8 Wisata di Bali Selain Pantai Ini Keindahannya Tiada Tara

Terdapat banyak sekali wisata di Bali selain pantai yang dapat kamu temukan. Dari sekian banyak tempat wisata di Bali, banyak yang mengharuskan kita merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa mengunjunginya. Ternyata kita dapat menemukan wisata di Bali selain pantai yang menawarkan keindahan yang tiada tara. Apakah itu? Yuk kita simak 8 wisata di Bali selain pantai yang wajib untuk kamu kunjungi.

Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat

Wisata di Bali selain pantai ini adalah taman nasional Bali barat. Jika kamu ingin melihat burung jalak Bali, ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk anda karena taman nasional Bali barat ini menyimpan berbagai jenis tumbuhan dan binatang. Sehingga sangat cocok untuk liburan keluarga anda.

Hal yang paling istimewa dari TNBB adalah menjadi rumah terakhir bagi burng jalak bali. Hewan cantik ini berkumpul di Semenanjung Prapat Agung, tepatnya di Teluk Brumbun dan Teluk Kelor. Burung ini adalah satu-satunya spesies endemik Bali dan tahun 1991 dinobatkan sebagai lambang fauna Provinsi Bali serta dilindungi keberadaannya oleh undang-undang.

Ada banyak sekali kera-kera yang ada disini sehingga kamu harus hati-hati ketika kamu sedang beristirahat disini. Sepanjang jalan yang masuk wilayah hutan Bali Barat itu tidak terlalu menyeramkan karena banyak kendaraan yang berlalu lalang dan terang. Tapi memang yang perlu diwaspadai adalah banyaknya kera yang sering keluar hutan dan diam di pinggir jalan.

Air Terjun Aling-Aling

Air Terjun Aling-Aling

Wisata di Bali selain pantai ini merupakan Air Terjun yang lagi terkenal sekarang ini yaitu adalah Air Terjun Aling – Aling. Dengan suasa dan tempatnya yang begitu pribadi membuat air terjun ini seperti milik sendiri karena jarang dijajahi.

Air terjun ini mempunyai ketinggian 12 meter yang dikelilingi oleh tebing dengan dibungkus oleh rimbunnya pepohonan serta air terjunnya yang sangat jernih dan menyegarkan yang pastinya ademnya terasa  banget, kamu bisa mencoba kesana yang lokasinya berada di Jalan Raya Desa Sambangan, Sukasada, Kabupaten Buleleng.

Uniknya lagi, Air terjun ini terbagi menjadi 2 bagian yang letaknya bersandingan. Sebelah kanan memiliki debit air yang lebih besar daripada air terjun yang ada di sebelah kiri. Namun keduanya tetap memberikan sensasi kesegaran dan kesejukan yang sangat mendalam.

Tidak hanya itu  saja, para wisatawan juga akan disuguhi dengan pemandangan yang masih alami disaat berjalan menuju lokasi Air Terjun Aling-Aling Buleleng. Perjalanan setapak yang dilalui tidak akan terasa capek atau lelah karena sepanjang jalan menuju air terjun diiringi pepohonan yang hijau dan suasana hutan yang rimbun menambah suasana menjadi damai. Disarankan untuk kamu yang ingin berkunjung ke air terjun Aling-Aling sebaiknya datang ketika musim panas karena jika musim hujan airnya tidak akan sejernih pada saat musim panas.

Ladang Bunga Marigold

Ladang Bunga Marigold

Jika kamu bosan dengan pantai, kamu dapat berkunjung ke Wisata di Bali selain pantai yang dikenal sebagai Ladang Bunga Marigold Bali yang menjadi tempat kunjungan wisata unik tersendiri di Pulau Dewata. Sebenarnya ladang bunga marigold adalah ladang perkebunan rakyat. Diladang ini juga terdapat perkebunan sayuran dengan berbagai macam sayuran yang ditanam. Namun tempat ini menjadi ramai dikunjungi karena pemandangannya indah dan merupakan spot paling intagramable di Bali.

Bentangan ladang yang tersusun dengan rapi sangat pas untuk menyegarkan mata anda. Waktu paling tepat untuk datang kesini adalah saat mendekati matahari terbenam, karena kamu bisa merasakan tenangnya matahari terbenam ditemani dengan indahnya bunga.  Selain tempatnya gratis, hampir di setiap sudut-sudut nya bisa menghasilkan foto instagramable yang bagus buat feed-mu.

Monumen Operasi Lintas Laut Jawa-Bali

Monumen Operasi Lintas Laut Jawa-Bali

Ketika kamu melakukan perjalanan melalui arah gilimanuk, pasti kamu akan menjumpai monumen yang satu ini yaitu Monumen Operasi Lintas Laut Jawa – Bali. Monumen ini merupakan salah satu monumen yang dibangun untuk menghormati dan mengenang jasa para pejuang-pejuang Republik Indonesia yang sudah gigih melakukan pertempuran pada April 1946.

Monumen ini dibangun dilahan yang cukup luas di mana daerah sekitarnya itu adalah kawasan Taman Nasional Bali Barat. Diatas Monumen ini ada sebuah patung jangkar kapal, dan dipinggir monumen terdapat jalan yang mengitarinya untuk mencapai puncak yang dapat dijadikan tempat berfoto ria dan juga jalan ini dipagari oleh senjata dan bambu runcing yang digunakan oleh bangsa kita untuk melawan penjajah.

Danau Batur Kintamani

Danau Batur Kintamani

Wisata di Bali selain pantai yang satu ini adalah danau Batur yang lokasinya berada di Kintamani Bali, danau ini menawarkan pesona wisata alamnya yang sangat indah. Lokasinya berada di dekat gunung tertinggi ke 2 di Bali. Danau Kintamani ini mempunyai hawa yang sangat sejuk. Sehingga cocok sekali untuk melepas lelah dan tentunya sangat nyaman. Dengan tarif 15 rb saja kamu sudah bisa masuk ke dalam tempat wisata ini.

Danau Batur Kintamani ini merupakan sebuah danau terbesar yang ada di Bali. Banyak sekali wisatawan yang  sengaja datang ke danau ini untuk menikmati keindahan danau secara langsung. Yang paling membanggakannya lagi yaitu Karena keunikan tempatnya, UNESCO menetapkan tempat wisata ini sebagai Taman Bumi (Global Geopark Network).

Danau Beratan Bedugul

Danau Beratan Bedugul

Danau Beratan Bedugul merupakan sebuah danau yang lokasinya ada di daerah pegunungan dengan suasana alam yang asri. Uniknya lagi, di Danau Beratan Bedugul terdapat pura yang bernama Pura Ulun Danu. Pura Ulun Danu terletak di pinggir Danau Beratan Bedugul dan merupakan salah satu daya tarik utama dari Danau Beratan Bedugul ini.

Selain itu, para wisatawan juga bisa menikmati permainan air dan menyewa perahu motor di Danau Beratan Bedugul. Danau ini termasuk salah satu tempat wisata Bali yang murah dan menarik.

Monumen Bajra Sandhi

Monumen Bajra Sandhi

Objek wisata Monumen Bajra Sandhi, merupakan sebuah monumen yang lokasinya ada di jantung kota Denpasar, tepatnya berada di daerah Renon. Monumen ini dibangun dan didedikasikan untuk perjuangan rakyat yang ada di pulau Bali. Ada banyak wisatawan domestik yang tak tahu akan kawasan Renon Denpasar ini. Malahan yang banyak tahu tentang Bajra Sandhi Renon merupakan wisatawan asing, seperti wisatawan Korea dan China. Wisata Bali murah ini termasuk tempat wisata di Bali yang murah dan menarik.

Jika di Jakarta mempunyai Monas, pulau Bali memiliki Bajra Sandhi. Keduanya itu sama-sama berfungsi sebagai monumen tugu peringatan. Rancangan dari Monumen Bajra Sandhi sangat kental dengan arsitektur khas Bali, banyak pahatan dan ukiran yang sangat unik. Bagi para wisatawan Asia contohnya Jepang, China, dan Korea, keunikan monumen Bajra Sandhi terlihat seperti Pagoda. Oleh karena itu, banyak wisatawan Asia yang mengangap monumen ini merupakan Pagoda, seperti di negara mereka.

Museum Bali Denpasar

Museum Bali Denpasar

Museum Bali Denpasar disebut juga dengan nama museum negeri provinsi Bali Denpasar, artinya museum ini dikelola oleh pemerintah provinsi Bali. Museum Bali Denpasar ini menyimpan banyak sekali pengetahuan yang menyangkut tentang peradaban manusia dari zaman ke zaman, khususnya untuk masyarakat Bali.

Koleksi museum Bali yang satu ini terdiri dari beberapa koleksi etnografika yaitu peralatan yang digunakan saat zaman pra sejarah, peralatan upacara keagamaan dan adat, perkembangan seni dan budaya masyarakat Bali, dari zaman ke zaman. Yang pastinya ketika Kamu melihat koleksi museum Kamu akan dapat membandingkan yang mana bentuk dari peradaban masyarakat Bali pada zaman prasejarah dan pada zaman modern.

Lokasi wisata Bali murah ini berada di pusat kota Denpasar, alamat tepatnya di jalan Mayor Wisnu Denpasar Bali 80232. Disebelah utara museum Bali Denpasar ini, terdapat sebuah pura yang besar dan merupakan salah satu tempat wisata di kota Denpasar, namanya merupakan Pura Jagatnatha.

Nah, kurang lebih seperti itu saja beberapa referensi tempat wisata Bali selain pantai yang wajib untuk kamu ketahui. Dan tentu saja merupakan tempat yang wajib untuk kamu kunjungi saat berlibur ke Bali. Bali juga terkenal dengan wisata alam pegunungannya yang menyegarkan, dan kuliner yang enak-enak.

Tentunya kamu tak ingin bukan merasakan liburan yang itu-itu saja? Makanya cobalah berkunjung ke Bali karena kamu akan mendapatkan sensasi liburan yang luar biasa. Semoga saja artikel ini dapat membantu kamu semua untuk memberikan informasi seputar wisata Bali selain pantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *