Citilink, Maskapai Murah Di Indonesia

0
87
Terminal Citilink Soekarno Hatta

Citilink Terminal Berapa?

Bandar Udara Soekarno Hatta merupakan sebuah bandar udara atau bandara yang melayani penerbangan untuk Jakarta Indonesia. Bandara ini bernama SOEKARNO HATTA, karena diambil dari nama proklamator Republik Indonesia yang sekaligus merupakan Presiden Republik Indonesia pada saat itu. Bandara Soekrno Hatta ini berlokasi di Cengkareng, Tangerang, Banten. Yang memiliki kode IATA/CGK. Bandara Soekarno Hatta ini mulai beroprasi sejak tahun 1985 menggantikan beberapa bandara yang sudah beroprasi terlebih dahulu. Bandara ini memiliki luas sekitar 18 km persegi dan memiliki 2 landasan paralel yang dipisahkan oleh 2 Taxi Way sepanjang 2,4 km.

Bandara Soekarno hatta Jakarta memiliki beberapa terminal yang terbagi menjadi 3 terminal, yaitu Terminal I, Terminal II dan Terminal III.

Terminal I merupakan wilayah penerbangan domestik atau dalam negeri yang terbagi menjadi Terminal 1A : Lion Air dan Wings Air (seluruh tujuan domestik kecuali sumatera),

Terminal 1B: Lion Air (khusus Sumatera), Sriwijaya Air, Kartika Airline, dan Express Air

Terminal 1C: Garuda Citilink dan Airfast Indonesia.

Sedangkan untuk Terminal 2 merupakan sub terminal yang khusus untuk penerbangan Internasional dan Domestik.

Terminal 2D dann 2E khusus hanya untuk penerbangan internasional dan 2F untuk penerbangan domestik.

Terminal 2D : Air China, All Nippon Airways (ANA), Batavia Air, Cebu Pacific, Cathay Pacific, Kuwait Airline, Turkish Airline, Royal Brunel, Jetstar, Eva Air, Malaysia Airline, Phillipine Airline, China Shoutern Airline, The Airways Internasional, Valuair, Yemenia dan lain-lain.

Terminal 2E : Garuda Indonesia, Lion Air, Korean Air, Etihad, KLM Royal, Dutch Airline, Royal Brunei.

Terminal 2F : Garuda Indonesia dan Merpati Nusantara Airline

Khusus Terminal III hanya untuk penerbangan AirAsia. Seperti AirAsia-QZ, Malaysia AirAsia-AK dan Thai AirAsia-FD.

Terminal Citilink Soekarno Hatta
Terminal Citilink Soekarno Hatta

Di Terminal 1C terdapat maskapai penerbangan yang terkenal dengan biaya penerbangan nya yang sangat murah yaitu Citilink. Citilink merupakan sebuah maskapai penerbangan yang memiliki biaya penerbangan yang murah dan merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia. perusahaan ini berkembang sendiri tanpa sang induk yaitu Garuda Indonesia sejak tahun 2001. Citilink beroprasi dengan menggunakan 17 pesawat dengan logo, tanda panggil dan seragam baru. Bandara utama untuk penghubung maskapai ini adalah Bandar Udara Internasional Juanda yang berlokasi di Surabaya. Maskapai ini memiliki 9 tujuan domestik yaitu diantaranya Kota Surabaya, Kota Denpasar, Kota Medan, Kota Banjarmasin, Balikpapan dan Kota Batam. Maskapai ini juga menyediakan penerbangan sebaliknya, yaitu dari 9 kota tersebut ke Jakarta. Pada September 2012 lalu, Citilink telah membuka rute penerbangan baru menuju Lombok dengan rute Surabaya-Lombok dan pada Januari 2014 Citilink juga membuka rute baru menuju Kota Malang, Kota Palembang, Kota Semarang dan Daerah Istimewa Yogjakarta melalui Bandar Udara Halim Perdanakusuma.

Beberapa armada Citilink yaitu sebuah Fokker-28 4000 felowship yang memiliki dekorasi yang unik. Kemudian sebuah armada Citilink dan Boeing 737 yang juga telah di dekorasi. Meskipun Citilink merupakan maskapai baru dan bisa di bilang masih mengembangkan diri di banding maskapai lain, fasilitas yang ada di Citilink tak perlu di ragukan lagi, bahkan disebut-sebut Citilink telah memiliki 2 fasilitas unggulan yang tidak di miliki oleh maskapai lain. fasilitas tersebut yaitu kebijakan manajemen fasilitas Citilink yang membebaskan penumpang dari biaya pajak Bandara. Sehingga apabila penumpang telah sampai di bandara, mereka tak perlu antre untuk membayar pajak Bandara karena telah di tanggung oleh pihak Citilink. Fasilitas lain yang tak kalah unik dan hanya ada di citilink adalah sebuah branding. Branding ini berupa sebuah oleh-oleh bagi penumpang yang telah sampai di bandara tujuan. Oleh-oleh ini tentu saaja bukan berbentuk barang, tetapi sebuah pantun yang di lontarkan oleh pramugari kepada penumpang. Contohnya yaitu “jalan-jaan ke tanah abang, jangan lupa ke semanggi. Jangan lupa kalau terbang, abang naik citilink lagi” pantun tersebut di ucapkan pramugari ketika para penumpang sudah siap untuk turun dari pesawat. Tentu saja hal ini tidak akan di dapatkan di maskapai penerbangan lain selain Citilink.

Jadi, bila anda calon penumpang yang ingin terbang dengan maskapai yang murah, unik dan tentu saja aman, anda bisa memilih Citilink di Terminal 1C Bandara Soekarno Hatta. Tak perlu memusingkan soal biaya, karna maskapai ini telah di desain dengan harga yang sangat murah dan ramah bagi penumpang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here