Destinasi Wisata Barito Selatan

Destinasi Wisata Barito Selatan

destinasi wisata barito selatan adalah salah satu tempat wisata paling kerap dikunjung oleh para wisatawan soalnya tempatntya begitu indah unik dan bersih 3 tempat wisata paling poluler di barito selatan. Berikut destinasi wisata barito selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di Berikut destinasi wisata barito selatan, dan ber Ibukota di Kota barito Raya, sangat kaya akan potensi alam, termasuk di dalamnya yang akan kita bicarakan, yakni Berikut destinasi wisata barito selatan,Sebagian dari Tempat Berikut destinasi wisata barito selatan yang Menawan.

Berikut destinasi wisata barito selatan berbatasan dengan Laut Jawa, wisata terpoluler saat ini di barito selatan  Berikut destinasi wisata barito selatan yang akan kita bahas, yaitu :

Danau Malawen

Malawen adalah sebuah danau yang terletak di desa Sanggu, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah,. tepi danau ini terdapat banyak tanaman anggrek dan danau ini juga bagus untuk tempat mancing. danau ini masih terus di kembangkan agar menjadi salah satu objek wisata unggulan daerah Barito Selatan  Indonesia.di tepi sebuah hutan di daerah Kalimantan Tengah, Indonesia, hidup sepasang suami-istri miskin. tempat bagus, terawat cm sayang akses masuk kurang diperhatikan oleh pemda setempat krna aspal sudah jelek dan berlubang lubang lumayan buat rekreasi keluarga, Meskipun hidup serba pas-pasan, mereka senantiasa saling menyayangi dan mencintai. Sudah sepuluh tahun mereka berumah tangga, namun belum juga dikaruniai seorang anak.

Danau Manawen

Sepasang suami-istri tersebut sangat merindukan kehadiran seorang buah hati belaian jiwa untuk melengkapi keluarga mereka. Untuk itu, hampir setiap malam mereka berdoa memohon kepada Tuhan Yang Mahakuasa agar impian tersebut dapat menjadi kenyataan.Pada suatu malam, usai memanjatkan doa, sepasang suami istri pergi beristirahat. Malam itu, sang Istri bermimpi didatangi oleh seorang lelaki tua. “Jika kalian menginginkan seorang keturunan, kalian harus rela pergi ke hutan untuk bertapa,” ujar lelaki tua dalam mimpinya itu.Baru saja sang Istri akan menanyakan sesuatu, lelaki tua itu keburu hilang dari dalam mimpinya.Keesokan harinya, sang Istri pun menceritakan perihal mimpinya tersebut kepada suaminya dan sang suamipun setuju untuk mencobanya.

Pada hari keseratus, kedua suami-istri itu benar-benar sudah tidak tahan lagi menahan rasa lapar,haus dan kantuk. Maka pada saat itulah, seorang lelaki tua menghampiri dan berdiri di belakang mereka. seorang kakek tersebut berkata bahwa mereka lulus ujian dan di suruh berhenti dalam pertapaanya. saat suami istri itu membuka matanya, mereka tidak melihat satu pun lelaki di sekitar mereka.embuka mata dan menoleh ke belakang. Mereka sudah tidakmelihat lagi kakek yang berseru itu. Akhirnya mereka pun untuk  memutuskan pulang ke rumah denganberharap usaha mereka akan membuahkan hasil sesuai dengan yang diinginkan kita. sesampainya dirumah suami istri itu mulai melakukan kegiatan sambil menanti karunia dari tuhan.sampai akhirnya mereka mendapatkan tanda-tanda kehadiran si buah hati pada keluarga mereka. waktu terus berjalan sang buah hatipun lahir dan diberi nama Kumbang Bananung.

Tak terasa Kumbang banaung  menginjak usia remaja. wajahnya sangat rupawan. tapi sifat kumbang tak serupawan wajahnya. dia sering bertindak kasar kepada orang tuanya dan selalu memaksakan kehendak. ketika ayahnya sedang sakit keras, kumbang memaksanya untuk menemaninya pergi berburu. akan tetapi ayahnya tidak kuat untuk menemaninya. meski dengan, kumbang akhirnya pergi sendirian. sang ayah memberikan bekal kepadanya berupa piring malawen yang konon bisa membantunya di saat dia kesusahan. kumbang pun pergi berburu. ia menyusuri hutan yang lebat dan tanpa sadar dia telah jauh masuk kedalam hutan sampai dia tersesat. dia terus mencari cari jalan pulang sampai dari kejauhan dia melihat sebuah desa. Memasuki desa yang bernama desa Sanggu. di sana sedang diadakan semacam pesta rakyat untuk merayakan masa perubahan anak gadis kepala desa dari gadis kecil keambang dewasa.

Pemandian Rawen

Pemandian  Rawen adalah salah satunya objek wisata alam pemandian Rawen dan Banyu Habang yang terletak di desa Sanggu Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan.Pemandian alam dengan suasana alami.
Air bening berwarna merah merupakan ciri khas yg ada di pemandian warna merah yang jernih dipengaruhi oleh akar tanaman masif di daerah ini, pengunjung juga dapat menikmati beberapa koleksi binatang menambah semaraknya tempat wisata kuliner pada hari-hari biasa perlu disiapkan pribadi karena tidak ada penjual di dalam areal wisata, suara alam dari hewan serta serangga menemani perjalanan kita menyusuri tempat wisata cocok untuk tempat beristirahat ini dekat dengan bandara Sanggu dan perjalanan dari Palangkaraya bisa ditempuh dengan travel 4 jam.

Pemandian Rawen

Disini warga berbondong-bondong menghabiskan libur dengan menikmati keasrian dan kesegaran dari mata air desa sanggu yang terkenal dengan keistimewaannya yang berwarna Habang atau warna merah itu lah yang membuat warga Kota Buntok, Janiah, mengatakan, hari pertama lebaran dirinya dan keluarga di rumah saja menunggu tamu yang datang berkunjung dan sebaliknya mengunjungi kerabat serta tetangga dan Pada hari kedua atau ketiga seperti saat ini baru kita bersama keluarga ke tempat wisata Banyu Habang untuk berlibur kata Janiah kepada Dayak News Online.

Sementara itu, Betsida, warga Kota Buntok lainnya, mengatakan dirinya bersama keluarga lebih memilih piknik ke wisata alam RawenPasalnya, dia membawa serta anak-anaknya. “Di Rawen ini airnya tidak terlalu dalam, pas untuk anak-anak yang ingin mandi, ucap Betsida.Keesokan harinya, usai menyiapkan bekal seadanya, sepasang suami-istri itu pun pergi ke sebuah hutan yang letaknya cukup jauh. Setelah setengah hari berjalan, sampailah mereka di sebuah hutan yang sangat lebat dan sunyi, mereka pun membangun sebuah gubuk kecil untuk tempat bertapa.

Ketika hari mulai gelap, sepasang suami-istri itu pun memulai pertapaan mereka. Keduanya duduk bersila sambil memejamkan mata dan memusatkan konsentrasi kepada Tuhan Yang Mahakuasa.Sudah berminggu-minggu mereka bertapa, namun belum juga memperoleh tanda-tanda maupun petunjuk. Meskipun harus menahan rasa lapar, haus dan kantuk, mereka tetap melanjutkan pertapaan hingga berbulan-bulan lamanya. Sampai pada hari kesembilan puluh sembilan pun mereka belum mendapatkan petunjuk. Rupanya, Tuhan Yang Mahakuasa sedang menguji kesabaran mereka.

gadis yang cantik jelita tersebut bernama intan. kumbang terkagum-kagum melihat kecantikan gadis itu. ketika kembali kerumahnya wajah intan masih terbayang-bayang. keesokan harinya kumbang pamit untuk pergi berburu padahal dia bermain ke desa sanggu. dia mencari cara agar bisa berkenalan dengan intan. sampai akhirnya kumbang berhasil berkenalan dengan intan dan cukup lama mereka berbincang-bincang. dari sikapnya intan juga menyimpan rasa kepada kumbang. sejak saat tu kumbang menjadi sering pergi ke desa sanggu untuk menemui intan, suatu hari intan menceritakan masalahnya kepada kumbang bahwa ayahnya intan dengan seorang pengusaha rotan yang kaya raya. kumbang menjadi gundah dan pulang untuk menemui ayahnya agar bisa melamar intan. akan tetapi kedua orang tua kumbang merasa keberatan karena mereka hanya keluarga yang miskin.

Namun kumbang tetap bersikeras, dia kembali ke desa sanggu untuk membawa lari intan. intanpun mau di ajak kawin lari karena dia tidak mau di jodohkan dengan pengusaha rotan tersebut. mereka pergi mengendap-endap meninggalkan rumah, namun gerak-geriknya di ketahui warga. kumbang dan intan pun lari meninggalkan desa sanggu menuju kedalam hutan. sampai di tepi sungai, merekapun panik untuk  kejaran waraga. tiba-tiba kumbang ingat akan bekal yang di berikannya dari ayahnya dulu. dia megeluarka piring malawen dan melemparkanya kesungai. ajaib sekali piring tersebut berubah menjadi besar. dan mereka melompat ke atas piring tersebut. mereka merasa lega karena telah menghindari kejaran warga. Di tengah sungai terjadi badai dasyat di sertai pentir yang menyambar dan hujan yang sangat lebat. piring malawen tidak mampu menahan gelombang dan cuaca seburuk itu. piringpun terbalik dan sungai itupun menjelma menjadi sebuah danau.

Taman Rusa

Taman ini merupakan salah satu taman yang ada dikota Buntok,Kalimantan Tengah. Taman ini sering ramai dikunjungi pada sore hari oleh semua kalangan masyarakat Buntok,dari anak-anak, para remaja, sampai orang tua pun ikut menikmati taman ini.Taman ini memiliki kolam ditengahnya terdapat patung rusa sebagai ikon taman ini. Selain itu,ditaman ini juga terdapat berbagai wahana permainan anak seperti,ayunan dan perosotan yang membuat anak-anak menjadi senang bermain ditaman ini.

Taman Rusa

Tamannya kurang terawat kalau kondisi sekarang, apalagi kalau malam hari lampu penerangan kadang tidak hidup, semoga kedepannya taman ini bisa di renovasi biar menjadi wajah kota Buntok yg baru,jalan kaki, atau pakai mobil.Umumnya, harga tiket untuk masuk tempat wisata berbeda antara hari libur, minggu atau hari biasa biar bisa enak yang jaga enak yang bermain enak dan juga di sini bagus tempatnya tanpa ditarik parkirwisata di Kab Barito Selatan. Jika anda ingin mendapatkan petunjuk silakan klik tombol petunjuk arah di bawah untuk membuka peta navigasi.

Di peta navigasi tersebut, terdapat pilihan apakah memakai kendaraan umum.Taman Rusa tempat bermain untuk anak-anak tempatnya Alhamdulillah luas dan banyak lapangan hijau cuman kalau boleh saran disini harus ditambah lagi permainannya karena disini anak-anak bisa bermain sepuasnya Terus kalau bisa kursinya tempat duduk untuk orang tua dari anak-anak ditambah lagi biar bisa enak yang jaga enak yang bermain enak dan juga di sini bagus tempatnya tanpa ditarik biaya parkir,taman Rusa Kab Barito Selatan terletak di provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Tepatnya di Buntok Kota, Dusun Sel.

Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah. Terdapat 7 tempat wisata di Kab Barito Selatan. Jika anda ingin mendapatkan petunjuk arah ke tempat wisata tersebut, silakan klik tombol petunjuk arah di bawah untuk membuka peta navigasi. Di peta navigasi tersebut, terdapat pilihan apakah memakai kendaraan umum, jalan kaki, atau pakai mobil.Umumnya, harga tiket untuk masuk tempat wisata berbeda antara hari libur, minggu atau hari biasa. Berikut kami sertakan daftar harga tiket masuk ke area Kab Barito Selatan. Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *