Inilah 5 kuliner ringroad Di Medan Yang Sangat Asyik Dan Menarik

Advertisement

Medan memang kota yang sangat unik. Penduduknya yang muncul dari beragam etnis menjadikan Medan kaya sejarah dan budaya. Hal ini juga berdampak pada sisi pariwisata, terutama kulinernya. Makanya, sangat disayangkan kalau kamu berkunjung ke ibu kota Sumatera Utara ini tanpa mengeksplor kuliner ringroad di medan. Sambil berwisata, para wisatawan juga bisa berburu kuliner. Berburu kuliner ringroad di Medan tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat kulliner legendarisnya.

KULINER PAGARUYUNG

Salah satu hal yang membuat kawasan kuliner ringroad di medan Pagaruyung dikenal karena memiliki kekhasan tersendiri dibanding kawasan kuliner lainnya yang usianya sudah cukup lama. Umumnya pedagang menawarkan masakan khas India dan Nusantara yang citarasanya yang sudah diakui sampai ke luar kota Medan. Jalan Pagaruyung menjadi kawasan kulinber konon mulai ada sejak sekitar 20 tahun lalu. Dan citarasanya sudah diakui sampai keluar kota Medan. Sebab itu, Pemerintah Kota Medan menetapkannya sebagai salah satu icon kuliner ringroad di Medan.

Kuliner jalan Paguruyung

Salah satu yang menjadi daya orang makan ke kawasan ini, karena disekitarnya terdapat pusat-pusat perbelanjaan yang menawarkan aneka produk dari Tailor, Toko Roti, Souvenir shop, sampai pusat belanja modren seperti Sun Plaza dan Cambridge City Square.

Untuk masakan khas India yang paling banyak diminati diantaranya, Martabak India, Martabak Mesir, Martabak kubang, dan roti cane disajikan dengan kari kambing. Untuk makanan khas nusantara seperti nasi goreng, sate padang, nasi padang dan banyak lagi, yang harganya cukup variasi dan terjangkau.

KULINER KOMPLEK CEMARA ASRI

Mengunjungi kawasan kuliner ringroad di medan ini, suasananya terasa agak berbeda dibanding dengan kawasan kuliner lainnya, karena lokasinya berada di dalam Komplek Pertokoan dan Perumahaan Cemara Asri, terletak di Jalan Cemara Medan. Dahulu, keberadaan toko-toko makanan disini masih hanya sekedar saranan bagi warga komplek ini yang ingin makan sambil bersantai di malam hari. Namun, beberapa tahun belakangan ini, toko-toko makanan disini semakin ramai dikunjungi masyarakat yang tinggal di luar Komplek Cemara Asri.

Kuliner Komplek Cemara Asri

Salah satu yang membuat kawasan ini tidak pernah sepi dikunjungi karena masakan Seafood yang cukup memikat. Rata-rata pedagang makanan disni menawarkan menu yang berkaitan dengan hasil laut. Aneka sea food berbadahan kepiting, udang, ikan bawal, ikan steam dan ikan lainnya cukup diminati.

Bahkan, mulai banyaknya penjual jajanan khas di sore hari seperti kue-kue basah, pecel, sate, bakso, es buah, Tok Tok, burger sampai jagung bakar berdatangan ke kompleks ini.

Namun juga tersedia aneka menu lainnya dengan menu khasnya antara lain ayam goreng cemara, yakni ayam goreng dan aneka sayuran diantaranya terong goreng tepung dan sayur genjer sambal terasi atau menikmati sate Padang Pariaman yang cukup dikenal dan mencicipi kuliner vegetarian.

Kelebihan kawasan kuliner ringroad di medan ini, cukup nyaman dan aman karena diawasi tenaga pengamanan kompleks. Cemara Asri juga bisa dikatakan salah satu kawasan China Town di kota Medan, karena mayoritas penghuninya dari etnis Tionghoa.

Berbeda bila mengujungi komplek ini di malam hari, puluhan meja yang berjejer berada di bagian depan sejumlah ruko dipadati pengunjung. Suasana seperti ini hampir terlihat setiap hari sejak dibuka mulai pukul 18.00- 22.00 Wib.

KULINER RINGROAD

Mengitari jalan gagak hitam atau Ring Road, pandangan mata akan langsung tergoda dengan pemandangan tempat-tempat makan yang berjejer di sepanjang jalan, mulai dari warung kaki lima, café maupun restoran.

Kuliner Di Ring Road

Bila dilihat kawasan kuliner ringroad di medan ini, lebih menonjol sebagai kawasan kuliner citarasa makanan nusantara yang berasal dari berbagai daerah dengan berbagai citarasa dengan keunikan nama makanan tersendiri . Untuk berbahan dasar ayam misalnya, ada yang memberi nama Ayam Petis Cinde Laras, Ayam Kremes Bandung, Ayam Presto, Ayam Penyet Joko Solo, Ayam Gebrug Citra Solo dan Ayam Penyet Sidoarjo yang mengundang keinginan untuk mencobanya.

Semakin maraknya bermunculan tempat-tempat makanan di Ring Road beberapa tahun terakhir, membuat kawasan ini kini menjadi salah satu kawasan kuliner baru di Medan yang mampu mengimbangi keberadaan kawasan kuliner lainnya di Medan. Berbagai jenis jajanan seperti bakso juga demikian. Ada yang memberi nama Iga-iga Bakso, Bakso Gepeng, Indonesia Bakso, Bakso Kepala Sapi dan sebagainya. Aneka andalan makanan dari daerah lainnya juga banyak tersedia.

KULINER JALAN SEMARANG

Hari sudah hampir menjelang malam saat mengunjungi Jalan Semarang di Medan. Cahaya matahari mulai redup terlihat. Hiruk pikuk aktivitas perdagangan dari toko-toko penjual sparepart mobil dan alat-alat mekanikal, berangsur-angsur sepi dan tak lama kemudian pemilik toko memilih berhenti beroperasi.

Begitu hari berganti malam, jalan ini berubah menjadi hamparan tempat-tempat makanan. Kursi, meja dan gerobak masak, menyebar di sepanjang pinggiran jalan ini. Malam itu, Jalan Semarang berubah menjadi kawasan kuliner enak di medan.

Kuiner Jalan Semarang

Meski pun tempat makanan berada di kaki lima. Makan disini terasa seperti berada di sebuah kota China seperti Hongkong atau di Singapura. Hingga saat ini Jalan Semarang masih tetap dikunjungi para pemburu makanan.

Kawasan kuliner Jalan Semarang memang cukup dikenal karena konon sudah mulai ada sejak tahun 1960-an. Sejumlah pedagang makanan disini, sudah generasi kedua yang masih tetap mempertahankan racikan bumbu yang sudah diciptakan orang tua mereka.

Dari outlet-oulet makanan yang berjejer di sepanjang jalan Semarang, umumnya didominasi menjual Chines Food non halal, menjual aneka mie, daging, sea food. Makan yang paling diminati diantaranya Bihun ikan, mie tiong sim, bak kut the, liong tahu, nasi hai nam, nasi tim khas Medan, Nasi Sayur, Mie Pangsit dan Mie Hokkian.

KULINER JALAN WAJIR

Bagi sebahagian besar warga Medan, kawasan kuliner di ring road ini cukup dikenal di Jalan Kol. Sugiono yang oleh orang Medan dikenal sebagai jalan wajir sebagai tempat makan dengan citarasa bahan dasar hasil laut beroperasi sejak pukul 16:30 hingga 23:00 Wib. Kebanyakan pengunjung kesini datang untuk menikmati makanan laut, karena rumah makan disini menyediakan khusus masakan seafood yang cita rasanya sudah lama cukup dikenal.

Wajir Seafood

Di sini, pengunjung dapat menikmati Sea food sederhana namun lezat dengan citarasa masakan Cina namun halal. Beberapa hidangan disajikan disini begitu populer diantaranya seperti Udang Saus Tai Hwa, Hwa Tai Ayam, Goreng Cumi Cumi Asin Pedas. Sayur khas kangkung tumis terasi dengan irisan cabai hijau dan merah, beberapa potong bawang putih yang merupakan menu andalan rumah makan ini, semakin menambah selera santap.Tersedia juga menu hotplate dengan tahu hotplate sebagai andalannya, yang dihidangkan dalam keadaan masih panas dan mengepulkan asap.

Rumah makan disini memilih outdoor sebagai tempat, bertujuan para tamu bisa menikmati masakan sambil menikmati angin sepoi-sepoi sore dan malam hari. Namun, bila hujan, para tamu masih bisa menikmati masakan di ruangan in door.

Advertisement
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.