Inilah Wisata Mojokerto Rekreasi Dan Edukasi Yang Sangat Keren

Kota Malang mungkin sudah cukup ter kenal sebagai kawasan wisata yang memiliki beragam tempat wisata. Selain Kota Malang, kota di Jawa Timur yang wajib Anda kunjungi berikutnya adalah Mojokerto. Kota Mojokerto sendiri merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang juga memiliki beragam wisata mojokerto tersembunyi yang seakan wajib untuk kalian datangi.
Nggak kalah dengan kota besar lain nya di Jawa Timur lainnya, Mojokerto juga memiliki beragam kawasan wisata mulai dari kawasan wisata sejarah budaya hingga alam. Semua itu di kemas begitu menarik untuk memanjakan para wisatawan lokal maupun masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu rasanya Kota Mojokerto wajib Anda masukkan ke dalam daftar destinasi liburan anda tahun ini.

Pemandian Air Panas Pacet, Mojokerto

Wisata Pacet Mojokerto

Wisata Mojokerto pertama versi kami yaitu Pacet, Pemandian Air Panas Pacet berjarak sekitar 32 kilometer dari Kota Mojokerto. Dengan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam. Untuk Mencapai lokasi Pemandian Air Panas Pacet tidak terlalu sulit. Karena berbagai jenis kendaraan dapat digunakan menuju ke sana. Wisata mojokerto yaitu Pemandian Air Panas Pacet terletak pada ketinggian 925 meter dari permukaan laut (dpl), dengan luas kawasan wisata sekitar 99,7 hektare terdiri dari hutan pinus.

Pemandian Air Panas Pacet

Wisata Air panas yang ada di kolam Pemandian Air Panas Pacet mengalir dari aliran yang terdapat dari gunung Welirang. Wisata mojokerto Pemandian Air Panas Pacet memiliki beberapa kolam renang dari air dingin, khusus untuk anak maupun untuk dewasa. Dii samping kolam air yang dingin, di Pemandian Air Panas Pacet disediakan pula kolam berendam air panas pada dua lokasi yang bersebelahan, masing-masing lokasi dibuat di bagian kolam yang berbeda suhu airnya.

Kita Mulai dari yang paling panas dengan suhu sekitar 40 derajat celcius, hingga yang paling hangat dengan suhu sekitar 30 derajat celcius. Untuk Mengenai kapasitas pengunjung di Pemandian Air Panas Pacet masing-masing kolam rendam mampu menampung ratusan orang berendam.

Trawas, Mojokerto

Wisata Trawas Mojokerto

Wisata mojokerto Trawas adalah lembah yang diapit oleh dua gunung, yaitu Gunung Welirang dan Penanggungan. Untuk memasuki kawasan Trawas kita akan disuguhi keindahan bentangan alam dan kenyamanan udara pegunungan yang sejuk segar. Dii sela sela keindahan alam daerah Trawas ter simpan puluhan situs purbakala sejak dari masa kerajaan Mojopahit dan Airlangga. Tempat ini menjadi saksi sejarah penting dari perjalanan bangsa Indonesia.

Villa Puncak Trawas

Saat Menginap di Trawas sangatlah mengasyik kan. Adaa ber bagai pilihan dari puluhan hotel dan villa yang bisa disewa sesuai ke inginan dan kemampuan uang kita, mulai dari kelas melati sampai bintang tiga. Ada Beberapa obyek wisata utama diTrawas, antara lain air terjun, bumi perkemahan, kolam renang, playground, dan layanan untuk berkuda di sekeliling area villa. Di sini juga ter dapat Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH).

Bagi kalian yang suka naik gunung disini tersedia rute pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng atau via Jolotundo. Selain itu di Wisata Trawas juga terdapat beberapa obyek wisata sejarah, antara lain situs Reco Lanang – Reco Wadon yang diduga sebagai kawasan bengkel pembuatan patung batu pada masa Mojopahit.

Candii Jolotundoo yang merupakan petirtaan suci Raja Airlangga, dan kompleks candi (sedikitnya terdapat 14 candi) yang tersebar dilereng utara Gunung Penanggungan yang berhubungan erat dengan kepercayaan tentang Gunung Penanggungan yang disucikan. Dan tidak lupa, diTrawas juga terdapat dua pasar wisata mojokerto yang menyediakan buah buahan, bunga, ketela dan hasil bumi lainnya sebagai oleholeh wisata.

Trowulan, Mojokerto

Situs wisata mojokerto Trowulan adalah bukti kebesaran kerajaan Majapahit pada masanya, yang luasnya hampir mencapai 100Km pesergi. Dari Kerajaan Majapahit menjadi inspirasi bangsa Indonesia tentang persatuan Indonesia, melalui Patihnya Gajah Mada dapat menyatukan Nusantara. Hingga sampai saat ini situs trowulan telah ditemukan beberapa peninggalan kerajaan yang berdiri sekitar tahun 1293M seperti Candi Bajang Ratu, Candi Brahu, Candi Tikus, Candi Kedaton, Kolam Renang Segaran, Pendopo Majapahit, Makam Permaisuri Brawijaya, dan juga Makam Syeikh Janaidul Qubro adalah kakek dari para Wali Sogo. Kita Melihat dari segi bangunan yang ada di Trowulan kemungkinan adalah sebuah Kota Metropolitan pada masa kerajaan.

Candi Di Trowulan Mojokerto

Situs Wisata Trowulan terletak di Mojokerto ini di lindungi demi menjaga kelesetarian dan keindahannya.Dari berbagai macam peninggalan bersejrah yang paling di minati oleh para pengunjung adalah Candi Brahu dan Candi Tikus. Candi Brahu ini merupakan satu satu nya candi yang memiliki bangunan masih utuh dari bagunan lainnya yang ada di trowulan, Menurut kepercayaan masyarakat Candi Brahu merupakan tempat di selenggarakannya Upacara kremasi (pembakaran jenazah) anggota keluarga kerajaan yang telah meninggal, tersusun dari tumpukan batu bata yang dibuat pada abad ke-14 ini memiliki langgam pemujaan Budha dan merupakan candi tertinggi di Jawa Timur. Sedangkan Untuk Candi Tikus memiliki arsitektur seperti sebuah pemandian yang di gunakan mandi oleh putri kerajaan, di namakan Candi Tkus karena saat di temukan sudah menjadi sarang tikus dan keunikan lain yaitu terdapat pancuran yang terbuat dari batu andhesit berbentuk teratai pada setiap dinding kolam, kemudian di tengan bangunan candi ber bentuk menara dengan puncak yang datar. Tidak cukup jauh dari Candi Tikus terdapat Gapura  adalah sebuah gapura paduraksa, memiliki bentuk bangunan ramping menjulang setinggi 16,5 meter yang bagian atapnya menampilkan ukiran yang rumit, tempat suci ini di persembahkan untuk arwah Jayanegara yang wafat pada 1328.

Candi Tikur Trowulan Mojokerto

Untuk menuju ke wisata mojokerto Trowulan yang terletak 10 Km dari pusat Kota Mojokerto, anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Sesampai nya di Trowulan, dapat menggunakan jasa ojek untuk mengunjungi beberapa situs candi disekitarnya.

Coban Kembar Watu Ondo

Wisata mojokerto selanjutnya ada Air Terjun Kembar ataupun yang lebih dikenal dengan Coban Kembar Watu Ondo. Lokasinya berada di Dusun Sendi, Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Mojoketo. Sesuai namanya, destinasi wisata Mojokerto ini memiliki dua aliran air terjun yang membentuk seperti kolam, dan kamu bisa basah-basahan di lokasi itu. Ketinggian air terjun ini mencapai 15 meter dengan karakteristiknya berundak.

Coban Kembar Watu Ondo Mojokerto

Air terjun Coban Watu Ondo atau dengan nama lain Coban Kembar berada di dalam kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Raden Soerjo di bawah lereng Gunung Welirang yang berbatasan antara Mojokerto dan kota Batu.

Nama Watu Ondo ini di ambil karena sepanjang jalan turunan menuju sumber air terjun ini sudah berupa anak tangga yang terbuat dari susunan batu-batu Atau juga disebut Coban Kembar karena di lokasi ini terdapat dua air terjun yang saling berhadapan namun dengan ketinggian yang berbeda.  Di bagian sebelah kanan ketinggian air mencapai 15 m dengan karakteristik air terjun berundak dengan kemiringan sekitar 75 derajat, sedangkan di sebelah kiri mencapai ketinggian ±  69 m dengan karakteristrik air terjun yang langsung jatuh je bawah.  Untuk Kedua air terjun ini berasal dari sumber mata air yang berbeda  Dan selanjutnya alirannya bertemu di satu telaga kecil dan cukup dangkal.

Pada wisata air terjun sebelah kiri, tepat di bawah jatuh nya air tersedia sebuah kolam yang dapat digunakan untuk bermain air atau mandi.  Untuk Sementara tepat di antara kedua air terjun terdapat dua buah goa, dimana warga menyebutnya sebagai Goa Jepang, konon di tempat ini di jaman perang kemerdekaan digunakan sebagai tempat penyimpanan bahan makanan dan persembunyian tentara jepang.  Akan tetapi Sayangnya kedua buah gua ini tertutup oleh rimbunnya rumput liar.

Sebenanya masih banyak objek wisata mojokerto yang menarik lagi terletak di bawah aliran Coban Kembar ini yang bernama Coban Teyeng (bahasa Jawa berarti berkarat).  Coban teyeng ini katanya berundak undak dan lebih hebohnya lagi, airnya berwarna kuning seperti air berkarat.   Sayangnya, jalur kesana masih belum bisa ditempuh lewat jalur darat. Jalur kesana hanya bisa dengan menyisir sunga

Inilah Wisata Kuliner Mojokerto Yang Wajib Anda Coba

Mojokerto merupakan salah satu daerah yang berada di Jawa Timur. Letaknya yang tidak begitu jauh daru kota Surabaya menjadikan Mojokerjo begitu banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tnetu tidak saja karena letaknya yang berdekatan, tetapi juga karena panoroma alam yang begitu membuat mata tidak ingin terpejam. Tentu sebagai masyarakat Indonesia akan bangga berbagai keindahan alam di setiap kota dan juga wisata kuliner mojokerto nya.

Selain dengan kesksotisan alam yang menawan. Mojokerto Juga memiliki wisata kuliner mojokerto khas yang tentu sayang untuk anda lewatkan. Olahan hasil kerja cerdas dari tangan-tangan masyarakat sekitar yang membuat siapa saja enggan untuk pulang. Bagi anda yang pernah berkunjung tentu akan mampu menjelaskan secara detail. Bagaiman dengan yang penuh pernah ke sana. Artikel beikut akan menjawabnya, utamanya berkaitan dengan kuliner khasnya. Rasa yang disajikan memiliki kesepadanan dengan Kuliner khas Surabaya yang membuat anda gila makan.

Onde onde Khas Mojokerto

Kuliner khas pertama ini memang menarik untuk dibahas. Selain karena bentuknya yang bundar dan menggoda untuk disantap. Juga rasa yang didalamnya tidak kalah menarik pula. Terlebih bahan yang digunakan berupa ketan yang terkenal enak. Yang lebih istimewa di dalam onde-onde ini ada kecang hijau dan di luarnya ditaburi oleh wijen. Perpaduan inilah yang akan memanjakan lidah anda. Sangat sayang ketika tidak mencicipinya saat berkunjung ke Mojokerto. Cita rasa yang disajikan memiliki kesamaan mengintip dapur kuliner super lezat khas demak.

Onde onde Mojokerto

Saat berada di Kota Mojokerto, saya browsing di Google tentang alamat onde-onde di Mojokerto. Nah, setelah browsing lalu saya mendapatkan alamatnya yaitu di Jalan Niaga No 21 Mojokerto. Setelah lama mencari alamat itu, akhirnya tiba juga di lokasi. Di tokonya terlihat papan nama Bo Liem perusahaan onde-onde dan keciput.

Namun saya panggil penjualnya tidak muncul muncul. Soalnya saya datang pada sore hari pukul 15.10 WIB. Akhirnya saya tanya ke warga sekitar soal toko onde-onde yang khas. Ternyata dari Jalan Niaga No 21, saya disuruh jalan ke arah timur (klenteng) lalu belok kiri menuju pasar. Di depan pasar terdapat toko Bo Liem juga. Tanpa membuang waktu, saya bergegas masuk ke toko besar itu dan bertanya “Onde-ondenya masih ada?” lalu penjualnya menjawab “sudah habis mas”. Saya semakin heran dengan rasanya mengingat pada waktu itu persediaan onde-onde sudah habis.

Sate Keong Mojokerto

Sate memang sudah menjadi kuliner Indonesia. Namun, apakah anda pernah mencicipi sate keong. Kalau belum segera datang ke Mojokerto karena di sanalah pusat dari sate ini. Keong sebelum dilepaskan dagingnya di rebus dengan air. Sehingga mudah untuk melepaskannya. Setelah itu daging keong ditusuk dengan dan dibakar. Meskipun berbahan dasar hasil laut tentu rasa yang di sajikan juga tidak kalah ciamik. Penasaran rasanya datang ke Mojokerto.

Sate Keong Mojokerto

selain krupuk dan onde-onde, ada juga sate keong atau orang mojokerto biasa menyebut wisata kuliner mojokerto yaitu sate bekicot, sate keong sendiri adalah satu jenis hewan bercangkang yang banyak hidup di persawahan. Untuk mengolah menjadi sate keong pertama kita mengeluarkan keong dari cangkangnya.

Proses pengeluarkan keong dari cangkangnyapertama dengan merebusnya hingga mendidih. kemudian kita mencongkel keong dari cangkangnya. Jika keong sudah keluar dari cangkangnya baru kita dapat menusuknya dengan tusuk sate dan membakarnya diatas bara arang. Maka jadilah sate keong yang lezat jika diberi bumbu sebagaimana umumnya.

Es Gronjongan Majapahit

Es Gronjongan Mojokerto

Munimum khas wisata kuliner Mojokerto ini memang begitu populer di masyarakat. Terlebih di sajikan ketika siang hati. Dijamin tenggorokan akan jauh lebih sejuk. Kesejukan yang akan menjadikan kehidupan anda jauh lebih bersemangat. Tunggu dulu minuman ini terbuat dari agar-agar yang dipotong kacil-kecil, dicampurkan dengan santan kepala, yang direbus dengan daun pandan, sirup dan es batu. Tentu rasa yang disajikan akan membuat tubuh kembali segar. Minuman ini juga cocom ketika dijadikan minuman saat berbuka puasa. Untuk itu, bagi anda ketika ke Mojokerto Wajib mencicipi wisata kuliner mojokerto. Adapuan rasa kuliner enak terkenal ini juga memiliki kesamaan dengan kuliner teristimewa khas bali yang memanjakan lidah anda.

Sambal Wader

Wisata Kuliner Mojokerto berikutnya adalah sambal wader. Sambel ini memang berbada dari sambal pada umumnya karena berbahan dasar ikan wader. Ikan yang banyak ditemukan di sekitar sungai Mojokerto. Cara untuk membuat sambal wader ini juga cukup mudah. Ikan wader yang telah diolah di campur dngan bumbu membuat sambal.  Apalagi keberadaan warung dengan menawarkan menu khas Iwak Wader ini banyak ditemukan di sekitar kawasan Kolam Segaran. Kolam ini merupakan kolam kuno zaman Kerajaan Majapahit.

Sambel Wader Mojokerto

Mitos yang berkembang, Iwak Wader atau ikan kecil yang banyak hidup di Kolam Segaran dan sungai sekitar kawasan tersebut sudah menjadi tangkapan dan dikonsumsi oleh warga setempat untuk menjadi lauk pauk. ”Konon sejak zaman Majapahit, menangkap ikan wader dari kolam Segaran untuk dimakan,” katanya.

Menu masakan di warung ini adalah ikan wader goreng yang diletakkan di atas sambal khas.Nasi wader Trowulan Segaran ini memiliki rasa yang khas dan resep bumbu yang berbeda. Kekuatan rasanya ada pada sambal yang pedas dan segar. Sambal yang disajikan juga sambal segar, sambal yang baru dibuat ketika ada pesanan.

Bumbu sambal berupa cabai, tomat, bawang merah, putih, dan jeruk nipis ditumbuk pada saat masih segar tanpa digoreng. Bumbu sambal mentah itu membuat rasa pedasnya kian mantap saat dipadukan dengan renyahnya ikan wader yang digoreng garing.

Rasa ikan wader dipadukan dengan pedasnya cabai akan membuat siapa saja yang mencicipi terbelalak. Terlebih di makan menggunakan nasi hangat dan lauk tempa dan tahu. Dijamin kegelisahan anda dalam kehidupan akan lupa sejenak. Karena tergantikan keenakan dari sambal wader ini.

Krupuk Upil

Krupuk Upil Mojokerto

Apa yang terlitas dalam pikiran anda mendengarkan nama kuliner ini. Walau sedikti gimana pasti anda pernah mencicipinya. Karena memang kuliner khas Mojokerto ini memang sudah melalangbuana di seluruh Indonesia. Krupuk ini berbahan dasar tepung trigu pilihan. Tidak saja itu, cara mengoreng juga unik karena menggunakan pasir. Tentu akan jauh rendah lemak dan cocok untuk anda yang sedang diet

5 Wisata Kuliner Jember Yang Bikin Anda Ngiler

Jember adalah kota di Jawa Timur letak nya di sebelah timur propinsi Jawa Timur sebelum Kabupaten Banyuwangi. Apabila kamu mengunjungi Jawa Timur, jangan lupa kamu juga mengunjungi kota Jember. Kota Jember mempunyai aneka tempat wisata yang sangat keren,indah serta alami. Jadi jember tak sedikit menjadi favorit tujuan wisata kuliner jember juga. Kamu juga dapat menonton event di Jember yang sangat populer hingga nusantara bahkan international yaitu Jember Fashion Carnaval.

Disamping itu Jember juga mempunyai tak sedikit tempat wisata kuliner jember dengan menu yang lezat serta sangat enak,anda jangan hingga terlewatkan untuk mengunjungi tempat tempat wisata kuliner ini ketika kamu berkunjung ke Jember. Berikut ini berberapa tempat wisata kuliner jember yang wajib anda kunjungi.

Martabak Dan Terang Bulan King

Martabak Terang Bulan King

Bagi pencita wisata kuliner jember yang manis serta nikmat inilah tempatnya di Kota Jember yaitu Martabak & Terang Bulan King, dengan beberapa rasa serta toping menjadi martabak ini enak serta pastinya sangat populer di Jember. Martabaknya beda dari biasanya, menyesal bila kamu sedang berkunjung di Jember tak mengunjungi Martabak & Terang Bulan King ini.

Alamat Martabak & Terang Bulan King : Jln. Karimata no. 50 | samping hotel Royal, Jember 68121, Indonesia Martabak dan terang bulan king ini buka dari jam : 15:00  sampai jam : 22:00

Pia Tape Jember

Pastinya kamu telah tak jarang mendengar kue Pia , tapi pia dari jember ini terbuat dari Tape sebagai bahan dasarnya. Rasanya enak serta legit, pastinya sangat enak ketika di dalam mulut. Pia Tape ini juga meruakan oleh oleh khas kota Jember. Pia yang berwarna cokelat kekuningan kalau digigit langsung terasa rasa manis tapenya serta ada tambahan payau bila rasa keju serta manis bila rasa cokelat alias pisang.Kulit pia-nya juga lembut, nggak terasa rasa tepungnya sebab langsung terlindas rasa dalamnya berupa tape yang telah dicampur gula serta susu.

Pia Tape Jember

Pia tape aneka rasa mulai keju, coklat dan keju. Harga di toko oleh-oleh Rp 13.000 per kotak dengan isi 10 potong pia yang berbentuk kotak selebar 5 centimeter. Pia yang berwarna cokelat kekuningan kalau digigit langsung terasa rasa manis tapenya dan ada tambahan asin bila rasa keju dan manis bila rasa cokelat atau pisang. Kulit pia-nya juga lembut, nggak terasa rasa tepungnya karena langsung terlindas rasa dalamnya berupa tape yang telah dicampur gula dan susu.

Makanan wisata kuliner jember ini telah diproduksi selama dua tahun oleh Anita Andayani yang telah dua tahun berimprovisasi dengan kue pia tape dan kue prol tape sebelumnya. Anita berani memberi label di luar dusnya sebagai pia tape pertama oleh-oleh khas Jember di kemasan yang berwarna kuning itu.

Hasil uji coba Anita berupa tape ini sekarang menjadi ikon baru kue oleh-oleh berbahan tape. Sekarang pia tapenya telah dijual di semua toko oleh-oleh di daerah Jember dan selalu menjadi incaran wisatawan dari luar kota Jember.

Pia tape ini dapat dibeli di jalan Trunjoyo serta Gajahmada Kota Jember.

Roti Bakar Tjiliwoeng Jember

Kali ini, Kabupaten Jember sangat menggugah niat saya untuk kulineran disini. Udah browsing dan cari rekomendasi sana-sini, alhasil tujuan kami kali ini jatuh kepada cafe yang bermenu utama roti bakar. Siapa yang tak kenal olahan roti bakar khas cafe Jember ini. Yasssh, Roti Bakar Tjiliwoeng.

Roti Bakar Tijiliwoeng

Wisata kuliner jember Roti Bakar Tjiliwoeng berlokasi di daerah Jalan Ciliwung, Patrang, Kabupaten Jember Jawa Timur. Tempat ini emang menjadi lokasi favorit untuk nongkrong bersama teman, keluarga, atau pun orang tersayang. Lokasi dari Roti Bakar Tjiliwoeng ini sangat lah strategis, karena berada di pusat kota dan tempat ini selalu ramai dengan pengunjung ya hampir 80% anak muda. Kalo ngerasa masih muda, bisa mampir kesini nih hehehe

Salah tempat kuliner terkenal di Jember yaitu Roti Bakar Tjiliwoeng jember, yang begitu enak untuk bersantai bersama kawan alias keluarga dengan lokasi yang strategis di tengah kota Jember. Roti Bakar Tjiliwoeng menyaapabilan aneka roti bakar dengan opsi tak sedikit menu yang enak serta lezat. Bila kamu sedang berkunjung alias lagi tugas di Kota Jember jangan lupa mengunjungi Roti Bakar Tjiliwoeng.

Alamat Roti Bakar Tjiliwoeng ini berada di Jln. Ciliwung no. 11, Jember 68118

Selain lokasi ini nyaman untuk di jadikan tempat nongkrong, disini juga menyajikan beraneka menu Roti Bakar yang lezat dan memiliki tampilan yang sangat menggoda; diantaranya Roti Bakar Double Berry, Roti Bakar Tuna Mayo, Roti Bakar Greentea, Roti Bakar Double Cheese, Roti Bakar Kitkat, dan masih banyak menu roti yang unik dan lezat lainya. Mau tau menu lainnya seperti apa? langsung aja mampir ke Roti Bakar Tjiliwoeng ya.

Depot Ice Cream Domino Jember

Depot Ice Cream Domino

Bagi kamu penggermar Ice Cream (es krim) , di Jember ada tempat wisata kuliner untuk Es Krim yaitu Depot Es Krim Domino. Depot Ice cream ini telah beroperasi selagi lima puliuh tahun serta di kelola oleh tiga generasi. Rasa es krimnya bermacam-macam, dari cokelat, vanila, buah, stroberi, blueberry, mocca, rainbow, serta rasa lain sampai 40 jenis.

Alamat Depot Ice Cream Domino ini berada di Jalan Trunojo No 40 Jember
Jam Buka pukul 09.30-15.00 serta pukul 17.00-21.00

Pecel Gudeg Walisongo

Pecel Gudeg Walisongo

Pecel gudeg adalah gabungan masakan pecel serta gudeg, yang terdiri dari nasi putih dengan potongan kacang panjang yang disiram dengan bumbu pecel serta diberi tambahn gudeg nangka muda,daging sapi bumbu age, sambal goreng tahu, pecel,peyek serta sepotong tempe goreng. Pecel Gudeg yang populer salah satunya yaitu Pecel Gudeg Walisongo yang terletak di Sultan Agung Gg Walisongo Jember.
Pecel Gudeg Walisongo ini sangat populer serta rame pembeli. Jika kamu ke Pecel Gudeg Walisong harap sabar sebab tak sedikit orang yang antri untuk beli.

Alamat Pecel Gudeg Walisongo Jalan Sultan Agung ( Samping Toko Walisongo) Adapun jam bukanya yaitu jam 06:00 – 12:00

Inilah 6 Destinasi Wisata Di Pamekasan Enak Untuk Memanjakan Mata

Pernah dengat kata pamekasan kan? pamekasan merupakan sebuah kabupaten yang ada di pulau madura. Pakemasan ini ibu kota kabupatennya bernama sama yaitu pamekasan. Pamekasan cukup unik karena ia ada di pinggir pantai. Sebelah utara pamekasan ini adalah laut jawa. Pamekasan juga di batasi oleh selat madura di bagian selatan dan banyak sekali wisata di pamekasan yang indah.

Pasti anda bersama keluarga anda sudah masuk dalam periode libur, sedangkan Anda bisa memanfaatkan cuti bersama yang dijadwalkan pada momen Natal dan tahun baru. Mengajak seluruh anggota keluarga untuk liburan keluar kota atau Negeri bisa menjadi rencana yang menarik untuk dilakukan.

Meskipun jarang di bahas ketika membicarakan topik pariwisata, bukan berarti pamekasan tidak punya tempat piknik yang asyik dan unik lho. jika kamu pengen berlibut ke pamekasan, berikut ini rekomendasi 6 tampat wisata di pamekasan yang wajib kamu kunjungi.

Bukit Kampung Toron Semalem

Salah satu tempat wisata di pameksasan yang wajib di kunjungi ketika ada di pamekasan adalah bukit kampung toron semalem. Dulunya bukit ini merupakan bekas lokasi pemcetakan batu bata. Karena pemandangannya yang indah serta lokasinya yang cukup memukau , maka masyarakat sekitar megembangkannya menjadi tempat tujuan wisata di pamekasan. Di bukit ini di bangun gubug gubug beratapkan ilalang. Kita bisa duduk duduk di bawah gubug tersebut sambil menikmati indahnya pemandangan. Tempat wisata yang berlokasi di desa blumbungan kecamatan larangan, pamekasan ini masih dalam tahap pengembangan tapi sudah mulai diminati banyak orang.

Bukit Kampung Toron

Wisata kampoengToron Samalem ini baru saja di buka, dan sangat minimalis, unik, menarik untuk dikunjungi bagi keluarga anda, kalau anda ingin berkunjung ke wisata toron samalem ini baka anda akan tertangtang dengan jalan yang sangat curam namun menarik untuk di kujungi, dan sempainya di lokasi wisata toron samalem, anda akan menjumpai berbagai hal yang sangat memanjakan bagi keluarga anda.

Air Terjun Ahatan

Air Terjun Ahatan

Air terjun ahatan ada di dusun ahatan, desa tlonto raja, Pasean, pamekasan. Dulunya desa ini di kenal karena punya banyak gadis gadis cantiknya. Siapa sangka kalau ternyata ada juga tempat wisata di pamekasan air terjun yang enggak kalah cantik. Nama air terjun cantik di desa tlonto raja tersebut adalah air terjun ahatan. Dulunya air terjun ini kurang cantik karena di penuhi sampah. Namun berkat kerja keras mahasiswa KKN di temnpat tersebut beserta warga, prelahan lahan air terjun ahatan pun menjadi tempat wisata yang cantik.

Bukit Cinta

Bukit cinta merupakan tempat wisata di pamekasan yang belakangan ini hits di wilayah madura. Lokasi bukit cinta ini ada di dalam kawasan pengembangan wisata edukasi selamat pagi madura. Di buka sejak juli 2016, tempat wisata edukasi seluas 2 hektar ini menarik banyak wisatawan untuk datang. Disini bukitnya di bungkus oleh rerumputan hijau.

Bukit Cinta

Untuk naik ke punjak bukit juga ada tangga di sekelilingnya yang membentuk tanda cinta. Bentuknya yang unik, serta pemandangannya yang terkesan sejuk menjadikan bukit cinta sebagai salah satu spot menarik untuk foto foto. Jika kamu penasaran, kamu bisa mendatangi bukit cinta pamekasan ini yang beralamat di jalan lawangan daya, kelurahan sentol, kecamatan padamawu, pamekasan regency. Kalau kamu dari luar madura, sebaiknya menuju ke bukiticinta lewat jalur jembatan suramadu ya.

Bukit Waru

Bukit Waru

Kalau kamu suka hunting foto dengan background spektakuler, maka bukit waru iini bisa jadi salah satu pilihan. tebing yang ada di belakang pemandangan bukit waru cukup indah dan terkesan mistis. Kaya bangunan candi tua. Di bukit waru ini, kamu mau foto dari semua angle, hasilnya bakalan indah. Ada beberapa spot foto menarik di bukit waru antara lain, lapangan sepakbola, perkampungan warga hingga kerajaan monyet. Kalau kamu suka panjat tebing, tebing tebing di area bukit waru ini juga cukup memadai untuk latihan. Ada juga gua angin yang memiliki keunikan yaitu, ketika kita masuk ke dalam maka hembusan angin kuat akan terasa.

Talang Siring, Pamekasan.

Pantai talang siring merupakan salah satu pantai unggulan di kabupaten pamekasan. Terletak di desa montk kecamatan larangan, kabupaten pamekasan, pantai ini berjarak 15 km dari ibukota pamekasan. Kalau naik angkutan umum kita hanya perlu membayar 3000 sampai 4000 rupiah. perjalanannya juga Cuma sekitar 15 menitan. Pantai talang siring merupakan pantai laut selatannya madura. Oleh karena itu karakter pantai ini dasarnya berupa karang dan bukan pasir.

Talang Siring

Maka dari itu jika mandi harap hati hati ya. Jangan sampai badanmu terbentur dasar karang. Yang menarik di pantai talang siring ini adalah pemandangan khas pantai disertai dengan banyaknya sampan sampan nelayan pencari ikan. Ada juga lho bagian pantai yang di tumbuhi rimbunan mangrove. Di pantai ini juga ada jejeran rumah bagang milik nelayan. Rumah bagang sendiri merupakan rumah panggung dari bambu yang cukup unik.

Terdengar seperti unik wisata di pamekasan Pantai Talang Saring, akan tetapi anda jangan salah. Bahwa wisata yang satu ini mempunya nilai daya tarik yang sangat luar biasa. Mengapa tidak ketika anda berlibur kesana bersama keluarga anda. Anda akan menemukan wahana yang belum anda lihat sebelum-sebelumnya. Silahkan buktikan sendiri datang ke wisata talang saring, kami yakin anda bakalan ketagihan.

Pantai Cemara Indah

Wilayah Pantura, tepatnya di Desa Batu Kerbuy, Kecamatan Pasean Pamekasan, sebentar lagi akan muncul tempat wisata baru. Saat ini, mulai terlihat puluhan pengunjung wisatawan lokal dan domestik mulai berkunjung di tempat tersebut.

Pantai Cemara Indah

Tempat wisata keren di pamekasan yang mulai dikelola dan dirintis oleh seorang tokoh yang akrab di sapa Aba Yanto. Warga sekitar mengenal dirinya merupakan mantan Kepala Desa Batu Kerbuy Pasean preode sebelumnya.

Mantan anggota DPRD Pamekasan ini, di sela-sela waktu kesibukannya, menyempatkan waktu berkreasi, sehingga mampu menyulap pantai di sekitar kediamannya, yang semula terlihat biasa menjadi tempat wisata yang indah dan nyaman dikunjungi dengan diberi nama ‘Pantai Cemara Indah’. “Saya melihat masyarakat saat ini dalam berlibur lebih suka mencari tempat-tempat yang indah, sejuk dan bernuansa alami, contohnya ditepi pantai,” ungkapnya, Minggu (17/09) siang.

Aba yanto mengatakan, bahwa wisata yang masih terbilang baru ini, merupakan ide pribadinya dan didukung dengan usulan Mahasiswa KKN dari kampus Stain Pamekasan dan Pajajaran. “Kami didukung oleh Mahasiswa, Pantai Wisata Cemara Indah ini, saya rasa tidak kalah dengan pantai yang sudah ada dan diakui Pemkab, baik dari segi keindahan dan masih bersifat alamiah, hanya saja butuh perawatan dan harus dilengkapi beberapa sarana hiburan yang bisa menunjang,” tambahnya.

Lebih jauh dirinya mengatakan, akan melengkapi wisata Pantai Cemara Indah ini, dengan banana bout, jet sky dan yang tak kalah menariknya, adalah kafe tengah laut yang akan dibuat sekitar  30 meter dari bibir pantai. “Kita punya konsep nuansa alam pantai, dengan dilengkapi banana bout, jet sky dan yang akan kita prioritaskan semacam kafe agak menjorok ke laut. Tentu, harapannya pengunjung akan semakin betah dengan itu,” jelasnya.

Aba berharap, Pemkab Pamekasan bisa mendukung dan bekerjasama dalam pengelolaan Wisata Cemara Indah ini khususnya dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Pamekasan. “Kehadiran pemerintah tentunya yang paling berpengaruh. Tidak hanya itu, tempat wisata ini kita juga akan buat wisata alami. Apalagi Madura ini identik dengan Pesantrennya, kita akan padukan itu,” tukasnya.

Obyek 3 Wisata Ngawi Yang Wajib Anda Kunjungi

Di Ngawi Wisata Alam seperti pantai dan air terjun, Wisata Anak seperti pemandian atau wahana permainan anak, Wisata Edukasi seperti bisnis bisnis lokal yang inspiratif, Wisata Sejarah seperti candi atau bendungan. Sekali lagi saya katakan bahwa memang kota Ngawi kaya sekali akan Destinasi wisatanya yang indah dan alami.

Jika anda mendengar kota Ngawi kota ini sangat identik dengan Monumen yang menjadikan ciri khas keindahan wisata kota Ngawi tersebut. Bahkan saking indahnya wisata di Ngawi mampu menarik para selebritis untuk menggunjungi keindahan wisata Ngawi yang sudah terekspose di dalam dan di luar negeri. Suasana Alam Kota Ngawi bisa di bilang masih belum banyak di eksplorasi oleh para ahli, sehingga masih banyak kekayaan alam yang masih tersembunyi.
Yang mau lihat Daftar tempat wisata di kota Ngawi yang lagi hits lengkap sambil jalan santai, ini ada destinasi wisata baru di Ngawi. Asyiknya tuh terasa seperti di kampung pelosok Nusantara beneran. Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal, pengrajin dan musisi tradisional. Bagusnya lagi semua dibungkus dalam kronologi sejarah masa lalu hingga masa depan. Jadi bangga deh menjadi penduduk asli indonesia yang punya kebudayaan yang kaya begini. Kayaknya kita diingatkan kalau Indonesia akan cepat maju jika berani mengembangkan kebudayaan sendiri.

Ngawi merupakan destinasi wisata dunia yang di akui memiliki keindahan alam dan budayanya yang unik. keindahan air terjun di Ngawipun menjadi pantai terindah di indonesia bahkan di dunia seperti berikut ini : Kebun Teh Jamus, Air Terjun Srambang dan Waduk Pondok. Biasanya para wisatawan berkunjung itu ingin melihat keindahan objek wisata air terjun dan ingin mengabadikan keindahan. Tak heran objek wisata air terjun sangat ramai di penuhi para wisatawan lokal dan mancanegara terutama pantai yang terdapat di kota Ngawi.

Selain pantai di kota Ngawi terkenal akan sungai dan air terjunnya yang bagai oase di padang pasir bagaimana bisa kalian tidak makin cinta dengan negeri yang kaya akan keindahan alam ini. Sudah sewajibnya kita bersyukur akan nikmat keindahan wisata alam kota Ngawi diantara air yang jernih beserta udaranya segar belum tercemar yang mampu menghilangkan rasa lelah setelah sibuknya aktivitas sehari hari. Inilah wisata kota… yang wajib kita jaga dan lestarikan keindahannya.

Kebun Teh Jamus

Wisata ngawi Kebun Teh Jamus Ngawi adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Indonesia. Wisata Kebun Teh Jamus Ngawi adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Wisata Kebun Teh Jamus Ngawi memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Ngawi tidak mengunjungi wisata Kebun Teh Jamus Ngawi yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

wisata ngawi
Kebun Teh Jamus

Wisata Kebun Teh Jamus Ngawi sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya. Apalagi dii Pos Penjagaan, anda harus membayar tiket masuk senilai Rp. 8000,- per orang. Gratis satu pack Teh Jamus. Keindahan wisata Kebun Teh Jamus Ngawi ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat wisata Kebun Teh Jamus di kota Ngawi.

Wisata Kebun Teh Jamus Ngawi adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Indonesia. Wisata Kebun Teh Jamus Ngawi adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Wisata Kebun Teh Jamus Ngawi memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Ngawi tidak mengunjungi wisata Kebun Teh Jamus Ngawi yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Wisata Kebun Teh Jamus Ngawi sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya. Apalagi dii Pos Penjagaan, anda harus membayar tiket masuk senilai Rp. 8000,- per orang. Gratis satu pack Teh Jamus. Keindahan wisata Kebun Teh Jamus Ngawi ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat wisata Kebun Teh Jamus di kota Ngawi.

Air Terjun Srambang

Wisata Air Terjun Srambang Ngawi , adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa girimulyo , kecamatan jgorogo. kabupaten ngawi , provinsi jawa timur . negara indonesia . Wisata Air Terjun Srambang Ngawi adalah tempat wisata yangramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.Wisata Air Terjun Srambang Ngawi memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota  ngawi tidak mengunjungi wisata  alam yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

wisata ngawi
Air Terjun Srambang

Wisata Air Terjun Srambang Ngawi , adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa girimulyo , kecamatan jgorogo . kabupaten ngawi , provinsi jawa timur . negara indonesia . Wisata Air Terjun Srambang Ngawi adalah tempat wisata yangramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Air Terjun Srambang Ngawi memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota  ngawi tidak mengunjungi wisata  alam yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Air Terjun Srambang Ngawi  sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.  Keindahan Wisata ngawi Air Terjun Srambang Ngawi ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di  wisata ngawi.Wisata Air Terjun Srambang Ngawi memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota  ngawi tidak mengunjungi wisata  alam yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Air Terjun Srambang yang wisata Ngawi  sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.  Keindahan Wisata ngawi Air Terjun Srambang Ngawi ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di  ngawi .

Air Terjun Pengantin

Wisata Air Terjun Pengantin Ngawi  adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa hargo mulyo , kecamatan ngrambe  . kabupaten ngawi  . provinsi  jawa timur . negara. indonesia . Wisata ngawi Air Terjun Pengantin Ngawi adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yangberbeda dengan aktivitas kita sehari hari.Wisata  Air Terjun Pengantin yang ada di wisata Ngawi memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota ngawi  tidak mengunjungi wisata  alam yang mempunyai keindahanyang tiada duanya tersebut.

wisata ngawi
Air Terjun Pengantin

Wisata Air Terjun Pengantin Ngawi sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.  Keindahan Wisata Air Terjun Pengantin Ngawi  ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat  Wisata Air Terjun Pengantin Ngawi  di kota ngawi.

Wisata ngawi Air Terjun Pengantin Ngawi  adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa hargo mulyo , kecamatan ngrambe  . kabupaten ngawi  . provinsi  jawa timur . negara. indonesia . Wisata ngawi Air Terjun Pengantin Ngawi adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yangberbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata  ngawi Air Terjun Pengantin Ngawi memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota ngawi  tidak mengunjungi wisata  alam yang mempunyai keindahanyang tiada duanya tersebut.

Wisata Air Terjun Pengantin Ngawi sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.  Keindahan Wisata ngawi yaitu Air Terjun Pengantin Ngawi  ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat  Wisata Air Terjun Pengantin di wisata Ngawi  di kota ngawi.

Inilah 3 Wisata Blitar Yang Sangat Hits Yang Wajib Anda Kunjungi

litar adalah Kota atau kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur Pulau Jawa. Sebelum membahas keindahan wisata kota Blitar lebih baik kita harus tau sejarah nama kota Blitar dulu.Di Blitar Lagi Hits Wisata Alam seperti pantai dan air terjun, Wisata Anak seperti pemandian atau wahana permainan anak, Wisata Edukasi seperti bisnis bisnis lokal yang inspiratif, Wisata Sejarah seperti candi atau bendungan. Sekali lagi saya katakan bahwa memang kota kaya sekali akan Destinasi wisatanya yang indah dan alami.

Jika anda mendengar kota Blitar kota ini sangat identik dengan musik Rock nya yang menjadikan ciri khas keindahan wisata kota Blitar tersebut. Bahkan saking indahnya wisata di Blitar mampu menarik para selebritis untuk menggunjungi keindahan wisata Blitar yang sudah terekspose di dalam dan di luar negeri. Suasana Alam Kota Blitar bisa di bilang masih belum banyak di eksplorasi oleh para ahli, sehingga masih banyak kekayaan alam yang masih tersembunyi.

Yang mau lihat Daftar tempat wisata di kota Blitar yang lagi hits lengkap sambil jalan santai, ini ada destinasi wisata baru di Blitar. Asyiknya tuh terasa seperti di kampung pelosok Nusantara beneran. Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal, pengrajin dan musisi tradisional. Bagusnya lagi semua dibungkus dalam kronologi sejarah masa lalu hingga masa depan. Jadi bangga deh menjadi penduduk asli indonesia yang punya kebudayaan yang kaya begini. Kayaknya kita diingatkan kalau Indonesia akan cepat maju jika berani mengembangkan kebudayaan sendiri.

Blitar merupakan destinasi wisata dunia yang di akui memiliki keindahan alam dan budayanya yang unik. keindahan pantai pantai di Blitar pun menjadi pantai terindah di indonesia bahkan di dunia seperti berikut ini :Gunung Butak, Pantai Tambak Rejo,Pantai Jolosutro. Biasanya para wisatawan berkunjung itu ingin melihat keindahan objek wisata pantai dan ingin mengabadikan keindahan sunrise dan sunset. Tak heran objek wisata pantai sangat ramai di penuhi para wisatawan lokal dan mancanegara terutama pantai yang terdapat di kota Blitar.

Selain pantai di kota Blitar terkenal akan sungai dan air terjunnya yang bagai oase di padang pasir bagaimana bisa kalian tidak makin cinta dengan negeri yang kaya akan keindahan alam ini. Sudah sewajibnya kita bersyukur akan nikmat keindahan wisata alam kota Blitar diantara air yang jernih beserta udaranya segar belum tercemar yang mampu menghilangkan rasa lelah setelah sibuknya aktivitas sehari hari. Inilah wisata kota Blitar yang wajib kita jaga dan lestarikan keindahannya.

Alun Alun Blitar

Alun Alun Blitar adalah salah satu tempat wisata blitar yaitu alun alun yangberada di desa Bendogerit kota Blitar kabupaten Blitar provinsi Jawatimur negara Indonesia .Alun Alun Blitar Tempat wisata ini ramaiwisatawan pada hari hari biasa maupun pada weekand atau hari libur.Tempat sangat indah dan bisa memberikan suasana yang menghibur kejenuhanakan aktivitas kita sehari hari. Harga tiket masuk ke Alun Alun Blitarterbilang sangat murah, tetapi jangan salah menilai pesona keindahanyang di hidangkan oleh Alun Alun Blitar bukanlah hal yang murahan.

wisata blitar
Alun Alun Blitar

Sangat di sayangkan jika anda berada di kota wisata Blitar tidak menggunjungi wisata blitar yaituAlun Alun Blitar yang mempunyai pesona keindahan yang tiada duanya. AlunAlun Blitar sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagisaat liburan panjang seperti libur nasinal, Hari libur Lebaran, Harilibur Kemerdekaan, Hari libur nyepi, Hari libur idul adha, Hari liburidul fitri, Hari libur tahun baru, Keindahan wisata Alun Alun Blitar inisangatlah cocok bagi anda semua yang berada di didekat atau di kejauhan untuk merapat menggunjungi tempat wisata Alun Alun Blitar di kota Blitar .

Alun Alun Blitar adalah salah satu tempat wisata alun alun yang berada di desa Bendogerit kota Blitar kabupaten Blitar provinsi Jawa timur negara Indonesia . Alun Alun Blitar Tempat wisata ini ramai wisatawan pada hari hari biasa maupun pada weekand atau hari libur. Tempat sangat indah dan bisa memberikan suasana yang menghibur kejenuhan akan aktivitas kita sehari hari. Harga tiket masuk ke Alun Alun Blitar terbilang sangat murah, tetapi jangan salah menilai pesona keindahan yang di hidangkan oleh Alun Alun Blitar bukanlah hal yang murahan. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Blitar tidak menggunjungi wisata Alun Alun Blitar yang mempunyai pesona keindahan yang tiada duanya. Alun Alun Blitar sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasinal, Hari libur Lebaran, Hari libur Kemerdekaan, Hari libur nyepi, Hari libur idul adha, Hari libur idul fitri, Hari libur tahun baru, Keindahan wisata Alun Alun Blitar ini sangatlah cocok bagi anda semua yang berada di didekat atau di kejauhan untuk merapat menggunjungi tempat wisata Alun Alun Blitar di kota Blitar.

Air Terjun Jurug

Air Terjun Jurug Bening Blitar adalah salah satu tempat wisata air terjun yang berada di desa Purworejo kota Blitar kabupaten Blitar provinsi Jawa Timur negara Indonesia . Air Terjun Jurug Bening Blitar Tempat wisata blitar ini ramai wisatawan pada hari hari biasa maupun pada weekand atau hari libur. Tempat sangat indah dan bisa memberikan suasana yang menghibur kejenuhan akan aktivitas kita sehari hari. Harga tiket masuk 5000 terbilang sangat murah, tetapi jangan salah menilai pesona keindahan yang di hidangkan oleh Air Terjun Jurug Bening Blitar bukanlah hal yang murahan.

wisata blitar
Air Terjun Jurug

Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Blitar tidak menggunjungi wisata Air Terjun Jurug Bening Blitar yang mempunyai pesona keindahan yang tiada duanya.Air Terjun Jurug Bening Blitar sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasinal, Hari libur Lebaran, Hari libur Kemerdekaan, Hari libur nyepi, Hari libur idul adha, Hari libur idul fitri, Hari libur tahun baru, Keindahan wisata Air Terjun Jurug Bening Blitar ini sangatlah cocok bagi anda semua yang berada di dikat atau di kejauhan untuk merapat menggunjungi tempat wisata blitar yang Air Terjun Jurug Bening Blitar di kota Blitar.

Istana Gebang

Istana Gebang Blitar Tempat wisata ini ramai wisatawan pada hari haribiasa maupun pada weekand atau hari libur. Tempat sangat indah dan bisamemberikan suasana yang menghibur kejenuhan akan aktivitas kita seharihari. Harga tiket masuk 11.000 terbilang sangat murah, tetapi jangansalah menilai pesona keindahan yang di hidangkan oleh Istana GebangBlitar bukanlah hal yang murahan.

wisata blitar
Istana Gebang

Sangat di sayangkan jika anda beradadi kota Blitar tidak menggunjungi wisat IIstana Gebang Blitar yangmempunyai pesona keindahan yang tiada duanya. Istana Gebang Blitarsangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburanpanjang seperti libur nasinal, Hari libur Lebaran, Hari liburKemerdekaan, Hari libur nyepi, Hari libur idul adha, Hari libur idulfitri, Hari libur tahun baru, Keindahan wisata Istana Gebang Blitar inisangatlah cocok bagi anda semua yang berada di dikat atau di kejauhanuntuk merapat menggunjungi tempat wisata Istana Gebang Blitar di kota Blitar.

Istana Gebang Blitar adalah salah satu tempat wisata peradaban sejarah yang berada di desa Sananwetan kota Blitar kabupaten Blitar provinsi Jawa Timur  negara Indonesia. Istana Gebang Blitar Tempat wisata ini ramai wisatawan pada hari hari biasa maupun pada weekand atau hari libur. Tempat sangat indah dan bisa memberikan suasana yang menghibur kejenuhan akan aktivitas kita sehari hari. Harga tiket masuk 11.000 terbilang sangat murah, tetapi jangan salah menilai pesona keindahan yang di hidangkan oleh Istana Gebang Blitar bukanlah hal yang murahan. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Blitar tidak menggunjungi wisat IIstana Gebang Blitar yang mempunyai pesona keindahan yang tiada duanya. Istana Gebang di wisata Blitar sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasinal, Hari libur Lebaran, Hari libur Kemerdekaan, Hari libur nyepi, Hari libur idul adha, Hari libur idul fitri, Hari libur tahun baru, Keindahan wisata Istana Gebang Blitar ini sangatlah cocok bagi anda semua yang berada di dikat atau di kejauhan untuk merapat menggunjungi tempat wisata Istana Gebang Blitar di kota Blitar.

Inilah 5 Wisata Sumedang Yang Sangat Populer

Daftar Tempat Wisata di Sumedang Jawa Barat Harus Kamu Kunjungi – Sumedang Jawa Barat adalah Kota atau kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Barat Pulau Jawa. Sebelum membahas keindahan wisata kota Sumedang Jawa Barat lebih baik kita harus tau sejarah nama kota Sumedang Jawa Barat dulu.Sejarah kota atau kabupaten Sumedang Jawa Barat.

Di Sumedang Jawa Barat Lagi Hits Wisata Alam seperti pantai dan air terjun, Wisata Anak seperti pemandian atau wahana permainan anak, Wisata Edukasi seperti bisnis bisnis lokal yang inspiratif, Wisata Sejarah seperti candi atau bendungan. Sekali lagi saya katakan bahwa memang kota Sumedang Jawa Barat kaya sekali akan Destinasi wisatanya yang indah dan alami.

Jika anda mendengar kota Sumedang Jawa Barat kota ini sangat identik dengan obyek wisatanya yang menjadikan ciri khas keindahan wisata kota Sumedang Jawa Barat tersebut. Bahkan saking indahnya wisata di Sumedang Jawa Barat mampu menarik para selebritis untuk menggunjungi keindahan wisata kota Sumedang Jawa Barat yang sudah terekspose di dalam dan di luar negeri. Suasana Alam Kota Sumedang Jawa Barat bisa di bilang masih belum banyak di eksplorasi oleh para ahli, sehingga masih banyak kekayaan alam yang masih tersembunyi.

Yang mau lihat Daftar tempat wisata di kota Sumedang Jawa Barat yang lagi hits lengkap sambil jalan santai, ini ada destinasi wisata baru di Sumedang Jawa Barat . Asyiknya tuh terasa seperti di kampung pelosok Nusantara beneran. Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal, pengrajin dan musisi tradisional.Sumedang Jawa Barat merupakan destinasi wisata dunia yang di akui memiliki keindahan alam dan budayanya yang unik. keindahan pantai pantai di Sumedang Jawa Barat pun menjadi pantai terindah di indonesia bahkan di dunia seperti berikut ini : wisata di Sumedang Jawa Barat . Biasanya para wisatawan berkunjung itu ingin melihat keindahan objek wisata pantai dan ingin mengabadikan keindahan sunrise dan sunset. Tak heran objek wisata pantai sangat ramai di penuhi para wisatawan lokal dan mancanegara terutama pantai yang terdapat di kota Sumedang Jawa Barat.

Curug Cinulang

Obyek Wisata Sumedang Curug Cinulang (Sindulang) di Sindulang Sumedang Jawa Barat adalah salah satu tempat wisata yang berada di Cicalengka Sindang Wangi, Sindulang, Cimanggung, Sindulang, Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45364, Indonesia. Obyek Wisata Curug Cinulang (Sindulang) di Sindulang Sumedang Jawa Barat adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

wisata sumedang
Curug Cinulang

Obyek Wisata Curug Cinulang (Sindulang) di Sindulang Sumedang Jawa Barat memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota sumedang tidak mengunjungi wisata alam yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Obyek Wisata Curug Cinulang (Sindulang) di Sindulang Sumedang Jawa Barat sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya. Keindahan Obyek Wisata Curug Cinulang (Sindulang) di Sindulang Sumedang Jawa Barat ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Obyek Wisata Curug Cinulang (Sindulang) di Sindulang Sumedang Jawa Barat di kota sumedang.

Museum Prabu Geusan

Obyek Wisata Museum Prabu Geusan Ulun di Sumedang Jawa Barat adalah salah satu tempat wisata yang berada di Jl. Prabu Geusan Ulun No. 40, Regol Wetan, Sumedang Selatan, Regol Wetan, Sumedang Sel., Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45355, Indonesia. Obyek Wisata Museum Prabu Geusan Ulun di Sumedang Jawa Barat adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

wisata sumedang
Museum Prabu

Obyek Wisata Museum Prabu Geusan Ulun di Sumedang Jawa Barat memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota sumedang tidak mengunjungi wisata sejarah yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Obyek Wisata Museum Prabu Geusan Ulun di Sumedang Jawa Barat sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya. Keindahan Obyek Wisata Museum Prabu Geusan Ulun di Sumedang Jawa Barat ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Obyek Wisata Museum Prabu Geusan Ulun di Sumedang Jawa Barat di kota sumedang.

Air Gajah Depa

Obyek Wisata Wisata Air Gajah Depa di Cimalaka Sumedang Jawa Barat adalah salah satu tempat wisata yang berada di Jl. Raya Serang No.90, Galudra, Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45353, Indonesia. Obyek Wisata Wisata Air Gajah Depa di Cimalaka Sumedang Jawa Barat adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

wisata sumedang
Air gajah Depa

Obyek Wisata Wisata Air Gajah Depa di Cimalaka Sumedang Jawa Barat memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota sukabumi tidak mengunjungi wisata air yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Obyek Wisata Wisata Air Gajah Depa di Cimalaka Sumedang Jawa Barat sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya. Keindahan Obyek Wisata Wisata Air Gajah Depa di Cimalaka Sumedang Jawa Barat ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Obyek Wisata Wisata Air Gajah Depa di Cimalaka Sumedang Jawa Barat di kota sumedang.

Tahura Gunung Kunci

Obyek Wisata sumedang Tahura Gunung Kunci di Sumedang Jawa Barat adalah salah satu tempat wisata yang berada di Kotakulon, Sumedang Sel., Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45311, Indonesia. Obyek Wisata Tahura Gunung Kunci di Sumedang Jawa Barat adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

wisata sumedang
Tahura Gunung Kunci

Obyek Wisata Tahura Gunung Kunci di Sumedang Jawa Barat memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota sumedang tidak mengunjungi wisata gunung yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Obyek Wisata Tahura Gunung Kunci di Sumedang Jawa Barat sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya. Keindahan Obyek Wisata sumedang Tahura Gunung Kunci di wisata Sumedang Jawa Barat ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Obyek Wisata Tahura Gunung Kunci di Sumedang Jawa Barat di kota sumedang.

Taman Endog

Obyek Wisata Taman Endog Sumedang di Sumedang Jawa Barat adalah salah satu tempat wisata yang berada di Jalan Mayor Abdurachman, Talun, Sumedang Utara, Kotakaler, Sumedang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45311, Indonesia. Obyek Wisata sumedang Taman Endog Sumedang di Sumedang Jawa Barat adalah tempat wisata sumedang yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Obyek Wisata sumedang Taman Endog Sumedang di Sumedang Jawa Barat memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota sumedang tidak mengunjungi wisata taman yang mempunyai keindahan  yang tiada duanya tersebut.

wisata sumedang
Taman Endog

Obyek Wisata Taman Endog Sumedang di Sumedang Jawa Barat sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.  Keindahan Obyek Wisata sumedang Taman Endog Sumedang di Sumedang Jawa Barat  ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat  atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Obyek Wisata Taman Endog Sumedang di Sumedang Jawa Barat di kota sumedang.

Dimana lokasi Obyek Wisata sumedang Taman Endog Sumedang di Sumedang Jawa Barat ? seperti yang tertulis di atas lokasi Obyek Wisata Taman Endog Sumedang di Sumedang Jawa Barat terletak di Jalan Mayor Abdurachman, Talun, Sumedang Utara, Kotakaler, Sumedang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45311, Indonesia.

Inilah 7 Destinasi Wisata Jember Yang Paling Hits

Gak heran, jika di zaman milenial macam sekarang ini, begitu banyak tempat wisata jember alam atau buatan baru dengan berbagai konsep unik dan menarik. Meski dari berbagai macam fasilitas yang di tawarkan, tak jarang, hanya beberapa cafe, restaurant atau wisata alam terbuka sekalipun yang menyediakan makanan dengan layak dan rasa yang istimewa. Asal tempat nya instagramable, bisa cekrek-cekrek, fasilitas lain tak jadi masalah, meski itu sebenarnya ‘ada’ fasilitas yang tidak memadai.
Kalau dulu, tamasya kemana aja, yang penting ada makanan enak, bareng keluarga, pacar, teman se-gank, naik sepeda, naik motor, jalan kaki, main air di kali, apa aja mah bebas, Yang penting having fun. Tapi sekarang? semua serba media sosial. Hidup sudah modern, serba digital. Keberadaan manusia dengan telpon pintar nya seolah ingin selalu di akui. Dimana mereka akan merasa bangga jika telah berkunjung ke salah satu tempat wisata hits di Jember atau dimana pun dengan lokasi paling viral saat ini.
Padahal, ada banyak destinasi wisata jember keren di sekitar kita, yang kadang, keberadaannya malah tak terlihat. Kecuali, jika kita melihatnya dari ‘sudut pandang’ yang berbeda, maka kita akan menyebutnya ‘Surga’. Right?
Seperti 7 Destinasi Wisata hits jember di jember ini. Dengan berbagai fasilitas alam juga keindahan ciptaan Tuhan yang luar biasa cantiknya, gak heran, kalau taman wisata alam di Jember ini selalu ramai dari waktu ke waktu. Gak peduli meski banyak tempat hits di Jember yang baru lahir.

TANJUNG PAPUMA

Namanya, PAPUMA. Pasir Putih Malikan! Selain populer dengan julukan ‘Kota Seribu Gumuk’, Jember juga punya banyak destinasi wisata alam yang keren loh. Salah satunya ya Tanjung Papuma ini. Sebuah pantai berbukit di Jember dengan pemandangan alam yang masih asri, tempat hunting sunset terbaik di Jember, tempat tinggal komunitas kera liar, ada banyak stand penjual makanan ikan segar, penyewaan perahu dan tikar, juga di lengkapi dengan homestay.

Tanjung Papuma

Nah,  satu lagi best experience yang akan kalian dapat jika mengunjungi pantai papuma Jember ini. Yaitu, pemandangan laut luas yang terbentang indah dari puncak Siti Hinggil tanjung papuma. Bukit di sebelah selatan pantai papuma dengan ketinggian sekitar 50 mdpl. Sitiartinya tanah. Hinggilartinya tinggi. Yups, dengan menaiki beberapa tangga yang tentu lumayan bikin keringetan plus kepanasan, kalian tidak akan merasa kecewa. Apalagi, sekarang sudah di bangun pagar cantik bernuansa putih ala resort-resort terkenal yang tentu foto-able banget. So, jangan ngaku anak pantai Jember kalau belum ke Pantai Papuma.

PANTAI WATU ULO

Sebenarnya, Pantai Watu Ulo masih berada dalam satu wilayah dengan Tanjung Papuma. Hanya saja, letak nya lebih mudah di akses dan jalanan menuju watu ulo juga datar, tidak menanjak seperti akan ke Tanjung Papuma.

Pantai Watu Ulo
Watu Ulo berarti Batu Ular dalam bahasa jawa. Dinamakan ‘Watu Ulo’ karena terdapat gundukan batu menyerupai ular yang yang menjorok ke laut. Jika siang hari, air di sekitar bebatuan ini akan surut sehingga kita bisa pergi mengunjungi beberapa gugusan batu yang salah satu nya terdapat gua. Keren, kan? Oh ya, kalau papuma adalah pantai pasir putih, maka watu ulo adalah pantai pasir hitam

Konon, pantai watu ulo adalah salah satu pantai yang di kaitkan dengan mitos Nyi Roro Kidul. Bahkan, ada banyak sekali cerita mistis tentang pantai selatan Jember ini. Seperti penampakan ratu pantai selatan, kepala watu ulo yang ‘katanya’ ada di Grajagan Banyuwangi, mitos tidak boleh berbaju hijau jika pergi ke watu ulo, watu ulo istana nya Nyi Blorong dan masih banyak lagi kisah keangkeran pantai watu ulo yang sudah banyak memakan korban. Kalau kalian penasaran dengan asal usul Nyi Roro Kidul menurut islam, cukup bermodalkan browsing saja, kalian pasti akan menemukan banyak artikel yang menjelaskan tentang mitos pantai selatan juga pantai-pantai di daerah Jawa yang berhubungan dengan Nyi Roror Kidul. Ihhh…. kok serem, sih? emang.

PANTAI PAYANGAN

Pantai Payangan

Pantai Payangan adalah salah satu pantai ter-hits di Jember yang timeless banget loh. Dari jaman aku SMA sampai saat ini (kira-kira sepuluh tahun lamanya), pantai payangan tetap punya beautiful view yang gak lekang oleh waktu. Deru ombak besar jadi salah satu ciri khas pantai ini. Sesuai dengan julukan ‘Kota Seribu Gumuk’, pantai payangan juga merupakan sebuah pantai berbukit yang indah. Terhampar pula bebatuan sebagai landscapealami yang menambah keindahan pantai payangan Jember ini, guys  Wah, Jember makin rame ya. Banyak destinasi wisata Jember yang gak kalah keren sama tempat piknik artis-artis.

TELUK LOVE

Sama halnya dengan Tanjung Papuma dan Pantai Watu Ulo, Teluk Love juga berada dalam satu kawasan dengan pantai payangan loh. Hanya berjarak sekitar 200 meter saja dari pantai payangan. Kalian bisa menikmati indahnya pertemuan muara air sungai dan air laut dalam satu tempat berbentuk hati ini secara gratis.

Teluk Love
Tapi butuh sebuah usaha untuk sebuah keindahan, bukan? Jadi kalian yang penasaran bagaimana bentuk asli ‘Teluk Love’harus rela mendaki bukit terlebih dahulu. Lumayan sih buat bakar kalori, tapi hasil tidak pernah mengkhianati usaha. Dan kalian akan mendapatkan pemandangan yang sungguh luar biasa cantiknya setelah sampai di atas bukit teluk love. Sungguh, pantai yang iconic, kan?

AIR TERJUN TANCAK

Setelah puas meng-explorewilayah Jember Selatan, sekarang saat nya kita bergeser ke arah utara Kabupaten Jember, yang memiliki destinasi wisata jember alam tak kalah mengagumkan. Namanya, Air Terjun Tancak.

Air Terjun Tancak

Kalau jaman sekarang, mungkin isitilah keren untuk nama air terjun ialah Coban. Right?
Sebenarnya, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cobanberarti jarum yang panjang dan kasar. Mungkin filosofi itulah yang menjadi asal usul istilah baru untuk menyebut sebuah air terjun. Tapi berhubung air terjun populer di Jember ini namanya Air Terjun Tancak, jadi kurang pas saja kalau harus di ubah menjadi Coban Tancak. Gak buruk amat sih, tapi kedengarannya aneh

Selain Tancak, ada beberapa air terjun hits di Jember yang gak kalah keren, hanya saja, cuma Tancak yang masih ramai dan terkenal hingga kini. Meski muncul banyak air terjun baru di daerah Jember, percayalah, hanya beberapa saja destinasi taman wisata alam Jember yang timeless.

TAMAN BOTANI

Ada banyak sekali wisata jember taman di daerah Jember, ada Taman Botani Sukorambi, Taman Galaxy, Taman Dudut Tempurejo, Taman Mangli atau taman rekreasi keren lainnya di daerah ini. Namun, dari sekian banyak taman yang ada di Jember, hanya ada beberapa yang tingkat kepopulerannya tak sampai tertindih tempat wisata hits zaman now. Salah satunya, ya Taman Botani ini.
Taman Botani

Taman Botani Jember adalah salah satu taman rekreasi keluarga andalan warga Jember Kota. Selain tempatnya yang kini di perbarui, akses kendaraan pribadi pun sangat mudah. Selain itu, lokasi yang terletak dekat area persawahan, menjadikan taman hits di Jember ini salah satu tujuan fun getaway banyak orang.

Tempat wisata jember dengan konsep belajar seadanya menjadikan Taman Botani Jember sebagai taman wisata alam yang wajib di kunjungi. Lengkap dengan playground, arena outbond, kebun binatang mini, kolam renang anak juga dewasa, banyak spot foto instagramable, tiket masuk taman botani murah juga jangan lupakan pemandangan alam yang super amazing. Lengkap deh pokoknya.

TAMAN GALAXY

Nah, kalau Taman dan Kebun Binatang Super Galaxy, sudah tidak di ragukan lagi keberadaannya. Mulai dari aku kecil sampai sekarang, Taman Galaxy wisata Jember tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi kalau hari libur. Selain destinasi wisata murah meriah di Jember, Taman Galaxy yang terletak di Desa Tempurejo ini adalah salah satu taman rekreasi populer di daerah Jember dengan paket wisata jember lengkap loh.

Taman Galaxy

Maksudnya? Yups, selain tempat wisata murah meriah di Jember, Taman Galaxy memiliki kebun binatang mini, restoran dengan gazebo keren di pinggir kolam ikan, super market, kamar mandi umum, taman bermain yang luas dan bersih juga yang paling unik dari destinasi wisata liburan gratis ini adalaaahhh…. seluruh karyawan, koki, petugas kebersihan, semua nya cowok! Are you curious?

Taman & Kebun Binatang Super Galaxy sebenarnya milik seorang Kyai besar di Tempurejo, sistem keuangan nya pun berbasis ekonomi syariah. Jadi gak heran, semua perlengkapan rumah tangga, sandang maupun pangan yang di jual disini harganya terjangkau. Alias murah meriah, guys.

Semua petugas, koki, dan seluruh cowok yang terlibat dalam pengelolahan Taman Galaxy pun adalah santri pondok pesantren sang Kyai. Bukan bermaksud memperdayakan santri ya, tapi mereka punya daftar shiftdiluar jam pelajaran pondok. Atau, santri yang sudah lulus, bisa bekerja dan menggunakan ilmu yang mereka dapat disini. Eh iya, ada juga sentra kerajinan tangan loh, letak nya di sebelah restoran. Ada banyak barang unik yang di jual. Tenang saja, harga nya murce kok. Ramah di kantong.

Gimana, ada rencana liburan keluarga ke Jember? Jember udah makin rame loh. Jadi sekedar main air di pantai, gak? Ehm… kalian anak ekstrovert atau introvert? Gak masalah, introvert maupun ekstrovert bisa aja main air sepuasnya di pantai hits Jember. Kalian bisa menyusun itinerary nya dulu. Dengan begitu, tak akan ada tempat hits di Jember yang kalian lewatkan.

Inilah 10 Wisata Cirebon Yang Terkeren Saat Ini

Cirebon adalah salah satu kota yang memiliki wisata sejarah yang masih bagus dan kokoh hingga saat ini. Jika Anda adalah warga Jakarta dan membutuhkan pelarian dari ibu kota sementara waktu, datang saja ke tempat wisata Cirebon karena itu menjadi pilihan liburan yang bagus dan menyenangkan.

Cirebon mudah diakses dari Jakarta dan terletak di perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Tidak heran bahwa tempat ini kaya dengan budaya dari kedua belah pihak sehingga menjadikannya tempat yang menarik untuk mengunjungi tempat-tempat yang berbudaya. Apa saja tempat wisata yang ada di Cirebon? Berikut adalah ulasannya tentang wisata cirebon.

Ade Irma Suryani Waterland

Ade Irma Suryani Waterland

Wisata Cirebon ini Tempatnya terletak di Cirebon dekat Pelabuhan dan pantai. Tempat wisata populer Cirebon Ini semacam pusat hiburan dengan taman bermain untuk anak-anak, restoran, dan pondok bergaya motel di atas air. Tempat ini juga terdapat pantai yang khas dengan angin laut yang sejuk. Dua kolam renang besar di tempat ini juga dilengkapi dengan wahana.

Keraton Kasepuhan

Cirebon memiliki tiga keraton (istana) dan yang tertua adalah Keraton Kasepuhan. Ada berbagai cerita tentang asal usul Keraton Kasepuhan, tetapi semuanya menyebut Sunan Gunungjati sebagai salah satu tokoh penting yang mendirikan istana.

Keraton kesepuhan

Sunan Gunungjati adalah cucu Prabu Siliwangi, raja dari Kerajaan Padjajaran. Raja-raja Keraton Kasepuhan disebut Sultan Sepuh, dengan raja saat ini, PRA. Arief Natadiningrat, sebagai Sultan Sepuh ke-14.

Keraton ini masih mempertahankan bahan aslinya, terutama dinding dan tiang jati. Arsitekturnya dipengaruhi oleh kerajaan Cina dan Hindu saat itu. Di antara area yang dapat Anda kunjungi adalah Siti Hinggil (dataran tinggi) tempat raja menyaksikan peristiwa di alun-alun (alun-alun), terletak di dekat gerbang masuk, dan Bangsal Keraton, tempat kegiatan utama berlangsung.

Namun, beberapa ruangan dilarang untuk dikunjungi, tetapi ruangan itu masih bisa dilihat melalui pintu kaca. Keraton Kasepuhan adalah rumah dari Museum Pusaka yang dirancang modern namun masih menampilkan berbagai benda suci, termasuk kereta kerajaan Singa Barong, perangkat gamelan (orkestra tradisional), senjata dan teks kuno.

Sementara di ruang belakang Keraton menyimpan benda-benda penting yang dimiliki oleh Sunan Gunungjati dan istrinya, Putri Ong Tien dari Tiongkok. Karetaon ini terbuka untuk umum pada hari Minggu-Senin mulai pukul 9 pagi hingga 4 sore.

Keraton Kasepuhan terletak di dekat Masjid Agung Cirebon yang bersejarah, atau Masjid Agung Cipta Rasa. Tiket masuk mulai dari Rp 20.000 untuk wisatawan asing, dan tiket Rp 25.000 lainnya harus dibeli untuk memasuki Museum Pusaka.

Gua Sunyaragi

Gua Sunyaragi adalah tujuan yang bagus wisata terkeren cirebon untuk dikunjungi karena Anda akan belajar tentang sejarah Cirebon. Gua ini dibangun pada tahun 1703 oleh Pangeran Kararangen yang merupakan cicit dari Sunan Gunungjati,

Goa Sunyaragi Cirebon

Nama Sunyaragi berasal dari kata sunya yang berarti pendiam dan ragi yang berarti jiwa atau tubuh. Artinya nama gua ini memiliki arti sebagai tempat untuk bermeditasi. Gua ini meliputi area seluas 1,5 hektar dan gua ini masih mempertahankan bentuk aslinya dan terdiri dari 10 gua kecil.
Pengunjung dapat menjelajahi gua-gua termasuk terowongan rahasia untuk menuju ke makan Sunan Gunungjati.

Wisata Cirebon Gua Sunyaragi ini sangat “mencerahkan jiwa Anda” karena terdapat pohon kelengkeng berumur 300 tahun dan patung yang diyakini dilarang untuk disentuh. Oleh seorang perawan. Tiket masuk gua ini mulai dari Rp 10.000 dan tips untuk pemandu dengan biaya sekitar Rp 50.000.

Keraton Kanoman

Keraton Kanoman dikatakan merupakan perpanjangan dari Keraton Kasepuhan dan raja-rajanya disebut Sultan Anom. Terletak di belakang pasar tradisional Kanoman, eksterior istana berwarna putih dan memiliki piring Cina kuno menghiasi dindingnya.

Keraton Kanoman

Keraton Kanoman juga memiliki beberapa sumur yang memiliki fungsinya yang berbeda-beda, salah satunya adalah untuk mencuci barang-barang suci selama ulang tahun Nabi Muhammad.

Batik Cirebon Trusmi

Jangan meninggalkan Cirebon tanpa membawa batik dari kota ini. Desa Trusmi adalah tempat tinggal sebagian besar penduduknya yang memiliki pekerjaan membuat batik. Desa Trusmi terletak sekitar 4 km di sebelah barat pusat kota.

Batik Cirebon Trusmi

Batik khas Cirebon ini sudah ada sejak abad ke-14 sehingga tidak heran jika banyak penduduk di desa ini sebagian besar bermata pencaharian sebagai pengrajin batik. Desa Trusmi telah menjadi pusat bisnis batik sejak lama.

Desa ini memproduksi kerajinan dan menjualnya pada saat bersamaan. Ada banyak produk indah yang dihias dengan Batik Cirebon yang dapat Anda pilih dari desa Trusmi, seperti pakaian, sandal, tas, dompet, dan aksesori.

Museum Linggarjati

Ada sesuatu yang sangat indah tentang villa bergaya Belanda tua ini yang terletak di kaki Gunung Ceremai. Villa yang kemudian menjadi sebuah museum ini memiliki sejarah yang penting di mana tempat ini menjadi saksi yang sangat penting antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Belanda untuk merundingkan kedaulatan dari Belanda ke Indonesia pada tahun 1946.

Museum Linggarjati

Museum ini memiliki pemandangan dan taman wisata cirebon yang indah di sekitarnya dan bagian dalamnya masih dirancang seperti aslinya untuk mempertahankan sejarah. Foto hitam dan putih tua serta dokumen penting masa penjajahan masih dipajang di dinding.

Pemandian Cibulan

Pemandian Cibulan adalah wisata Cirebon Kuningan yang terletak di perbatasan antara Cirebon dan Kuningan ini yang dilihat dari luar mungkin tampak seperti jenis taman kolam renang lainnya. Tapi begitu Anda masuk ke dalam, Anda akan melihat ada sesuatu yang sangat berbeda dari tempat pemandian Cibulan ini.

Pemaindian Cibulan

Masyarakat sekitar percaya bahwa ikan di kolam kedua tepat di belakang kolam besar pemandian Cibulan adalah makhluk ajaib. Penduduk setempat percaya bahwa ikan Cyprinus Carpico adalah roh para prajurit Kerajaan Padjajaran yang dikutuk oleh Prabu Siliwangi karena memberontak melawan kerajaan.

Masjid At-Taqwa

Masjid At-Taqwa

Masjid At-Taqwa memiliki desain yang cantik dan unik. Masjid ini juga memiliki lokasi yang strategis di jantung kota Cirebon. Ya, masjid At-Taqwa dekat dari tugu, Town Hall, stasiun kereta, pusat shooping. Sementara saat malam hari dapat ditemukan berbagai pedagang yang menjual makanan di sekitar masjid, cocok untuk wisata malam bersama keluarga.

Hutan Monyet Plangon

Hutan Monyet Plangon bisa dikatakan hampir sama dengan wisata Sangeh di Bali. Banyak monyet di yang hidup di hutan ini dan tidak akan mengganggu para pengunjung. Anda bisa memberi monyet kacang dan mereka akan menyukainya.

Hutan Monyet Plangon

Tempat ini juga populer sebagai tempat dengan tujuan ritual. Orang-orang dari luar datang ke Hutan Monyet Plangon untuk berdoa agar keinginan mereka seperti kekayaan akan menjadi kenyataan.

Keraton Kacirebona

Diyakini sebagai bagian dari Keraton Kasepuhan juga, Keraton Kacirebonan dibangun pada tahun 1814 dengan Sultan Kacirebonan I sebagai raja pertama.

Bangunan ini jauh lebih sederhana dibandingkan dengan istana-istana yang telah disebutkan sebelumnya dan pengunjung dapat melihat foto para raja, seperangkat gamelan, senjata tradisional, perhiasan dan pedang raja. Biaya masuk ke istana ini mulai dari Rp 10.000.

Lomba Mancing Ikan Mas Di Pemancingan Kuningan

Dari namanya saja orang pasti mengira itu situ atau danau. Ya, Situ Janggala adalah sebuah situ besar seluas satu hektar yang berada di Desa Panawuan, Kecamatan Cigande Mekar, Kuningan, Jawa Barat. Di Situ Janggala inilah difungsikan menjadi kolam pemancingan kuningan ikan mas dengan cara dibendung.

Pemancingan Situ Janggala di Desa Panawuan, Kecamatan Ciganda Mekar, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menggelar lomba mancing kuningan untuk kedua kalinya. Ya, hari itu Minggu, 19 November 2017, Situ Janggala yang dikelola Desa Panawuan dipenuhi pemancing dengan bukaan 100 lapak. Bisa dikatakan kegiatan ini terbilang sukses mengumpulkan 100 pemancing dari penjuru Kuningan dan luar Kuningan seperti Majalengka dan Cirebon sekitarnya.

Pemancingan Situ janggala

Sejak dibuka dan di jadikan kolam pemancingan kuningan beberapa tahun lalu, para maniak mancing di Kabupaten Kuningan pun ramai mendatangi. Namun sejak dibuka itu lambat laun mulai terlihat sepi pemancing bahkan tidak terurus. Sebab itulah Juli 2017 lalu di oper alih dan dipegang oleh BUMD (Badan Usaha Milik Desa) di bawah tanggung jawab Sofyan Mawardi selaku Kepala Desa Panuwuan dan Casmita (warga setempat) yang dipercaya untuk menjaga dan mengelola Pemancingan kuningan Situ Janggala ini. “Sejak dipegang desa, mulai ramai, apalagi saat diselenggarakan lomba mancing dengan hadiah uang dan tiket murah banyak yang ikut,” ujar Casmita yang di dampingi Sofyan saat datang kesana.

Untuk menuju Situ Janggala mudah sekali, dari Tol Cipali menuju Cirebon dan keluar di Pintu Tol Ciperna. Setelah keluar tol ada lampu merah lalu ambil jalan ke kanan menuju Kuningan. Setelah melewati Cilimus, tampak Situ Janggala ada di sebelah kiri jalan. Mudahkan. Ya, Situ Janggala tampak mencolok dan mudah dijangkau, apalagi sekitar Situ Janggala tampak indah dengan latar belakang pemandangan Gunung Ciremai. Udaranya pun sejuk, sepi dan jauh dari keramaian.

Banyak Peserta Lomba Mancing

Itulah yang kami saksikan dan melihat langsung saat berkunjung ke Janggala. Ada 2 kolam di Janggala, Kolam A seluas 6000 meter untuk lomba ikan mas yang juga difungsikan setiap harinya untuk kilo gebrus ikan mas dan Kolam B disamping Kolam A digunakan untuk kilo angkat juga ikan mas. Kedua kolam ini buka setiap hari. Kolam A untuk lomba luas sekali bisa menampung 100 pemancing. Ya, dari obrolan dengan Casmita, Kolam A setiap adakan lomba dibuka 100 lapak. “Kami selalu buka seratus lapak setiap ada lomba besar dengan tiket murah meriah,” ujarnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut, Casmita memberitahu sehari-hari Kolam A dibuka untuk umum dari pagi sampai sore. “Setiap harinya Kolam A dipakai untuk mancing kilo gebrus dari jam 8 pagi sampai jam 12 siang dilanjut lagi jam 1 siang sampai jam 7 sore dengan harga ikan mas Rp 31 ribu per kilonya. Untuk harga ikan tergantung harga pasar, kalau murah ya murah kalau mahal ya mahal, jadi harga ikan mas ngga bisa stabil,” rinci Casmita.

Pemancingan Situ Janggala

Luas Kolam A mencapai 6000 meter, kedalamannya 1 meter lebih.  Di sepanjang lapaknya pun sudah dipakaikan atap. Jika ada lomba ke empat sisi Kolam A penuh pemancing karena dua sisi lainnya dijadikan lapak tanpa atap. Uniknya lagi, jika kedua sisi lainnya itu dibuka saat lomba, tidak ada saling sangkut kail dan benang sesama pemancing saat di pemaincingan kuningan. Sebab itulah oleh Casmita ke empat sisinya penuh dengan pemancing jika ada lomba besar. Dari uraian Casmita, diberitahu bahwa Kolam A sudah 2 kali gelar lomba besar, yang pertama pembukaan setelah dipegang desa dan event kedua November 2017 lalu dengan bukaan lapak 100.

Selain Kolam A ada pula dibuat kolam pemancingan kuningan lainnya di samping Kolam A tadi yaitu Kolam B yang digunakan untuk mancing kilo angkat ikan mas dan buka setiap hari. Dibanding Kolam B, Kolam A paling ramai didatangi, pasalnya ukurannya setengah dari Kolam A. Di kedua kolam itulah dimanfaatkan oleh desa menjadi tempat untuk wisata mancing dengan cara membendung Situ Janggala dan dijadikan kolam pemancingan kuningan.

Ikan Mas Hasil Pemancingan

“Untuk lomba dan mancing disini umpan bebas mata kail juga bebas,” jelas Casmita. Bagi pemancing yang datang memang kebanyakan warga Kuningan, namun jika ada lomba, pemancing Majalengka, Bandung dan Cirebon berdatangan. Sebenarnya yang membuat betah mancing di Janggala karena pemandangan nya yang menarik dengan udara sejuk, angin sepoi-sepoi ditambah lagi Gunung Ciremai terpampang jelas di depan mata dengan puncaknya yang tertutup kabut. Ya, bisa dibilang Jenggala jadi favorit pemancingan Kuningan yang ada di kaki Gunung Ciremai.

Pemenang Lomba Mancing

Keluar sebagai juara pertama D. Alan dengan berat ikan 1,95 kg dan membawa pulang Rp 1,2 juta. Penyerahan piala dan uang tunai diserahkan oleh Sofyan dan penyelenggara acara dan sponsor. Ke depannya tutur Sofyan kegiatan mancing seperti ini tetap diadakan dan tentunya dengan tiket terjangkau plus hadiah menarik. “Terima kasih kepada sponsor dan peserta. Mudah-mudahan di kemudian hari dapat bekerjasama lagi,”  ujar Sofyan didampingi Casmita dengan optimis.

Berikut Wisata Tegal Keren Yang Belum Anda Ketahui

Tegal bukan sekadar terkenal karena bahasa ngapaknya, lho! Tegal juga bukan sekadar ternama karena warung makannya yang terkenal enak dan murah. Tegal memiliki semua yang membuat hati dan jiwa bisa tercuri karena keindahannya. Tidak percaya? Silakan saja menikmati destinasi wisata di Tegal, kota di pesisir utara Jawa Tengah. Dari suguhan panorama alam dan nuansa asri khas Pantai Utara (Pantura) Jawa, Tegal kini menjelma menjadi salah satu spot wisata tegal ngehits di Jawa Tengah.

Tegal memiliki tiiga kawasan wisata utama yang bisa djelajahi oleh para wisatawan. Pertama adalah kawasan pesisir yang dekat dengan pantai, lalu kawasan perkotaan yang terkenal dengan tempat kulinernya, dan yang terakhir adalah kawasan dataran tinggi yang masih alami dan sejuk. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang potensi wisata Tegal, simak berita lengkap tempat wisata Tegal yang wajib dikunjungi di bawah ini.

Tidak ada salahnya juga mengunjungi Tegal jika memang ada kesempatan untuk liburan. Berjarak kurang lebih 175 kilometer dari Semarang, Tegal akan membuat kamu terpesona luar dalam. Lihat dulu daftar destinasi wisata di Tegal yang ada di bawah ini!

Curug Pengantin Cawitali

Curug Pengantin di Tegal ini memang cukup terkenal dan ngehits, namun curug dengan nama yang sama di wilayah Cawitali menampilkan pemandangan yang jauh lebih mengesankan.

Curug Pengantin Tegal

Curug yang tidak terlalu tinggi ini mencurahkan airnya di tengah lembah bukit berbatu yang indah dan bersih, menampilkan pemandangan yang eksotis dan menawan hati. Jangan sampai tidak bermain air di curug ini, ya!

Lokasi nya berada diCawitali, Bumijawa, Kabupaten Tegal

Batu Agung

Batu Agung Tegal

Batu Agung menjadi destinasi yang tepat bagi traveller kekinian untuk menikmati pemandangan alam sekaligus berpose untuk akun Instagram kamu. Tumpukan batu besar ini memang menyajikan pemandangan yang eksotik. Tidak hanya itu, dengan background panorama hijau yang keren dan lanskap kota Tegal yang menarik, spot ini juga menjadi lokasi yang asyik untuk menghabiskan waktu, terutama di sore hari. Nuansanya syahdu banget, lho!

Lokasi berada di Desa Batu Agung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal

Wana Wisata Prabalintang

Jika kamu tertarik menyatu dengan alam, mendatangi Wana Wisata Prabalintang bisa menjadi pilihan yang tepat. Banyak wahana wisata keren yang bisa kamu sambangi di sini.

Wana Wisata Prabalintang

Wana wisata tegal ini juga menjadi spot yang tepat bagi kamu yang tertarik untuk kembali menikmati keseruan berada di alam terbuka. Pepohonan pinus, rumput yang hijau dan sungai yang mengalir menjadi terapi yang pas untuk menurunkan tingkat stres kamu.

Lokasi berada di Jl. Raya Danasari, Ladang, Danasari, Bojong, Tegal

Curug Monyet

Tidak bisa dimungkiri, Curug Monyet menawarkan keindahan tersendiri yang tidak boleh dilewatkan bila berbicara mengenai destinasi wisata di Tegal yang anti mainstream.

Air Terjun Curug Monyet

Lokasinya cukup tersembunyi dan dibutuhkan tenaga serta waktu yang tidak sedikit untuk bisa sampai ke lokasi. Namun sesampainya di sana, kamu akan mendapati air terjun alami dengan nuansa pemandangan yang masih natural. Adem banget!

Lokasi: Dusun Gunung Guntur, Desa Cawitali, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal

Pantai Alam Indah Tegal

Pantai ini cukup populer di Tegal dan menjadi destinasi wisata alam indah di Tegal yang pas untuk di kunjungi bersama keluarga.

Pantai Alam Indah Tegal

Namun, untuk mendapatkan sensasi terbaik di pantai ini, kamu bisa datang jelang pagi atau mendekati malam untuk menikmati sunset dan sunrise yang istimewa. Dijamin tidak menyesal, deh!

Lokasinya berada di Mintaragen, Tegal Timur, Tegal

Curug Cantel

Air terjun ini menjadi salah satu destinasi wisata Tegal yang cukup ngehits dan populer. Nuansa alami di sekitar lokasi menjadi daya tarik yang tidak bisa di lewatkan.

Curug Cantel Tegal

Jalur trekking perbukitan yang alami, atmosfer sejuk dan menyegarkan, serta air terjunnya sendiri yang memiliki ketinggian kurang lebih 60 meter dengan debit air yang besar menjadikan sisi eksotis curug ini amat mengesankan.

Lokasinya berada di Jalan Raya Kalipedes, Sigedong, Bumijawa, Ladang,Hutan, Sigedong, Bumijawa, Tegal

Danau Beko Jatilaba

Danau yang terbentuk dari hasil penambangan pasir ini menyuguhkan pemandangan yang istimewa, dan layak menjadi destinasi wisata alternatif di Tegal.

Danau Beko Jatilaba

Susunan dan warna batuan yang menarik dengan kolam air yang cukup luas menjadikan danau ini menjadi sangat menarik untuk dijadikan background berfoto kamu. Namun, struktur tanah yang sedikit kurang stabil dan kedalaman kolam yang belum diketahui menjadikan lokasi ini sedikit berbahaya untuk dikunjungi. Hati-hati kalau ke sini, ya!

Lokasinya berada di Jatilaba, Margasari, Tegal

Bukit Bintang

Satu lagi spot tidak biasa di kota Tegal yang menjadi destinasi wisata kekinian, yaitu Bukit Bintang. Dari sini, kamu akan disuguhi pemandangan yang menawan hati dari ketinggian.

Wisata Bukit Bintang Tegal

Momen paling asyik berkunjung ke tempat wisata tegal ini adalah menjelang sore hingga malam hari. Selain bisa menikmati sunset, kamu juga bisa melihat langsung gemerlap dan panorama city light Kota Tegal saat malam hari. Nuansa yang asri, udara yang segar dan juga suasana yang tenang menjadikan destinasi wisata di Tegal ini juga menjadi spot ideal untuk menenangkan diri.

Lokasinya berada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal

Inilah 10 Destimasi Wisata Pekalongan Yang Hits Saat Ini

Jika berbicara tentang Pekalongan, mungkin yang terbayang di benak Anda adalah kota penghasil batik yang terkenal tidak saja di Indonesia, tetapi di luar negeri. Daya tarik Pekalongan ternyata tidak hanya batik, tetapi juga banyak tempat wisata di Pekalongan yang layak untuk Anda kunjungi. Ada berbagai wisata alam dengan pemandangan indah di sini, berikut ini adalah 10 tempat wisata Pekalongan dengan pemandangan paling indah yang dapat menjadi referensi tujuan wisata Anda.

Berbicara masalah tentang Pekalongan, ada satu hal yang langsung terlintas di benak kilian pasti tentang batik. Pekalongan memang sudah dikenal sejak dahulu karena batiknya yang indah. Kota yang berada di jalur pantai utara Jawa ini memang mendapatkan julukan sebagaii Kota Batik. Selain wisata belanja batik, Pekalongan ternyata juga beberapa tempat wisata pekalongan yang wajib untuk kalian dikunjungi. berikut penjelasan dari kami

Kebun Teh Pagaliran

Kebun Teh Pagaliran

Bagi Anda yang mencari tempat wisata Pekalongan dengan suasana yang tenang dan jauh dari keramaian, kebun teh Pagaliran dapat menjadi tujuan Anda. Kebun teh Pagaliran ini sebenarnya sudah masuk di wilayah Kabupaten Batang, tetapi letaknya masih cukup dekat dengan Pekalongan. Hawa yang sejuk dengan pemandangan kebun teh yang hijau dan tenang tentu akan membuat Anda malas untuk beranjak pulang.

Curug Bajing

Curug lain di Pekalongan yang tak kalah indah adalah curug Bajing yang ada di desa Tlogopakis, kecamatan Petungkriyono, Pekalongan. Lokasi curug Bajing berada di pegunungan Petingkriyono yang terkenal asri dan hijau.

Curug Bajing Pekalongan

Pesona curug Bajing ini terletak pada air terjunnya yang bertingkat tingkat dengan aliran air yang bening dan tentu saja segar. Bila Anda berniat refreshing dan bermain air di sekitar air terjun, curug ini dapat menjadi tujuan wisata pekalongan yang tepat bagi Anda.

Bukit Bintang Kutorojo

Bukit Bintang Pekalongan

Pekalongan juga dilengkapi dengan tempat wisata yang dapat Anda nikmati pada malam hari diantaranya adalah bukit bintang Kutorojo. Di tempat ini Anda dapat menikmati nuansa malam kota Pekalongan dengan kerlap kerlip lampu kota dan bintang yang berpendar di langit malam hari. Meskipun tempat wisata pekalongan  ini belum banyak diketahui wisatawan, tidak ada salahnya Anda menjadikan tempat ini sebagai list tujuan wisata selanjutnya di Pekalongan.

Desa Wisata Lolong

Apakah di antara Anda adalah penggemar durian? Desa wisata Lolong di Pekalongan ini terkenal sebagai surganya pecinta buah durian. Pastikan Anda mengunjungi tempat ini pada musim durian agar Anda dapat mengikuti festival durian yang ada di desa wisata Lolong dan berkesempatan menikmati durian sepuasnya.

Desa Wisata Lolong

Selain menjadi surga bagi penyuka durian, desa wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas outbond yang menarik seperti tubing, rafting, arung jeram hingga camping. Anda pun bisa menyewa homestay yang ada di sini untuk merasakan tenangnya menginap dengan suasana pedesaan.

Curug Bidadari Jolotigi

Pekalongan menjadi salah satu kota tujuan wisata yang memiliki beragam tempat wisata  dengan keindahannya masing masing. Tidak hanya pantai dan bukit hingga gunung, wisata alam Pekalongan juga terbilang lengkap dengan adanya sejumlah curug sebagai destinasi wisata selanjutnya. Salah satu curug yang terkenal sebagai tujuan wisata di Pekalongan adalah curug Bidadari Jolotigi.

Curug Bidadari Pekalongan

Curug yang memiliki nama lain curug Batu Dinding Kolam Lima ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Di sekitar air terjun ada lima ceruk yang menyerupai kolam yang dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan sebagai tempat berenang atau mandi. Kolam kolam ini memiliki kedalaman yang berbeda, dari yang dangkal hingga paling dalam.

Hutan Mangrove Pekalongan

Tempat wisata di Pekalongan selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah tempat wisata indah hutan mangrove Pekalongan. Tempat wisata ini merupakan salah satu yang terbaru di Pekalongan. Wisata hutan mangrove ini terletak di kelurahan Kandang Panjang, Pekalongan Utara.

Hutan Mangrove Pekalongan

Fungsi utama tempat ini sebenarnya adalah tempat penanaman pohon bakau untuk mencegah terjadinya abrasi. Tetapi karena pemandangan di sekitar hutan mangrove yang indah dan asri, hutan mangrove ini menjadi salah satu tempat wisata di Pekalongan yang ramai dikunjungi para wisatawan.

Bukit Pawuluhan

Selain wisata pantainya, Pekalongan juga memiliki beberapa tempat wisata berupa bukit hingga gunung. Salah satunya adalah bukit Pawuluhan. Bukit ini merupakan salah satu tempat wisata di Pekalongan yang tidak boleh terlewat untuk dikunjungi, apalagi bagi Anda yang gemar berburu indahnya golden sunrise.

Bukit Pawuluhan

Meskipun medan yang perlu Anda tempuh untuk sampai di bukit ini cukup sulit, tetapi semua akan terbayar dengan pemandangan mempesona yang akan Anda lihat saat sudah berada di atas bukit Pawuluhan ini.
Di sepanjang perjalanan menuju bukit Pawuluhan Anda juga akan disuguhi hamparan luas sawah di sisi kanan dan kiri dan banyak pepohonan rindang yang merupakan tempat tinggal kera liar. Mengunjungi bukit ini tentunya akan menjadi pengalaman baru yang menyenangkan bagi Anda.

Gunung Kendalisodo

Bila masih kurang puas hanya menikmati golden sunrise di bukit Pawuluhan, Anda bisa melanjutkan pendakian menuju ke gunung Kendalisodo. Gunung yang memiliki ketinggian 1.695 MDPL ini terkenal cocok untuk digunakan latihan oleh para pendaki pemula.

Wisata Gunung Kendalisodo

Spot paling favorit bagi para pendaki adalah di puncak Hanoman. Di atas puncak gunung Kendalisodo ini, Anda akan disajikan pemandangan kota Pekalongan dari atas yang tentunya sangat menakjubkan. Bila Anda beruntung, saat mendaki di gunung ini Anda juga dapat melihat ritual adat yang dilakukan oleh penduduk setempat.

Pantai Pasir Kencana Pekalongan

Pekalongan, yang merupakan salah satu daerah pesisir yang berbatasan langsung dengan lautan, tentu memiliki banyak tempat wisata berupa pantai, salah satunya adalah pantai Pasir Kencana Pekalongan. Tempat wisata di Pekalongan yang satu ini memiliki jarak yang tidak jauh dari pusat kota.

Pantai Pasir Kencana

Hanya sekitar 4,5 kilometer dari kota, Anda akan menemukan pantai Pasir Kencana ini dengan akses jalan yang cukup mudah. Untuk Anda yang mengunjungi Pekalongan dengan keluarga, pantai ini dapat menjadi pilihan tempat libur keluarga, karena fasilitas di pantai ini dilengkapi dengan playground untuk anak anak, beberapa koleksi satwa, wahana becak air, dan fasilitas pelengkap lain seperti rumah makan, mushola serta toilet.

Keindahan pantai Pasir Kencana pun dapat dinikmati dari berbagai sudut, mulai dari jembatan kanal hingga batu pembatas ombak yang ada di tepi pantai. Bila Anda berminat untuk membawa pulang beberapa ikan laut segar, Anda bisa mampir ke tempat pelelangan ikan yang terletak tidak jauh dari Pantai.

Pantai Depok Pekalongan

Pantai lain yang menjadi tempat wisata di Pekalongan selanjutnya adalah pantai Depok. Pantai ini terletak di desa Depok, Kecamatan Siwalan, Pekalongan. Bila Anda sedang penat dan butuh ketenangan, datang ke pantai Depok dapat menjadi penetralisir rasa penat Anda.

Pantai Depok Pekalongan

Pantai ini memiliki karakteristik pasir berwarna kehitaman dengan ombak pantai yang tenang. Selain itu bagi Anda yang membawa serta anak kecil, pantai Depok adalah salah satu pantai yang aman untuk membawa anak bermain di laut karena tipikal ombaknya yang tenang. Cobalah datang ke sini pada sore hari, dan Anda akan disuguhkan pemandangan senja yang indah dan tak terlupakan.