Inilah 3 Wisata Kuliner Bondowoso Yang Sangat Hits

wisata bondowoso

Inilah 3 Wisata Kuliner Bondowoso Yang Sangat Hits-Di Bondowoso Lagi Hits Wisata Alam seperti pantai dan air terjun, Wisata Anak seperti pemandian atau wahana permainan anak, Wisata Edukasi seperti bisnis bisnis lokal yang inspiratif, Wisata Sejarah seperti candi atau bendungan. Sekali lagi saya katakan bahwa memang kota Bondowoso kaya sekali akan Destinasi wisatanya yang indah dan alami.

Jika anda mendengar kota Bondowoso kota ini sangat identik dengan lagu dangdut. yang menjadikan ciri khas keindahan wisata kota Bondowoso tersebut. Bahkan saking indahnya wisata di Bondowoso mampu menarik para selebritis untuk menggunjungi keindahan wisata Bondowoso yang sudah terekspose di dalam dan di luar negeri. Suasana Alam Kota Bondowoso bisa di bilang masih belum banyak di eksplorasi oleh para ahli, sehingga masih banyak kekayaan alam yang masih tersembunyi.

Yang mau lihat Daftar tempat wisata di kota Bondowoso yang lagi hits lengkap sambil jalan santai, ini ada destinasi wisata baru di Bondowoso . Asyiknya tuh terasa seperti di kampung pelosok Nusantara beneran. Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal, pengrajin dan musisi tradisional. Bagusnya lagi semua dibungkus dalam kronologi sejarah masa lalu hingga masa depan. Jadi bangga deh menjadi penduduk asli indonesia yang punya kebudayaan yang kaya begini. Kayaknya kita diingatkan kalau Indonesia akan cepat maju jika berani mengembangkan kebudayaan sendiri.

Bondowoso merupakan destinasi wisata dunia yang di akui memiliki keindahan alam dan budayanya yang unik. keindahan pantai pantai di Bondowoso pun menjadi pantai terindah di indonesia bahkan di dunia seperti berikut ini : Wisata Kerajinan Kuningan, Pegunungan Hyang, dan Air Terjun Belawan Bondowoso . Biasanya para wisatawan berkunjung itu ingin melihat keindahan objek wisata pantai dan ingin mengabadikan keindahan sunrise dan sunset. Tak heran objek wisata pantai sangat ramai di penuhi para wisatawan lokal dan mancanegara terutama pantai yang terdapat di kota Bondowoso.

Selain pantai di kota Bondowoso terkenal akan sungai dan air terjunnya yang bagai oase di padang pasir bagaimana bisa kalian tidak makin cinta dengan negeri yang kaya akan keindahan alam ini. Sudah sewajibnya kita bersyukur akan nikmat keindahan wisata alam kota Bondowoso. diantara air yang jernih beserta udaranya segar belum tercemar yang mampu menghilangkan rasa lelah setelah sibuknya aktivitas sehari hari. Inilah wisata kota. Bondowoso yang wajib kita jaga dan lestarikan keindahannya.

Nasi Bondowoso

Perjalanan wisata kuliner Bondowoso kali ini kita awali dari Jalan Hi. Abdul Jalil di Rumah Makan Nasi Bondowoso. Sekilas kuliner ini hanyalah nasi dan lauk pauk biasa namun rasanya ternyata berbeda setelah kita cicipi. Makanan ini disajikan dengan sayur serta lauk pauk lengkap yang tentu saja sangat lezat karena bumbu-bumbunya dibuat dari rempah tradisional. Bondowoso menyimpan banyak sekali kuliner daerah yang wajib dicicipi. Salah satunya adalah Nasi Mamong yang berada di ODL Resto & Cake di Jalan Santawi No 11, Bondowoso. Tak hanya khas, kuliner yang satu ini pun memiliki cerita panjang bagi penduduknya.Nasi dengan bentuk seperti ujung tumpeng setinggi sekitar 10 cm ini jadi penganan khas nan nikmat yang layak anda coba ketika berada di Bondowoso. Mamong adalah kata dari bahasa madura yang berarti “bingung”. Menurut orang Bondowoso, penamaan Nasi Mamong adalah karena proses pembuatannya yang cukup lama, dan membuat para pembelinya bingung. Karena proses pembuatannya membutuhkan waktu sehari semalam, mulai dari memasak nasi sampai matang, nasi dianginkan, dibungkus, dan dikukus lagi supaya awet.

kuliner bondowoso
Nasi Bondowoso

Proses pertama buat nasi gurih dengan campuran santan, daun salam, sereh, dan daun jeruk. Isi Nasi Mamong ada ayam, kemangi, teri, dan daun singkong yang dioseng dan kemudian Nasi Mamong dikukus. Penggunaan daun singkong ternyata ada maksudnya, yaitu melambangkan hasil bumi asli dari Bondowoso, yaitu singkong. Kini untuk isian nasi mamong bisa bebas, biasanya sesuai dengan cita rasa daerah masing-masing. Seperti ada daerah yang membuat Nasi Mamong dengan keong dan pare.Usai proses yang panjang, selama dua jam pembuatan, jadilah Nasi Mamong. Nasi Mamong sebenarnya mirip dengan nasi bakar. Bedanya Nasi Mamong lebih padat karena mengalami proses pengukusan, dan kemudian dibakar. Hal yang paling menonjol dari Nasi Mamong justru sambal pelengkapnya. Jika anda penyuka makanan pedas, sambal Nasi Mamong mantap pedasnya.

Inspirasi membuat Nasi Mamong berasal dari tradisi di pedesaan di mana orang yang mau berpergian jauh suka membawa bekal. Dari nasi yang panas, diangin-anginkan kemudian dibungkus berbentuk silinder dengan daun pisang dan diikat menggunakan tali bambu baru terakhir dikukus. Hal itu membuat nasi jadi tak mudah basi.Kemasannya yang tradisional dan bentuknya yang menarik seperti kerucut membuat Nasi Mamong ini mudah untuk dipasarkan dan dibawa saat perjalanan. Mendampingi Nasi Mamong ada minuman Tapai Ngambeng yang hampir punah tergeser oleh minuman modern. Minuman ini adalah campuran tapai, air kapur, dan air gula yang disajikan dingin. Di ODL Resto dan Cafe, Nasi Mamong dijual dengan harga Rp 9.000.

Bakso Solo Kencana

Selain Bakso Malang, Bakso Solo termasuk sajian yang cukup familiar bagi pemburu kuliner. Di Bondowoso sendiri terdapat tempat wisata kuliner yang konon menyediakan Bakso Solo paling enak yaitu “Bakso Solo Kencana”. Saat menyambangi Kota Bondowoso tidak ada salahnya mencicipi kuliner Bakso Solo disini. Baksonya lebih kenyal, lembut, tidak eneg, dan yang pasti halal. Kuahnya juga sangat gurih hingga tetes terakhir. Bondowoso merupakan salah satu daerah yang berada di dalam kawasan provinsi Jawa Timur. Memang nama Bondowoso tak terlalu populer seperti nama kota Surabaya. Akan tetapi daerah ini merupakan daerah dengan ketenangan dan keindahan alam yang sangat menggoda.

kuliner bondowoso
Bakso Solo Kencana

Bondowoso sendiri terdapat banyak objek wisata yang sangat menarik kita nikmati.Selain kaya dengan objek wisatanya yang sangat indah, Bondowoso juga kaya akan ragam wisata kulinernya. Aneka wisata kuliner pedas, gurih, asin atau semacamnya dapat kita nikmati di Kota Tape ini. Ya, Bondowoso memang sangat terkenal dengan tapenya. Namun selain tape, berikut ini akan kami uraikan beberapa wisata kuliner menarik dan nikmat yang sangat cocok kita jadikan pilihan ketika berada di kuliner Bondowoso.Ketika melakukan sebuah perjalanan wisata kuliner bondowoso, memang akan kurang rasanya jika tidak melakukan pemburuan wisata kuliner. Banyak wisata kuliner Bondowoso yang sangat menarik kita cicipi. Yuk simak apa saja wisata kuliner khas Bondowoso yang terkenal dan memiliki cita rasa istimewa.

Warung Mama Ra

Berikutnya kita coba singgah di tempat wisata kuliner Bondowoso lainnya yaitu Warung Mama Ra, tepatnya di Jalan Mastrip. Warung makan ini cocok buat siapa saja yang menginginkan menu kuliner yang bervariasi. Ini karena Warung Mama Ra menyediakan makanan khas yang biasa dimasak sehari-hari seperti masakan Jawa, Nasi Campur, Sayur Lodeh, Rujak Solo, Nasi Rawon, Sate, Soto dan Dadar Jagung sebagai menu andalan. Selain itu juga tersedia aneka minuman seperti teh, kopi, air mineral dan soft drink.

kuliner bondowoso
Warung Mama RA

Inovasi dari semangkuk bakso bisa kamu lihat dan rasakan di Big Bakso Family yang berlokasi di wisata kuliner bondowoso. Kota hujan ini memang menyimpan banyak kuliner unik dan kadang jadi pionirnya ya contohnya si bakso beranak ini. Kalau dulu kamu hanya bisa mencoba bakso tenis yang isisnya telur sekarang kamu bisa mencicipi bakso beranak yang isisnya bakso kecil-kecil, telur, dan kadang ada tetelannya juga. Kayaknya kamu perlu bantuan orang lain ketika menikmati semangkuk bakso beranak Big Bakso Family yang beralamat di daerah Kertamaya. Bakso makanan yang satu ini paling susah untuk ditolak apalagi saat hujan turun. Semangkuk baso dengan kuah gurihnya bisa mengusir dingin saat hujan tiba. Makanan sederhana ini sekarang sudah banyak versi dan kamu wajib mencoba nih. Bakso paling unik bisa kamu temui di 9 warung baso berikut ini. Sudah siap untuk mencoba. Kalau kamu enggak bisa makan bakso yang berukuran besar-besar berarti kamu cocok mencicipi bakso kerikil khas Magelang. Bakso Kerikil Pak Bendot ini sudah terkenal banget karena keunikan baksonya plus rasanya yang serba pas mulai dari basonya sampai kuahnya. Dalam satu mangkuk bakso kamu bisa menemukan puluhan bakso berukuran imut-imut. Walaupun imut-imut rasa bakso kerikil Pak Bendot ini full sama rasa daging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *