kuliner palangkaraya

Inilah 5 Kuliner Palangkaraya Yang Memiliki Cita Rasa Dijamin Bikin Goyang Lidah

Advertisement

Kota Palangka Raya atau kuliner palangkaraya adalah sebuah kota sekaligus merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah. Kota ini memiliki luas wilayah 2.400 km² dan berpenduduk sebanyak 376.647 jiwa dengan kepadatan penduduk rata-rata 92.067 jiwa tiap km² (Sensus 2015). Ada juga kuliner palangkaraya Sebelum otonomi daerah pada tahun 2001, Kota Palangka Raya hanya memiliki 2 kecamatan, yaitu: Pahandut dan Bukit Batu. Kini secara administratif, Kota Palangka Raya terdiri atas 5 kecamatan, yakni: Pahandut, Jekan Raya, Bukit Batu, Sabangau, dan Rakumpit.

Kota ini dibangun pada tahun 1957 (UU Darurat No. 10/1957 tentang Pembentukan Daerah Swatantra Tingkat I Kalimantan Tengah) dari hutan belantara yang dibuka melalui Desa Pahandut di tepi Sungai Kahayan. Sebagian wilayahnya masih berupa hutan, termasuk hutan lindung, konservasi alam serta Hutan Lindung Tangkiling. Pada saat kota ini mulai dibangun, Presiden Soekarno merencanakan Palangkaraya sebagai ibukota negara di masa depan, menggantikan Jakarta.Palangka Raya merupakan kota dengan wilayah terluas di Indonesia atau setara 3,6 kali luas Jakarta.Selain itu Kota ini juga mempunyai makanan favorit atau juga disebut kuliner palangkaraya yang saat ini sangat trending di indonesia maupun di luar negeri.Berikut saya akan memberitahu ke kalian 5 kuliner palangkaraya yang memiliki cita rasa dan dijamin bikin goyang lidah anda, saya akan memberitahu ke kalian tentang 5 kuliner palangkaraya di bawah ini.

 

Keripik Kalakai

Kuliner Palangkaraya yang pertama adalah keripik kalakai, Sejak dahulu nenek moyang bangsa Indonesia hidup harmonis dengan alam, hutan menjadi salah satu sumber penghidupannya. Berbagai flora yang tumbuh di hutan mampu dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Tanaman Kelakai contohnya, tanaman sejenis ganggang yang tumbuh di hutan rawa-rawa ini mempunyai banyak khasiat yang telah lama dimanfaatkan oleh masyarakat suku Dayak.Kelakai yang mempunyai nama latin stenochlaena palustris dikenal mempunyai berbagai khasiat, seperti mampu meredakan diare, menambah darah, dan bahkan banyak orang suku Dayak yang meyakini bahwa mengkonsumsi kelakai bisa menjadikan tubuh awet muda.

kuliner palangkaraya
Keripik Kalakai

Kini tanaman kelakai banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Satu ikat kelakai dijual dengan harga Rp 1000 – Rp 2000, jika tidak ingin membeli, kelakai pun bisa ditemukan di daerah rawa yang banyak terdapat di Kalimantan Tengah. Namun dibutuhkan kejelian dalam mencari kelakai, pasalnya tanaman ini tumbuh diantara tanaman-tanaman yang lain.Masyarakat Kapuas mengenal beberapa cara dalam mengolah kelakai menjadi kuliner yang lezat, salah satunya adalah keripik kelakai. Keripik kelakai memanfaatkan daun kelakai yang masih muda. Cara membuatnya pun sangat mudah, daun kelakai muda yang sudah dibersihkan dimasukkan ke dalam adonan tepung bumbu dengan kekentalan tertentu, lalu digoreng di atas minyak yang penuh dan panas. Setelah digoreng dan kering, keripik kelakai pun siap untuk disantap, perpaduan renyah dan gurih keripik kelakai terasa lezat di mulut.Keripik kelakai merupakan cemilan khas Dayak, keripik ini banyak ditemukan dan menjadi salah satu oleh-oleh dari kabupaten Kapuas. Dibanderol dengan harga Rp 10.000 – Rp 20.000, keripik kelakai bisa dijadikan teman yang asyik disaat santai bersama keluarga dan teman tercinta.

Lemang

Yang kedua dari kuliner palangkaraya enak adalah Lemang, Lemang merupakan makanan yang dapat ditemukan di Asia Tenggara khususnya nusantara, Malaysia, Singapura, dan Brunei. Di beberapa daerah dijajakan sebagai penganan yang bisa menggantikan nasi.Lemang dimasak dalam bambu sehingga mengeluarkan harum yang menggugah selera. Pertama-tama, bambu bagian dalam dilapisi daun pisang muda kemudian dimasukkan beras ketan dan santan. Lalu dibakar hingga matang.

kuliner palangkaraya
Lemang

Lemang lebih enak dimakan hangat-hangat. Kalau terlalu lama akan mengeras. Sebaiknya dihangatkan kembali jika sudah mengeras. Lemang bisa disajikan dengan beragam daging kuah atau juga bisa disantap dengan saus manis.Lemang dalam masyarakat Dayak dikenal sebagai makanan pesta adat. Di Melayu disajikan saat hari raya, dan di beberapa daerah di Sumatera dibuat pada hari raya sekaligus pesta adat. Seperti di Palembang, Sumatera Selatan, dan Padang, Sumatera Barat, lamang disajikan dengan menu gulai atau rendang daging saat Lebaran. Namun di luar hari Lebaran, terdapat juga di pasar-pasar tradisional.Sementara itu di wilayah Banten di sebut leumeung. Biasanya dijajakan pada pagi hari oleh para pembuat leumeung. Leumeung biasa dibawa ke pasar-pasar sebagai jajanan pasar. Saat ini lemang memang telah menjadi makanan khas beberapa daerah dengan penyajian berbeda-beda.

Saluang

Ikan saluang yang dalam bahasa Latin bernama Rasbora ini adalah jenis ikan air tawar. Bentuknya kecil seperti ikan teri. Ikan Saluang dewasa bisa mencapai panjang 10 cm. Ikan ini hidup bergerombol di sepanjang sungai-sungai Kalimantan.Meski sering dicari oleh para pencinta kuliner, ikan saluang termasuk jenis ikan yang cukup sulit dibudidayakan. Sejauh ini, produksi ikan saluang masih mengandalkan hasil tangkapan masyarakat nelayan sungai yang tersebar di sepanjang daerah aliran sungai Barito.Permukaan air sungai yang jernih di musim kemarau menjadi waktu dan tempat yang tepat bagi ikan Saluang untuk bertelur dan berkembang biak di tepi sungai. Dan menjadi waktu yang tepat juga bagi para nelayan sungai untuk memanen ikan saluang. Setiap hari pada musim ini, para nelayan bisa menangkap ratusan kilogram ikan saluang. Ikan ini pipih, kurus, kecil dan kerap dijadikan tangkapan warga untuk dijadikan lauk. Sejak lama ikan ini menjadi favorit orang Banjar dijadikan lauk santapan bersama hidangan lainnya.Biasanya, ikan ini disukai banyak kalangan karena kegurihan dan kerenyahannya. Oleh orang Banjar, jika tidak dimasak pepes, bisa juga hanya digoreng hingga kering.

kuliner palangkaraya
Saluang

Menangkap ikan ini bukan hal yang mudah, apalagi jika hanya mengandalkan jala mengingat ukuran ikan saluang yang kecil. Nelayan setempat umumnya menggunakan jebakan berupa tampirai dan hampang. Tampirai adalah sejenis alat penangkap ikan berbentuk kotak yang terbuat dari kayu, rotan ataupun bambu. Bagian tengah tampirai yang bolong berfungsi sebagai jalan masuk ikan yang kemudian akan terperangkap. Tampirai dipasang menghadap di tepi sungai, sementara di hadapannya terlebih dahulu diletakkan hampang, sejenis tikar bambu.Setelah jebakan dipasang, para nelayan yang berada di atas jukung (perahu) kemudian membuat riak-riak untuk mengarahkan gerombolan ikan saluang ke tepi sungai yang sudah dipasangi dengan hampang. Terhadang oleh hampang, gerombolan ikan akan berbalik arah dan masuk ke tampirai.

Kue gagatas

Kue Wadai gagatas adalah salah satu makanan khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kue bercita rasa manis ini terbuat dari Tepung ketan dan kelapa parut ditambah garam dan gula  diaduk sampai menyatu dan bisa dibentuk. Cara menyantapnya adalah dengan dicelupkan ke dalam adonan gula merah kental atau gula putih. Di Jawa Barat terdapat kue sejenis Gagatas yakni Gemblog.

kuliner palangkaraya
Kue Gagatas

Bentuk kue gagatas adalah segi empat sama kaki. Kue gagatas terbuat dari tepung ketan dicampur dengan parutan kelapa kemudian atasnya diselimuti dengan gula basah dan tepung.Kue gagats sendiri sudah banyak dijual di pasar pasar maupun di kedai kedai tempat anda tinggal tersebut kue gagatas ini sangat lah enak dimakan apalagi saat di jadikan lauk.Gimana cukup enak bukan, kalian bisa belinya di pasar pasar dan dibikin anda ketagihan. Kue Gagatas ini membutuhkan besta, yaitu campuran larutan air dan gula pasir. Dengan besta ini membuat kue getas sangat manis dan enak. Membuat besta sangat mudah yaitu campur air dan gula pasir kemudian masak hingga besta mengental.Ada pun resepnya sebagai berikut:

Bahan kue getas :

100 gram tepung beras

250 gram tepung ketan

250 ml santan

300 gram kelapa yang agak tua, kupas dan parut memanjang

1/2 sendok teh garam

minyak untuk menggoreng kue getas

Bahan besta gula :

150 gram gula pasir

75 ml air

 Cara membuat kue getas :

1.Kita siapkan dan campur menjadi satu tepung beras, tepung ketan, kelapa parut, garam. Aduk hingga rata.

2.Kemudian kita masukkan santan sedikit demi sedikit uleni dengan tangan hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk.

3.Setelah itu bentuk lonjong (bentuk kue getas).

4.Kita panaskan minyak dan goreng kue getas hingga matang kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

5.Kita membuat besta, kita masak 75 ml air dan 150 gram gula sampai agak kental. Angkat.

6.Kemudian kita masukkan kue getas di larutan besta satu persatu.

7.Sajikan setelah besta mengeras di kue getas.

Gimna cukup Mudah bukan untuk membuatnya, kalian tidak usah kawatir kalau kalian tidak bisa untuk membuatnya, kalian tinggal baca caranya diatas dan lihat dijamin enak dan lezat saat dimakan Selamat Mencoba.

 Jelawat Goreng

Kalau pandangan tak awas, bisa jadi rumah makan itu terlewati saat melintas dengan kendaraan. Hanya terlihat papan berukuran sekitar dua meter persegi di atas pintu masuknya. Usai melewati pintu, terlihat ruangan yang amat sederhana. Namun jangan terkecoh dengan suasana tersebut. Kalau sudah mencicipi ikan jelawat dan udang goreng, tamu pasti lupa dengan meja dan kursi tua yang dididukinya.Kuliner palangkaraya Singkawang, demikian rumah makan yang terletak di Jalan Bangka Nomor 87, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, itu. Keunikan hidangan andalannya, jelawat digoreng dengan sisik dan duri-duri kecil hingga demikian renyah, sehingga semua itu akan hancur dalam kunyahan.Kres-kres makan ini sanat kres kalau dimakan dan dijamin bikin anda ketagihan untuk memakannya,ademikian Lisan Lie (28), pengelola Rumah Makan itu, menggambarkan betapa garing hidangan itu. Jelawat terasa gurih dan sedikit asin. Ikan itu semakin unik, karena merupakan hewan khas setempat.Kuliner palangkaraya ini Hanya ada  di Kalimantan terutama di sungai-sungainya, ikan itu hidup.

kuliner palangkaraya
Jelawat Goreng

Sebagian orang mungkin belum mengenal ikan jelawat. Kuliner palangkaraya ini maklum, ikan bernama latin Leptobarbus hoevani itu belum sepopuler ikan nila dan ikan mas.Kuliner palangkaraya ini, meski demikian, ikan asli dari beberapa sungai di Pulau Sumatera dan Kalimantan itu memiliki kandungan protein dan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh. Selain sebagai ikan konsumsi, jelawat juga dapat dijadikan ikan hias. Wajar jika ikan jelawat tidak setenar ikan air tawar lainnya. Maklum ikan jenis hanya dijumpai di daerah asalnya, seperti Sumatera (Jambi dan sekitarnya) dan Kalimantan.Ikan jelawat, yang mempunyai nama lain ikan kelemek dan jelejar (Jambi), memiliki nilai ekonomis cukup tinggi. Di Pasar Besar Palangkaraya Kalimantan Tengah, misalnya, harganya mencapai Rp 35.000 – Rp 38.000 per kilogramnya. Pasokan ikan berasal dari Kabupaten Pulang Pisau, Seruyan, Katingan, dan Kotawaringin Timur.Di Kota Palangkaraya, ikan jelawat menjadi salah satu makanan favorit dan tetap dicari orang terutama mereka yang sudah pernah merasakan dagingnya. Maklum, dagingnya enak dan gurih, seperti ikan air tawar lainnya. Namun, ada sebagian orang tidak menyukainya karena durinya sangat banyak.Salah satu rumah makan yang menyajikan menu ikan jelawat adalah Rumah Makan Matahari. Tinggal pilih menu jelawat tim tauco, jelawat goreng, jelawat asam manis, atau jelawat masak kecap.

Advertisement
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.