Asyiknya Mancing Di Tempat Wisata Mancing Selat Madura Yang Indah

Pulau Madura adalah suatu pulau yang dikelilingi oleh laut. Mulai dari Bangkalan, Pamekasan, sampang sampai sumenep. Pulau madura memang kaya hasil buminya mulai dari yang terkenal hasil garam hingga sampai pengeboran minyak dan tempat obyek wisatanya, apalagi sekarang yang sudah ada akses jembatan penghubung antara surabaya dan madura yang di kenal Jembatan Nasional Suramadu. Jadi sekarang para pemancing dari Surabaya lebih mudah menempuh perjalanan ke wisata  mancing selat madura.

Tempat Mancing Di Selat Madura

Pulau Madura adalah pulau yang di kelilingi laut, pulau madura ini memiliki spot mancing yang bisa memuaskan para pemancing yang akan mancing disitu. wisata mancing selat madura memiliki ikan yang cukup besar yaitu berat ikan rata-rata mencapai 5 kg keatas.

Kegilaan memancing sepertinya makin bertambah ketika belum lama mengenal teknik Micro Jigging. Sebelumnya memang sudah banyak orang sempat mencoba beberapa teknik memancing seperti fly fishing dan casting, tapi sepertinya teknik Micro Jigging ini yang di rasa paling tepat dengan karakter memancing saya (light, target unknown-bisa kecil bisa besar, dan tentunya sportfishing).

Jembatan Suramadu

Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (Surabaya) dan Pulau Madura (Bangkalan), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan suramadu merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge). Jembatan suramdu di resmikan awal pembangunan nya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaan nya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Pembangunan jembatan suramadu ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura. Untuk perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah, dan sisitu juga termasuk tempat wisata mancing selat madura.

Hasil Pancingan(ikan kakap )

Cerita mancing mania saya kali ini sebenarnya sudah untuk trip yang kesekian kalinya. Spot yang ditandai secara khusus oleh rekannya-rekan saya sudah menjadi spot andalan untuk melatih teknik micro jigging. Singkat cerita, kami semua berangkat dari Surabaya dari jam 10 malam, dan mulai melego jangkar di spot mancing sekitar pukul 06.00 pagi hari. Perahu tidak drifting, karena kedalaman spot masih bisa dicukupi oleh panjang tali jangkar yaitu sekitar 60m.

Metaljig yang saya gunakan untuk memancing kebanyakan adalah produk keluaran Storm dengan tipe seperti Gomame, Koika dll. Berat metaljig maksimal 40gr mau tidak mau saya gunakan karena spesifikasi rod saya juga menyarankan berat maksimal tsb, Tackle yang saya gunakan adalah Rod Abu Garcia Ocean Project line rating PE 1.5 berpasangan dengan reel Kamikaze Defector 3000 dan line PE 1 sepanjang 200m.

Tidak butuh waktu lama untuk kawan yang lainnya strike, kapten perahu dan kawan saya langsung memompa rod menikmati fightdengan ikan buruannya. Landed nyaris bersamaan Diamond Trev dan GT berukuran sedang. Kami semua gembira menikmati momen saat itu, merasakan metaljig disambar seperti sebuah orgasmebaru dalam pengalaman mancing kami.

Hasil Pancingan Di Selat Madura

Sekilas tentang Sampang terutama Pantai Camplong yang berlokasi di Camplong  Kabupaten Sampang Madura,Pantai yang terletak di selatan pulau Madura ini sudah dilengkapi dengan hotel yang bernama yang sama, hotel Camplong? Sebelum masuk wisata mancing selat madura pantai Camplong, kita akan menjumpai kawasan penghasil ikan laut yang terletak di pinggir pantai. Di Sampang ini juga banyak menyimpan keindahan alam tersendiri terutama wisata pantai dan alamnya dengan warganya yang rama.

Sampang merupakan salah satu dari empat kabupaten yang ada di Madura,Letaknya terletak ada di sebelah timur Bangkalan. Ke selatan Sampang ada banyak tempat wisata yang bisa kita kunjungi. Di sekitar kota ada namanya Gua Lebar. Gua ini terletak di timur alun-alun Sampang. Tidak jauh dari itu, ke arah selatan di desa Rongtengah, ada tempat kelahiran pahlawan dari Madura yang terkenal yaitu Pangeran Trunojoyo. Masih di kawasan kota Sampang, tepatnya di desa Karangdalem ada makam pengeran Santo Merto. Sedangkan situs Ratu Ebu Madegan ada di desa Polagan. Ada banyak wisata sejarah di area kota Sampang. Sedangkan di desa Taddan ada pemandian sumber Oto. Sampang juga kaya akan kawasan perkebunan dan pertanian.

Pemaincingan Selat Madura

Kembali ke wisata mancing selat madura yaitu Camplong ini, jarak untuk menempuh ke spot pengeboran minyak atau Rig Santos dari bibir pantai kurang lebihnya  15 km atau waktu yang di tempuh kurang lebihnya 1 sampai 1,5 jam. Untuk teknik mancing di sini bisa menggunakan teknik dasaran,popping ,casting  dan jigging,ikan yang di dapat pun bervariasi mulai dari ikan GT,Barakuda,Tenggiri,Kakap Merah dan lain-lain .Cuma umumnya di spot mancing Camplong banyak yang menggunakan Teknik Dasaran dan Teknik Jigging,dan untuk perahu di Camplong bisa menampung para pemancing antara 5-6 orang pemancing.

Untuk memancing di dekat pengeboran minyak atau Rig memang potensial dengan hasil ikan yang di dapat,akan tetapi kita juga perlu memperhatikan keselamatan juga kawan untuk mancing di dekat pengeboran minyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *