wisata

Inilah 3 Wisata Kuliner Ngawi Yang Bikin Anda Tidak Berhenti Makan

Advertisement

Inilah 3 Wisata Kuliner Ngawi Yang Bikin Anda Tidak Berhenti Makan-Jawa Timur dikenal sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki segudang wisata kuliner yang mampu menggugah selera. Hampir semua daerah di Jawa Timur pasti memiliki kuliner khasnya. Salah satu daerah di Jawa Timur yang gak boleh kamu lewatkan sensasi kulinernya adalah Ngawi. Pertama. Kuliner Tepo Tahu. Makanan ini merupakan khas asli dari kota Ngawi dengan tepo tahu berarti tahu lontong tapi cara tampilanya mirip dengan tahu campur dan pembedanya hanya saja tepo tahu ini sedikit berkuah.Kedua. Kuliner Nasi Pecel. Memang dari makanan ini sudah tidak asing lagi, tetapi bagi anda jika berada di Ngawi rugi kalau tidak mencicipi pecel khas Ngawi. Ciri-ciri yang membedakan ialah pada tempelangan daun bambu picuk serta dari bumbu yang kasar nan pedas dan biasanya di sajikan dengan lauk telur asin maupun rempeyek kacang.Ketiga. Kuliner Lethok. Sangat asing bagi anda yang mendengar dari makanan khas Ngawi ini, sebenarnya makanan ini berupa kuah yang kental di tambahkan tempe yang tua atau mendekati busuk, dengan paduan antara jeruk dan kencur untuk membuat aroma. Dan biasanya di sajikan dengan kulit sapi, maupun daging sapi.

Wilayah paling barat Jawa Timur ini ternyata juga memiliki kuliner khas yang tidak banyak diketahui oleh orang. Selain memiliki cita rasa yang begitu nikmat, kuliner-kuliner berikut ini bisa kalian peroleh dengan harga yang ramah di kantong. Ngawi merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur dengan berdekatan dari batas provinsi antara Jawa Timur dan Jawa Tengah, selain itu Ngawi juga terkenal dengan tempat wisatanya yang populer seperti air terjun pengantin. Wisata ini juga sebagai andalan dari masyarakat kota tersebut dengan keistimewaan nama yang membuat daya tarik pengunjung menjadi banyak.

Tidak hanya itu bila anda sedang mengunjungi daerah ini jangan ketinggalan untuk dapat mencicipi wisata kulinernya, apakah anda sudah tahu tentang makanan khas Ngawi ? mengenai dari wisata kulinernya kota ini memiliki andalan tersendiri serta keistimewaan yang bisa membuat pengunjung ingin mencobanya kembali. Nah untuk anda yang ingin mengetahui secara detail tentang makanan kuliner khas kota ini, mari kita bersama-sama menyimak yang dapat penulis informasikan di sini.

Lethok Pecel

Siapa sih yang gak pernah makan wisata kuliner ngawi yang satu ini? Nasi pecel merupakan makanan yang sangat populer di Indonesia. Hampir tiap daerah di Indonesia memiliki kuliner pecel khasnya. Begitupun juga dengan Ngawi. Yang membedakan pecel khas Ngawi adalah adanya Lothek yang biasanya dicampur dengan bumbu pecelnya. Jangan dilihat dari nama makanannya yaa teman, Namanya terkesan agak gimana gituu..hehe. Tapi sebenarnya makanan ini sangat enaka loo. Lothek juga mempunyai nama lain yaitu sambal tumpang. Makanan ini terbuat dari tempe semangit yang dicampur dengan bumbu-bumbu dapur yang sangat nikmat jika disantap. Menu pecel dengan tambahan lethok ini memberikan kekhasan kota bambu yang memang salah satu daerah yang terkenal juga dengan makanan dengan bumbu kacang ini. Disajikan khas dengan pincuk daun jati membuat makanan ini lebih istimewa.

kuliner
Lethok Pecel

Selain rasanya yang maknyus, dengan menjaga budaya menggunakan daun sebagai bentuk penyajiannya, membuat Warung ini pernah dinobatkan oleh Kabupaten Ngawi sebagai Kuliner Terfavorit Khas Ngawi. Warungnya sederhana namun menjaga kondisi ruangannya tetap bersih, sehingga nyaman untuk pengunjung.“Saya hampir setiap mau ke Pasar Ngawi selalu mampir dulu sarapan di sini,” ungkap salah satu pengunjung yang mengaku dari Desa Ngancar ini.Lanjutnya, rasanya yang pas membuat warung ini selalu ramai oleh pengunjung. Berbagai kalangan terlihat memadati warung ini setiap pagi.Sementara itu pengunjung lain dari Karangtengah yang datang bersama istrinya jika ke tempat ini selalu memesan nasi pecel lethok lengkap dengan daging sapi yang ada di lethok.

Tempe semangit sendiri adalah tempe yang sudah dibiarkan busuk terlebih dahulu sebelum dibuat Lothek. Makanan ini biasa dihidangkan pedas sehingga cocok untuk teman yang suka yang pedas-pedas.Lothek juga mempunyai nama lain yaitu sambal tumpang. Makanan ini terbuat dari tempe semangit yang sudah dibiarkan busuk terlebih dahulu. Tempe tersebut lalu dicampur dengan bumbu-bumbu dapur yang sangat nikmat jika disantap.

Tepo Tahu

Makanan khas Ngawi yang satu ini memiliki keunikan tersendiri yakni terletak pada penggunaan tepo dan tahu telur pada bahan dasarnya. Tepo merupakan makanan yang terlihat sama seperti lontong, hanya saja bentuknya beda dan teksturnya lebih lembut. Sedangkan tahu telurnya terbuat dari tahu yang dicampur dengan telur dan digoreng. Makanan ini sudah lama dan menjadi turun-temurun di Ngawi. Makanan ini sebenarnya adalah nasi lontong jika di daerah lain. Tepo Tahu mudah ditemukan di daerah Ngawi disekitar jalan raya Ngawi.

kuliner
Tepo Tahu

Tepo Tahu ini biasanya disajikan dengan kuah yang memiliki bahan dasar cukup unik dan sederhana, hanya menggunakan kecap, air asam jawa dan bumbu halus lainnya. Walaupun terbilang sederhana, kuah Tepo Tahu ini memiliki rasa dan aroma yang khas sehingga dapat menggugah selera. Tepo Tahu adalah makanan tradisional yang terdiri dari bahan dasar tepo, tahu dan aneka bahan tambahan lainnya. Makanan ini sekilas terlihat hampir mirip dengan lontong tahu atau kupat tahu, namun memiliki penyajian dan rasa yang sangat khas. Tahu tepo ini merupakan salah satu makanan tradisional dari Ngawi, Jawa Timur. Salah satu ciri khas dari Tepo Tahu ini adalah penggunaan tepo dan tahu telur pada bahan dasarnya. Tepo ini merupakan makanan seperti lontong, hanya saja bentuknya beda dan teksturnya lebih lembut. Sedangkan tahu telurnya terbuat dari tahu yang dicampur dengan telur dan digoreng. Selain itu kuah Tepo Tahu ini cukup unik dan sederhana, karena hanya menggunakan kecap, air asam jawa dan bumbu halus lainnya. Walaupun terbilang sederhana, kuah Tepo Tahu ini memiliki rasa dan aroma yang khas sehingga dapat menggugah selera kita.

Ledre Ngawi

Tidak hanya di Ngawi, Ledre juga bisa kalian temui di Bojonegoro. Makanan ini muncul sudah begitu lama. Walaupun ditemukan dibeberapa tempat yang berbeda, tetapi Ledre dari Ngawi ataupun Bojonegoro mempunyai ciri khas sendiri dari tampilan dan rasanya. Saat ini Ledre sudah mempunyai banyak variasi dalam pembuatannya. Ledre juga merupakan makanan khas Bojonegoro sebenarnya. tetapi di Ngawi makanan ini juga sebagai makanan khasnya. Makanan ini muncul sudah begitu lama. Masing-masing Ngawi dan Bojonegoro mempunyai ciri khas sendiri dari tampilan dan rasanya juga karena sekarang Ledre sudah mempunyai banyak variasi dalam pembuatannya. Silahkan dicoba Ledre khas Ngawi jika penasaran yaa.Makanan Khas Ngawi – Kamu pasti tahu kan Ngawi itu dimana? Ngawi adalah salah satu kota yang ada di Jawa Timur, Indonesia.

kuliner
Ledre

Selain memiliki destinasi wisata yang  wisata kuliner ngawi yang menarik untuk di kunjungi, Ngawi juga mempunyai ciri khas lainnya. Jual Paranet Eceran. Salah satu ciri khas Ngawi terdapat pada makanannya, ya buat kamu yang belum tahu atau yang ngaku orang dan asli lahir di Ngawi pastinya sudah pernah mencicipi dan merasakan enaknya makanan khas Ngawi yang sudah ada dari nenek moyang terdahulu.Bumbu-bumu yang terkandung dan digunakan dalam makanan khas Ngawi adalah recikan bumbu yang jarang sekali digunakan orang karena racikan yang digunakan juga adalah racikan turun temurun. Selain racikannya yang beda pilihan bahan untuk dijadikan bumbu juga harus yang berkualitas tinggi. Jika sedang berkunjung ke sebuah kota rasa-rasanya kurang lengkap jika tidak membawa oleh-oleh khas daerah tersebut. Salah satu makanan yang populer yaitu Ledre. Mendengar nama Ledre tentu terasa cukup asing bagi orang awam. Namun, bagi warga kota Lamongan, Tuban, Gresik, dan sekitarnya, nama Ledre sudah tak asing lagi. Ledre adalah nama panganan khas daerah Bojonegoro — Jawa Timur yang terbuat dari pisang raja.

Pangganan berupa kue ringan ini berbentuk gulungan seperti seperti kue stick, astor atau semprong. Panjang ledre sekitar 20 cm. Dengan warna cokelat yang menggoda, rasanya cukup manis dengan cita rasa dan aroma pisang. Bahan dasar membuat kue Ledre ini terdiri dari tepung beras, pisang raja, santan, gula pasir, telur dan minyak kacang. Namun, banyak juga pembuat kue Ledre menggunakan pisang jenis lainnya. Ada juga yang menggunakan dasar tambahan berupa waluh.

Advertisement
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.