Bingung Makan Apa Di Medan?Inilah 3 Wisata Kuliner Selat Panjang Medan Yang Sangat Lezat

medan

Yang selalu dinanti-nantikan dari setiap kuliner didaerah manapun, ya kuliner malamnya itu. Setiap kali ke satu daerah pasti udah siap siap perut buat makan malam sampe begah. Pantang pulang sebelum kenyang (banget banget! >.<). Kali ini di Medan aku makan di Jl. Selat Panjang yang udah dikenal kuliner malamnya baik untuk turis maupun warga lokal.Selat Panjang ini jalannya kecil banget, sepanjang jalan isinya restoran di kanan kiri dan jalanannya cuma buat 1 mobil lewat dan one way. Jadi kalo udah jalan sampe ujung masih galau, harus muter lagi. Mendingan sih parkir didepan jalan gede aja, terus jalan kaki masuk ke jl selat panjang. Biar milih makannya pun lebih leluasa bolak balik.Secara sepanjang jalan isinya makanan semua, udah pasti pilihannya banyak banget! Dari nasi sayur, bubur, kwetiau, sate padang, cemilan kayak bakpao, kue apem (kue tete), sampe martabak piring semua ada disini!

Kede Bubur

Siapa bilang bubur hanya untuk orang sakit? Kede bubur yang telah berjualan puluhan tahun di jalan selat panjang ini mungkin satu-satunya kedai bubur yang terkenal di kota Medan. Jangan salah, cobain dulu bubur ini sebelum anda mengatakan rasa bubur pada umumnya hambar. Aroma dari jahe, ginseng, dan ekstrak ayam membuat bubur di kede ini special. Selain berjualan bubur ayam, tersedia juga pek cam ke yang ditemani jeroan ayam dan telur pitan (century egg) yang menurut kami enak juga. Disamping bubur ayam, tersedia juga bubur ikan apabila anda ingin sesuatu yang berbeda, tapi menurut kami bubur ayam lebih istimewa.

medan
Kede Bubur

Anda juga dapat memilih untuk menambah kuning telor mentah yang di celupin ke dalam bubur, kemudian diaduk, sehingga rasanya lebih wangi.Kurangnya kompetitor dalam bisnis bubur menjadikan harga makanan di restoran ini mahal. Namun, tidak ada salahnya menghabiskan makan malam bersama keluarga atau relasi di restoran ini. Apabila ada anggota keluarga atau teman yang kurang berkenan dengan bubur, masih banyak makanan lain yang bisa anda pesan di sepanjang jalan Selat Panjang.Dimulai dengan setengah ekor pekcamkee (ayam rebus) dan semangkok bubur ayam. Don’t judge the book by its cover, buburnya keliatan polos dari luar, ternyata pas diaduk isi daging ayamnya di dalemnya banyak juga. yummmm.

Mie Hokkian

Berseberangan dengan Kede Bubur, ada Mie Hokkian SP16 (kepanjangan dari alamatnya di Jl Selat Panjang No. 16). Selain mie hokkian yang terkenal dengan segudang topping ini (ada bakso, udang, telur, daging, hekeng dsb) mereka juga ada pilihan menu lain seperti mie udang atau mie ayam jamur. Jalan Bangka, sebuah jalan kecil lurus sepanjang 2 blok ini mungkin belakangan lebih sering terdengar dan ramai diakses, berhubung dekatnya dengan sebuah mal baru di hadir di Medan yakni Centre Point. Kendati demikian, dari dulu sudah banyak spot kuliner yang hadir, sebut saja mie hokkien Hock Seng, dan bakmi Bangka yang sebelumnya kami review juga. Selain mie Hock Seng, terdapat sebuah rumah makan yang menjual makanan serupa, mie hokkien dengan nama Akheng.

medan
Mie Hokkian

Ruko 1 pintu itu mulai beroperasi mulai jam 6 pagi, karena mie hokkien memang seyogiayanya cocok masuk ke dalam kategori sarapan berat dan makan siang. Banyaknya rumah makan di jalan ini dan lalu lalang kendaraan menjadi kendala yang sering dihadapi ketika hendak memarkirkan mobil.Ruangan tanpa AC di rumah makan ini tampak bersih, rapi, dan luas dengan susunan meja yang tidak terlalu banyak dan sempit. Gerai sterling terpampang didepan dengan susunan lauk. Biasanya pelanggan dapat langsung memesan terlebih dahulu disini tanpa harus duduk di meja dan menunggu pelayan.Mie hokkien Medan berbeda dengan mie hokkien di Malaysia yang mana lebih gelap. Presentasinya pun maksimal, dalam arti lauknya lebih dominan ketimbang mienya sehingga campuran lauk dan saos menjadikannya kaya citarasa dan faktor kombinasi inilah yang membedakan flavor dan ciri khas tiap outlet mie hokkien yang ada di Medan.Berbicara soal Mie Akheng sendiri ternyata memberikan sebuah nostalgia yang membawa kembali ke zaman SMP. Ketika itu, ada penjual mie hokkien yang berada di jalan Bangka juga dengan nama Aleng, yang mana merupakan favorit saya beserta keluarga. Sayang ternyata, potensi tersebut tidak diteruskan ke pewarisnya. Jika diinvestigasi, asisten Aleng yang dulu membantunya sekarang buka sendiri dan berjualan di Jalan Perdana, tepatnya kedai kopi Kurnia yang pernah kami tulis di tahun 2008. Salah satu ciri khas mie hokkien Aleng ialah saos cabenya. Irisan tipis cincang halus, tidak terlalu pedas dan rasanya sedikit asin namun berkarakter itulah yang membangkitkan kenangan tersebut.

Nasi Goreng Medan

Nasi goreng, hidangan ini cukup sederhana, praktis, dan efisien. Nasi putih, sambal, kecap, dan tentu saja garam umumnya adalah bumbu utamanya.Buat kami, nasi goreng paling enak yang pernah kami makan (tentu saja) adalah buatan emak yang hampir setiap pagi dihidangkan sebagai menu sarapan. Meski demikian, sembilan rekomendasi kami di bawah ini selain halal rasanya juga tidak kalah enak, dan pastinya wajib anda coba apabila memang tinggal di Medan atau hanya sedang “singgah” sebentar di ibukota Sumatera Utara ini. Ada beberapa warung atau di Medan yang nasi gorengnya di Medan cukup terkenal yang sengaja tidak kami masukkan ke dalam daftar di bawah ini, karena menurut rasanya kurang pas dengan lidah kami.Satu ruko dengan mie hokkian, dari depan kamu bisa liat sebelah kiri jualan kwetiau goreng dan disebelahnya jual mie hokkian.

medan
Nasi Goreng Medan

Mesen mie hokkian bikin tertarik buat pesen kwetiau goreng juga gara2 ngeliatin masaknya seru banget. Disini ga ada menu pasti, kamu boleh request mau nasi goreng, atau di mix seperti yang difoto (kwetiau-bihun/ mie-bihun/ kwetiaua-mie/ dan lain lain). Untuk pilihan masakan juga bisa pake telur ayam/bebek. Masak pekcha (tanpa kecap manis) atau dengan topping seafood, kepiting, dsb. Semua pilihan kamu deh! Hebatnya walaupun rame dan ngantri, ii yang masak tetep bisa hafal pesenan kita yang ribet loh.sebagai salah satu kota besar di Pulau Sumatera, Medan memiliki banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya berbagai tempat wisata untuk berekreasi, Medan juga memiliki berbagai macam tempat kuliner yang menyajikan berbagai jenis kuliner mulai dari kuliner tradisional hingga modern.Nasi goreng yang menjadi salah satu kuliner favorit orang Indonesia juga dapat kamu jumpai di kota Medan.warung nasi goreng satu ini menjadi salah satu kuliner favorit warga Kota Medan. Banyak pengunjung yang rela mengantri untuk dapat menikmati sajian nasi goreng yang lezat di warung makan ini.Dimasak menggunakan tungku arang, membuat bumbu dan nasinya terasa lebih menyatu sehingga menghasilkan cita rasa yang khas. Disajikan dengan telur dadar dan cacahan daging, nasi goreng ini terasa gurih dan pedas.Tekstur nasinya pun terasa pas di lidah, tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras. Tak heran jika banyak warga Medan yang menggemari sajian nasi goreng yang mantap ini.Berlokasi di Jalan Brigjen Katamso, warung nasi goreng yang buka hingga pukul 03.00 dini hari ini menjadi salah satu kuliner malam yang recommended di kota Medan. Nasi goreng yang disajikan di warung ini memiliki cita rasa pedas gurih yang khas.Satu porsi nasi gorengnya dilengkapi dengan telur dadar, acar, kerupuk dan potongan daging sapi. Sajian Nasi Goreng di warung makan ini pastinya bakal menggoyang lidah.kamu dapat menikmati sajian nasi goreng dengan cita rasa masakan khas India. Saat menyantap sajian nasi gorengnya, kamu dapat merasakan aroma rempah-rempah khas India yang begitu menggugah selera.

Penggunan beras langkat dalam sajian nasi gorengya membuat nasinya tidak lengket dan bumbunya begitu melekat pada permukaan nasinya. Tentunya sayang jika melewatkan kuliner nasi goreng ini apalagi jika kamu penikmat kuliner khas India.Satu lagi kuliner Nasi Goreng yang recommended di kota Medan yaitu nasi goreng Wak Ribut. Berada di salah satu jalan yang paling sibuk di Kota Medan, warung ini hampir tidak pernah sepi pembeli.Untuk menyantap nasi goreng di warung makan ini pengunjung harus menunggu agak lama karena nasi gorengnya dimasak dalam porsi besar. Sekali masak, nasi goreng diperuntukkan untuk 50 orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *