Inilah Wisata Kuliner Mojokerto Yang Wajib Anda Coba

Mojokerto merupakan salah satu daerah yang berada di Jawa Timur. Letaknya yang tidak begitu jauh daru kota Surabaya menjadikan Mojokerjo begitu banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tnetu tidak saja karena letaknya yang berdekatan, tetapi juga karena panoroma alam yang begitu membuat mata tidak ingin terpejam. Tentu sebagai masyarakat Indonesia akan bangga berbagai keindahan alam di setiap kota dan juga wisata kuliner mojokerto nya.

Selain dengan kesksotisan alam yang menawan. Mojokerto Juga memiliki wisata kuliner mojokerto khas yang tentu sayang untuk anda lewatkan. Olahan hasil kerja cerdas dari tangan-tangan masyarakat sekitar yang membuat siapa saja enggan untuk pulang. Bagi anda yang pernah berkunjung tentu akan mampu menjelaskan secara detail. Bagaiman dengan yang penuh pernah ke sana. Artikel beikut akan menjawabnya, utamanya berkaitan dengan kuliner khasnya. Rasa yang disajikan memiliki kesepadanan dengan Kuliner khas Surabaya yang membuat anda gila makan.

Onde onde Khas Mojokerto

Kuliner khas pertama ini memang menarik untuk dibahas. Selain karena bentuknya yang bundar dan menggoda untuk disantap. Juga rasa yang didalamnya tidak kalah menarik pula. Terlebih bahan yang digunakan berupa ketan yang terkenal enak. Yang lebih istimewa di dalam onde-onde ini ada kecang hijau dan di luarnya ditaburi oleh wijen. Perpaduan inilah yang akan memanjakan lidah anda. Sangat sayang ketika tidak mencicipinya saat berkunjung ke Mojokerto. Cita rasa yang disajikan memiliki kesamaan mengintip dapur kuliner super lezat khas demak.

Onde onde Mojokerto

Saat berada di Kota Mojokerto, saya browsing di Google tentang alamat onde-onde di Mojokerto. Nah, setelah browsing lalu saya mendapatkan alamatnya yaitu di Jalan Niaga No 21 Mojokerto. Setelah lama mencari alamat itu, akhirnya tiba juga di lokasi. Di tokonya terlihat papan nama Bo Liem perusahaan onde-onde dan keciput.

Namun saya panggil penjualnya tidak muncul muncul. Soalnya saya datang pada sore hari pukul 15.10 WIB. Akhirnya saya tanya ke warga sekitar soal toko onde-onde yang khas. Ternyata dari Jalan Niaga No 21, saya disuruh jalan ke arah timur (klenteng) lalu belok kiri menuju pasar. Di depan pasar terdapat toko Bo Liem juga. Tanpa membuang waktu, saya bergegas masuk ke toko besar itu dan bertanya “Onde-ondenya masih ada?” lalu penjualnya menjawab “sudah habis mas”. Saya semakin heran dengan rasanya mengingat pada waktu itu persediaan onde-onde sudah habis.

Sate Keong Mojokerto

Sate memang sudah menjadi kuliner Indonesia. Namun, apakah anda pernah mencicipi sate keong. Kalau belum segera datang ke Mojokerto karena di sanalah pusat dari sate ini. Keong sebelum dilepaskan dagingnya di rebus dengan air. Sehingga mudah untuk melepaskannya. Setelah itu daging keong ditusuk dengan dan dibakar. Meskipun berbahan dasar hasil laut tentu rasa yang di sajikan juga tidak kalah ciamik. Penasaran rasanya datang ke Mojokerto.

Sate Keong Mojokerto

selain krupuk dan onde-onde, ada juga sate keong atau orang mojokerto biasa menyebut wisata kuliner mojokerto yaitu sate bekicot, sate keong sendiri adalah satu jenis hewan bercangkang yang banyak hidup di persawahan. Untuk mengolah menjadi sate keong pertama kita mengeluarkan keong dari cangkangnya.

Proses pengeluarkan keong dari cangkangnyapertama dengan merebusnya hingga mendidih. kemudian kita mencongkel keong dari cangkangnya. Jika keong sudah keluar dari cangkangnya baru kita dapat menusuknya dengan tusuk sate dan membakarnya diatas bara arang. Maka jadilah sate keong yang lezat jika diberi bumbu sebagaimana umumnya.

Es Gronjongan Majapahit

Es Gronjongan Mojokerto

Munimum khas wisata kuliner Mojokerto ini memang begitu populer di masyarakat. Terlebih di sajikan ketika siang hati. Dijamin tenggorokan akan jauh lebih sejuk. Kesejukan yang akan menjadikan kehidupan anda jauh lebih bersemangat. Tunggu dulu minuman ini terbuat dari agar-agar yang dipotong kacil-kecil, dicampurkan dengan santan kepala, yang direbus dengan daun pandan, sirup dan es batu. Tentu rasa yang disajikan akan membuat tubuh kembali segar. Minuman ini juga cocom ketika dijadikan minuman saat berbuka puasa. Untuk itu, bagi anda ketika ke Mojokerto Wajib mencicipi wisata kuliner mojokerto. Adapuan rasa kuliner enak terkenal ini juga memiliki kesamaan dengan kuliner teristimewa khas bali yang memanjakan lidah anda.

Sambal Wader

Wisata Kuliner Mojokerto berikutnya adalah sambal wader. Sambel ini memang berbada dari sambal pada umumnya karena berbahan dasar ikan wader. Ikan yang banyak ditemukan di sekitar sungai Mojokerto. Cara untuk membuat sambal wader ini juga cukup mudah. Ikan wader yang telah diolah di campur dngan bumbu membuat sambal.  Apalagi keberadaan warung dengan menawarkan menu khas Iwak Wader ini banyak ditemukan di sekitar kawasan Kolam Segaran. Kolam ini merupakan kolam kuno zaman Kerajaan Majapahit.

Sambel Wader Mojokerto

Mitos yang berkembang, Iwak Wader atau ikan kecil yang banyak hidup di Kolam Segaran dan sungai sekitar kawasan tersebut sudah menjadi tangkapan dan dikonsumsi oleh warga setempat untuk menjadi lauk pauk. ”Konon sejak zaman Majapahit, menangkap ikan wader dari kolam Segaran untuk dimakan,” katanya.

Menu masakan di warung ini adalah ikan wader goreng yang diletakkan di atas sambal khas.Nasi wader Trowulan Segaran ini memiliki rasa yang khas dan resep bumbu yang berbeda. Kekuatan rasanya ada pada sambal yang pedas dan segar. Sambal yang disajikan juga sambal segar, sambal yang baru dibuat ketika ada pesanan.

Bumbu sambal berupa cabai, tomat, bawang merah, putih, dan jeruk nipis ditumbuk pada saat masih segar tanpa digoreng. Bumbu sambal mentah itu membuat rasa pedasnya kian mantap saat dipadukan dengan renyahnya ikan wader yang digoreng garing.

Rasa ikan wader dipadukan dengan pedasnya cabai akan membuat siapa saja yang mencicipi terbelalak. Terlebih di makan menggunakan nasi hangat dan lauk tempa dan tahu. Dijamin kegelisahan anda dalam kehidupan akan lupa sejenak. Karena tergantikan keenakan dari sambal wader ini.

Krupuk Upil

Krupuk Upil Mojokerto

Apa yang terlitas dalam pikiran anda mendengarkan nama kuliner ini. Walau sedikti gimana pasti anda pernah mencicipinya. Karena memang kuliner khas Mojokerto ini memang sudah melalangbuana di seluruh Indonesia. Krupuk ini berbahan dasar tepung trigu pilihan. Tidak saja itu, cara mengoreng juga unik karena menggunakan pasir. Tentu akan jauh rendah lemak dan cocok untuk anda yang sedang diet

5 Wisata Kuliner Jember Yang Bikin Anda Ngiler

Jember adalah kota di Jawa Timur letak nya di sebelah timur propinsi Jawa Timur sebelum Kabupaten Banyuwangi. Apabila kamu mengunjungi Jawa Timur, jangan lupa kamu juga mengunjungi kota Jember. Kota Jember mempunyai aneka tempat wisata yang sangat keren,indah serta alami. Jadi jember tak sedikit menjadi favorit tujuan wisata kuliner jember juga. Kamu juga dapat menonton event di Jember yang sangat populer hingga nusantara bahkan international yaitu Jember Fashion Carnaval.

Disamping itu Jember juga mempunyai tak sedikit tempat wisata kuliner jember dengan menu yang lezat serta sangat enak,anda jangan hingga terlewatkan untuk mengunjungi tempat tempat wisata kuliner ini ketika kamu berkunjung ke Jember. Berikut ini berberapa tempat wisata kuliner jember yang wajib anda kunjungi.

Martabak Dan Terang Bulan King

Martabak Terang Bulan King

Bagi pencita wisata kuliner jember yang manis serta nikmat inilah tempatnya di Kota Jember yaitu Martabak & Terang Bulan King, dengan beberapa rasa serta toping menjadi martabak ini enak serta pastinya sangat populer di Jember. Martabaknya beda dari biasanya, menyesal bila kamu sedang berkunjung di Jember tak mengunjungi Martabak & Terang Bulan King ini.

Alamat Martabak & Terang Bulan King : Jln. Karimata no. 50 | samping hotel Royal, Jember 68121, Indonesia Martabak dan terang bulan king ini buka dari jam : 15:00  sampai jam : 22:00

Pia Tape Jember

Pastinya kamu telah tak jarang mendengar kue Pia , tapi pia dari jember ini terbuat dari Tape sebagai bahan dasarnya. Rasanya enak serta legit, pastinya sangat enak ketika di dalam mulut. Pia Tape ini juga meruakan oleh oleh khas kota Jember. Pia yang berwarna cokelat kekuningan kalau digigit langsung terasa rasa manis tapenya serta ada tambahan payau bila rasa keju serta manis bila rasa cokelat alias pisang.Kulit pia-nya juga lembut, nggak terasa rasa tepungnya sebab langsung terlindas rasa dalamnya berupa tape yang telah dicampur gula serta susu.

Pia Tape Jember

Pia tape aneka rasa mulai keju, coklat dan keju. Harga di toko oleh-oleh Rp 13.000 per kotak dengan isi 10 potong pia yang berbentuk kotak selebar 5 centimeter. Pia yang berwarna cokelat kekuningan kalau digigit langsung terasa rasa manis tapenya dan ada tambahan asin bila rasa keju dan manis bila rasa cokelat atau pisang. Kulit pia-nya juga lembut, nggak terasa rasa tepungnya karena langsung terlindas rasa dalamnya berupa tape yang telah dicampur gula dan susu.

Makanan wisata kuliner jember ini telah diproduksi selama dua tahun oleh Anita Andayani yang telah dua tahun berimprovisasi dengan kue pia tape dan kue prol tape sebelumnya. Anita berani memberi label di luar dusnya sebagai pia tape pertama oleh-oleh khas Jember di kemasan yang berwarna kuning itu.

Hasil uji coba Anita berupa tape ini sekarang menjadi ikon baru kue oleh-oleh berbahan tape. Sekarang pia tapenya telah dijual di semua toko oleh-oleh di daerah Jember dan selalu menjadi incaran wisatawan dari luar kota Jember.

Pia tape ini dapat dibeli di jalan Trunjoyo serta Gajahmada Kota Jember.

Roti Bakar Tjiliwoeng Jember

Kali ini, Kabupaten Jember sangat menggugah niat saya untuk kulineran disini. Udah browsing dan cari rekomendasi sana-sini, alhasil tujuan kami kali ini jatuh kepada cafe yang bermenu utama roti bakar. Siapa yang tak kenal olahan roti bakar khas cafe Jember ini. Yasssh, Roti Bakar Tjiliwoeng.

Roti Bakar Tijiliwoeng

Wisata kuliner jember Roti Bakar Tjiliwoeng berlokasi di daerah Jalan Ciliwung, Patrang, Kabupaten Jember Jawa Timur. Tempat ini emang menjadi lokasi favorit untuk nongkrong bersama teman, keluarga, atau pun orang tersayang. Lokasi dari Roti Bakar Tjiliwoeng ini sangat lah strategis, karena berada di pusat kota dan tempat ini selalu ramai dengan pengunjung ya hampir 80% anak muda. Kalo ngerasa masih muda, bisa mampir kesini nih hehehe

Salah tempat kuliner terkenal di Jember yaitu Roti Bakar Tjiliwoeng jember, yang begitu enak untuk bersantai bersama kawan alias keluarga dengan lokasi yang strategis di tengah kota Jember. Roti Bakar Tjiliwoeng menyaapabilan aneka roti bakar dengan opsi tak sedikit menu yang enak serta lezat. Bila kamu sedang berkunjung alias lagi tugas di Kota Jember jangan lupa mengunjungi Roti Bakar Tjiliwoeng.

Alamat Roti Bakar Tjiliwoeng ini berada di Jln. Ciliwung no. 11, Jember 68118

Selain lokasi ini nyaman untuk di jadikan tempat nongkrong, disini juga menyajikan beraneka menu Roti Bakar yang lezat dan memiliki tampilan yang sangat menggoda; diantaranya Roti Bakar Double Berry, Roti Bakar Tuna Mayo, Roti Bakar Greentea, Roti Bakar Double Cheese, Roti Bakar Kitkat, dan masih banyak menu roti yang unik dan lezat lainya. Mau tau menu lainnya seperti apa? langsung aja mampir ke Roti Bakar Tjiliwoeng ya.

Depot Ice Cream Domino Jember

Depot Ice Cream Domino

Bagi kamu penggermar Ice Cream (es krim) , di Jember ada tempat wisata kuliner untuk Es Krim yaitu Depot Es Krim Domino. Depot Ice cream ini telah beroperasi selagi lima puliuh tahun serta di kelola oleh tiga generasi. Rasa es krimnya bermacam-macam, dari cokelat, vanila, buah, stroberi, blueberry, mocca, rainbow, serta rasa lain sampai 40 jenis.

Alamat Depot Ice Cream Domino ini berada di Jalan Trunojo No 40 Jember
Jam Buka pukul 09.30-15.00 serta pukul 17.00-21.00

Pecel Gudeg Walisongo

Pecel Gudeg Walisongo

Pecel gudeg adalah gabungan masakan pecel serta gudeg, yang terdiri dari nasi putih dengan potongan kacang panjang yang disiram dengan bumbu pecel serta diberi tambahn gudeg nangka muda,daging sapi bumbu age, sambal goreng tahu, pecel,peyek serta sepotong tempe goreng. Pecel Gudeg yang populer salah satunya yaitu Pecel Gudeg Walisongo yang terletak di Sultan Agung Gg Walisongo Jember.
Pecel Gudeg Walisongo ini sangat populer serta rame pembeli. Jika kamu ke Pecel Gudeg Walisong harap sabar sebab tak sedikit orang yang antri untuk beli.

Alamat Pecel Gudeg Walisongo Jalan Sultan Agung ( Samping Toko Walisongo) Adapun jam bukanya yaitu jam 06:00 – 12:00

Inilah 3 Wisata Kuliner Ngawi Yang Bikin Anda Tidak Berhenti Makan

Inilah 3 Wisata Kuliner Ngawi Yang Bikin Anda Tidak Berhenti Makan-Jawa Timur dikenal sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki segudang wisata kuliner yang mampu menggugah selera. Hampir semua daerah di Jawa Timur pasti memiliki kuliner khasnya. Salah satu daerah di Jawa Timur yang gak boleh kamu lewatkan sensasi kulinernya adalah Ngawi. Pertama. Kuliner Tepo Tahu. Makanan ini merupakan khas asli dari kota Ngawi dengan tepo tahu berarti tahu lontong tapi cara tampilanya mirip dengan tahu campur dan pembedanya hanya saja tepo tahu ini sedikit berkuah.Kedua. Kuliner Nasi Pecel. Memang dari makanan ini sudah tidak asing lagi, tetapi bagi anda jika berada di Ngawi rugi kalau tidak mencicipi pecel khas Ngawi. Ciri-ciri yang membedakan ialah pada tempelangan daun bambu picuk serta dari bumbu yang kasar nan pedas dan biasanya di sajikan dengan lauk telur asin maupun rempeyek kacang.Ketiga. Kuliner Lethok. Sangat asing bagi anda yang mendengar dari makanan khas Ngawi ini, sebenarnya makanan ini berupa kuah yang kental di tambahkan tempe yang tua atau mendekati busuk, dengan paduan antara jeruk dan kencur untuk membuat aroma. Dan biasanya di sajikan dengan kulit sapi, maupun daging sapi.

Wilayah paling barat Jawa Timur ini ternyata juga memiliki kuliner khas yang tidak banyak diketahui oleh orang. Selain memiliki cita rasa yang begitu nikmat, kuliner-kuliner berikut ini bisa kalian peroleh dengan harga yang ramah di kantong. Ngawi merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur dengan berdekatan dari batas provinsi antara Jawa Timur dan Jawa Tengah, selain itu Ngawi juga terkenal dengan tempat wisatanya yang populer seperti air terjun pengantin. Wisata ini juga sebagai andalan dari masyarakat kota tersebut dengan keistimewaan nama yang membuat daya tarik pengunjung menjadi banyak.

Tidak hanya itu bila anda sedang mengunjungi daerah ini jangan ketinggalan untuk dapat mencicipi wisata kulinernya, apakah anda sudah tahu tentang makanan khas Ngawi ? mengenai dari wisata kulinernya kota ini memiliki andalan tersendiri serta keistimewaan yang bisa membuat pengunjung ingin mencobanya kembali. Nah untuk anda yang ingin mengetahui secara detail tentang makanan kuliner khas kota ini, mari kita bersama-sama menyimak yang dapat penulis informasikan di sini.

Lethok Pecel

Siapa sih yang gak pernah makan wisata kuliner ngawi yang satu ini? Nasi pecel merupakan makanan yang sangat populer di Indonesia. Hampir tiap daerah di Indonesia memiliki kuliner pecel khasnya. Begitupun juga dengan Ngawi. Yang membedakan pecel khas Ngawi adalah adanya Lothek yang biasanya dicampur dengan bumbu pecelnya. Jangan dilihat dari nama makanannya yaa teman, Namanya terkesan agak gimana gituu..hehe. Tapi sebenarnya makanan ini sangat enaka loo. Lothek juga mempunyai nama lain yaitu sambal tumpang. Makanan ini terbuat dari tempe semangit yang dicampur dengan bumbu-bumbu dapur yang sangat nikmat jika disantap. Menu pecel dengan tambahan lethok ini memberikan kekhasan kota bambu yang memang salah satu daerah yang terkenal juga dengan makanan dengan bumbu kacang ini. Disajikan khas dengan pincuk daun jati membuat makanan ini lebih istimewa.

kuliner
Lethok Pecel

Selain rasanya yang maknyus, dengan menjaga budaya menggunakan daun sebagai bentuk penyajiannya, membuat Warung ini pernah dinobatkan oleh Kabupaten Ngawi sebagai Kuliner Terfavorit Khas Ngawi. Warungnya sederhana namun menjaga kondisi ruangannya tetap bersih, sehingga nyaman untuk pengunjung.“Saya hampir setiap mau ke Pasar Ngawi selalu mampir dulu sarapan di sini,” ungkap salah satu pengunjung yang mengaku dari Desa Ngancar ini.Lanjutnya, rasanya yang pas membuat warung ini selalu ramai oleh pengunjung. Berbagai kalangan terlihat memadati warung ini setiap pagi.Sementara itu pengunjung lain dari Karangtengah yang datang bersama istrinya jika ke tempat ini selalu memesan nasi pecel lethok lengkap dengan daging sapi yang ada di lethok.

Tempe semangit sendiri adalah tempe yang sudah dibiarkan busuk terlebih dahulu sebelum dibuat Lothek. Makanan ini biasa dihidangkan pedas sehingga cocok untuk teman yang suka yang pedas-pedas.Lothek juga mempunyai nama lain yaitu sambal tumpang. Makanan ini terbuat dari tempe semangit yang sudah dibiarkan busuk terlebih dahulu. Tempe tersebut lalu dicampur dengan bumbu-bumbu dapur yang sangat nikmat jika disantap.

Tepo Tahu

Makanan khas Ngawi yang satu ini memiliki keunikan tersendiri yakni terletak pada penggunaan tepo dan tahu telur pada bahan dasarnya. Tepo merupakan makanan yang terlihat sama seperti lontong, hanya saja bentuknya beda dan teksturnya lebih lembut. Sedangkan tahu telurnya terbuat dari tahu yang dicampur dengan telur dan digoreng. Makanan ini sudah lama dan menjadi turun-temurun di Ngawi. Makanan ini sebenarnya adalah nasi lontong jika di daerah lain. Tepo Tahu mudah ditemukan di daerah Ngawi disekitar jalan raya Ngawi.

kuliner
Tepo Tahu

Tepo Tahu ini biasanya disajikan dengan kuah yang memiliki bahan dasar cukup unik dan sederhana, hanya menggunakan kecap, air asam jawa dan bumbu halus lainnya. Walaupun terbilang sederhana, kuah Tepo Tahu ini memiliki rasa dan aroma yang khas sehingga dapat menggugah selera. Tepo Tahu adalah makanan tradisional yang terdiri dari bahan dasar tepo, tahu dan aneka bahan tambahan lainnya. Makanan ini sekilas terlihat hampir mirip dengan lontong tahu atau kupat tahu, namun memiliki penyajian dan rasa yang sangat khas. Tahu tepo ini merupakan salah satu makanan tradisional dari Ngawi, Jawa Timur. Salah satu ciri khas dari Tepo Tahu ini adalah penggunaan tepo dan tahu telur pada bahan dasarnya. Tepo ini merupakan makanan seperti lontong, hanya saja bentuknya beda dan teksturnya lebih lembut. Sedangkan tahu telurnya terbuat dari tahu yang dicampur dengan telur dan digoreng. Selain itu kuah Tepo Tahu ini cukup unik dan sederhana, karena hanya menggunakan kecap, air asam jawa dan bumbu halus lainnya. Walaupun terbilang sederhana, kuah Tepo Tahu ini memiliki rasa dan aroma yang khas sehingga dapat menggugah selera kita.

Ledre Ngawi

Tidak hanya di Ngawi, Ledre juga bisa kalian temui di Bojonegoro. Makanan ini muncul sudah begitu lama. Walaupun ditemukan dibeberapa tempat yang berbeda, tetapi Ledre dari Ngawi ataupun Bojonegoro mempunyai ciri khas sendiri dari tampilan dan rasanya. Saat ini Ledre sudah mempunyai banyak variasi dalam pembuatannya. Ledre juga merupakan makanan khas Bojonegoro sebenarnya. tetapi di Ngawi makanan ini juga sebagai makanan khasnya. Makanan ini muncul sudah begitu lama. Masing-masing Ngawi dan Bojonegoro mempunyai ciri khas sendiri dari tampilan dan rasanya juga karena sekarang Ledre sudah mempunyai banyak variasi dalam pembuatannya. Silahkan dicoba Ledre khas Ngawi jika penasaran yaa.Makanan Khas Ngawi – Kamu pasti tahu kan Ngawi itu dimana? Ngawi adalah salah satu kota yang ada di Jawa Timur, Indonesia.

kuliner
Ledre

Selain memiliki destinasi wisata yang  wisata kuliner ngawi yang menarik untuk di kunjungi, Ngawi juga mempunyai ciri khas lainnya. Jual Paranet Eceran. Salah satu ciri khas Ngawi terdapat pada makanannya, ya buat kamu yang belum tahu atau yang ngaku orang dan asli lahir di Ngawi pastinya sudah pernah mencicipi dan merasakan enaknya makanan khas Ngawi yang sudah ada dari nenek moyang terdahulu.Bumbu-bumu yang terkandung dan digunakan dalam makanan khas Ngawi adalah recikan bumbu yang jarang sekali digunakan orang karena racikan yang digunakan juga adalah racikan turun temurun. Selain racikannya yang beda pilihan bahan untuk dijadikan bumbu juga harus yang berkualitas tinggi. Jika sedang berkunjung ke sebuah kota rasa-rasanya kurang lengkap jika tidak membawa oleh-oleh khas daerah tersebut. Salah satu makanan yang populer yaitu Ledre. Mendengar nama Ledre tentu terasa cukup asing bagi orang awam. Namun, bagi warga kota Lamongan, Tuban, Gresik, dan sekitarnya, nama Ledre sudah tak asing lagi. Ledre adalah nama panganan khas daerah Bojonegoro — Jawa Timur yang terbuat dari pisang raja.

Pangganan berupa kue ringan ini berbentuk gulungan seperti seperti kue stick, astor atau semprong. Panjang ledre sekitar 20 cm. Dengan warna cokelat yang menggoda, rasanya cukup manis dengan cita rasa dan aroma pisang. Bahan dasar membuat kue Ledre ini terdiri dari tepung beras, pisang raja, santan, gula pasir, telur dan minyak kacang. Namun, banyak juga pembuat kue Ledre menggunakan pisang jenis lainnya. Ada juga yang menggunakan dasar tambahan berupa waluh.

Inilah 3 Wisata Kuliner Bondowoso Yang Sangat Hits

Inilah 3 Wisata Kuliner Bondowoso Yang Sangat Hits-Di Bondowoso Lagi Hits Wisata Alam seperti pantai dan air terjun, Wisata Anak seperti pemandian atau wahana permainan anak, Wisata Edukasi seperti bisnis bisnis lokal yang inspiratif, Wisata Sejarah seperti candi atau bendungan. Sekali lagi saya katakan bahwa memang kota Bondowoso kaya sekali akan Destinasi wisatanya yang indah dan alami.

Jika anda mendengar kota Bondowoso kota ini sangat identik dengan lagu dangdut. yang menjadikan ciri khas keindahan wisata kota Bondowoso tersebut. Bahkan saking indahnya wisata di Bondowoso mampu menarik para selebritis untuk menggunjungi keindahan wisata Bondowoso yang sudah terekspose di dalam dan di luar negeri. Suasana Alam Kota Bondowoso bisa di bilang masih belum banyak di eksplorasi oleh para ahli, sehingga masih banyak kekayaan alam yang masih tersembunyi.

Yang mau lihat Daftar tempat wisata di kota Bondowoso yang lagi hits lengkap sambil jalan santai, ini ada destinasi wisata baru di Bondowoso . Asyiknya tuh terasa seperti di kampung pelosok Nusantara beneran. Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal, pengrajin dan musisi tradisional. Bagusnya lagi semua dibungkus dalam kronologi sejarah masa lalu hingga masa depan. Jadi bangga deh menjadi penduduk asli indonesia yang punya kebudayaan yang kaya begini. Kayaknya kita diingatkan kalau Indonesia akan cepat maju jika berani mengembangkan kebudayaan sendiri.

Bondowoso merupakan destinasi wisata dunia yang di akui memiliki keindahan alam dan budayanya yang unik. keindahan pantai pantai di Bondowoso pun menjadi pantai terindah di indonesia bahkan di dunia seperti berikut ini : Wisata Kerajinan Kuningan, Pegunungan Hyang, dan Air Terjun Belawan Bondowoso . Biasanya para wisatawan berkunjung itu ingin melihat keindahan objek wisata pantai dan ingin mengabadikan keindahan sunrise dan sunset. Tak heran objek wisata pantai sangat ramai di penuhi para wisatawan lokal dan mancanegara terutama pantai yang terdapat di kota Bondowoso.

Selain pantai di kota Bondowoso terkenal akan sungai dan air terjunnya yang bagai oase di padang pasir bagaimana bisa kalian tidak makin cinta dengan negeri yang kaya akan keindahan alam ini. Sudah sewajibnya kita bersyukur akan nikmat keindahan wisata alam kota Bondowoso. diantara air yang jernih beserta udaranya segar belum tercemar yang mampu menghilangkan rasa lelah setelah sibuknya aktivitas sehari hari. Inilah wisata kota. Bondowoso yang wajib kita jaga dan lestarikan keindahannya.

Nasi Bondowoso

Perjalanan wisata kuliner Bondowoso kali ini kita awali dari Jalan Hi. Abdul Jalil di Rumah Makan Nasi Bondowoso. Sekilas kuliner ini hanyalah nasi dan lauk pauk biasa namun rasanya ternyata berbeda setelah kita cicipi. Makanan ini disajikan dengan sayur serta lauk pauk lengkap yang tentu saja sangat lezat karena bumbu-bumbunya dibuat dari rempah tradisional. Bondowoso menyimpan banyak sekali kuliner daerah yang wajib dicicipi. Salah satunya adalah Nasi Mamong yang berada di ODL Resto & Cake di Jalan Santawi No 11, Bondowoso. Tak hanya khas, kuliner yang satu ini pun memiliki cerita panjang bagi penduduknya.Nasi dengan bentuk seperti ujung tumpeng setinggi sekitar 10 cm ini jadi penganan khas nan nikmat yang layak anda coba ketika berada di Bondowoso. Mamong adalah kata dari bahasa madura yang berarti “bingung”. Menurut orang Bondowoso, penamaan Nasi Mamong adalah karena proses pembuatannya yang cukup lama, dan membuat para pembelinya bingung. Karena proses pembuatannya membutuhkan waktu sehari semalam, mulai dari memasak nasi sampai matang, nasi dianginkan, dibungkus, dan dikukus lagi supaya awet.

kuliner bondowoso
Nasi Bondowoso

Proses pertama buat nasi gurih dengan campuran santan, daun salam, sereh, dan daun jeruk. Isi Nasi Mamong ada ayam, kemangi, teri, dan daun singkong yang dioseng dan kemudian Nasi Mamong dikukus. Penggunaan daun singkong ternyata ada maksudnya, yaitu melambangkan hasil bumi asli dari Bondowoso, yaitu singkong. Kini untuk isian nasi mamong bisa bebas, biasanya sesuai dengan cita rasa daerah masing-masing. Seperti ada daerah yang membuat Nasi Mamong dengan keong dan pare.Usai proses yang panjang, selama dua jam pembuatan, jadilah Nasi Mamong. Nasi Mamong sebenarnya mirip dengan nasi bakar. Bedanya Nasi Mamong lebih padat karena mengalami proses pengukusan, dan kemudian dibakar. Hal yang paling menonjol dari Nasi Mamong justru sambal pelengkapnya. Jika anda penyuka makanan pedas, sambal Nasi Mamong mantap pedasnya.

Inspirasi membuat Nasi Mamong berasal dari tradisi di pedesaan di mana orang yang mau berpergian jauh suka membawa bekal. Dari nasi yang panas, diangin-anginkan kemudian dibungkus berbentuk silinder dengan daun pisang dan diikat menggunakan tali bambu baru terakhir dikukus. Hal itu membuat nasi jadi tak mudah basi.Kemasannya yang tradisional dan bentuknya yang menarik seperti kerucut membuat Nasi Mamong ini mudah untuk dipasarkan dan dibawa saat perjalanan. Mendampingi Nasi Mamong ada minuman Tapai Ngambeng yang hampir punah tergeser oleh minuman modern. Minuman ini adalah campuran tapai, air kapur, dan air gula yang disajikan dingin. Di ODL Resto dan Cafe, Nasi Mamong dijual dengan harga Rp 9.000.

Bakso Solo Kencana

Selain Bakso Malang, Bakso Solo termasuk sajian yang cukup familiar bagi pemburu kuliner. Di Bondowoso sendiri terdapat tempat wisata kuliner yang konon menyediakan Bakso Solo paling enak yaitu “Bakso Solo Kencana”. Saat menyambangi Kota Bondowoso tidak ada salahnya mencicipi kuliner Bakso Solo disini. Baksonya lebih kenyal, lembut, tidak eneg, dan yang pasti halal. Kuahnya juga sangat gurih hingga tetes terakhir. Bondowoso merupakan salah satu daerah yang berada di dalam kawasan provinsi Jawa Timur. Memang nama Bondowoso tak terlalu populer seperti nama kota Surabaya. Akan tetapi daerah ini merupakan daerah dengan ketenangan dan keindahan alam yang sangat menggoda.

kuliner bondowoso
Bakso Solo Kencana

Bondowoso sendiri terdapat banyak objek wisata yang sangat menarik kita nikmati.Selain kaya dengan objek wisatanya yang sangat indah, Bondowoso juga kaya akan ragam wisata kulinernya. Aneka wisata kuliner pedas, gurih, asin atau semacamnya dapat kita nikmati di Kota Tape ini. Ya, Bondowoso memang sangat terkenal dengan tapenya. Namun selain tape, berikut ini akan kami uraikan beberapa wisata kuliner menarik dan nikmat yang sangat cocok kita jadikan pilihan ketika berada di kuliner Bondowoso.Ketika melakukan sebuah perjalanan wisata kuliner bondowoso, memang akan kurang rasanya jika tidak melakukan pemburuan wisata kuliner. Banyak wisata kuliner Bondowoso yang sangat menarik kita cicipi. Yuk simak apa saja wisata kuliner khas Bondowoso yang terkenal dan memiliki cita rasa istimewa.

Warung Mama Ra

Berikutnya kita coba singgah di tempat wisata kuliner Bondowoso lainnya yaitu Warung Mama Ra, tepatnya di Jalan Mastrip. Warung makan ini cocok buat siapa saja yang menginginkan menu kuliner yang bervariasi. Ini karena Warung Mama Ra menyediakan makanan khas yang biasa dimasak sehari-hari seperti masakan Jawa, Nasi Campur, Sayur Lodeh, Rujak Solo, Nasi Rawon, Sate, Soto dan Dadar Jagung sebagai menu andalan. Selain itu juga tersedia aneka minuman seperti teh, kopi, air mineral dan soft drink.

kuliner bondowoso
Warung Mama RA

Inovasi dari semangkuk bakso bisa kamu lihat dan rasakan di Big Bakso Family yang berlokasi di wisata kuliner bondowoso. Kota hujan ini memang menyimpan banyak kuliner unik dan kadang jadi pionirnya ya contohnya si bakso beranak ini. Kalau dulu kamu hanya bisa mencoba bakso tenis yang isisnya telur sekarang kamu bisa mencicipi bakso beranak yang isisnya bakso kecil-kecil, telur, dan kadang ada tetelannya juga. Kayaknya kamu perlu bantuan orang lain ketika menikmati semangkuk bakso beranak Big Bakso Family yang beralamat di daerah Kertamaya. Bakso makanan yang satu ini paling susah untuk ditolak apalagi saat hujan turun. Semangkuk baso dengan kuah gurihnya bisa mengusir dingin saat hujan tiba. Makanan sederhana ini sekarang sudah banyak versi dan kamu wajib mencoba nih. Bakso paling unik bisa kamu temui di 9 warung baso berikut ini. Sudah siap untuk mencoba. Kalau kamu enggak bisa makan bakso yang berukuran besar-besar berarti kamu cocok mencicipi bakso kerikil khas Magelang. Bakso Kerikil Pak Bendot ini sudah terkenal banget karena keunikan baksonya plus rasanya yang serba pas mulai dari basonya sampai kuahnya. Dalam satu mangkuk bakso kamu bisa menemukan puluhan bakso berukuran imut-imut. Walaupun imut-imut rasa bakso kerikil Pak Bendot ini full sama rasa daging

Wisata Kuliner Bangkalan Yang Wajib Kalian Cicipi Ketika Perut Kalian Kelaparan

Wisata Kuliner Bangkalan Yang Wajib Kalian Cicipi Ketika Perut Kalian Kelaparan- Kalau kamu pernah mengunjungi Madura, tentunya kamu tak akan absen untuk mengunjungi salah satu kabupaten di Madura yang satu ini. Namanya adalah Kabupaten Bangkalan. Kabupaten ini terletak di ujung paling barat Pulau Madura, berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Sampang di timur serta Selat Madura di selatan dan barat.

Sejak diresmikannya Jembatan Suramadu, Kabupaten Bangkalan ini menjadi gerbang utama Pulau Madura serta menjadi salah satu destinasi wisata pilihan di Jawa Timur, baik dari keindahan alamnya, budaya,serta wisata kuliner bangkalan.

Sate Madura

wisata kuliner di bangkalan yang pertama akan dibahas adalah Sate Madura. Siapa yang tidak kenal dengan penganan yang satu ini. Jika berbicara tentang sate, maka semua orang pasti tertuju pada sate Madura tersebut.

Sate Madura

Bahan sate yang digunakan cukup beragam, ada yang terbuat dari daging ayam, daging sapi atau daging kambing. Sedangkan untuk bumbu sate tersebut, terbuat dari bahan kacang, kecap, yang ditambah dengan beberapa jenis bumbu lainnya.

Daging yang telah dipotong kecil-kecil akan ditusuk menggunakan bambu berukuran kecil, kemudian dipanggang di atas bara api, setelah setengah matang, kemudian diolesi bumbu kemudian dipanggang kembali.

Setelah matang angkat, dan tuangkan bumbu di atas sate tersebut. Makanan yang satu ini paling enak jika dikonsumsi selagi hangat bersama lontong.

Bebek Songkem

 wisata kuliner bangkalan lainnya adalah bebek Songkem. Seperti namanya, maka bahan dasar untuk membuat panganan ini adalah bebek. Bebek yang telah dibersihkan, kemudian diberi bumbu tertentu, kemudian ditelungkupkan, dan dikukus menggunakan daun pisang.

Bebek Songkem

Setelah matang, angkat bebek tersebut dari kukusan, dan sajikan. Rasa dari panganan yang satu ini, tidak kalah menarik dan enak dibandingkan dengan bebek bakar atau juga bebek goreng. Untuk memperoleh makanan yang satu ini tidak sulit.

Karena panganan yang satu ini ada di beberapa restoran atau rumah makan di daerah Madura. Bebek Songkem paling nikmat jika disajikan bersama sambal, lalaban dan nasi yang masih hangat.

Soto Madura

Selain sate, wisata kuliner bangkalan lainnya yang cukup terkenal dari daerah ini adalah Soto Madura. Hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai kuliner dari jenis soto, namun masing-masing daerah mempunyai cita rasa serta bahan yang berbeda untuk soto tersebut.

Soto Madura

Demikian pula dengan Soto Madura, jenis soto yang satu ini juga cukup khas, kuahnya menggunakan bahan kemiri. Sehingga warna kuah menjadi kuning keruh, dengan aroma yang cukup khas.

Bahan dasar untuk membuat soto Madura ini adalah ayam, yang ditambah dengan bumbu lainnya. Kuliner ini akan terasa nikmat jika disantap dengan nasi hangat, serta diberi taburan bawang goreng dan juga ketang yang diiris tipis kemudian digoreng.

 Lorjuk

Lorjuk ini sendiri adalah salah satu wisata kuliner bangkalan jenis kerang, yang memiliki cangkang seperti bambu. Di Madura sendiri, kerang yang satu ini dapat dijadikan berbagai macam camilan, mulai dari rangginang lorjuk, tumis lorjuk, lorjuk goreng, dan aneka penganan lainnya, yang pasti bahan utama yang digunakan adalah lorjuk tersebut.

Lorjuk

Untuk menemukan kerang yang satu ini, masyarakat Madura, biasanya memanfaatkan laut yang sedang surut. Ketika sedang surut inilah biasanya kerang tersebut, terjebak di dalam sedimen laut. Dengan menggunakan perlengkapan yang sederhana, binatang yang satu ini dapat ditangkap. Untuk masalah rasa, kerang yang satu ini memiliki cita rasa yang gurih, dengan sedikit rasa amis.

 Topak Ladhe Bangkalan

Penganan yang bernama Tokak Ladhe ini adalah salah satu wisata kuliner bangkalan yang biasanya ada pada saat hari raya Idul Fitri, tepatnya pada saat hari raya ketupat. Topak Ladhe ini sendiri terdiri atas irisan daging, jeroan sapi dan juga telur.

Topak Ladhe

Untuk jeroan sapi, biasanya diganti dengan daging ayam. Selain berbagai macam bahan daging ada juga potongan kacang panjang, dan potongan pepaya muda yang telah dikukus sebelumnya.

Cara menyajikan kuliner yang satu ini adalah dengan menyajikan potongan ketupat di atas piring, kemudian berbagai macam daging, aneka sayur, kemudian disiram menggunakan kuah topa ladhe. Sebagai pelengkap, dapat juga disajikan dengan bubuk jagung halus atau sambal urap manis.

 Tajin Sobih Bangkalan

Tajin sendiri adalah istilah untuk kuliner berjenis bubur, sedangkan nama Sobih adalah nama salah satu desa kecil yang ada di kabupaten Bangkalan Madura. Kuliner yang satu ini biasanya dijajakan oleh para ibu-ibu berusia lanjut, dengan cara ditanggung di atas kepala, dan dijajakan berkeliling.

Tajin Sobih

Kuliner yang satu ini terdiri atas berbagai macam isian, ada yang mirip dengan bubur sumsum, dan jenis lainnya. Panganan tersebut kemudian disimpan di atas daun pisang, kemudian diberikan kuah gula merah. Rasa dari panganan ini adalah manis dan gurih. Biasanya selain tajin, panganan lain yang juga dijajakan adalah lopes dan juga Cetter.

 Nasi Serpang

Nama nasi Serpang sendiri mungkin masih aneh bagi kebanyakan orang, namun tidak bagi masyarakat Madura, terutama yang berada di kawasan Bangkalan. Jika dilihat selintas, kuliner yang satu ini mirip dengan nasi camur pada umumnya.

Nasi Serpang

Namun ada yang membedakan antara kuliner ini dengan nasi campur lainnya, yaitu campuran lauk pauk, dan kuah yang digunakan. kuliner yang satu ini terdiri atas nasi hangat, kerang, telur asin, dendeng sapi, pepes tongkol udang, mie soun, tahu, kerupuk kulit yang dicampur dengan kuah santan, rempeyek kacang, dan yang tidak boleh ketinggalan adalah sambal terasi.

Biasanya kuliner yang satu ini akan dibungkus oleh daun pisang. Kuliner yang satu ini banyak dijajakan di kawasan Bangkalan.

 Kaldu Kokot

Nama penganan yang satu ini memang cukup unik, yaitu kaldu kokot. Selain namanya yang unik, campuran bahan yang satu ini juga cukup unik. Kokot sendiri dalam bahasa Jawa artinya tulang sapi, itu artinya bahan utama panganan yang satu ini adalah tulang sapi yang lengkap dengan sumsumnya.

Kaldu Kokot

Tulang sapi tersebut kemudian dimasak sedemikian rupa menggunakan bumbu tertentu. Untuk kuah, panganan yang satu ini juga menggunakan berbagai macam rempah, dan tidak lupa menambahkan kacang hijau.

Ini yang membuat penganan ini menjadi unik, dan mempunyai cita rasa gurih. Cara makan kuliner yang satu ini adalah menggunakan irisan lontong atau nasi yang masih han

Rujak Corek Khas Madura

Menyantap rujak ketika siang hari, tentu rasanya sedap. Namun ada yang unik dengan rujak yang ada di kawasan Madura ini. Rujak yang satu ini disebut dengan rujak Corek. Nama ini diambil, berdasarkan cara membuat rujak tersebut. Bahan utama dari rujak tersebut adalah mentimun.

Rujak Corek

Mentimun yang telah dicuci hingga bersih, kemudian dikupas kulitnya. Bagian dalam yang lembut kemudian “dicorek” atau dikeruk, dan dicampur dengan bumbu khusus yang ada di dalam cobek. Setelah diaduk rata dengan bahan bumbu, kemudian bumbu tersebut, dimasukkan ke dalam mentimun yang telah dikeruk dalamnya.

Sedangkan cara mengkonsumsinya adalah dengan menggigit sekaligus menyeruput kuah yang ada di dalam mentimun.

Soto Mata Sapi

Bagi Anda yang menyukai kuliner ekstrem, atau ingin menccipi kuliner unik, tidak ada salahnya jika mencicipi makanan khas Madura yang satu ini. Seperti namanya, kuliner yang satu ini menggunakan mata sapi yang masih utuh, lengkap dengan tulangnya.

Soto Mata Sapi

Untuk kuah, soto ini, menggunakan bumbu tertentu. Cara menyajikannya adalah dengan, menggunakan nasi hangat, irisan daging sapi, dan disiram kuah soto mata sapi. Untuk rasa, kuliner yang satu ini, gurih dan hangat. Karena ditambah sambal yang sedikit pedas.

  • Wow!! Enak enak bukan wisata kuliner bangkalan nya? wisata kuliner bangkalan ini adalah Wisata kuliner ciamis yang harus kita banggakan dan harus kita jaga karena sekarang kebanyakan wisata kuliner bangkalan ini sudah diolah lagi oleh orang orang indonesia dan terjamin. Jadi bagi teman teman jika berkunjung di suatu tempat wisata kuliner menjadi wisatawan yang sangat peduli dan ramah terhadap lingkungan, dengan cara membuang sampah ditempat nya dan bertindak sesuai adabnya ya.
  • Sangat senang sekali sudah dapat mengisi waktu sebentar anda untuk melihat artikel wisata kuliner bangkalan Sekian dulu ya dari kami, kami akan hadir untuk anda lagi, jadi jangan lupa ya coment gimana sih wisata kuliner bangkalan ini.

Sekian dulu dari kami, terima kasih telah membaca artikel wisata kuliner bangkalan. Jika ada salah penulisan kami minta maaf yang sangat besar. Yakkk dahh teman teman, sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya….

BY: Husein Dong

Makanan Khas Magetan yang Wajib Kamu Coba

Ayam Panggang Bu Setu Gandu

Makanan khas magetan yang wajib kamu coba bentuk restorannya berupa lesehan. Saat kami datang sedang mati lampu, namun restoran ini memiliki generator jadi tidak harus makan dalam kegelapan. Harga tidak diinfokan di awal karena pelayan langsung bertanya “ada berapa orang, beli berapa paket, serta minum apa apa  jadi tidak ditunjukkan menu. Namun tidak perlu khawatir, harganya tergolong ekonomis dengan apa yang didapat.

Ayam Panggang Bu Setu Gandu

Dalam 1 paket, akan mendapat : 1 ekor ayam yg dibagi menjadi 8 potong dengan opsi bumbu bawang atau rujak (pedas), 1 bakul besar nasi, lalapan, lodeh, semacam kacang-kacangan, sambal. Perlu dinote bahwa porsi nasi sangat besar. Saya rasa restoran ini makanan khas magetan yang wajib kamu coba  sangat cocok dikunjungi oleh rombongan namun kurang sesuai untuk solo traveller ini salah satu yang menarik di magetan yaitu wisata kuliner ayam panggang gandu.

Ayam kampung arab yang digunakan jadi besar dan sangat empuk dibalut bumbunya yang kuat dan lalapan sayuran yang menggoda selera. Lezat dan enak masakannya. Ayam panggang dipadu dengan samba yang maknyuss sangat cocok. Salah satu langganan makanan khas magetan yang wajib kamu coba sejak dulu kalo ke Magetan.Di Kabupaten Magetan Jawa Timur , tepatnya di kecamatan Karangrejo ada satu desa yang rata 2 penduduknya mempunyai usaha kuliner yaitu Ayam Panggang.

Tepatnya di desa Gandu. Letaknya diantara Madiun dengan Ngawi . Ayam panggang dari Sentra Industri Ayam Panggang itu sudah banyak dikenal. Baik pecinta kuliner dari sekitar Karesidenan Madiun ataupun dari pecinta kuliner dari makanan khas magetan yang wajib kamu coba  kota lain. Bahkan disaat ada acara pemerintah kota Magetan , Ayam Panggang Gandu ini dijadikan sajian khas dari kota Magetan. Disalah satu tempat itu ada yg jadi jujukan penikmat kuliner yaitu Ayam Panggang Bu Setu .

Warung Nasi Pecel Bu Parti

Rasa enak dan harganya cukup murah lokasi dekat terminal maospati ye arah magetan. Walaupun tempatnya agak kecil dan tidak terlalu banyak tempat duduknya. Tapi sayang apabila dilewatkan. Antri sedikit tidak masalah. Rekomendasi saya makanan khas magetan yang wajib kamu coba  ayam bakarnya. Ukurannya cukup besar dan matangnya merata sangat cocok terutama bagi.pecinta masakan jawatimur yang dominan asin.

Warung Nasi Pecel Bu Parti

Karena masuk diperkampungan. tetapi jaman sekarang tidaklah terlalu susah sudah ada gps / maps. tetapi memang saya rasa juara untuk ayam panggangnya. Yang beda dari pecel lainnya, pecel Bu Parti mengandalkan daun hijau dari sawi, bukan bayam atau kangkung. saya suka di sini karena pecel salah satu hidangan favorit dan banyak sayuran. selain makanan khas magetan yang wajib kamu coba  itu banyak pilihan lauk seperti ikan goreng (wader, tuna, bandeng), aneka bagian ayam kampung, perkedel jagung, tahu, tempe, lentho, etc.

Pelayanan cepat dan ramah. Harga pun terjangkau, warungnya bersih. Saat ini sudah ada beberapa cabang.Berkunjung ke Magetan tidak lengkap jika tidak mencoba makan nasi pecel Bu Parti. Nasi Pecel merupakan makanan khas di Kab. Magetan. makanan khas magetan yang wajib kamu coba  Pengunjung bisa menikmati nasi pecel dengan berbagai aneka lauk, ada telur dadar, telur bumbu kare, iso, babat, ati, ayam goreng, bakwan, tempe goreng dll.

Selain Nasi Pecel, di Warung Bu Parti juga menyediakan nasi Sayur Lodeh, dan Bubur Kare. Makan Nasi Pecel paling pas dilengkapi dengan Peyek, Lempeng (Krupuk Puli), Tempe Tepung goreng ditambah telur plus teh hangat, dimakannya pas makanan khas magetan yang wajib kamu coba  pagi hari. Dijamin Maknyus Salah satu warung nasi pecel yang legendaris, rasanya konsisten dan terjaga cita rasanya. Banyak pilihan lauknya. Selain pecel,

Ada makanan khas magetan yang wajib kamu coba  pilihan sayur lodeh, nasi kare ayam, nasi lalapan, sayur asem, sayur bening, wader goreng. Rasa pecelnya mantab dan pedas. Pilihan lauknya banyak, ayam goreng, wader, rolade, garang asem ayam, dll. Sebagai alternatif untuk sarapan pagi. Pecelnya enak. Bumbu cenderung manis. Apalagi jika dimakan bersama daging sapi cacah yang berbentuk seperti bistik. Harga murah.

Sop Buntut & Es Teler Jeng Sri

Menu favorite setiap bersantap disini selain ayam goreng kampung adalah sop buntut. Untuk dessert bisa juga dicoba es teler. Untuk harga sebanding dengan rasa. Fasilitasnya ada wifinya dan ownernya ramah. Aku datang kesini karena ada rekomendasi dari makanan khas magetan yang wajib kamu coba  teman, bahwa yang menarik di sini adalah sop buntut. Kami mencoba, ternyata enak. Salah 1 kuliner yg jadi favorit saya di Magetan. Menu Murah untuk ukuran Sop Buntut. Rasa Top Recomended.

Sop Buntut & Es Teler Jeng Sri

Depot ini menyediakan olahan sop buntut yang enak dengan potongan sayur yang besar. Jika biasanya sayur dalam sop buntut makanan khas magetan yang wajib kamu coba  dipotong kotak kecil, maka di sini sayurannya hanya dipotong menjadi 2 bagian sampai kaget pas lihat ukuran kentang dan wortelnya yang lumayan jumbo Selain sop buntut, depot ini juga menyajikan aneka penyetan baik tempe penyet, tahu penyet dan ayam penyet. oia, tempe gorengnya enak banget sampe habis banyak hahaha.

Setu ini menyajikan ayam kampung yang dipanggang dengan arang, ini pertama kalinya saya melihat ayam dipanggang dengan cara ini, mungkin makanan khas magetan yang wajib kamu coba  untuk mempertahankan rasanya. Selain itu, ukuran ayam panggangnya sangat besar menurut saya, cukup untuk dimakan sampai dengan 5 orang atau sekeluarga, ayam menggunakan ayam kampung. Ada rasa original atau bumbu pedas yang bisa dipilih.

Harganya pun cukup premium tapi tergolong murah untuk ukuran ayamnya, yakni 85 ribu per ayam terakhir kali ke sana sudah plus urap dan makanan khas magetan yang wajib kamu coba  lalapan. Overall, recommended walaupun harus masuk ke gang dan perkampungan warga, makannya pun lesehan.Desa Gandu berlokasi di tepi jalan nasional antara Madiun – Ngawi lewat Maospati. Kira2 lima kilometer setelah pertigaan kearah Magetan.

Ayam bakar bumbu rujak dan ayam bakar makanan khas magetan yang wajib kamu coba  polosnya mempunyai rasa yang khas. Disajikan secara lesehan di dalam rumah Bu Setu dengan bahan ayam kampung, menu ini patut dicoba kalau ada keperluan disekitar Madiun, Ngawi dan Magetan. Lokasi dari Ngawi arah Magetan berada di kanan jalan masuk lurus dan belok kanan,dapat tanya warga sekitar.Lokasinya sederhana rumah biasa dengan duduk lesehan.

RM Hargo Dumilah

Masakan di sini ternyata enak enak terutama saya yang makanan khas magetan yang wajib kamu coba  paling suka adalah gurame bakarnya..nikmat skali. Rasa tetap konsisten, tetap enak, harga tetap murah. Sangat nyaman. Cocok untuk makan bersama dengan keluarga. Tempatnya mudah dicari karena berada di jalan raya sarangan. Suasananya menyenangkan, terdapat kolam dibagian belakang. Pengunjung dapat memberi makan ikan.

RM Hargo Dumilah

Untuk rasa lumayan enak dan harga relatif murah. Terletak di pusat kota Magetan. Anda dapat menemukannya di Magetan – Sarangan Roadway. Cocok untuk makanan khas magetan yang wajib kamu coba  makan siang bersama keluarga, atau mitra bisnis. Menu-menu berisi ikan, lalapan, ayam, dan banyak minuman. Makanannya enak dan murah. Kita bisa makan dan menikmati udara segar pegunungan. Menu bakso yang ditawarkan sangat enak, kual kaldu terasa gurih dan baksonya juga enak.

Tempatnya cukup luas jadi nyaman dan leluasa untuk makan makanan khas magetan yang wajib kamu coba  di tempat menu rujak cingur yang disajikan di rumah makan ini sangat enak dan segar, perpaduan rasa pedas dan bumbunya pas. selain itu terdapat juga menu lain yang tidak kalah enaknya, jangan lupa untuk coba menu rawonnya mantap.

Walaupun tempatnya tidak tepat di pinggir jalan namun mudah diakses dengan kendaraan roda empat. Harga sangat terjangkau dan masih banyak menu yang makanan khas magetan yang wajib kamu coba  tersedia di sana sebagai pendamping ayam panggang. Ada urap-urap , bothok. Bila anda berkunjung ke sekitar daerah Karesidenan Madiun atau Magetan kurang lengkap apabila belum mencoba Ayam Panggang dari Sentra Industri Ayam Panggang Gandu di Kecamatan Karangrejo kab Magetan.

Apabila bingung untuk menuju ke Gandu , anda bisa bertanya kepada warga sepanjang jalur Ngawi-Maospati Magetan . Selamat mencoba cita rasa ayam makanan khas magetan yang wajib kamu coba  panggang gandu tidak ada duanya. letak di dalam perkampungan. kalau ga pakai gps bingung ni keluar gangnya. tapi rasa memang nyata. tiada duanya Ayam panggang Bu ayam panggang gandu sangatlah cocok bagi lidah banyak orang. ada varian bumbu rujak dan asin pedas.

7 Wisata Kuliner Di Gresik Terbaik Dengan Rasa Yang Nikmat

Kuliner di Gresik- Gresik tidak hanya terkenal dengan tempat wisatanya yang sangat bagus namun disana juga terdapat wisata kuliner di Gresik. Melakukan liburan ke Gresik tidak akan membuat Kamu kelaparan, karena banyak sekali makanan yang harus Kamu cicipi. Jika Kamu melakukan perjalanan dari tempat wisata satu dengan lainnya maka, dijamin Kamu bisa menemukan banyak sekali kuliner makanan yang dijual disana.

Wisata kuliner di Gresik sangat banyak, mulai dari kuliner street food, cafe sampai dengan makanan kuliner yang berada di hotel. Kebanyakan para wisatawan yang berkunjung di Gresik pasti lebih memilih untuk membeli kuliner yang berada di street food. Rasanya sangat nikmat disisi lain harganya juga cukup terjangkau bagi orang yang sedang melakukan traveling dikota ini. Semua makanan kuliner yang dijual disini sangat khas, hanya Kamu temukan di Gresik saja.

Berbagai macam tempat wisata kuliner di Gresik tidak hanya digunakan sebagai tempat makan saja, namun Kamu juga bisa menghabiskan waktu nongkrong disana. Setiap tempat kuliner menyediakan fasilitas tempat yang nyaman bagi para pelanggan. Kamu pasti sangat betah menghabiskan waktu disana.

Terlalu banyaknya tempat wisata kuliner di Gresik pasti membuat Kamu bingung. Tenang saja karena Kamu dapat memilih tempat kuliner yang tepat. Pilihlah tempat kuliner khas Gresik yang menyediakan makanan dengan rasa super lezat. Berikut ini merupakan berbagai macam kuliner di Gresik yang wajib Kamu coba.

Kuliner 69 Gresik

Daftar pertama tempat kuliner Gresik adalah Warung Kuliner 69. Tempat ini merupakan anggota dari 69 Grup. Dalam 69 Grup ini ada Nasi Goreng 69, Warung Kuliner 69 dan Ayam penyet Pak Mo 69. Outlet 69 Grup ini bertebaran di kota-kota besar di Jawa salah satunya ada di Gresik Jawa Timur.

Kuliner 69 Gresik

Menu yang ada di Kulier 69 Gresik ini ada Nasi Goreng special yang menjadi favorite banyak masyarakat Gresik. Nasi Goreng di Kuliner 69 ini ada banyak sekali pilihan. Ada nasi goreng ayam, nasi goreng 69, nasi goreng Seafood dan masih banyak lagi.

Tidak hanya nasi Goreng, menu di Kuliner 69 Gresik ini juga ada aneka olahan mie dan ada juga masakan tradisional seperti Gado-gado, Rujak Cingur dan Batagor. Buat kalian para pencinta kuliner, kami sangat sarankan kalian mengunungi Kuliner 69 Gresik ini.

Lokasi: Alamat Kuliner 69 Gresik ini berada di Jl. Jawa, Randuagung, Kebomas, Kabupaten Gresik.

Rumah Makan Handayani

Tempat Kuliner Gresik yang kedua adalah Rumah Makan Handayani. Hal yang membuat kami merekomendasikan Rumah Makan Handayani di daftar kuliner Gresik karena tempat yang menarik serta aneka masakkannya yang terbilang lezat dan tidak dapat dipandang remeh.

Rumah Makan Handayani

Rumah Makan Handayani ini memiliki konsep bangunan dengan interior jawa kuno dan dibalut dengan perabotan antik. Kesan tradisionalnya sangat kental sekali. Dijamin kalian akan betah berlama-lama di Rumah Makan Handayani ini.

Menu yang ada di Rumah Makan Handayani ini juga amat beragam. Ada masakan dari olahan ikan, ayam, cumi dan ada juga masakan jawa yang bisa melengkapi menu makan kalian di Rumah Makan Handayani

Lokasi: Alamat dari Rumah Makan Handayani Gresik berada di Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo, Ruko Green Garden A1-3, Gresik.

Warung Apung Rahmawati

Tempat kuliner Gresik berikutnya adalah Warung Apung Rahmawati. Rumah makan ini sangat terkenal dengan ayam bakarnya. Warung Apung Rahmawati ini mempunyai tagline “Ayam Bakar Terdahsyat di Dunia”. Dengan memiliki tagline itu pasti pihak Warung Apung Rahmawati Gresik ini sudah menyiapkan ramuan special untuk ayam bakar khas dari warungnya.

Warung Apung Rahmawati

Tempat di Warung Apung ini cukup luas, jadi sangatlah pas buat kamu berkumpul dengan keluarga atau kerabat terdekat. Warung Apung Rahmawati ini menyediakan banyak aneka masakan, tidak hanya ayam bakar saja, ada juga aneka seafood yang bisa kalian pilih sebagai menu makanan kalian.

Lokasi: Alamat lengkap dari Warung Apung Rahmawati Jl. Dr. Wahidin S.H. No.109, Ngipik, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik.

Rumah Makan Bandeng Pak Elan II

Kuliner Gresik selanjutnya adalah olahan ikan bandeng khas Gresik. Untuk menikmati olahan ikan Bandeng di Gresik kamu bisa mengunjungi Rumah Makan Bandeng Pak Elan. Sejak lama Rumah Makan Bandeng Pak Elan ini terkenal dengan kenikmatan bandengnya, terbukti banyak para pelancong ketika mengunjungi Gresik pasti menyempatkan mampir ke Rumah Makan Bandeng Pak Elan ini.

Ruamah Makan Bandeng Pak Elan II

Rumah makan Bandeng Pak Elan ini sudah ada sejak tahun 1956 dan masih berdiri hingga sekarang dan di kelola oleh generasi ketiga. Bisa dibayangkan betapa rasanya yang nikmat hingga tetap bisa bertahan sampai sekarang. Rumah Makan Bandeng Pak Elan ini ada dua tempat yaitu Pak Elan I dan II. Semuanya berada di Gresik. Sekali lagi ketika kamu berada di Gresik sempatkan menggunjungi Rumah Makan Bandeng Pak Elan dijamin kamu akan ketagihan.

Lokasi: Alamat dari Rumah Makan Bandeng Pak Elan II berada di Jl. Veteran No.100, Sidokumpul, Gresik, Sidokumpul, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik.

Warung Cak Selem Gresik

Kuliner Gresik yang wajib kamu coba selanjutnya adalah olahan Nasi Bebek Warung Cak Selem. Semua orang Gresik dan sekitarnya pasti bakal setuju jika makanan nasi bebek Cak Selem ini sangat nikmat, terbukti warung ini tidak pernah sepi dari pembeli.

Warung Cak Selem Gresik

Warung Cak Selem ini menyediakan olahan nasi bebek dengan beberapa model. Ada menu Nasi Bebek lepas tulang, ada juga nasi bebek jeroan, tulangan dan kerangka. Semuanya memiliki citarasa yang khas dan bikin ketagihan.

Lokasi: Alamat lengkap Nasi Bebek Cak Selem ini berada di Jl. Gubernur Suryo No.63, Kroman, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik.

Nasi Krawu Bu Timan

Tempat berikutnya adalah tempat untuk mencicipi makanan khas Gresik, yaitu Nasi Krawu. Untuk mencoba Nasi Krawu Khas Gresik ini kamu bisa mencoba di Depot Bu Timan. Warung Bu Timan ini salah satu idola orang-orang yang singgah sebelum masuk tol Surabaya. Biasanya Depot Bu Timan ini menjadi tempat istirahat bagi mereka yang melintasi jalan pantura.

Nasi Krawu Bu Timan

Depot Bu Timan ini tekenal dengan nasi Krawu yang nikmat. Tidak hanya nasi Krawu khas Gresik saja, di Depot Bu Timan ini juga menjual makanan lain khas Jawa Timur, seperti nasi rawon, soto dan lainnya. Harganya juga cukup terjangkau, jika kamu berada di kawasan Gresik kamu harus coba.

Lokasi: Alamat lengkap dari Depot Bu Timan ini berada di Jl. Dr. Wahidin S.H. No.245, Dahanrejo, Kebomas, Kabupaten Gresik.

Warung Iga Karto dan Penyetan

Kuliner Gresik berikutnya adalah Warung Iga Karto dan Penyetan. Di Warung Iga Karto dan Penyetan ini kamu bisa menyantap iga penyet yang juara rasanya. Bagi kamu semua yang suka pedas, kamu harus mampir ke Warung Iga Karto dan Penyetan ketika berada di Gresik.

Warung Iga Karto Dan Penyetan

Selain Iga penyet yang juara, di Warung Iga Karto dan Penyetan ini ada satu menu favorite para pengunjuk yaitu adalah wedang ronde. Wedang ronde kacang minuman khas jawa ini semacam jadi daya tarik kedua setelah iga penyet yang nendang rasanya.

Lokasi: Alamat lengkap dari Warung Iga Karto dan Penyetan ini berada di Jl. Jawa No.105, Yosowilangun, Manyar, Kabupaten Gresik.

Wow!! Enak enak bukan kuliner di Gresik nya? kuliner di Gresik ini adalah Wisata kuliner enak Gresik yang harus kita banggakan dan harus kita jaga karena sekarang kebanyakan tempat makanan Gresik ini sudah diolah lagi oleh orang orang indonesia dan terjamin. Jadi bagi teman teman jika berkunjung di suatu tempat wisata kuliner menjadi wisatawan yang sangat peduli dan ramah terhadap lingkungan, dengan cara membuang sampah ditempat nya dan bertindak sesuai adabnya ya.

Sangat senang sekali sudah dapat mengisi waktu sebentar anda untuk melihat artikel wisata kuliner ini. Sekian dulu ya dari kami, kami akan hadir untuk anda lagi, jadi jangan lupa ya coment gimana sih wisata kuliner tempat kuliner di Gresik ini.

Sekian dulu dari kami, terima kasih telah membaca artikel kuliner di Gresik. Jika ada salah penulisan kami minta maaf yang sangat besar. Yakkk dahh teman teman, sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya….

Wisata Kuliner Ciamis Yang Bikin Perut Kalian Tergila-Gila

Wisata Kuliner Ciamis Yang Bikin Perut Kalian Tergila-Gila– Bagi kamu yang belum tau, adalah salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Barat. Ciamis memiliki daya tarik Wisata kuliner ciamis tersendiri, tapi sekarang kita akan melihat Wisata kuliner ciamis. Jadi kalo kamu mau jalan – jalan dan wisata kuliner gak perlu pusing atau bingung lagi.

Selain Wisata kuliner ciamis yang bisa ditemukan dan dimakan di Ciamis kita juga akan melihat makanan – makanan yang bisa kamu jadikan oleh – oleh buat orang – orang terdekatmu. Dijamin makanan dan oleh – oleh khas Ciamis ini dijaimin enak dan ngangennin.

 Galendo

Galendo adalah Wisata kuliner di ciamis pertama yang akan kita lihat lebih dekat. Galendo adalah produk makanan yang terbuat dari sari pati kelapa (santan kelapa) yang diolah untuk dengan cara direbus sampai ada proses pembentukan minyak. Minyak yang muncul adalah minyak kelapa, sedangkan endapan dibawahnya adalah galendo.

Galendo

Galendo pada endapan ini berupa serbuk yang terkadang masih mengandung minyak. Proses selanjuganya adalah melakukan press pada galendo basah tadi, ini dimaksudkan untuk memeras minyak agar keluar dan memadatkan galendo. Setelah di press, galendo akan dikeringkan dan siap di potong untuk disajikan ataupun dikemas untuk oleh – oleh.

Dalam era modern ini galendo disajikan dengan beberapa variasi rasa. Kamu bisa pilih rasa galendo mulai dari original, lemon, apel, strawberry, coklat dan susu. Sebetulnya beberapa tempat memberikan pilihan rasa lebih, tapi pilihan rasa tadi adalah rasa yang umum dan populer dijual.

Pindang Gunung

Wisata kuliner ciamis kedua yang akan kita bahas adalah hidangan ikan berkuah yaitu pindang gunung. Pindang gunung adalah hidangan segar berkuah dengan bahan utama yaitu ikan. Profil rasa dari pindang gunung adalah sensasi rasa asam pedas.

Pindang Gunung

Ikan yang digunakan pada pindang gunung bisa berupa kakap, kakap merah, tongkol, mangmung atau carwang. Biasanya dipotong – potong lalu dimasukan ke panci yang sudah diisi dengan air yang dibumbui dengan beberapa bahan seperti kemiri, cabe, jahe, terasi, garam dan lain – lain.

Kamu bisa meniikmati hidangan ikan segar ini di berbagai tempat di Ciamis. Mulai dari restoran, warung – warung dan bahkan terkadang kedai kopi juga menyediiakan hidangan ini.

Sale Pisang

Wisata kuliner ciamis ini berbentuk seperti keripik panjang – panjang namun sebetulnya terbuat dari buah pisang. Di Ciamis sendiri, pembuatan sale pisang berpusat di daerah Padaherang, Banjarsari, walau ada produsen – produsen kecil yang tersebar di daerah lain di Ciamis.

Sale Pisang

Industri sale pisang di Ciamis terglong populer dan bahkan pada tahun 2009 pada jaman Pak SBY, sale pisang Ciamis mampu tembus menjadi produk ekpor yang banyak dipesan ke luar negeri.

Sale pisang dengan kualitas ekspor inilah yang membuat yang membuat sale pisang Ciamis banyak dinikmati dan dicari sebagai oleh – oleh yang nikmat.

Mie Glosor

Kamu pasti berpikir, dari mana datangnya nama mie ini. Wisata kuliner ciamis  Mie gelosor mendapatkan nama uniknya ini dari mie-nya yang mudah untuk diseruput, terkesan licin di lidah dan saat ditelan… wuih mak nyus.
Sebetulnya mie ini bukan hanya makanan khas Ciamis saja. Mie gelosor juga bisa ditemui di daerah Bogor dan Tasikmalaya. Namun resep ini saking populernya diserap di beberapa daerah lain di Jawa Barat.

Mie Glosor

Mie golosor adalah mie kuning berukuran besar – besar jika dibandingkan dengan ukuran mie biasa. Warna dan kesan licin dari mie ini muncul karena bahan dasarnya yaitu tepung kanji. Banyak orang bilang bahwa mie golosor ini bentuknya mirip gabungan dari potongan panjang rumput laut dengan pasta spaghetti.

Mie golosor bisa disajikan ala mie goreng ataupun ala mie kuah. Namun mi golosor yang terkenal di Ciamis adalah mie golosor yang disajikan sebagai mie bakso. Jika kamu tertarik cobalah makanan ini, dijamin sensasi mie yang licin dengan toping potongan daging dan bakso serta kuah hangat yang menyegarkan membuat lidah kamu jadi bergoyang.

Dendeng Sapi

Makan satu ini adalah Wisata kuliner ciamis  olahan daging sapi yang merupakan makanan khas Ciamis. Makan yang satu ini biasa dihidangkan untuk acara – acara special seperti syukuran.

Dedeng Sapi

Dendeng biasanya berbetuk daging sapi yang di potong tipis – tipis, dimbumbui dengan rempah lalu dikeringkan. Daging dendeng dalam bentuk kering ini dapat bertahan lama walau tidak disimpan di kulkas.

Daging dendeng ini dapat diolah dengan banyak cara sebelum di santap, misal digoreng ataupun dibakar. Dendeng juga bisa dipotong – potong untuk dijadikan bahan masakan. Dendeng sangat nikmat disantap bersama dengan nasi putih hangat.

Oleh – oleh ini cocok bagi kamu pencinta hidangan daging karena rasanya yang enak dan nendang. Dendeng juga bisa dijadikan oleh – oleh karena tahan bisa sampe beberapa bulan.

Abon Sapi

Wisata kuliner ciamis olahan sapi kedua dari Ciamis ini berupa abon. Makanan khas Ciamis ini terbuat dari daging sapi yang disuwir – suwir sampai lembut dan dicampur dengan rempah – rempah.

Abon Sapi

Abon sapi khas Ciamis terkenal lebih lembut dan memilki bumbu yang lebih terasa. Biasanya menjadi lauk favorite bagi para warga Ciamis.

Abon memilki umur yang panjang, jadi bagi kamu yang mencari makan yang bisa menjadi lauk dan tahan lama, silahkan mencoba abon sapi Ciamis ini.

Gula Aren

Gula aren adalah Wisata kuliner ciamis  bulatan coklat dengan rasa manis dan biasanya digunakan sebagai bahan masakan. Gula aren terbuta dari cairan nira yang disadap dari pohon aren. Cairan nira ini dimasak sampai membentuk bubur gula.

Gula Aren

Bubur gula ini nantinya dicetak menggunakan batok kelapa. Sebetulnya banyak tempat lain yang memproduksi gula aren, namun gula aren Ciamis terkenal masih diproses tradisional. Jika kamu butuh oleh – oleh, gula aren tradisional Ciamis ini dapat menjadi bingkisan bagi menarik.

Gula Kelapa

Makanan khas Ciamis berikutnya yang bisa dijadikan oleh – oleh adalah gula kelapa. Gula gelapa bisa dimakan langsung bagi yang suka ataupun bahan makanan lain. Gula kelapa adalah gula yang diolah dari kelapa. Jenis kelapa apa saja bisa dijadikan gula kelapa, baik kelapa muda maupun yang sudah tua dapat diolah jadi hidangan manis ini. Tetapi perbedaan rasa akan muncul pada gula kelapa tergantung dari bahan kelapa yang digunakan.

Gula Kelapa

Seperti halnya gula aren Ciamis, kula kelapa Ciamis juga biisa ditemukan diproduksi di tempat lain. Bedanya adalah produksii di ciamis masih mempertahankan proses produksi yang tradisional. Jadi kalau kamu mau gula kelapa yang masiih otentik pembuatannya, datang saja ke Ciamis.

Surabi

Surabi atau serabi adalah Wisata kuliner ciamis makanan khas Jawa Barat namun karena populer dan enak, makanan ini telah diserap oleh daerah Ciamis dan dapat kamu temui tersebar di berbagai tempat di kabupaten ini.
Pada awalnya surabi dihidangkan dengan rasa manis menggunakan bahan gula aren maupun dengan rasa asin dengan menggunakan bahan oncom.

Surabi Durian

Namun dengan berjalannya waktu makanan ini tersebar dan memiliki banyak versi rasa dengan toping – toping unik. Toping dan rasa modern yang bisa kamu temui di Ciamis contohnya serabi sosis, serabi durian, serabi keju, serabi abon dan masih banyak lagi.
Jika kamu sempat mampir ke Ciamis cobalah macam – macam rasa dari surabi ini pasti kamu jadi ingin mencicipi semua variasi rasa lainnya.

  • Wow!! Enak enak bukan Wisata kuliner ciamis nya? Wisata kuliner ciamis ini adalah Wisata kuliner ciamis yang harus kita banggakan dan harus kita jaga karena sekarang kebanyakan Wisata kuliner ciamis ini sudah diolah lagi oleh orang orang indonesia dan terjamin. Jadi bagi teman teman jika berkunjung di suatu tempat wisata kuliner menjadi wisatawan yang sangat peduli dan ramah terhadap lingkungan, dengan cara membuang sampah ditempat nya dan bertindak sesuai adabnya ya.
  • Sangat senang sekali sudah dapat mengisi waktu sebentar anda untuk melihat artikel Wisata kuliner ciamis ini. Sekian dulu ya dari kami, kami akan hadir untuk anda lagi, jadi jangan lupa ya coment gimana sih Wisata kuliner ciamis ini.

Sekian dulu dari kami, terima kasih telah membaca artikel Wisata kuliner ciamis . Jika ada salah penulisan kami minta maaf yang sangat besar. Yakkk dahh teman teman, sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya….

By; Zelvian

Tempat Wisata Kuliner Blitar Paling Enak dan Murah

de Classe Gelato & Coffee

tempat wisata kuliner blitar paling enak dan murah selalu suka mampir ke gelato tiap pulang ke blitar, varian rasanya banyak dan terutama anak anak  suka dengan varian rasanya. Selain gelato bisa juga ngopi atau ada healty food disini. Mengecewakan. Mannernya ga ada. Sebelumnya sudah beli gelato dan duduk di outdoor tapi karena kondisi remang-remang kami (6 org dengan 1 balita) memilih satu ruangan yang cukup terang (dimana sebelumnya ditempati 3 orang).

de Classe Gelato & Coffee

Saat akan order menu waiter bilang tidak boleh diruangan tsb karena minimal 8 org. Saya sempat nego untuk order harusnya brp. Karena dibilang harus 100ribu, saya pun sudah bersedia untuk order 800rb karena memang ada balita. Tapi tetap tempat wisata kuliner blitar paling enak dan murah diusir waiter dengan alasan SOP perusahaan. Sempat komplain ke supervisor tapi tetap alasannya SOP. sampai satu pertanyaan saya, 1 org dengan bayar 1 jt dan 10 org bayar 200rb apa bedanya tapi tidak bisa dijawab. Sampai kami pun memilih untuk keluar.

Tempat anak muda banget, suasananya nyaman dan interiornya keren, bisa digunakan untuk mengadakan event seperti ulang tahun atau sekedar ngobrol santai, banyak pilihan rasa gelato dan instagramable untuk difoto, cocok untuk tempat nongkrong dan menghabiskan waktu disana. Saya bersama tempat wisata kuliner blitar paling enak dan murah teman-teman nongkrong di de classe dari jam 7 malam pada hari sabtu. Penuh! Tempatnya berkonsep vintage yang sangat asyik buat nongkrong santai.

Menu makanan tidak terlalu banyak karena tempat nongkrong kali ya? Untuk menemani nongkrong kami memesan pizza, roti bakar, dan kopi. Suasana ramai dan hangat khas anak muda di outdoor. Tempat parkir oke, tidak tempat wisata kuliner blitar paling enak dan murah perlu pusing apabila membawa motor atau mobil, dan tempatnya strategis. Selalu ramai dikunjungi warga Blitar. Makanan dan minuman banyak pilihannya. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau.

Tempatnya nyaman sekali walaupun selalu ramai pengunjung. Pelayanan ramah dan cepat. Gelatonya enak, murah dan pilihan rasanya banyak. Tempatnya luas, tempat parkir juga luas. Tempat dibedakan antara smoking dan non smoking area. Cocok untuk hang out bareng temen atau keluarga tempat yg asyik buat ngumpul sama temen,kalo sama pasangan yg kencan kurang cocok kecuali buat yang memang suka nongkrong.

Soal tempat keren abis deh desainnya dibuat senyaman mungkin bs pilih tempat mana aja buat berlama lama gelato mengusung konsep cafe yang homy banyak sudut-sudut ruang yang asyik buat selfie, sekedar nongkrong, reunian, dan yang butuh privacy disini gelatonya bisa langsung dicemili sembari menunggu pesanan yang lain, eits varian teh ma kopinya lengkap euy..bagi yang buru-buru untuk makan siang ato keburu lapar.

Warung Lesehan dan Ayam Bakar Bu Mamik

Rasa enak, kelihatan mewah di pintu masuknya tapi tenang harga bersahabat kok, paket berlima 200an ribu, mantaps restoran ini gampang ditemukan karena lokasinya di tengah kota. suasana restorannya sangat nyaman dan pelayanannya cepat. Tempat yang nyaman dekat dengan suasana persawahan, pelayanan yang bagus dan masakannya sangat cocok dilidah banyak menu yang disediakansaya sudah 2x berkunjung ke resto ini.

Warung Lesehan dan Ayam Bakar Bu Mamik

Menu yg tetap melekat adl gurami bakarnya rasanya pedaasss, guurriihhh, manis hehe tempatnya juga unik, hrga sesuai dengan kualitas namun saya kesana brtepatan dg weekend, rame bgt deh, jadi tidak bias menikmati suasanany, apalgi tmpat prkir sptnya kurang. Warung ini menawarkan berbagai macam menu makanan Jawa khas Blitar yang lengkap. Suasananya dibuat khas Jawa dan juga bersih.

Resto ini juga dapat digunakan untuk menyelenggarakan acara pernikahan. Sayang parkiran nya kurang luas. Nasi empalnya enak dagingnya empuk  Jahe dan madunya juga enak. Pas untuk tenggorokan yang lagi gatal. Kelebihan disini adalah adanya ruang pertemuan yang luas dan nyaman. Jadi bisa dipergunakan untuk seminar atau mini simposium Menu masakan jawaayam & ikan. Menu yang di tawarkan lumayan banyak, rasa juga pas di lidah kami orang Surabaya.

pelayanan cepat, tempat bersih dan nyaman. ada lesehan. yang terpenting tidak membuat kantong jebol Berbagai masakan jawa dengan cita rasa enak, tempat yang nyaman denga eksterior/interior khas jawa. Recommended. Tempat cukup besar dnegan eksterior interior khas jawa, tempat parkir luas cocok untuk rombongan besar, ayam bakar jawanya enak mantab konsisten rasanya, rata2 menu masakan enak semua sangat rekomen.

Onze Grootouders Cafe

Nuansa Bening, Terimakasih OG Cafe, Pelayanan terbaiknya. Sediakan yang aku mau Selera kopi nusantara. Tempat ini begitu menginspirasi dan memberi tempat wisata kuliner blitar paling enak dan murah  rasa nyaman untuk keluarga yang berlibur.Tempat angg masih bikin saya merasakan tentram. Satu satu nya cafe kopi yg punya kebon kopi sendiri. Pertama kali nyoba kopi robusta karanganyar lansung pengen nyoba terus hanya disini kita bisa minum robusta karang anyar.

Onze Grootouders Cafe

Tidak ada ditempat lain dan tempatnya mendukung untuk ngopi. Nuansa caffe yang jadul dengan gaya belanda yang indah dihiasi dengan furniture tempat wisata kuliner blitar paling enak dan murah  lama.Menu makanan dan minumannya enak,harga terjangkau dan pelayanannya juga cepat.Maju terus Onze grootouders caffe. Baru pertama kali sana , hasilnya sangat memuaskan , enak bwt nyantai dan yang paling keren ada cofi khas karanganyar. Pkoknya terbaik lah.

Kafe yang berada di Keboen Kopi Karanganyar Blitar dengan nuansa jaman belanda ,makanan serta minuman yang harganya terjangkau , tempatnya yang nyaman tempat wisata kuliner blitar paling enak dan murah dan tenang. Hanya ditempat ini neh tempat kopi yang pramusajinya dsajikan oleh para bule. tempatnya asri bget suasana belanda yang masih melekat pda cafe ini salut deh bakal nyesel neh kalu tidak mampir ktempat ini…Hallo gays, gue baru dari onze grootouder cafe nih.

Disana udaranya sejuk dan pemandangan alam yang indah Bangunan belanda, karyawannya juga berpakaian belanda membuat saya senang dan nyaman di cafe tersebut. Pelayanan tempat wisata kuliner blitar paling enak dan murah  ramah dan sopan juga ada pelayannya turis loo, kita juga bisa belajaar sejarah belanda disini. ngapain jauh jauh ke belanda kalau di blitar aja ada. Nyesel deh kalau gak ngopi di onze grootouders cafe Woww…cafe yang bernuansa Belanda.

Warung Mak Nyak

lokasinya berada di komplek pemakaman bung karno. restoran ini punya ambiance yang nyaman dan makanan disana punya rasa yang tempat wisata kuliner blitar paling enak dan murah  enak dengan harga yang masih terjangkau. Makanannya enak, harga murah dan porsinya lumayan banyak terutama nasi goreng dan mie goreng. Es lecy nya enak dan segar. Tempat nyaman ada lesehan juga. Worth to try terletak di dekat ikon kota blitar makam proklamator.
Warung Mak Nyak

Tempat ini menyajikan makanan yang serba enak, pilih tempat dibelakang di saung yang unik dengan kolam ikan kecil dibawahnya tempat wisata kuliner blitar paling enak dan murah  makin mempercantik suasana, harga yang sebanding dengan rasa masakan. Banyak menu makanan di sini dengan harga yang bersahabat. Terletak di tengah kota Blitar atau tepatnya udara makam Bung Karno. Cocok untuk tempat makan bagi pasangan, keluarga maupun teman kerja.

Variasi makanan banyak. Ayam Lodho nya enåk. Rasa makanan juga enak. Kebersihan tempat sangat perlu ditingkatkan agar pengalaman makan menjadi lebih baik. Restoran ini tempat wisata kuliner blitar paling enak dan murah  terdiri dari 2 ruang dari pintu masuk utama bernuansa tempo dulu dengan bangku dan meja kayu ukir unik dan ada beberapa foto jadul .Dari pintu samping berkonsep taman dengan Gazebo ada juga beberapa kolam ikan.Menu favoritnya adalah Iga bakar.

Untuk minuman esnya enak dengan berbagai campuran dan nama yang unik semua enak sih menurut saya.Harga agak mahal sih,resto ini termasuk resto elit dikota blitar. Kalo mau bersantai sekeluarga diresto ini sangat nyaman.So don’t miss it. Tempat tempat wisata kuliner blitar paling enak dan murah makanya nyaman banget ,karna bentuknya kayag gubuk gubuk gitu.Makanan yang ditawarkan juga enak.Ada instrument gending jawanya juga.

Fasilitas sih parkir luas (mobil and sepeda) mushola (sempit) sama kamar mandi cuma 2 (for men one and girl one)Kalo ke blitar harus ngunjungi tempat ini guys. Dulunya seneng banget ke sini (bisa jadi itu 2012/2013 lalu) Tempat bagus, unik, tenang, dan tempat wisata kuliner blitar paling enak dan murah  bisa me-refresh kepenatan. Menu bervariasi dan harga juga sepadan. Sekarang? Sepi berasa tak semarak lagi. Apakah karena MakNyak mulai tergusur oleh pendatang baru

Dulunya warung ini terima all visa and master card. Terakhir saya ke sini, semua EDC dicabut katanya. Tak bisa digunakan. Untung aja uang di dompet cukup. Saya pribadi tempat wisata kuliner blitar paling enak dan murah sekarang, mending cari tempat lain jika sedang ingin “makan di luar”. Semoga MakNyak segera pulih dan bangun dari tidurnya. Warung Mak Nyak memang cocok untuk warung bersejarah kuno. Yang dilengkapi dengan Gazebo kecil. Pohon rindang.

Tempat Wisata di Probolinggo Terbaru 2019 Terbaik dan Paling Indah

Rawon Nguling

Tempat wisata di probolinggo terbaru 2019 terbaik dan paling indah  sangat nikmat, daging segarnya yang membuat lidah terus bergerak. Jangan lupa ajak semua teman dan kerabat. Dijamin nikmat. Perjalanan dari bromo ke surabaya tiada lengkap tanpa mampir di rawon nguling, tempat yang strategis, parkir luas aman, Restoran juga luas, kamar mandinya banyak dan ada musolah, rawonnya nggak ada duanya rasanya di tambah hidangan hidangan lain yang menggugah selera lidah, jajanan dan oleh oleh juga tersedia di sini.

Rawon Nguling

Cita rasa gurih rawon, dengan daging yang tempat wisata di probolinggo terbaru 2019 terbaik dan paling indah empuk dan kuah nya yang beraroma sedap. Rawon ini sangat nikmat dan sangat di rekomendasi bagi wisatawan yang kebetulan lewat. Direkomendasi oleh temen, ternyata enak tenan. Ke Jawa Timur tidak mampir di Rawon Nguling ada sesuatu yang kurang nilai kulinernya. Sangat mudah akses ya terletak di jalan raya Surabaya Jember. Ada galeri foto belas Presiden RI pak SBY. Rawon ya rawon Nguling.

Sudah tiga kali saya makan di tempat ini. Sayang kurang bisa menjaga kebersihannya. Meja dan lantai tidak segera dibersihkan tempat wisata di probolinggo terbaru 2019 terbaik dan paling indah setelah tamu yang makan meninggalkan rumah makan ini. Harga sesuai, rasa lumayan. Lokasi di jalan raya Pantura, cukup strategis. Setiap kalau mau mengunjungi Bromo, pasti saya dan keluarga harus makan disini dulu. Rasa Rawonnya bikin kangen banget. Kalau untuk porsinya.

istri saya asli kabupaten jember, kami berdomisili tempat wisata di probolinggo terbaru 2019 terbaik dan paling indah di malang, jika pulang kampung pas jam makan siang kami selalu makan disini karena tergiur rawonnya yang the bestRumah makan yang stau ini menawarkan menu khas rawon dengan kuahnya yang mampu membuat lidah bergoyang. Biasanya disajikan dengan lauk yang ditempatkan pada wadah yang berbeda, dan kita hanya membayar lauk yang kita makan saja. Untuk rasa dari masakannnya kami jamin anda tidak akan kecewa.

Namun bagi anda yang juga mempertimbangkan tempat untuk makan, disini terbilang kurang nyaman karena hawa didalam ruangan tempat wisata di probolinggo terbaru 2019 terbaik dan paling indah yang terasa terlalu hangat (kurang sirkulasi udara). Dan pramusaji disini terkadang jarang sekali tersenyum, sebagaimana seharusnya sikap seorang pramusaji yang memegang prisip sapa, senyum, salam.Tempat yang ga boleh kelewatan kalo mudik ke Jawa Timur. Nasi rawon campur jadi menu yang paling dicari plus tempe garit gorengnya.

Sumber Hidup

Setiap melewati kota probilinggo kami selalu meluangkan waktu untuk singgah ice cream di tempat ini kami suka tempat ini menyediakan berbagai tempat wisata di probolinggo terbaru 2019 terbaik dan paling indah menu makanan cuma harga sedikit mahal dan porsi agak sedikit di beberapa menu tempat parkir luas. Makanannya lumayan enak tapi tidak seenak sprt yang digembar gemborkan, saya makan lontong cah go meh buat lidah saya ini enak tapi tdk enak sekali, si papa mkn nasi campur ayam lumayan kata papa.

Sumber Hidup

anak makan nasi rawon, fuyunghai dan gepuk cuma yang gepung yang dibilang enak baget yang lainnya lumayan ajah, makan ber 5 habis 300rban termasuk tempat wisata di probolinggo terbaru 2019 terbaik dan paling indah mahal untuk ukuran resto sprt warung ini. Sempat nyobain ice cream nya tp biasa aja tuh jauuuh sama enaknya ice cream handmade willis di malang itu mah buener uenaaak. Yang aneh dimata saya resto ini jual menu tdk halal tapi staff nya banyak yang berhijab jangan jangan  sebagai tameng untuk menghalalkan.

Kalau ke Probolinggo jangan lupa singgah ke sumber hidup, disini es krim atau es puter ya mantap surantap, banyak pilihan rasa tapi hati hati ada yang tempat wisata di probolinggo terbaru 2019 terbaik dan paling indah pake rum, jadi kudu tanya ke penjualnya, selain es krim nya yang tahan 2 jam lebih di suhu luar ada jajanan yang gak kalah enak, yup, cobain aja lemper ayamnya, ketannya legit dagingnya banyak.Tempat ini ada di probolinggo. Lokasi ada di jalan utama, mudah untuk ditemukan.

Biasanya kita pasti mampir kesini untuk makan jika mau ke bromo atau ke bali. Untuk menu makanan ada masakan indonesia, chinese food. Untum tempat wisata di probolinggo terbaru 2019terbaik dan paling indah rasa masakan secara keseluruhan lumayan enak. Nasi campur banyak, pedas dan nikmat. Untuk harga sebanding dengan porsi dan rasa. Cocok untuk keluarga besar. Tempat luas ada yang AC dan kipas. Untuk ruangan AC akan dikenakan tambahan biaya 10%. Ice cream juga enak.

Rumah makan terbaik di Probolinggo. Menu favorit saya lontong cap go meh dan es krim. Namun terakhir berkunjung longtong cap go meh tempat wisata di probolinggo terbaru 2019 terbaik dan paling indah terlalu asin. Es krim Sumber Hidup merupakan salah satu siganture menu. Must try when you visit probolinggo. Ini adalaha rumah makan yg menawarkan, smua jenis masakan. Soal selera. kalo saya agak kurang suka, tapi banyak orang lainnya sangat suka makan disini.

Rumah Makan Tongas Asri

Tempatnya sangat strategis, karena bertepatan saat perut mulai lapar apabila perjalanan awal dari Surabaya pukul 10 pagi. Masakannya juga bermacam macam, tempat wisata di probolinggo terbaru 2019 terbaik dan paling indahmulai dari masakan tradisional sampai Chinese food. Jangan kelewatan dan nikmati suasana santainya. Menyediakan menu Jawa dan Oriental lengkap dan aneka minuman. Rasa rawon yang enak dan lezat selalu singgah bila berkunjung ke Probolinggo. Rawon dengan bumbu kluwek tidak ada duanya.

Rumah Makan Tongas Asri

Habis dari Gunung Bromo, waktu siang cari makan mampir ke Rumah Makan Tongas Asri, Menunya banyak pilihan yang Berkunjung saat libur lebaran, suasana tempat wisata di probolinggo terbaru 2019 terbaik dan paling indah ramai dan resto penuh namun kami bisa mendapat tempat duduk. Kuatir pesanan bakal lama, maka kami pesan menu yang gampang disajikan: rawon. Pilihan ini tepat karena meja sebelah sampai marah marah  karena pesanan tidak juga keluar. Namun menurut saya rasa rawonnya tidak seistimewa yang pernah saya rasakan.

bahkan rawon warung sebelah rumah kami lebih mantap dibanding resto ini. Apa karena ramai pengunjung atau kualitas sudah menurun? Biasa saja menurut saya. parkir luas. menu banyak. rasa oke. tempat makan luas. menunya komplittttt banget. ada atm bca juga. dekat dengan belokan menuju bromo. cocok untuk keluarga bersantap malam. Terletak tempat wisata di probolinggo terbaru 2019 terbaik dan paling indah di sebelah kiri jalan Arteri Nasional arah sebelum masuk kota Pobolinggo, sekitar 2 jam dari Surabaya.

Akses sangat mudah, tempat parkir luas. Sangat pas sebagai tempat transit untuk sekedar makan, melepas penat, ada mushallah, toilet luas dan cukup bersih, ada ATM, belanja oleh-oleh, tempatnya cukup luas. Menu makanan lumayan lengkap, sayangnya tidak semuanya tersedia, untuk rasa lumayan, favorit kalau pas mampir di sini adalah semur lidah, siomay, mie goreng dan nasi goreng. Pelayanan cukup cepat, kalau pas ramai harus sering-sering diingatkan pesanan kita.

Ruang makannya cukup luas dan terlalu ramai pas liburan lebaran dan sekolah, tempatnya cukup bersih dan sedia makanan ringan seperti ote-ote, tahu goreng dan sebagainya. Pelayanan ramah dan sabar, dan tempat parkirnya cukup luas, rumah makan ini berada dikabupaten probolinggo, setiap hari selalu ramai karena rumah makan ini bekerja sama dengan travel dengan berbagai jurusan. tidak rekomended untuk keluarga karena terlalu ramai.

BeeJay Bakau Resort Restaurant

Merupakan cagar atau konservasi mangrove yang apik dan keren di probolinggo. Meskipun biaya masuk cukup mahal tapi seimbang dengan pemandangan laut dan suasana berjalan didalam hutan mangrove. Banyak spot makanan seefood dan spot foto yang tempat wisata di probolinggo terbaru 2019 terbaik dan paling indah menarik. Pilihan seafoodnya sangat banyak, mulai ikan2an sampai kepiting dan baby lobster adaaa. Baby lobster dan udang windunya enaak, sayangnya agak mahal, hehehe.

BeeJay Bakau Resort Restaurant

Ikan kerapunya enak, nggak amis sama tempat wisata di probolinggo terbaru 2019 terbaik dan paling indah. Pilihan sausnya juga macam2 dan enak2 semua, yang paling recommended saus telur asinnya. Stafnya sangat ramah dan informatif. Wisata pantai dengan pohon-pohon bakau yang asyik banget untuk dikunjungi; sempatkan untuk menyebrang ke pulau kecil berpasir putih, anda akan merasakan pengalaman yang tak terlupakan menyusuri ombak lautnya.

Sebenarnya tempatnya bagus, cuman sayang, selain berbayar dan masuk kategori lumayan mahal apalagi hari libur nasional untuk ukuran fasilitas yang disediakan, tempat wisata di probolinggo terbaru 2019 terbaik dan paling indah masak di loket depan sudah bayar tiket masuk ke patung bayar lagi sudahlah, cukup sekali saja datang kesini. Luar biasa tempat ini, bisa untuk menghilangkan jenuh bersama keluarga  sangat rekomended sekali bagi para wisatawan tempat ini bagus untuk foto.

Banyak taman yang dihiasi dan akan lebih indah bila dimalam hari, lampu2 nya nyala diatas lautan beraneka ragam. Tempatnya dekat Pelabuhan Tanjung tempat wisata di probolinggo terbaru 2019 terbaik dan paling indah Tembaga, Tiket masuknya terlalu tempat wisata di probolinggo terbaru 2019 terbaik dan paling indah dan sedikit kecewa, cuma ingin makan siang saja di tempatnya dan kecewa ada tambahan tiket masuknya. Lokasi resort berada di dalam kawasan pelabuhan probolinggo, di kelilingi kawasan hutan bakau, suasananya tenang.

Pemandangan ke arah laut lepas, bungalow yang kami sewa memiliki 3 kamar tidur, 2 kamar mandi dan private pool utk anak2,fasilitasnya lengkap, ada tv kabel, wifi, karaoke, ac,payung, sendal, konsepnya sangat bagus.. Sangat ok utk liburan tempat wisata di probolinggo terbaru 2019 terbaik dan paling indah keluarga, sarapannya standard, kebersihan tempat wisata di probolinggo terbaru 2019 terbaik dan paling indah dari kayu-kayu, melewati pohon-pohon Mangrove. Kalau siang, lebih baik membawa payung, karena panas matahari menyengat. Lebih enak jalan di menjelang sore, supaya bisa foto-foto juga. Banyak spot foto instagrammable.

4 Tempat Wisata Indramayu Yang Lagi Hits, Nyesel Kalo Gak Mampir

Tempat Wisata Indramayu ini adalah sebutan Kota Mangga ini, begitu sebutan untuk Kabupaten Indramayu yang terkenal sebagai daerah penghasil mangga Cengkir yang memiliki rasa begitu manis dengan daging mangga yang lezat. Selain dikenal dengan mangganya guys yang manis, wilayah di Jawa Barat ini rupanya juga disebut sebut sebagai salah satu sumber migas. Seperti Kilang Minyak Balongan yang berlokasi di Kecamatan Balongan. Bukan hanya kaya dengan hasil bumi serta sumber daya migas, Indramayu juga mempunyai banyak sekali Tempat Wisata Indramayu yang menarik untuk anda kunjungi. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Indramayu paling indah rekomended terbaik untuk anda.

Tempat Wisata Indramayu ini merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Barat, Kabupaten ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Indramayu guys. Tempat Wisata Indramayu ini punya banyak Spot objek wisata keren, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian , sampai air terjun yang sangat memanjakan mata dan harus segera kalian explore.

Baiklah agar tidak panjang lebar guys, langsung saja ke titik tujuan artikel ini kami buat, Artikel ini bertujuan Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata di Indramayu yang paling indah, Terbaru dan di rekomendasikan untuk Anda Jelajahi

Hutan mangrove karangsongo

Indramayu ini memang tidak dilalui oleh jalur utama pantura atau pantai utara. Tetapi dengan keberadaannya kini terus menjadi perbincangan banyak orang karena salah satu obyek wisatanya yang kini menjadi primadona wisatawan baik dari Indramayu maupun luar Indramayu.

hutan magrove
hutan magrove

Obyek wisata ini adalah Pantai dan Hutan Mangrove Karangsong Tempat Wisata Indramayu. Untuk anda menuju lokasi ini sangatlah mudah. Jika Anda dari ibu kota Jakarta tinggal menuju lohbener terus menuju Bangkir sampai di Jembatan Cimanuk dekat Masjid Agung dan Alun-alun Indramayu, Anda tinggal belok ke kiri mengikuti Jalan Siliwangi nanti akan ketemu dengan gapura besar Karangsong kurang lebih 3 kilometer untuk sampai ke lokasi.

Hutan mangrove ini di daerah Tempat Wisata Indramayu terbagi menjadi 2 (dua) kelompok yaitu hutan mangrove di dalam kawasan hutan lindung yang tersebar di 10 Desa yaitu Desa Parean Girang Kecamatan Kandanghaur, Desa Cemara Kecamatan Losarang, Desa Cangkring dan Lamaran Tarung Kecamatan Cantigi, Desa Babadan Kecamatan Sindang, Desa Karanganyar, Pasekan, Pagirikan, Totoran dan Pabeab Ilir Kecamatan Pasekan.

Sedangkan hutan Mangrove ini di luar kawasan hutan tersebar di 22 Desa diantaranya yaitu Ujung Gebang Kecamatan Sukra, Desa ilir, Bulak dan Parean Girang Kecamatan Kandanghaur, Desa Cemara Kecamatan Losarang guys, Desa Cangkring dan Lamaran Tarung Kecamatan Cantigi, Desa Brondong, Karanganyar, Totoran dan Pabeab Ilir Kecamatan Pasekan, Desa Pabean Udik, Karangsong dan Singaraja Kecamatan Indramayu, Desa Benda Kecamatan Karangampel, Desa Juntinyuat Kecamatan Juntinyuat, Desa Tanjakan, Kalianyar, Luwung Gesik, Krangkeng dan Singakerta Kecamatan Krangkeng.

Pengunjung akan merasakan sendiri menyusuri sungai ke lokasi Hutan Mangrove Karangsong ini guys. Anda yang baru naik perahu dan melewati hutan ini tentu akan merasa seperti para penduduk yang sedang menaiki perahu di daerah Sumatera dan Kalimantan. Untuk menjaga keamanan sebenarnya pengelola sudah menyediakan pelampung tapi jarang digunakan karena memang lokasinya tidak terlalu jauh.

Hutan Mangrove Karangsong ini mulai dirawat semenjak tahun 2008 dan berbenah menjadi ekowisata melalui progam CSR Pertamina RU VI Balongan yang dimulai dari tahun 2010 hingga 2014 serta dikelola oleh masyarakat lokal melalui kelompok Tani Lestari menjadikan tempat ini mulai dilirik wisatawan baik dari Indramayu sendiri ataupun dari luar kota.

Jembatan terusan

Pembangunan Jembatan Terusan yang terletak di Desa Terusan Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu memasuki tahap lanjutan. Dampak pembangunan Jembatan Terusan, saat ini jalur Indramayu-Sindang yang melewati Jembatan Terusan terpaksa ditutup. Arus lalu lintas dari Indramayu kota menuju Terminal Sindang pun dialihkan melalui Waduk Bojongsari. Akibatnya warga Desa Terusan yang hendak menuju Kecamatan Sindang dan Indramayu kota dan sebaliknya terpaksa harus jalan memutar.

jembatan terusan
jembatan terusan

Jembatan dengan panjang 153 meter dan lebar 7 meter itu dimulai pengerjaanya pada bulan Agustus 2017 dengan biaya mencapai Rp1,4 miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten Indramayu tahun anggaran 2017. Diperkirakan pada bulan Desember 2017 Jembatan Terusan Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu itu akan rampung dan akan menjadi ikon baru bagi Kabupaten Indramayu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tempat Wisata Indramayu Didi Supriadi didampingi Kepala Bidang Jembatan  Yudi Suswanto menyampaikan, direhabnya Jembatan Terusan Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu dan sebagai ikon baru bagi Kota Indramayu menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat Indramayu.

Kabid Jembatan pada Dinas PUPR Indramayu Yudi Suswanto mengatakan, pembangunan Jembatan Terusan memang menjadi salah satu prioritas pada tahun anggaran 2017 ini, disamping beberapa jembatan lainnya. Dikatakan, pembangunan jembatan ini ditargetkan bisa selesai pada akhir tahun 2017 ini.Yudi menambahkan, Jembatan Terusan akan menjadi salah satu jembatan yang artistik dan akan menambah keindahan wajah Indramayu. “Selain memiliki fungsi untuk memperlancar arus transportasi dan distribusi, Jembatan Terusan didesain sangat menarik.

Pulau biawak

Kalau sebelumnya banyak wisatawan lokal dan mancanegara terpikat dengan pesona wisata Pulau Komodo di Nusa Tenggara. Sepertinya sekarang saatnya kita memperkenalkan tempat yang nggak kalah kece di Indramayu bernama Pulau Biawak. Dari namanya saja sepertinya sudah pada bisa menebak ya kalau di pulau ini para pengunjung bisa ketemu saudara komodo yang ukurannya lebih kecil. Apa sih yang membuat Pulau Biawak ini wajib direkomendasikan untuk wisatawan?

pulau biawak
pulau biawak

Pulau Biawak ini bisa kita temukan di Indramayu, sekitar 40 kilometer sebelah utara Jawa. Sebelum dikenal dengan nama Pulau Biawak, lokasi ini sebenarnya bernama Pulau Rakit. Namun karena banyaknya spesies biawak hidup di dalamnya, maka digantilah namanya menjadi Pulau Biawak. Untuk menuju lokasi eksotis ini Cinnamores bisa menggunakan perahu dari pelabuhan Karangsong dan memakan waktu perjalanan kurang lebih 3 sampai 4 jam. Dan sesampainya di pulau, kalian akan disambut oleh gerbang bertuliskan KKLD Pulau Biawak atau Kawasan Konservasi Laut Daerah.

Selain dikenal karena populasi biawak yang cukup banyak, pulau ini juga identik dengan keberadaan mercusuar tepat setelah gerbang masuknya. Adapun mercusuar ini dibangun oleh Belanda pada tahun 1872 dan memiliki tinggi kurang lebih 65 meter. Kerennya lagi menara pandang ini masih aktif digunakan sebagai penunjuk arah sampai saat ini lho. Belum lagi para pengunjung juga diperbolehkan menaiki mercusuar untuk menyaksikan keindahan sekeliling pulau yang membelalakkan mata dari ketinggian. Bangunan mercusuar juga kerap digunakan sebagai latar foto lho Cess, belum lagi tangga ulirnya yang nampak sangat indah bila dilihat dari bawah.

Pantai tirtamaya

Kira-kira pertama kali yang terlintas di benak kalian jika mendengar 2 kata, Pantai Tirtamaya? Yang jelas ini sejenis pantai dan kawasan wisata ya. Tapi ini bukan sembarang pantai loh. Kawasan wisata yang terletak di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat ini searah dengan jalur pantura, sehingga sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang sekedar mengisi liburan, atau para pemudik yang tengah transit sekaligus menikmati deburan ombak laut di tepi Pantai Tirtamaya ini.

pantai tirtamaya
pantai tirtamaya

Pantai Tirtamaya ini mempunyai luas hanya 50 meter yang masih bisa dijadikan para wisatawan untuk berjalan di tepian pantai tersebut. Tidak hanya berjalan, pengunjung juga bisa bersepeda santai di kawasan wisata Pantai Tirtamaya.

Fasilitas pertama yang paling utama yaitu kawasan pantai itu sendiri yang mempunyai panorama laut yang sangat memesona. Di sisi lain kalian juga dapat bersantai di sana berjemur ringan dengan diiringi deburan ombak yang menggulung. Tidak hanya menikmati panoramanya saja kalian bisa berenang di tepian Tirtamaya dengan menggunakan ban sewaan agar terjamin keamannya. Karena di kawasan wisata ini juga menyediakan ban sewaan loh.

Setelah capainya berenang, kalian bisa menikmati kuliner khas Indramayu di deretan kantin sepanjang Pantai Tirtamaya ini. Berbagai jenis makanan dan minuman disajikan untuk pengunjung yang sengaja mampir selepas berenang atau sekedar melepas rasa lapar dan dahaga di sana. Tak ketinggalan pula, kamar mandi dan kamar gantinya tersedia dengan fasilitas yang memadai dan kebersihan yang selalu terjaga.

Tempat Wisata di Tuban Jawa Timur Terbaru 2019 Terindah

 Tempat Wisata di Tuban Jawa Timur Terbaru 2019 Terindah

Tuban adalah tempat wisata di tuban jawa timur terbaru 2019 terindah sebuah kecamatan di Kuta, Badung, provinsi Bali, letaknya dekat dengan Bandara Ngurah Rai, mata pencaharian penduduknya adalah bertani dan nelayan. Terdapat beberapa obyek wisata diantaranya Ekowisata Mangrove Wanasari, Circus Waterpark, dan lain-lain. Baca lebih sedikit.Penataannya bagus dan serasi. Layanannya baik dan memuaskan. Menu cukup beragam. Maragrita pizza rasanya enak dan nikmat. Sop buntut goreng terasa segar dan nikmat. Rata – rata masakannya enak dan nikmat. 

Last Wave

Sangat baguss makanannya enak suasana nyaman ramai musik juga bagus.patut dicoba bakal datang sekali lagi. Makanannya enak tempat nunggu yang tempat wisata di tuban jawa timur terbaru 2019 terindah cozy betah berlama lama nyaman buat nunggu jam boarding yg kadang membosankan. Beef rendang nya sangat enak Menu pilihan pelayan dan penyajian luar biasa.staff yang ramah tamah. Hanya satu2nya yang ada di bandara international Bali.

Last Wave

Makanan enak ,pelayanan bagus,tempat strategis, menu breakfast buanyak pilihan ,makanan cepat semua senyum dan ramah. Rasa burgernya enak, sayang kentang gorengnya tidak masak sempurna jadi ada bagian yang kurang matang. Pesen burger sama pacar saya, hmmm so so lah ya, presentasi makanan nya kurang menarik menurut saya dengan harga yang tempat wisata di tuban jawa timur terbaru 2019 terindah dipatok

Fries nya lumayan sih, pas makanan dateng agak syok kita liat presentasinya, tapi untung waitress yang ngelayanin kita bener bener helpful, ramah dan attentive, makasih mbak tiara, you were our mood booster at last wave, keep doing it! Dengan penerbangan larut malam saya lebih suka makan di bandara daripada di penerbangan. Restoran ini di Bandara Denpasar memiliki pilihan menu yang bagus, pasta & pizza yang sangat baik & margarita yang luar biasa.

Staf semua sangat ramah & efisien – keseluruhan restoran makan kasual yang besar. Jika Anda membutuhkan minuman dan makanan sebelum pulang ke rumah, staf di Last Wave akan menjaga Anda. Kedua kali saya telah disambut dengan senyum, staf sangat ramah dan layanan sangat baik. Dan jika Anda tidak teratur seperti saya, mereka akan membantu Anda mengetahui dari mana gerbang penerbangan Anda pergi. Terima kasih, Ladyy.

Hanya berjalan dengan Last Wave di bandara Bali, tampak hebat, ditutupi papan selancar. Punya pelayan fantastis bernama Hudi yang sangat penuh perhatian dan membantu. Makanan adalah bagian yang lezat dan sangat besar tempat wisata di tuban jawa timur terbaru 2019 terindah untuk uang! Terima kasih. Satu jam untuk membunuh dan setelah 10 hari perjalanan di Bali saya tidak berencana untuk minum lagi.

ENVY Bali

Tempatnya sangat cozy, untuk harganya tidak terlalu mahal. Untuk rasanya saya kasi nilai 8. Pelayanannya sangat baik, staffnya sangat ramah. Overall recommended, ke tempat ini secara tidak sengaja saat akan menunggu waktu sebelum melihat sunset, saya sangat suka dengan bar ini, service nya baik dan staffnya juga ramah-ramah. harga makanan tempat wisata di tuban jawa timur terbaru 2019 terindah.

ENVY Bali

Minumannya juga tidak terlalu mahal untuk sekelas bar hotel Salam ntoanto Terimakasih sudah neluangkan waktunya untuk menulis pengalamannya tentang Envy ditempatberwisatamurah.com Kami sangat senang mengetahui kalau bapak menyukai Envy restauran walaupun tanpa rencana bisa menemukan tempat kami. Kami akan menantikan kunjungan bapak lagi di kemudian hari. Salam hormat kami Winda Envy Manager.

Pas pertama masuk wow,pelayanan nya ramah bgt,menu nya bervariasi dan hrg nya pun standart lah yaaaaa,murce.makanan nya enak dan cara penyajiannyapun bgs..untuk sunset bagus bgt karena lokasinya pinggir pantai dan ada live music nya,tempat wisata di tuban jawa timur terbaru 2019 terindah,pokoknya yg lgi liburan kebali wajib dateng ke envyKami sangat senang anda menyukai makanan kami.

Pertunjukan musiknya apa lagi anda merekomendasikan tempat kami ke teman teman anda atas nama Envy restoran kami mengundang bapak lagi untuk mencoba rasa dari makanan makanan yang baru yang akan kami keluarkan di bulan oktober tahun ini. Salam hangat dri Bali Tempat yang sangat menyenangkan dan relax banget untuk ngabisin waktu sambil menikmati sunset, waiter yang sangt ramah dan makanan enak

Recomended banget untuk yang lain. Resto ini tempatnya nyaman dan menyenangkan. Penataannya bagus dan serasi. Layanannya baik dan memuaskan. Menu cukup beragam. Maragrita pizza tempat wisata di tuban jawa timur terbaru 2019 terindah rasanya enak dan nikmat. Sop buntut goreng terasa segar dan nikmat. Rata – rata masakannya enak dan nikmat. Makan disini sambil menikmati sunset yang begitu mempesona.