Inilah 5 Wisata Kuliner Bantul Yang Sangat Wajib Anda Kunjungi

bantul

Tempat Makan Di Bantul tidak kalah menariknya dengan tempat makan di kota wisata lainnya. Bantul memang sudah terkenal dengan wisata alam yang berupa Goa dan juga pantai.Keindahan alam yang disajikan ini juga di lengkapi dengan berbagai wisata kuliner yang ada di dalamnya. Jadi, jika anda merasa lelah dengan wisata alamnya, bisa mampir ke wisata kuliner yang ada di Bantul.Tersedia berbagai menu masakan yang bisa anda pilih sesuai dengan selera. Ada ikan, sate, masakan khas Bantul dan juga menu lainnya.Jika anda bertanya di mana tempat Wisata Kuliner Di Bantul tentunya di sekitar daerah Bantul. Tidak hanya satu kawasan saja. Tapi, berbagai kawasan yang masih dalam lingkup Bantul ini memiliki menu masing-masing. Senikmat apapun makanan yang kamu santap, rasanya akan menjadi kurang jika tidak didukung dengan tempat makan yang nyaman. Tak sekadar nyaman buat makan, generasi millennials juga butuh lokasi yang bisa bikin pikiran adem. Untuk itu kamu bisa memilih tempat makan dengan konsep menyatu dengan  alam. Salah satunya yang lagi digandrungi di Jogja yakni tempat makan dengan pemandangan sawah.

Warna hijau pada daun tanaman di area persawahan seakan bisa mengobati pikiran yang suntuk karena aktivitas harian yang melelahkan. Plusnya lagi suasana sawah yang indah tidak hanya sedap dipandang mata tapi sekaligus instagramable buat dibidik kamera. Jadi, makan bisa sekalian jadi liburan yang menyenangkan. Apalagi yang lagi pengen makan rame-rame saat weekend, sepertinya konsep restoran ini cocok juga buat tempat kumpul keluarga. Kesan uniknya pasti bisa memberi kenangan tersendiri untuk menghabiskan waktu liburanmu.

Dengan begitu anda tidak bisa juga sekalian berkeliling Bantul. Adat tradisonal yang masih mengental ini membuat wisatawan banyak yang berdatangan.Selain ingin menikmati wisata alamnya, mereka juga penasaran dengan adat jawa yang masih kentel.

Jika anda berkunjung ke Bantul dan ingin mencari Tempat Makan Di Bantul Terbaru. Aneka tempat makan yang di rekomendasikan tidak akan mengcewakan hati anda.Kenapa? Karena beberapa tempat makan yang di sajikan ini memang sudah terkenal dengan rasa yang khas dan juga nikmat.Menikmati wisata kuliner juga bisa menambah mood anda yang memang sedang butuh refresing. Bantul juga cocok untuk anda yang ingin berlibur bersama keluarga dan juga teman.

Pecel Wader Wiyoro

Salah satu wisata kuliner bantul tempat makan di Bantul yang khas pedesaan. Wader merupakn salah sat jenis ikan yang di masak dengan cara digoreng.Ikan wader memang tergolong kecil, tidak sama seperti ikan nila dan juga ikan lela yang bisa berukuran jumbo. Ya..amunisi yang bervariasi memang diperlukan sebelum maju ke medan perang..hahaha.. Malah ngomongin perang.kembali ke menu makan siang saya. Ada Wader Goreng Sambel Bawang plus Lalapan. Nasi hangat yang pulen dan gurihnya wader goreng menggoda iman. Sambal bawang dan sambal terasi yang pedas menghangatkan suasana. Begitu juga lalapan sayuran segar yang mempesona. Nah, selain Wader Goreng, yang termashur di Warung Pak Bejo ini adalah Soto Kemangi. Soto Soto Sapi bening dengan lalap daun kemangi menggugah selera. Apalagi disantap dengan gorengan hangat.

bantul
Pecel Wader Wiyoro

Anda bisa menikmati pecel wader Wiyoro ini di Banguntapan Bantul. Dekat dengan pusat kota Yogyakarta.Jika anda mampir ke jogja hal yang tidak ketinggalan adalah lalapn dan juga sambal. Anda bisa menikmati sambal dengan tingkat pedas yang berbeda-beda. Di daerah Bantul yang terkenal akan kekayaan kuliner tradisional terdapat beberapa tempat yang menjual pecel dengan rasa yang enak.

Satu di antara pecel yang ada di Bantul dan layak anda coba adalah pecel wader Pak Bejo.Menu tersebut dapat anda temukan di sebuah warung makan sederhana bernama Warung Pak Bejo yang terletak di dusun Wiyoro, Desa Baturetno, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul.Sajian pecel ini hampir sama dengan pecel pada umumnya.

Berbahan dasar beraneka sayuran seperti bayam, kacang panjang, toge, keningkir, dan kembang turi yang kemudian disiram dengan bumbu kacang.Yang membedakan adalah keberadaan ikan wader berukuran kecil yang digoreng kering sebagai lauk untuk menyantap pecel.Rasa segar sayuran dan pedas manis bumbu kacang, berpadu pas dengan gurihnya wader yang digoreng kering.

Gudeg Nggeneng

Gudeg menjadi salah satu Makanan Khas Bantul dan juga Yogyakarta.Sebenranya makanan khas asli dari Bantul yaitu geplak, sejenis makanan yang berupa parutan kelapa yang manis.

bantul
Gudeg Nggeneng

Komposisinya tidak hanya itu saja, ada juga ketan yang sudah di tumbuk.Begitu juga dengan Gudeg, bisa dikatakan makanan khas dari Yogja. Ketika anda ke bantul bisa juga mencicipinya. Lokasinya berada di Sewon, Bntul. Lebih tepatnya berada di sebelah barat kampus ISI Jogja.

Soto Kadipiro

Soto yang disajikan dengan menu dan juga cita rasa yang berbeda dengan yang lainnya. Makanan yang satu ini memiliki rasa yang ringan dan juga kuah yang gurih.Adapun isi dari sotonya yaitu taburan bawang merah dan juga putih, suwiran daging ayam, kol dan juga tauge. Anda bisa menemukan soto kadipiro di jalan Wates, Kasihan, Bantul. Jalan-jalan ke kota Yogyakarta tidak lengkap rasanya bila belum merasakan soto terkenal di Jogja yaitu Soto Kadipiro Yogyakarta. Kuliner legendaris Jogja ini menjadi makanan khas Jogja sejak tahun 1912. Sekarang ini Soto Kadipiro mempunyai 4 cabang yang tersebar di sepanjang Jalan Wates.Bila anda dari perempatan Wirobrajan menuju ke Jalan Wates anda akan menemukan tiga warung soto yang berada di sebelah kiri jalan dan sebuah warung soto lagi di sebelah kanan jalan. Soto yang terletak di sebelah utara atau sebelah kanan itulah merupakan Soto Kadipiro Yogyakarta yang pertama yang merupakan cikal bakal berdirinya Soto Kadipiro lainnya.

bantul
Soto Kadipiro

Soto Kadipiro Yogyakarta didirikan oleh Bapak Karto Wijoyo pada tahun 1921 kemudian beliau meninggal pada tahun 1972. Kemudian usaha Soto Kadipiro dilanjutkan oleg generasi kedua yaitu Bapak Widadi Dirjo Utomo. Hingga sekarang Soto Kadipiro Yogyakarta telah memiliki cabang di daerah Kalasan, Sleman, Kulonprogo dan Sentolo.Sensasi rasa soto ini ternyata banyak dicari orang, ada yang berpendapat kelezatan soto ini khas terasa segar dan gurih. Kelezatan masakan ini bukan hanya dari penyedap makanannya sendiri akan tetapi berasal dari racikan bumbu-bumbu tradisional hasil dari resep asli Bapak Karto Wijoyo.

Kalau dilihat sepintar semangkuk Soto Kadipiro tidak jauh beda dengan tampilan soto di tempat lain, yaitu kuah kaldu bening berisi kol, suwiran daging ayam, taoge, bawang goreng dan seledri. Semakin sedap disantap dengan sepiring nasi, ayam kampung goreng suwir, perkedel, tahu, tempe bacem dan sate. Biasanya perkedel dihancurkan agar soto berasa kental. Soto Kadipiro pun menyediakan minuman soda jaman dulu sebelum muncul kehadiran produk Coca Cola, Sprite dan lain-lain. Yaitu Sarsaparila yang airnya berwarna ungu bening dikemas dalam botol jadul berupa kaca beling dengan tutup gabus berpengait, pada botol terdapat label gambar buah sarsaparila.Tempat makan atau Restoran Di Bantul ini sudah ada sejak tahun 1921. Sudah lumayan lama bukan? tempat makan ini memang sudah turun temurun.

Ayam Goreng Mbah Cemplung

Salah satu Tempat Makan Di Bantul Yang Murah dan nikmat ini bisa anda temukan di desa Kasongan, dusun Semanggi.Ayam goreng yang disajikan benar-benar menggoda selera. Apalgi disajikannya dengan mengunakan sambal mentah dan juga lalapan. Semakin menggoda selera bukan?

bantul
Ayam Goreng Mbah Cemplung

Cocok untuk dimakan saat lapar setelah berjalan-jalan ke wisata alam. Banyak pegunjung yang berdatangan saat jam-jam istirahat. Tentu saja yang dijadikan menu utama di sini adalah Ayam Goreng khas Jawa namu lebih dominan rasa gurih dan asin. Disajikan dengan sambel mentah yang makyusss, Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung ini menjadi primadona. Setiap jam makan siang restoran ini selalui dipadati oleh para pelanggannya.Berlokasi di Sendang Semanggi, RT.05, Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan ini buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 19.00 WIB.

Sambel Welut Pak Sabar

Welut atau bisa juga di panggil dengan belut ini merupakn makan yang banyak mengandung protein tinggi. Sambel welut yang di sajikan oleh pak Sabar ini bisa membuat anda tergiur.Walaupun pada awalnya banyak orang yang kurang suka dengan belut. Tapi, jika sudah dimasak, tentu anda ketagihan. Jangan puas dulu dengan hanya memfavoritkan gudeg di Jogja. Daerah dengan sejuta keistimewaan ini punya banyak kuliner enak yang mantap di lidah. Salah satunya adalah Sambal Welut Pak Sabar wisata kuliner di Bantul dengan kelezatan melegenda.  Berikut ini adalah beberapa informasinya.Di beberapa tempat, belut biasanya dimasak dengan cara digoreng, lalu disandingkan dengan sambal dan lalapan. Namun sebuah warung makan di Jalan Imogiri Kilometer 6 menawarkan olahan belut atau welut yang sudah menyatu dengan sambal. Sehingga ketika disantap terdapat kombinasi yang pas antara rasa gurih dengan pedasnya sambal khas Jogja.

bantul
Sambel Welut Pak Sabar

Ada banyak menu belut yang disajikan dengan berbagai pilihan sambal. Contohnya seperti sambal bawang. Tidak sedikit pengunjung warung ini berasal dari luar kota. Mereka ingin mencoba bagaimana Sambal Belut Pak sabar yang terkenal karena kepedasannya. Untuk kamu yang tidak suka dengan rasa pedas tidak perlu khawatair. Kamu bisa meminta sambal belut yang cabainya sedikit atau bahkan tanpa menggunakan cabai. Rasanya tetap enak karena dimasak dengan bumbu spesial.Anda bisa menemukan sambel welut pak Sabar di jalan Imogiri Barat km 6 Dokaran, Tamanan, Banguntapan, Bantul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *