Harga Tiket Masuk Gembira Loka Terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk  Gembira Loka Terbaru

Berawal dari keinginan Sri Sultan Hamengkubuwono VIII yang menginginkan pembangunan sebuah tempat hibuan rakyat berupa kebun raya. Pemikiran tersebut kemudian didiskusikan dengan seorang arsitek berkebangsaan Austria bernama Kohler. Baru beberapa tahun kemudian pembangunan dari gagasan tersebut dapat direalisasikan dan kemudian dilanjutkan pada masa pemerintahan Sri Sultan hamengku Buwono IX.

Meskipun pada perkembangannya kebun binatang ini mengalami pasang surut, namun kenyatannya Gembira Loka tetap menjadi tempat wisata andalan masyarakat Jogja. Berdasarkan data Dinas Pariwisata DIY, jumlah pengunjung Kebun Binatang Gembira Loka lebih banyak dibandingkan pengunjung Museum Sonobudoyo dan Monumen Jogja Kembali atau Monjali. Namun jumlah pengunjung Kebun Binatang Gembira Loka masih kalah dibandingkan jumlah pengunjung Keraton Yogyakarta dan Kawasan Malioboro per tahunnya.

Koleksi Kebun Binatang

Sebagai kebun binatang yang sudah lama berdiri, Gembira Loka Zoo memiliki beragam koleksi lengkap yang siap memanjakan pengetahuan Anda. Gembira Loka Zoo memiliki koleksi berupa mamalia (orangutan Kalimantan, Gajah Sumatera, Banteng, Harimau Sumatera, Lutung Jawa, Bekantan, Beruang Madu, Kapibara, Kijang, Binturong, Kuda Nil, Landak Jawa, Lemur Ekor incin, Tapir Asia, Unta Punuk Satu dan sebagainya), reptilia (Biawak Pohon Biru, Kura-kura Aldabra, Kura-kura Kepala Chery, Biawak Komodo, Iguana Hijau, Kedal Pensil dan sebagainya), aves (Burung Hantu, Elang Bondol, Elang Brontok, Macau Merah, Julang Emas, Kakatua Jambul Kuning, Macau Biru Emas dan sebagainya), amfibia (Katak Bibir Putih, Katak Badut, Katak Pesek, Katak Red Rain, Katak Tomat dan Salamander Axolotl) dan pisces (Belida, Ikan Macan, Jengishkan, Piranha dan Tomang).

Tiket Masuk Gembira Loka Terbaru
Tiket Masuk Gembira Loka Terbaru

Fasilitas

Jangan khawatir Anda akan bosan saat berkunjung kemari. Gembira Loka Zoo sudah menyiapakan berbagai fasilitas yang nantinya dapat Anda nikmati. Untuk sarana ibadah, Gembira Loka Zoo menyediakan sebuah mushola. Letaknya yang berada di tengah rerimbunan pohon sengaja dibuat agar memiliki kesan menyatu dengan alam. Mushola ini terletak tepat sebelum tangga turun menuju area kebun binatang.

Mayang Tirta. Berarti sebuah perahu yang berada di atas air merupakan wahana berbentuk bangunan yang terletak di tengah danau buatan utama Gembira Loka Zoo. Di area ini terdapat stage berukuran sedang yang dilengakapi sound sistem dan peralatan band cukup lengkap. Untuk area terbuka, wahanan ini mampu menampung hingga 200 orang.

Perahu Katamaram. Untuk menaiki perahu yang memiliki kapasitas 40 orang ini, Anda harus membeli tiket seharga Rp 10.000/orang. Namun jika ingin lebih murah maka Anda dapat membelinya di loket pintu masuk yaitu dengan harga RP 5.000/orang. Wahanan ini menjadi primadona di Gembira Loka Zoo. Dengan menaiki Perahu Katamaram, Anda apat berkeliling danau buatan dan bangunan Mayang Tirta yang memiliki bentuk seperti perahu besar.

Speed Boat. Jika Anda ingin merasakan sensai menaiki perau cepat, Anda tidak perlu jauh-jauh ke laut. Di Gembira Loka Zoo juga terdapat speed boat yang memelintas di tengah kota Yogyakarta. Anda cukup membayar tiket dengan harga Rp 20.000/orang  untuk menikmati wahana ini.

Bumper Boat. Selain Speed Boat, Gembira Loka Zoo juga memiliki wahanan air lainnya berupa Bumper boat atau perahu berbentuk bundar yang memiliki kapasitas dua orang. Dengan membayar tiket seharga Rp 20.000/orang Anda dapat puas berputar-putar mengelilingi area kolam Gembira Loka Zoo.

Kolam Tangkap. Jika Anda membawa buah hati, maka wahana ini sangat cocok untuk dicoba. Sebuah kolam dengan kedalaman hanya 30 cm yang dikhususkan bagi balita hingga anak usia 10 tahun ini menyediakan ikan-ikan kecil untuk ditangkap anak-anak. Ikan yang berhasil ditangkap nantinya boleh dibawa pulang untuk dipelihara. Jika tidak berhasil menangkap satu pun ikan, petugas penjaga kolam telah siap sedia menyediakan bungkusan ikan-ikan untuk dibawa pulang. Untuk menikmati wahana ini hanya dikenakan tarif Rp 10.000/orang.

Selain wahana-wahana di atas, Gembira Loka Zoo juga masih menyediakan wahanan lain seperti ATV, Taring (Transportasi Keliling), Skuter Air, Banana Boat Orca, Perahu Kayuh, Terapi Ikan, Onta Tunggang, Gajah Tunggang dan Kolam Sentuh.

Gerai Souvenir

Gembira Loka Zoo benar-benar menyiapakan suatu wahana wisata dengan paket lengkap. Setelah puas menyaksikan beragam koleksi yang dapat mengupgred pengetahuan, dimanjakan dengan beragam fasilitas yang ada, selanjutnya Anda juga tidak akan dibiarkan pulang dengan tangan kosong. Gembira Loka Zoo menyiapkan gerai souvenir yang menjual berbagai oleh-oleh khas kebun binatang ini. Adapun barang-barang yang dapat Anda beli antara lain boneka, gantungan kunci, kaos, kemeja polo, topi dan payung. Berbagai souvenir ini dapat Anda beli muali dari harga Rp 5.000.

Harga Tiket Masuk Gembira Loka Zoo

Pada tahun 1015 ini, Gembira Loka Zoo memberikan harga tiket khusus. Untuk kategori 17 Juli sampai 2 Agustus 2015 tiket dijual dengan harga Rp 30.000/orang, sedangkan di luar waktu tersebut tiket masuk Gembira Loka Zoo dijual dengan harga Rp 25.000/orang.

Jadi tunggu apa lagi? segera pesan tiketnya dan nikmati liburan bersama keluarga!

Advertisement
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.