Inilah 5 Wisata Kuliner Yang Paling Terkenal Di Medan, Nyesel Gak Kesini!

wisata kuliner

Medan tak hanya mempesona dengan pemandangan dan tempat wisata kuliner nya tapi juga memanjakan lidah para pengunjungnya dengan berbagai wisata kuliner khas yang sedap. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata kuliner di Medan yang sangat recommended untuk dikunjungi para pembaca sekalian.Tempat wisata kuliner Medan, sangat lah paling anda yang kalian tunggu bila anda sedang berpegian ke Medan sekarang.Yang jadi bahan pikiran saat liburan ke tempat yang jauh selain tempat bermalam pastinya tempat makan enak namun dengan harga terjangkau.

Nah, untuk Anda yang gatal ingin berkunjung ke Medan, siap-siap menjelajah ya ke 26 tempat makan murah (streetfood) berikut ini, dijamin nggak nyesel! Jangan khawatir, kami telah membaginya menjadi dua bagian yaitu makanan yang halal dan non-halal. Tunggu apa lagi?

Sate Memeng

Medan punya banyak kuliner enak, salah satunya Sate Memeng yang legendaris. Sate sapi atau ayam diguyur bumbu kacang atau kuah sate Padang. Sedap!Setelah Solo, Medan kini jadi sorotan karena menjadi tempat kedua digelarnya resepsi pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Segala hal tentang Medan pun ramai dibincangkan, termasuk kuliner lezat dari kota Melayu Deli ini.Salah satu yang selalu diburu karena cita rasanya adalah Sate Memeng. Warung makan ini ada di Jalan Irian Barat No. 2, Gang Buntu, Kota Medan. Meski lokasinya di pinggir jalan, Sate Memeng selalu ramai pembeli.

wisata kuliner
Sate Memeng

Nama Memeng berasal dari nama sang peracik sate pertama kali yaitu H. Muhammad Saimin yang akrab dipanggil Memeng. Racikan satenya sudah dijajakan sejak tahun 1945. Menu di Sate Memeng antara lain sate daging sapi, ayam, hati, usus dan campur. Bumbu atau kuah satenya bisa memilih antara sambal kacang, kecap atau kuah sate Padang. Bisa dicampur langsung di sate atau dipisah.

Durian Ucok Medan

Durian adalah salah satu buah yang khas dari Medan. Salah satu tempat makan durian yang sangat terkenal di Medan adalah Durian Ucok yang terletak di Jalan Iskandar Muda 75 Babura Medan Baru, Kota Medan. Durian yang disajikan di sini adalah durian pilihan yang pastinya enak dan legit. Harga yang dibandrol untuk durian di sini juga relative murah yakni mulai Rp. 20.000. Durian ucok sangat pas dijadikan tempat oleh-oleh yang asyik dengan tampilan seperti pasar tradisional. Para pecinta durian akan sangat termanjakan di sini karena ada banyak varian durian yang bisa dicicipi di sini. Kalian juga bisa memesan minuman durian lain seperti jus atau the dan berbagai belahan dunia seperti cina, barat dan Indonesia dengan harga mulai dari Rp. 15.000.

wisata kuliner
Durian Ucok

Kedai Ucok Durian milik Zainal Abidin atau yang akrab disapa Ucok sudah berdiri puluhan tahun. Namun, memang nama kedai tersebut baru terkenal 10 tahun belakangan. Uniknya, kedai ini memiliki tagline tersendiri yang memikat para wisatawan, yakni โ€œBelum ke Medan kalau tidak mampir ke Ucok Durian.”Ucok sudah bergelut dalam dunia kuliner durian sejak 34 tahun yang lalu. Namun, ia baru mendirikan usaha sendiri sekitar 25 tahun lalu. Tak langsung melejit, Ucok mengaku pernah mengalami jatuh bangun selama berjualan durian. Ia mulai berjualan dari kaki lima, hingga kini kedainya yang sudah melekat dengan Kota Medan. โ€œ(Sekarang), banyak yang datang ke sini. Ada pejabat, artis, ya macam-macam,โ€ ujar Ucok saat ditemui di kedainya.Kedai Ucok Durian bisa Anda datangi kapan saja. Sebab, kedai tersebut buka selama 24 jam

Kedai Kopi Apek

Kedai Kopi Apek sudah berusia sangat tua dan legendaris yang berdiri sejak1922. Kedai ini bisa bertahan sampai sekarang karena sangat menjaga kualitas kopi yang disajikan mulai dari pengaturan suhu air, pemilihan kopi dan teknik pengadukannya sangat diperhatikan. Selain itu kedai ini kerap dikunjungi muda-mudi karena tempatnya asyik dan nyaman untuk ngobrol dengan teman atau keluarga.

wisata kuliner
Kedai Kopi

Berada di daerah pecinan, pada siang harinya kawasan ini dipenuhi penjual onderdil kendaraan di Medan yang pada malam harinya berubah fungsi menjadi pasar malam dan tempat wisata kuliner favorit dengan berbagai kios penjual makanan seperti sate, martabak sampai nasi bebek Hainan.

Roti Tissu Martabak Gapa

Sajian roti tisu (sejenis crepe) di Martabak Gapa dengan adonan renyah kulit martabak serta perpaduan rasa manis-gurih dari taburan keju dan lelehan susu kental manis dijamin membangkitkan air liur untuk segera menghancurkannya.Nyebrang jalan ada aneka jajanan di Merdeka Walk, tapi koq ya terlalu mainstream. Pengen cari yang beda dan khas. Sedikit browsing, akhirnya menemukan sebuah nama kuliner unik yang tidak jauh dari tempat Lapangan Merdeka, Roti Tissu. Karena penasaran saya langsung melangkahkan kaki ke Jl Perniagaan yang terletak tepat di seberang pintu masuk Lapangan Merdeka. Ternyata disana berjajar tenda-tenda yang menyediakan aneka makanan. Dan akhirnya saya menemukan tempat penjual Roti Tissu ini, Martabak Saren nama tempatnya.

wisata kuliner
Roti tissu

Pesanan satu porsi menu ini pun langsung meluncur dari mulut saya. Proses pembuatannya ternyata cukup lama, adonan seperti adonan martabak, dibuat setipis mungkin, setipis tissu ๐Ÿ™‚ Kemudian diletakkan di atas penggorengan yang besar dan dengan hati-hati digulung berbentuk kerucut sampai bisa berdiri tegak. Wajar jika proses pembuatannya pun memakan waktu cukup lama. Setelah bisa “berdiri” tegak, Roti Tissu kemudian diguyur dengan susu coklat kental manis dan ditaburi parutan keju. Kalau tidak ada pemesan sebelum kita, maka beruntunglah kita karena sajian akan cepat tersaji di meja kita. Tapi kalau sudah banyak antrian di depan kita, siap-siap sabarlah. Paling tidak 30 menit lebih dihabiskan malam itu untuk menunggu pesanan itu dapat hadir di hadaapan saya. Rasanya? Top untuk sebuah cemilan, kerenyahan roti tissu ini patut diacungi jempol. Pernah makan crepes kan? Nah rasanya kurang lebih seperti itu lah, tapi tentunya dengan ukuran yang jauh lebih besar. Harga satu porsi Roti Tissu ini Rp. 20.000, dan cocok untuk dimakan berduaan bahkan beramai-ramai. Makanya saya kayak orang bego, makan kue yang besar ini sendirian.

Wajir Seafood

Wajir Seafood terletak di Jalan Kolonel Sugiono No. 3 I Aur Medan Maimun Medan. Tempatnya makan ini sangat terkenal dan banyak diminati karena selain tempatnya yang strategis sajian menunya juga enak dan terjangkau harganya yakni mulai harga Rp. 12.000. Selain itu tampilan menu yang disajikan di sini juga menarik dan photoable sehingga sangat recommended untuk dikunjungi dan di share ke medsos.

wisata kuliner
Wajir Seafood

Wajir Seafood terletak di Medan Barat Kota Medan.Sesuai namanya, tempat makan ini menyajikan salah satu seafood khas Medan yakni wajir Seafood dengan berbagai pilihan makanan seperti udang, sapi, ayam, jerohan dan lainnya yang rasanya tak perlu diragukan lagi dengan harga terjangkau yakni mulai dari kisaran Rp. 7.000.Wajir Seafood ini menjadikan seafood jamur sebagai menu spesial yang kenyal dan enak. Banyak juga berbegai minuman tradisional di sini juga sangat enak dan pas untuk menemani mie ayam jamur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *