebih hanya satu-dua jam perjalanan saja.

Bayangkan saja, di Kabupaten Gunung Kidul saja sudah terdapat lebih dari 60 buah pantai! Maka tak salah bila kami menyebut Yogyakarta sebagai surganya para beach-hopper.

Kalian menyukai suasana pantai, Yogyakarta merupakan kota wisata yang tepat untuk kalian tuju. Karena ada banyak tempat wisata pantai di Jogja yang memiliki pemandangan sangat indah, dan semua itu akan diulas di sini.

Tak cuma indah, tiap – tiap pantai menyajikan keasyikan tersendiri. Mulai dari koleksi biota lautnya yang istimewa, suasana romantis untuk pasangan, sampai relief alam unik yang tergores secara alami. Pokoknya serasa seperti liburan di luar negeri deh.

Penasaran seperti apa keindahan yang bisa kalian temui di kawasan pantai Yogyakarta? Makanya simak terus artikel di bawah ini.

Selain bisa mendapat tambahan ide objek turisme yang asyik untuk dituju, kalian juga bisa menghemat uang karena tak perlu lari ke luar negeri hanya untuk melihat pantai yang indah.

Tak perlu mengorek kocek yang dalam untuk pergi ke Pulau Dewata kalau cuma ingin menikmati wisata alam yang indah. Karena di Kota Gudeg ini kalian akan mendapatkan banyak pantai indah, seperti yang di bawah ini:

Pantai Wediombo

Pantai Wediombo

Ingin berenang di laut tapi takut terseret ombak? Nah, sepertinya tempat wisata di Jogja ini cocok untuk kalian. Di Pantai Wediombo, kalian bebas berenang di air laut tanpa takut terseret ombak. Kok bisa begitu?

Karena pantai artinya “pasir yang luas” ini memiliki kolam renang alami alias laguna. Kolam renang tersebut sangat unik namun luas. Dan dipisahkan oleh batu – batu karang sehingga tak akan terseret ke tengah laut, kecuali kalau berenang saat air laut sedang pasang.

Relief alam yang unik ini hanya bisa kalian temukan di tempat wisata Pantai Wediombo di Jogja saja. Biar tambah seru, ajak temen temenmu sekalian untuk berenang bareng disini ya.

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Suka sebal dengan keadaan pantai yang kotor? Kalau iya, berarti kalian harus mengunjungi tempat wisata Pantai Indrayanti di Jogja untuk mengembalikan imej baik tentang pantai.

Selain pemandangan yang indah, keadaan sekitar Pantai Indrayanti Daerah Istimewa Yogyakarta ini juga sangat bersih sehingga Kalian benar benar bisa “cuci mata”

Di pantai yang kadang juga disebut Panjang Syawal terbentang permadani pasir putih yang diselimuti birunya air laut.

Bila haus, kalian bisa rehat sebentar di gazebo gazebo yang terletak di pinggir pantai sambil menikmati semilirnya air laut

Suasana di gazebo akan bertambah indah apabila malam telah tiba. Akan banyak lampu kerlap kerlip yang menghiasi gazebo gazebo tersebut sehingga terlihat sangat indah.

Destinasi piknik ini sungguh cocok bagi pasangan muda yang menginginkan suasana romantis di pantai.

Pantai Ngrenehan

Pantai Ngerenehan

Suka makan seafood? Jika iya, ada tempat wisata pantai di Jogja yang bisa memuaskan kegemaran kalian menyantap makanan laut. Tempat itu adalah Pantai Nggrenehan yang terletak di Wonosari Gunungkidul.

Di pantai berpasir coklat ini kalian bisa menemui banyak sekali seafood segar yang baru saja ditangkap oleh nelayan. Tahu sendiri kan mendapat seafood segar saat ini cukup sulit?! Terlebih bila tinggal di wilayah perkotaan.

Selain berbelanja seafood, ada juga aktivitas kebudayaan yang tak kalah menakjubkan. Apa sih? Kalau kalian datang ke tempat ini pada perayaan Nyepi, kalian jadi bisa menyaksikan upacara Melasti oleh umat Hindu.

Pantai Sadranan

Pantai Sadranan

Memilih pantai sebagai pilihan tempat wisata di Jogja sungguh pilihan yang tepat. Selain indah, banyak sekali objek wisata pantai yang wajib kalian kunjungi. Salah satunya adalah Pantai Sadranan.

Memang bagusnya apa sih pantai ini? Gimana rasanya kalau melihat pantai berpasir putih, berair biru topaz dan lkaliani? Wah pasti menyenangkan sekali. Itulah perasaan yang akan kalian dapatkan saat berkunjung ke Pantai Sadranan ini.

Pantai yang tersembunyi di gugusan pegunungan kapur Gunung Kidul menawarkan pemandangan yang lur biasa indah. Kalian tak usah takut terbawa arus ombak karena disini permukaan airnya sangat tenang sekali sehingga sangat cocok untuk pilihan wisata bersama anak anak entah itu adik atau ponakan.

Selain pemandangannya yang indah, di pantai ini kalian dapat merasakan indahnya dunia bawah laut. Ya, disini kalian bisa “menyapa” berbagai biota laut melalui kegiatan snorkeling.

Asyiknya, kalian tak perlu membawa banyak peralatan menyelam. Karena banyak persewaan peralatan menyelam di pinggiran pantai. Biaya persewaan peralatan menyelam dibandrol mulai dari Rp35.000

Pihak penyewa juga menawarkan jasa pemandu snorkeling agar pengalaman menyelam Kalian semakin berarti. Pastinya kalian enggak akan menyesal telah memilih tempat wisata pantai Sadranan di Jogja sebagai tujuan destinasi.

Penasaran seperti apa indahnya? Langsung saja kunjungi pantai baru di Jogja yang berada di Desa Sidoharjo ini ya.

Pantai Timang

Pantai Timang

Kalau sedari tadi kita membicarakan tempat wisata Jogja pantai yang tenang dan adem ayem, ini saatnya adrenalin kalian diuji. Cocok untuk kalian, penggila tantangan atau olahraga super ekstrim.

Tempat itu adalah Pantai Timang. Pantai yang satu ini baru saja menjadi tempat syuting reality show terkenal “Running Man”, memiliki wahana unik nan menyeramkan. Wahana tersebut adalah berupa kereta gantung.

Kenapa menyeramkan? Karena kereta gantung itu akan membawa Kalian dari tepi pantai ke tengah laut atau di yang disebut Pulau Watu Panjang.

Saat di tengah perjalanan menuju Pulau Watu Panjang tersebut, akan ada banyak sekali godaan menerpa. Mulai dari ombak yang menerjang keras, angin yang berhembus kencang sampai suara air laut yang menghempas karang.

Jarak dari gantole yang menarik kereta gantung tersebut sekitar 100 meter. Dan semua godaan itu Kalian harus lalui sendiri. Karena kereta gantung tersebut hanya bisa membawa satu orang saja.

Pengen tau dengan wahana yang terletak di desa Purwodadi ini? Segera kunjungi saja ya.

Pantai Nguluran

Pantai Nguluran

Di Pantai Nguluran Kalian akan disuguhkan pesona laut nan eksotik dari atas tebing, membuatnya seperti “Uluwatu mini.” Tapi ada satu yang istimewa di sini yang tidak akan Kalian jumpai di Uluwatu!

Hal istimewa itu adalah teras kaca tembus pkalianng yang menjorok ke laut, yang juga dapat “menguji nyali” Kalian. Bayangkan saja rasanya kalau Kalian berdiri di atas kaca tembus pkalianng dan melihat jelas lautan bergelora langsung di bawah kaki Kalian

Tapi tenang saja, super aman kok. Jangankan diinjak, tempat ini sudah berulang kali dijadikan tempat swafoto nomor wahid. Nah, kalau Cinderella terkenal dengan sepatu kacanya, postingan instagram Kalian dijamin terkenal juga berkat latar teras kaca ini.

Berlokasi di Dusun Bolang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu

Terletak di Kecamatan Panggang, Gunung Kidul, Pantai Wohkudu mempunyai pesona dan keindahan yang berbeda dari pantai-pantai lain di Yogyakarta. Lokasinya yang tersembunyi menjadikan pantai ini sangat cocok bagi Kalian yang ingin mencari ketenangan.

Mungkin karena lokasinya yang sukar dicapai atau sedikitnya informasi tentang pantai ini yang membuatnya sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Ya, pantai ini memang khusus bagi Kalian yang menyukai tantangan. Jalan berliku serta medan yang cukup berat begitu memasuki Kecamatan Panggang (hanya ada pepohonan di kanan kiri jalan) membuat Kalian butuh usaha ekstra untuk mengunjunginya.

Lambat laun jalan yang ditempuh pun menjadi semakin sempit, sehingga mau tak mau Kalian harus memarkirkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak melewati ladang pertanian warga.

Beberapa bagian jalan setapak yang dilalui penuh dengan semak belukar sehingga Kalian harus berhati-hati. Namun semuanya akan terbayar lunas saat Kalian melihat panorama laut, pasir putih dan tebing-tebing yang berdiri kokoh diantara bibir pantai.

Selain indah dipandang, celah karang yang ada di pantai ini memberikan perlindungan tersendiri bagi para pengunjungnya. Panjang pesisir Pantai Wohkudu cukup sempit, kurang dari 100 meter dengan pasir pantai berwarna putih yang sebagian tertutup batu karang serta tanaman liar. Tentu saja, semua itu tak jadi masalah apabila Kalian ingin mencari suasana yang tenang dan sunyi.

Berlokasi di Desa Nglaos, Dukuh Wiroso, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta

Nah itu tadi beberapa tempat wisata pantai di Jogja yang perlu kalian kunjungi. Pilihan yang cocok untuk mengurangi kejenuhan pemandangan perkotaan yang bikin jenuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *