Inilah 5 Tempat Wisata Purworejo Yang Sangat Sekali Anda Kunjungi Jika Berliburan

purworejo

Purworejo merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Timur, Kabupaten ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Purworejo. Purworejo punya banyak Spot objek wisata keren, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian , sampai air terjun yang sangat memanjakan mata dan harus segera kalian explore.

Baiklah agar tidak panjang lebar, langsung saja ke titik tujuan artikel ini kami buat, Artikel ini bertujuan Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata di Purworejo yang paling indah, Terbaru dan di rekomendasikan untuk Anda Jelajahi.

Wisata Alam Sedandang

Dari namanya semua mengira kalo ini hanya taman biasa yang hanya ada pepohonan saja, tetapi ini jauh beda dari perkiraan.Taman sidandang adalah obyek wisata di Purworejo ini yang belum lama ini ada.Taman Sidandang adalah obyek wisata yang menonjolkan wisata airnya.arti nama sidandang itu sendiri, menurut warga sekitar dikarenakan wilayah tersebut sering disebut dengan sedandang.Dibawah nanti akan saya perlihatkan foto – foto obyek wisata ini.

Taman sidandang di belah oleh sebuah jembatan beton, yang menjadikan kita bisa menikamti pemandangan ke 2 arah.Menurut pengamatan saya, Taman Sidandang ini adalah aliran atau bisa dikatakan sebuah sungai yang memiliki aliran yang cukup bagus untuk bermain maupun ceburan ( dalam bahasa indonesia mandi/bermain air disungai,dll) dan juga bisa di gunakan untuk area outbound untuk para anak kecil maupun dewasa.

purworejo
Wisata Alam Sedandang

Aliran airnya yang tidak terlalu deras (dalam keadaan biasa), dan juga bebatuan kali yang besar dan membentuk alur aliran air yang keren pastinya.Masuk Taman Sidandang cukup merogoh kocek rp 3.000/orang.Disana juga disediakan penyewaan pelampung keselamatan untuk anda yang tidak bisa berenang. Saya jamin pasti asik dan seru jika anda berkunjung kesana.Taman Sidandang terletak di desa Kaligono, kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. 20 mnt’an dari kota Purworejo.Jalan menuju obyek wisata ini sangat mudah, karena Taman Sidandang terletak di sebelah jalan utama. Anda tidak perlu takut bila ingin bilas atau makan, karena disini sudah tersedia kamar mandi serta warung – warung.

Hutan Pinus Kalilo

Wisata Hutan Pinus ini merupakan salah satu objek wisata baru di daerah Purworejo yang baru dibuka sekitar lima bulanan, dan bisa mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan.Menurut pengelola hutan pinus Kalilo ini sebenarnya sudah dibuka pada awal 2017 ini, tetapi baru menjadi viral pada akhir-akhir ini.Wisata ini bisa menjadi terkenal atau viral seperti sekarang ini mungkin tidak jauh dari para wisatawan yang menggunggah aktifitas atau foto berlatar belakang hutan pinus yang indah di media social seperti instagram, facebook dan lainnya, Sehingga para penggunjung tersebut merasa menjadi penasaran untuk bisa mengeksplor tempat ini.menurut pengelola nama tempat wisata ini diambil dari nama dusun yang ada di daerah tersebut. Pengelola selain ingin memperkenalkan wisata mereka juga ingin agar desa mereka bisa dikenal oleh masyarakat atau wisatawan.Di tempat wisata ini kalian dapat disuguhi oleh pemandangan alam yang begitu indah dan juga rindangnya hutan pinus yang menjulang tinggi yang tersusun rapi, selain itu karena letaknya yang berada di perbukitan tempat wisata ini akan terasa sejuk dan cocok sekali untuk bersantai.

purworejo
Hutan Pinus Kalilo

Banyak aktifitas yang bisa kalian lakukan di tempat ini seperti kalian bisa mengkesplor tempat ini dengan berfotoria atau hanya sekedar menikmati suasana alam yang menyegarkan, pokoknya semua hal yang dilakukan ditempat ini akan terasa menyenangkan.

Goa Seplawan

Wisata alam tak melulu gunung dan pantai, namun juga goa. Anda bisa merasakan sensasi menyusuri goa. Salah satu goa yang cukup mudah untuk di nikmati keindahannya ialah Goa Seplawan di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.Goa yang berada di kawasan Pegunungan Menoreh ini merupakan goa basah, alias terdapat aliran air di dalamnya. Goa tersebut tepatnya berada di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, berbatasan langsung dengan Kulonprogo di Yogyakarta. Untuk menuju ke sini, Anda perlu melewati jalanan desa yang berkelok dan menanjak. Maklum, goa ini berada di ketinggian 800 meter diatas permukaan laut (mdpl). Dari pusat kota Purworejo, Anda perlu menempuh 20 kilometer ke arah timur.

purworejo
Goa Seplawan

Sampai di Pasar Balidono, Anda bisa melanjutkan perjalanan naik angkutan umum tujuan Seplawan. Namun perlu diingat, angkutan umum hanya tersedia satu kali sehari yaitu pukul 10.00-11.00 WIB, dan balik lagi sore harinya. “Goa ini memang sudah direnovasi, seperti jalur bertangga dan lengkap dengan penerangan. Selain alam juga lebih ke rekreasi, dan wisata sejarahnya,” ujar Kelik, sapaan akrab sang pengelola wisata Goa Seplawan dari Dinas Pariwisata Purworejo kepada KompasTravel, Rabu (15/2/2017). Meski goa tersebut sudah diberi fasilitas, wisatawan tetap bisa menikmati keaslian alamnya. Saat masuk ke dalamnya pun masih terlihat keindahan stalaktit dan stalakmit, bahkan yang masih aktif.Sebelum memasuki goa, wisatawan Akan disambut patung emas setinggi tiga meter. Patung tersebut merupakan replika arca emas Dewa Siwa dan Dewi Parwati. “Wisata sejarahnya itu, dulu 15 Agustus 1979 di sini ditemukan arca emas 22 karat, tinggi 9 sentimeter, berat 2,5 kilogram.

Sampai sekarang infonya adalah peninggalan Hindu Siwa,” ujar Kelik pada KompasTravel saat kunjungan famtrip media dan blogger Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Jawa Tengah. Ia mengatakan saat ini arca yang asli masih ada, dan ditempatkan di Museum Nasional sebagai benda bersejarah. Selain itu juga ditemukan lingga yoni di sekitaran goa. Menelusuri goa ini, Anda tak perlu peralatan khusus. Jalan di dalamnya mayoritas datar dengan sesekali dibasahi aliran air. Baru berjalan beberapa meter, Anda akan menemukan kolam dengan air yang jernih saat tak hujan.

Curug Lumbung

Lokasi Dan Rute Curug Lumbung Purworejo, Keindahan Ukiran Tebing Alami Yang Menggetarkan Hati – Wisata Purworejo memang belum seterkenal dan sepopuler daerah wisata lainnya seperti Jogja atau Bali. Namun meski belum begitu populer, jangan salah, Purworejo memiliki segudang wisata yang sangat menawan dan sangat rekomended untuk menghabiskan masa liburan Anda. Salah satu yang kini sedang booming adalah Curug Lumbung. Lokasi dan rute Curug Lumbung ini memang belum banyak yang mengerti. Namun meski demikian, banyak sekali orang yang datang dan berusaha mencari lokasi dan rute Curug Lumbung untuk mengisi waktu liburan mereka.Lokasi dan rute Curug Lumbung Purworejo ini sebenarnya adalah berada pada sebuah aliran sungai. Aliran sungai ini bukan aliran sungai biasa, namun aliran sungai memiliki keindahan alami yang sangat lura biasa menarik dan mempesona. Keindahan alami ini adalah hasil dari sebuah proses alam selama ratusan tahun lamanya. Aliran sungai yang memiliki keindahan alami inilah yang kemudian disebut sebagai Curug Lumbung, atau biasa juga disebut dengan Curug Santren. Aliran sungai ini memiliki keindahan yang sangat menggugah hati dengan deret tebing eksotis.

purworejo
Curug Lumbung

Lokasi dan rute Curug Lumbung Purworejo ini memiliki tepian tebing yang indah dan terukir begitu menyentuh hati secara alaim oleh proses alam. Panjang keindahan Curug Lembung ini sekitar 100an meter. Untuk lokasi dan rute Curug Lembung Purworejo ini tepatnya adalah terletak di Desa Karangsari, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah. Tepatnya adalah di dusun Krandon RT 1, RW 4.

Gunung Ijo

Gunung Ijo,berada diketinggian kurang lebih 1.000 MDPL  menyajikan pemandangan yang begitu luar biasa. Barada di Desa Durensari Kec.Bagelen Kab.Wisata Purworejo tepatnya,walaupun akses jalan yang tidak mudah untuk dilintasi tetapi akan ada sebuah kepuasan tersendiri jika Anda telah sampai pada puncaknya. Alamnya yang asri dan sambutan yang ramah oleh warga sekitar menambah kenyamanan ketika sampai tempatnya. Untuk akses kesana Anda bisa melalui jalan arah Purworejo – Yogkarta  melewati bagelen,sampai di pertigaan SD KRENDETAN Anda masuk jalan kiri dan ikuti jalan tersebut hingga melalui Desa Hargorojo Dan Desa Duren Ombo hingga mentok disebuah pertigaan aspal kecil lalu ambil kekanan.Kabupaten Purworejo memiliki bukit yang cantik lho. Destinasi ini menawarkan dua fenomena alam yang menakjubkan sekaligus.

purworejo
Gunung Ijo

Ketika traveler mau melepas penat dengan tidak terlalu bersusah payah wajib ke sini ya. Setelah menapaki jalan setapak kurang lebih 20 menit, tampaklah keindahan panorama puncak Bukit Ijo.Terletak di Desa Durensari, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo Jawa Tengah atau sekitar 19 kilometer dari pusat kota. Di pagi hari, kita bisa menikmati indahnya sunrise dan pada sore harinya kita akan dimanjakan dengan cantiknya sunset yang tenggelam di pantai selatan, itulah fenomenanya.Salah satu pengunjung asal Kebumen, Merly (20), yang datang bersama teman-temannya mengaku takjub dengan keindahan alam ketika tiba di puncak gugusan perbukitan Menoreh itu. Ditemani semilir angin dan ranting-ranting pepohonan yang ikut menari, semakin menambah sejuknya suasana meski terik matahari memayungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *