Inilah 5 Wisata Kuliner Medan 2019 Yang Wajib Anda Rasakan

Advertisement

Kota Medan tidak hanya terkenal dengan tempat wisatanya yang sangat bagus namun disana juga terdapat wisata kuliner Medan. Melakukan liburan ke Medan tidak akan membuat Kamu kelaparan, karena banyak sekali makanan yang harus Kamu cicipi. Bila Kamu melakukan perjalanan dari tempat wisata satu dengan lainnya maka, dijamin Kamu bisa menemukan banyak sekali makanan kuliner yang dijual disana.

Wisata kuliner Medan sangat banyak, mulai dari kuliner street food, cafe sampai dengan makanan kuliner yang berada di hotel. Kebanyakan para wisatawan yang berkunjung di Medan pasti lebih memilih untuk membeli kuliner yang berada di street food. Rasanya sangat nikmat disisi lain harganya juga cukup terjangkau bagi orang yang sedang melakukan traveling dikota ini. Semua makanan kuliner yang dijual disini sangat khas, hanya Kamu temukan di kota Medan saja.

Restoran Tip Top Medan

jika berkunjung ke Kota Medan, singgahlah ke wisata kuliner medan yang terkenal yaitu restoran Tip Top di kawasan Kesawan, Jalan Ahmad Yani, Medan. Restoran ini konsisten pada dekorasi tempat konsep lawas dan proses pemasakan menu makanan juga, yaitu dengan menggunakan tungku kayu bakar sejak tahun 1930-an.

Restoran Tip Top

Restoran Tip-Top sebelumnya berdiri di Jalan Pandu, 3 km dari tempat yang sekarang. Masih menggunakan nama Restoran Jang Kie, sesuai dengan nama pendirinya. Baru pada tahun 1934 Jang Kie memindah tokonya ke kawasan Kesawan dan merubah namanya menjadi Restoran Tip-Top. Perubahan nama dan perpindahan tempat tersebut memiliki tujuan untuk menggaet pengunjung Belanda, karena lokasi barunya berada tak jauh dari kantor perkebunan Belanda.

Es Krim Restoran Tip Top

Tidak sembarang, yang dibuat adalah es krim dengan cita rasa tempo dulu menggunakan resep nenek moyang. Dari tekstur, es krim di restoran Tip-top terlihat sama dengan es krim kebanyakan. Tapi tidak rasanya. Karena, begitu sentuhan es sampai di lidah, baru bisa dibedakan apa yang membuatnya berbeda. Es krim di restoran Tip-top terasa lebih bersalju dan padat.

Seafood Jalan Wajir

Wisata kuliner medan kedua yang harus anda kunjungi yaitu seafood di jalan wajir medan, Jika anda mencari tempat makan seafood di Medan, maka Wajir lah tempatnya. Kuliner Wajir beralamatkan di Jl. Kolonel Sugiono. Aneka makanan dijual di warung-warung tenda disini. Para penjual makanan mulai buka malam hari hingga tengah malam. Menu yang ditawarkan pun beragam, ada Nasi Gurih, Lontong, Opor, dan berbagai lauk semisal krupuk, emping, hingga sate jengkol.

Seafood di Jalan Wajir

ngin menikmati makanan aneka seafood di Medan, salah satunya hanya di seafood jalan wajir. Bagi Kamu yang menyukai hidangan makanan laut maka, Kamu bisa mengunjungi tempat makan tersebut. Pada kawasan jalan Wajir tersebut para penjual aneka makanan seafood sangat banyak. Tentu saja menu yang disajikan untuk makanannya sangat lezat. Makanan seafood yang wajib Kamu coba yaitu ada cumi telur asin, ikan steam, dan belut cabai hijau.

Walaupun harga yang ditawarkan terbilang cukup murah, namun rasa makanan disini tidak kalah dengan masakan restoran. Ada sebuah rumah makan di kawasan Wajir yang terkenal dengan seafood-nya, dimana lagi kalau bukan Wajir Seafood.

Harga yang ditawarkan rata-rata Rp. 20.000 hingga Rp. 30.000 per menu. Cukup terjangkau untuk makanan berkelas seperti Belut Cabai Hijau. Wajir Seafood buka dari pukul 16.30 hingga pukul 23.00 WIB setiap harinya, khusus di hari Sabtu, buka mulai pukul 11.00 siang. Walaupun buka mulai siang hari, Wajir Seafood tidak pernah sepi pembeli. Anda tertarikuntuk merasakan enaknya wisata kuliner medan ini? Silahkan menyempatkan diri anda untuk mampir mencicipi seafood yang super lezat dengan harga yang terjangkau di Wajir Seafood.

khusus seafood dengan service yang berkualitas serta tetap menjaga cita rasa dari menu seafood yang disediakan. Beberapa menu wisata kuliner medan yang laris manis antara lain Cumi Telur Asin, Ikan Steam Tiociu, Udang Goreng Telur Asin, Kangkung Belacan Seafood, dan Belut Cabai Hijau. Diantara sekian banyak menu andalan Wajir Seafood, yang paling digemari para pelancong adalah Belut Cabai Hijau. Masakan ini menjadi top menu karena rasa belut segar, yang digoreng dan dibalur dengan telur, disiram dengan kuah cabai hijau segar, hmmm….awas, siapkan tisu untuk mengelap air liur anda saat membayangkannya! rasa pedas dari cabai hijaunya sangat meresap ke dalam daging belut.

Sop Sum-sum Langsa

Segala macam hidangan tradisional eksotis mengisyaratkan di Pulau Sumatra; salah satunya wisata kuliner medan adalah Sop Sumsum Langsa – hidangan sup tulang sumsum sapi yang berasal dari kota kecil di Aceh bernama Langsa. Untungnya, restoran yang sama juga dapat ditemukan di Medan, yang berarti bahwa seseorang tidak perlu melakukan perjalanan lebih jauh ke utara untuk mencicipi kelezatan ini.

Sop Sumsum Langsa

Didirikan pada tahun 1970 oleh Bapak H. Lukmanul Halim yang asli Aceh, perusahaan ini sekarang memiliki tiga outlet yang beroperasi di Medan. Saya berkunjung ke yang ada di Jalan Setiabudi tepat di sebelah Mie Aceh Titi Bobrok. Begitu saya menjejakkan kaki di dalam, tatapanku beralih ke sumsum tulang sapi yang besar di atas meja. Yang bisa saya pikirkan adalah bagaimana saya akan memakan makanan mungil yang mengerikan itu.

Sop sumsum yang sangat terkenal di kota Medan hanya sop sumsum Langsa. Rasanya lezat dan nikmat. Biasanya harga makanan sop sumsum terbilang cukup mahal namun, disini harganya sangat terjangkau. Cukup Rp. 47.000 saja Kamu sudah mendapatkan sop sumsum Langsa yang sangat sedap. Ingin mencoba makanan sup sumsum Langsa? Segera datang ke alamat Yos Sudarso No 73 kota Medan.

Ucok Durian Medan

Siapa yang tidak kenal Ucok Durian? Bicara Medan tentu tidak akan lengkap jika tidak bicara durian. Bicara durian juga hampir tidak lengkap jika tidak tahu Ucok Durian. Bahkan mereka yang belum pernah sama sekali ke Medan banyak yang sudah pernah mendengar nama Ucok Durian.

Ucok Durian ini merupakan salah satu warung durian di Medan. Sebenarnya ada banyak warung durian di Medan. Bagaimana tidak banyak karena Medan sendiri termasuk salah satu produsen durian paling enak se Indonesia! Sumber durian yang di dapat dari berbagai daerah seperti Si bolga, Pematang Siantar dan durian dengan kualitas yang paling mantap berasal dari daerah Sidikalang.

Ucok Durian Medan

Para pecinta durian yang berkunjung ke Medan maka harus mengunjungi tempat durian ini. Pasalnya di tempat kuliner durian ucok medan disediakan berbagai macam buah durian dengan daging buah yang sangat empuk dan lezat, warnanya pun juga menggoda. Kamu tidak hanya menikmati durian dalam bentuk buah saja namun, Kamu juga dapat menikmatinya dalam bentuk ice cream durian dan pancake durian.

Awal dibukanya Ucok Durian dimulai dari kesederhaan sosok Bang Ucok yang menjadi panggilan Pak Zainal – harganya yang relatif murah yakni sekarang Rp.30.000,- rata-rata perbuah dan bisa tawar-menawar dulunya membuat banyak pengunjung senang untuk datang.

Lontong Kak Lin Enak

Lontong, menu makanan yang sudah tidak asing bagi penduduk seantro negeri. Makanan nan lezat dari olahan beras yang dimasak hingga sangat lunak itu sudah ada sejak turun temurun meski tidak diketahui kapan asal muasalnya. Dengan menu olahan berbagai jenis lontong pula yang mengantarkan, Warung Lontong Kak Lin yang ada diJalan Cik Ditiro Medan menjadi salah satu nominasi restoran terbaik.

Lontong Kak Lin

Menu Lontong yang menjadi andalan sejak 20 tahun silam tersebut sudah menggaet banyak peminat kuliner warga KotaMedan. Bahkan, Presiden SBY dan pejabat Kota Medan seperti Walikota Medan serta pejabat lainnya juga sudah mencicipi makanan khas Indonesia tersebut. Menu yang disediakan Warung Kak Lin diantaranya adalah Lontong sayur, lontong pecal, lontong mie, lontong tahu goring serta beberapa jenis olahan lontong lainnya dengan kisaran harga antara Rp10-20 per porsinya.

Advertisement
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.