wisata kuliner

Inilah 3 Daftar Kuliner Medan Yang Paling Maknyus

Advertisement

Kota Medan tidak hanya terkenal dengan tempat wisata kuliner medan nya yang sangat bagus namun disana juga terdapat wisata kuliner medan. Melakukan liburan ke Medan tidak akan membuat Kamu kelaparan, karena banyak sekali makanan yang harus Kamu cicipi. Bila Kamu melakukan perjalanan dari tempat wisata kuliner medan satu dengan lainnya maka, dijamin Kamu bisa menemukan banyak sekali makanan wisata kuliner medan yang dijual disana.Wisata kuliner Medan sangat banyak, mulai dari wisata kuliner medan street food, cafe sampai dengan makanan wisata kuliner medan yang berada di hotel. Kebanyakan para wisatawan yang berkunjung di Medan pasti lebih memilih untuk membeli kuliner yang berada di street food. Rasanya sangat nikmat disisi lain harganya juga cukup terjangkau bagi orang yang sedang melakukan traveling dikota ini. Semua makanan wisata kuliner medan yang dijual disini sangat khas, hanya Kamu temukan di kota Medan saja.Berbagai macam tempat wisata kuliner Medan tidak hanya digunakan sebagai tempat makan saja, namun Kamu juga bisa menghabiskan waktu nongkrong disana. Setiap tempat kuliner menyediakan fasilitas tempat yang nyaman bagi para pelanggan. Kamu pasti sangat betah menghabiskan waktu disana.Terlalu banyaknya tempat wisata kuliner Medan pasti membuat Kamu bingung. Tenang saja karena Kamu dapat memilih tempat kuliner yang tepat. Pilihlah tempat kuliner khas Medan yang menyediakan makanan dengan rasa super lezat. Berikut ini merupakan berbagai macam kuliner Medan yang wajib Kamu coba.Jika berencana mengunjungi Kota Medan, Anda tentu tak boleh melewatkan wisata kuliner khas andalan Kota Melayu Deli ini. Mulai dari durian, laksa Medan, bihun bebek, hingga bolu gulung dapat Anda nikmati dari ibu kota provinsi Sumatera Utara ini. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera kunjungi tempat wisata kuliner di Medan berikut!

Soto Udang Kesawan

Soto memang menjadi makanan khas Indonesia yang dimiliki oleh berbagai daerah, tak terkecuali Medan. Di sini, Anda bisa mencoba semangkuk soto udang hangat yang akan menggugah selera makan. Tak hanya soto udang, tempat makan Soto Kesawan Enak Tenan ini juga menawarkan soto ayam dan soto sapi. Selain itu, ada pula soto kombinasi berisi daging udang, ayam, dan sapi bagi penyuka segala jenis lauk. Dengan hanya melihat banyaknya varian soto saja kita bisa tahu betapa kayanya ragam kuliner nusantara. Di Medan, Sumatera Utara, ada satu gagrak soto yang sangat unik dan sulit dijumpai di tempat lain, yakni soto udang. Berbeda dengan soto pada umumnya yang menggunakan bahan baku daging sapi atau ayam, Soto Medan yang satu ini menggunakan udang sebagai isiannya.Untuk mencicipi kelezatan soto udang anda bisa singgah ke Kedai Soto Kesawan “Enak Tenan” di Jalan Ahmad Yani (Kesawan) 116, Medan. Kedainya berada di seberang Tjong A Fie mansion, sebuah bangunan kuno yang menjadi salah satu situs bersejarah di kota ini. Soto Kesawan ini sudah sangat kondang di kalangan pecinta soto khas Medan. Tidak mengherankan karena usaha soto ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu, bahkan kabarnya sudah lebih dari 40 tahun. Sementara nama “Enak Tenan” tersebut menunjukkan bahwa sang pemilik adalah seorang putra Jawa alias pujasema (putra Jawa kelahiran Sumatera). Kedai Soto Kesawan ini tempatnya sederhana dan tak begitu luas. Jika sedang ramai, pengunjung harus rela sedikit berdesakan ketika menikmati soto.

wisata kuliner medan
Soto Udang Kesawan

Soto Udang Kesawan menggunakan bahan baku udang galah segar dengan ukuran cukup besar. Udang diambil kaldunya dan kemudian digoreng untuk nantinya dijadikan isian soto. Udang dibiarkan utuh (tidak dipotong-potong kecil) namun sudah dibersihkan dari kulit dan kepalanya. Kuah soto terbuat dari perpaduan santan, kaldu udang, dan racikan bumbu kari yang aromanya sedap. Kuah santannya tak terlalu kental, tapi bisa menghadirkan rasa gurih dan aroma yang memikat.Begitu disajikan, tampak beberapa potong udang menyembul dari kuah soto yang berwarna kekuningan. Aroma rempah khas soto Medan yang sedap segera menyergap indera penciuman. Penampilan soto dipercantik dengan taburan bawang merah goreng dan daun seledri di atasnya. Tak ada bau amis dari udang karena yang digunakan adalah udang segar. Tingkat kematangan udangnya pun pas sehingga benar-benar terasa nikmat ketika disantap. Perkedel kentang bisa ditambahkan ke dalam soto agar kuahnya menjadi lebih kental dan lebih gurih. Soto udang ini disajikan dengan nasi putih dalam piring terpisah.Selain Soto Udang, kedai ini menyediakan varian soto lain seperti: Soto Daging, Soto Jeroan, dan Soto Ayam. Jika ingin lebih mantap lagi, anda bisa memesan soto kombinasi yang berisikan udang dan daging sapi/ayam/jeroan. Sama lezatnya, tapi tentu dengan tekstur isian yang lebih kaya. Saat menyantap soto, jangan lupa juga untuk mencicipi sambal cabai hijaunya yang istimewa.

Jam Buka: 08.00 – 15.00 WIB

Lokasi: Jalan Ahmad Yani (Kesawan) 116, Medan.

Kedai Soto Udang Kesawan juga membuka cabang di Jalan Thamrin, Jalan Surabaya, dan Jalan Sei Batang Hari.

Mie Balap Medan

Sarapan di Medan ga cuma lontong dan nasi aja, ada juga yang namanya mie balap. Dengan wisata kuliner medan yaitu mie balap adalah mie yang digoreng sekaligus dalam jumlah banyak. Biasanya mie yang digunakan adalah kwetiaw dan bihun digoreng dengan sawi, daun bawang, dan telur. Bosan dengan telur, sekarang beberapa penjual mie balap menggunakan seafood dan jeroan ayam sebagai topping.Untuk sarapan, banyak tempat sarapan yang sudah cukup terkenal di jalan Wahidin. Salah satunya yang udah terkenal ini, Mie Balap jalan Gajah, kadang juga disebut Mie Balap Wahidin Ujung. Warung mie balap ini selalu ramai setiap pagi, jadi harus cukup sabar ngantri dan saran kami, jangan kesini dengan keadaan perut yang sangat lapar.Dengan dua pilihan mie yaitu bihun dan kwetiaw, mie balap digoreng dengan tungku berbahan bakar kayu. Mie balap disini digoreng kering dengan campuran telur, tauge, daun bawang, dan seafood. Kalau kamu ga suka seafood bisa juga pesan mie balap biasa alias ga pake seafood. Untuk porsi, selain porsi biasa kamu juga bisa pesan porsi yang lebih banyak yaitu porsi jumbo. Sedang berselera untuk menikmati hidangan laut (seafood)? Cobalah untuk datang ke Mie Balap  Wahidin yang menyajikan mi dengan campuran hidangan laut. Hidangan warung mi satu ini cukup unik karena menyajikan dua jenis mi—kwetiau dan bihun— yang telah dimasak dalam kuali dengan kayu bakar. Kemudian, mi ini ditumis dengan telur, beragam jenis seafood, taoge, dan daun bawang. Sudah terbayang aroma lezatnya, bukan?

wisata kuliner medan
Mie Balap Medan

Salah satu jenis kuliner di Medan yang khas ini disebut “Mie Balap” karena dimasak dan dihidangkan dengan cepat. Umumnya, pengunjung akan menyantap mi untuk sarapan. Pasalnya, sejak mulai buka Mie Balap Wahidin sudah diserbu oleh antrean pembeli.  Tak jarang, warung mi ini hanya mampu buka kurang dari 3 jam sebelum dagangan habis. Tertarik untuk mencobanya?

Bihun Bebek Asie

Medan merupakan gudangnya kuliner enak. Salah satunya adalah Bihun Bebek. Hidangan ini terdiri dari bihun rebus yang disajikan dengan irisan daging bebek rebus. Terdapat banyak bihun bebek yang cukup recommended di Medan. Salah satunya adalah Bihun Bebek Asie Kumango. Konon tempat makan ini merupakan salah satu yang terbaik di Kota Melayu DeliBerdiri sejak tahun 1967, restoran Bihun Bebek Asie ini konsisten menjaga kelezatan cita rasa hidangan andalannya. Jika resto bihun bebek lain menawarkan kuah herbal, Bihun Bebek Asie justru menghadirkan kuah kaldu bebek yang dimasak selama berjam-jam hingga mengental. Meski harga per porsinya terbilang cukup mahal, Anda dijamin tetap kenyang dengan ukuran porsi yang cukup banyak. Salah satu hidangan wajib coba waktu berkunjung ke Medan ialah Bihun Bebek, atau biasanya orang Medan menyebutnya Ak Bihun (Ak=bebek).Mengolah bebek tidak semudah mengolah ayam. Apabila salah dikit, maka aroma tak sedap pun akan muncul.Di Medan, ada 2 aliran kuah bihun bebek, duck broth dan herbal soup.Duck broth artinya kuah tersebut menggunakan kaldu yang dimasak dari bebek itu sendiri tanpa banyak menggunakan bahan-bahan lain sehingga aroma dan citarasa kaldu dari bebek itu dominan di dalam sup. Banyak yang menjulukinya Raja Bihun Bebek di Medan. Setau saya, Asie satu-satunya yang menjual kuah duck broth. It is also the most expensive duck noodle, currently at IDR60.000 untuk porsi standar.

wisata kuliner medan
Bihun Bebek Asie

Porsi besar dan daging berlimpah, karena Asie gak butuh dagingnya. Yang penting, kaldunya kaya rasa, yang mana didapatkan dari rebusan puluhan ekor bebek.Sedangkan pada herbal based, daging bebek dimasak beserta ingredients khas Chinese, contohnya tongkui, tongsem, kiche, angco. Jenis sup ini lebih menitik beratkan ke citarasa herbal dan sedikit hint di aroma kaldu bebek.

Advertisement
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.