Festival Wakatobi Perkenalkan Pesona Indonesia di Sulawesi

Festival Wakatobi Indonesia di Sulawesi

Indonesia adalah negara kepulauan yang mempunyai kekayaan alam laur biasa. Tidak hanya itu, ‘Sejarah’ menjadi kekayaan yang tidak bisa remehkan, misalnya sejarah manusia Indonesia yang membangun candi terbesar di dunia, Candi Prambanan. Yang menabjubkan, manusia Jaman kuno di nusantara ternyata sudah pandai dan menguasai matematika arsitektur, dengan dibuktikan membangun bangunan yang indah dan besar dengan khas Bhuda tersebut. Memang, baik sejarah dan alam, kekayaan alam Indonesia menjadi pesona terbaik yang dimiliki oleh dunia. Provinsi terkenal dengan wisata adalah Bali, Provinsi ini memang sudah menjadi salah satu destinasi terbaik di dunia. Kekayaan alam Indonesia tidak hanya di Bali, tetapi juga terdapat didaerah lainya yang tidak kalah indah. Tempat tersebut ialah Wakatobi, pesona tersembunyi di dunia dan pesona Indonesia yang harus kita jaga dengan baik serta harus dipromosikan sebagai salah satu wisata terbaik di Indonesia.

Wisata Wakatobi
Wisata Wakatobi

Wakatobi merupakan daerah Kabupaten yang ada di Sulawesi Tenggara, Indonesia dengan penduduk kurang dari 1 juta jiwa. Waktobi juga merupakan nama wilayah yang masuk sebagai taman nasional yang ditetapkan dan diresmikan oleh pemerintah sejak tahun 1996 dengan luas mencapai 1,39 Hektar. Kekayaan di kawasan Wakatobi berupa keanekaragaman laut seperti terumbu karang, hewan laut serta binatang yang ada didalamnya. Pesona alam Wakatobi sangat mempesona, bahkan seperti surga dunia.  Tidak berlebihan, karena alam lautnya sangat jernih, Anda bisa melihat dengan jelas keadaan didalam air laut, baik itu ikan, terumbu karang atau benda-benda lainya.

Untuk mempromosikan wisata Wakatobi pemerintah daerah dan pusat saling bersinergis untuk mendukung pertumbuhan pariwisata bagi Wakatobi. Salah satunya dengan menyelenggarakan Festival Wakatobi. Festival ini menjadi salah satu media efektif kepada dunia untuk promosi dan memperkenalkan keistimewaan alam Wakatobi. Festival tersebut untuk mengangkat berbagai tempat indah di Wakatobi seperti Pulau Wangi-wangi, Pulau Keledupa, Pulau Tomia dan Binongko. Selain itu, berbagai budaya juga diperkenalkan. Dalam acara Festival Wakatobi menyediakan berbagai kegiatan untuk memeriahkan festival dan menarik wisatawan untuk menyaksikan setiap acara.

Festvial Wakatobi biasa berlangsung di Akhir tahun yang merupakai waktu tepat untuk berlibur dan mudah untuk menarik wisatawan.  Dalam Prosesi acara dimulai dengan dimeriahkan lagu-lagu tradisional masyarakat Wakatobi atau disebut Kandadio serta tari-tari khas seperti Kolosal dan Liwo. Selain itu, terdapat lomba foto untuk mengabadikan pesona Wakatobi baik darat seperti budaya ataupun biota yang ada didalam laut seperti terumbu karang dan ikan-ikan cantik. Terdapat juga acara religius seperti Kariaa Wakatobi yaitu sebuah prosesi mengislamkan anak perempuan di Wakatobi. Acara Festival Wakatobi selalu meriah bahkan dihadiri oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri hingga mencapai 10 ribu orang.

Wisata Wakatobi Sulawesi
Wisata Wakatobi Sulawesi

Saat ini, Wakatobi merupakan daerah yang masuk 10 destinasi  wisata unggulan yang dimiliki oleh Indonesia dan telah ditetapkan oleh pemerintah pusat sejak beberapa tahun kebelakang. Dengan Diadakan tahunan Festival Wakatobi menjadi salah satu agenda untuk meningkatkan wisata setiap tahun. Hal itu, seleras dengan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata. Bahkan Wakatoba dan Taman Nasional Wakatobi telah ditetap sebagai Cagar Biosfer Bumi. Festival Wakatobi menjadi salah satu agenda nasional dibidang pariwisata yang memakan biaya besar, tapi acara tersebut dapat mendatangkan wisatawan secara berkelanjutan. Jika Anda belum pernah mengikuti festival Wakatobi atau belum pernah mengeksplore alam Wakatobi segera datang dan sempatkan waktu untuk berkunjung, Karena Pesona Wakatobi tidak akan pernah terlupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *