Inilah 5 Wisata Rembang Yang Wajib Anda Kunjungi Jika Berlibur Ke Rembang

rembang

Rembang merupakan sebuah kabupaten di provinsi jawa tengah yang berlokasi di pesisir pantai utara jawa. Kabupaten ini juga berada di perbatasan antara provinsi jawa tengah dan juga jawa timur. Pulau Jawa selalu menjadi pilihan banyak orang yang ingin melakukan liburan baik itu liburan musim panjang maupun liburan dalam waktu sebentar saja bersama keluarga. Selain karena ingin melihat kepadatan penduduk yang terjadi disana, banyak wisatawan mengaku bahwa sebenarnya Jawa memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Rembang, Jawa Tengah menjadi salah satu kabupaten kota yang memang banyak sekali menjadi tujuan wisata yang dikunjungi setiap tahunnya. Mulai dari wisata alam, tempat bersejarah, hingga wisata bahari yang tidak kalah keren.

Anda dipastikan tidak menyesal saat berkunjung ke tempat wisata di rembang. Para wisatawan luar negeri juga sudah membuktikan keindahan tersebut, dibuktikan dengan semakin banyak saja wisatawan luar negeri yang setiap tahunnya mendatangi tempat wisata disana. Lokasi Rembang ialah di sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang tepat berada di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan juga Jawa Timur. Selain bisa berkunjung khusus kesini, Anda juga bisa sekaligus menikmati wisata lain yang dekat dengan Rembang seperti ke Kudus, Demak, hingga ke Grobogan.Tempat Wisata di Rembang Yang Sangat Rekomended Untuk Anda Kunjungi

Rembang terkenal akan tempat pengabdian dan tempat makam R.A. Kartini dan penyebar islam Sunan Bonang. Bukan hanya itu saja, namun di rembang ini juga memiliki banyak objek wisata yang mengagumkan. untuk mempermudahkan Traveler menemukan tempat wisata terbaik di Rembang,

Hutan Mangrove

Pengunjung akan disuguhi pemandangan hutan mangrove yang ada di wisata rembang menarik untuk menjadi latar belakang foto dan disini juga memiliki udara sejuk. Hutan mangrove nan asri tersebut luasnya kurang lebih sekitar 22 hektar dengan panjang 2.900 meter. Potensi pariwisata bahari yang cukup banyak di Kabupaten Rembang merupakan aset berharga. Garis pantai yang panjang dari ujung barat sampai ujung timur menjadikan Kabupaten Rembang sangat potensial jika mengembangkan sektor pariwisata bahari. Nah, salah satunya Wisata Hutan Mangrove di Pasarbanggi Rembang.Kawasang Hutan Mangrove ini merupakan salah satu cara untuk menangkal abrasi laut yang mengeruk bibir pantai, disamping itu area tambak selamat dari gerusan ombak laut. Menurut Pak Suyadi yang merupakan penggerak penanaman Mangrove di sepanjang bibir pantai Pasarbanggi mengatakan “Jika dibiarkan saya khawatir warga Desa Pasarbanggi akan direlokasi karena abrasi”

rembang
Hutan Mangrove

Untuk menuju ke wisata hutan mangrove ini sangat mudah, dari Kota Rembang menuju ke timur arah ke Lasem, pertigaan clangapan terus saja, sampai kiri jalan ada papan tulisan Hutan Wisata Mangrove, masuk ke jalan desa. Ikuti petunjuk jalan yang ada.Biaya untuk masuknya cukup murah, cukup merogoh kocek Rp. 2.000,- untuk parkir kendaraan. Untuk menuju ke Hutan Mangrove tidak dikenakan biaya.Perlu diketahui sampai tulisan ini di posting, luas wilayah hutan mangrove kurang lebih 22 hektar dengan panjang 2.900 meter. Jenis tanah di hutan mangrove ini berupa Gromsol berpasir dan lumpur.

Selain menikmati pemandangan hutan mangrove, di sini juga, pengunjung bisa mengenal beragam jenis pohon mangrove. Di hutan ini, setidaknya terdapat enam jenis pohon mengrove yang mempesona.

Embung Lodan Rembang

Embung Lodan rembang ini dijadikan sebagai tempat pengembangan budidaya perikanan air tawar. Seperti namanya, danau buatan yang satu ini berada di Desa Lodan, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Jika ditempuh dari Rembang Kota kamu dapat melewati jalur Kecamatan Sedan dulu. Untuk lebih mudahnya gunakan saja google map, karena akses jalan menuju ke Embung Lodan ini cukup mudah.Embung Lodan merupakan sebuah waduk buatan yang dikelilingi oleh perbukitan hijau dan juga lahan pertanian. Pemandangannya sendiri cukup menarik dengan arsitektur khas bendungan yaitu beton-beton besar untuk membendung air. Tempat ini aangat cocok untuk refreshing menjernihkan otak dengan melihat deretan bukit yang dibawahnya terdapat hamparan air embung yang luas. Kamu juga dapat melihat burung-burung berterbangan di atas air mengintai mangsanya, dan juga burung bangau di tepi embung.

rembang
Embung Lodan Rembang

Bagi kalian yang hobi mancing, embung Lodan adalah tempat yang tepat untuk memancing. Banyak para pemancing berjajar di lereng bebatuan embung yang menunggu umpannya disambar ikan.Bagi yang suka selfi-selfi nggak usah khawatir. Di sini kamu juga dapat berfoto ria dengan background embung yang indah. Terdapat spot foto yang cukup keren nih, yaitu bukit dengan tebing beton setinggi 50 meter. Dengan atas bukit ini, seluruh permukaan embung akan terlihat dan juga rumah-rumah penduduk juga terlihat jelas. Kalau kamu datang di sore hari, sunset akan terlihat begitu indah dengan pantulan cahayanya yang mengenai air waduk.

Potensi lain dari embung lodan yaitu mulai di kembangkan untuk pengembangan Obyek Wisata pemancingan dan wisata bahari di Rembang. Dengan background perbukitan dan hutan pohon jati serta mahoni di wilayah Perum Perhutani KPH Kebon Harjo menjadikan tempat ini menjadi asri.

Wisata Alam Sumber Semen

Wisata Alam Hutan Sumber Semen merupakan salah satu obyek wisata alam favorit masyarakat dan tertua di Rembang. TWA Sumber Semen memiliki berbagaifasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Udara yang sejuk dan asri membuat pengunjung dapat menyegarkan fikiran. Wisata Alam Hutan Sumber Semen, salah satu obyek wisata alam tertua di Kabupaten Rembang, Letaknya di Desa Tahunan Kecamatan Sale, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.Wisata Alam Sumber Semen terdiri dari dua hutan yaitu hutan Alam dan Hutan Tanaman. dan Taman Wisata Alam Sumber Semen, juga memiliki keaneka ragaman fauna yang terdapat di wisata ini seperti, Ayam hutan, Kacer, Kutilang, Elang hitam dan Kera, dan ditemukan banyak jenis Kupu-kupu. Ketonggeng hampir tersebar disemua kawasan dan merupakan hewan beracun, Sehingga pengunjung harus berhati – hati pada saat dikawasan wisata ini, terutama pada musim penghujan.

rembang
Wisata ALam Sumber Semen

Wisata Alam Sumber Semen memiliki beberapa sumber mata air. bernama Sumber Sewu yang berada di bawah pohon besar yang berjajar di pinggir sungai, sehingga membentuk aliran sungai Walanggabeng dan Sumber Semen yang berada di tepi kolam pemandian. Wisata Alam Sumber Semen juga memiliki beberapa fasilitas yang dapat dinikmati para pengunjung antara lain, Arena perkemahan, Arena bermain Anak, Kolam renang, Shelter-shelter.Terletak cukup jauh dari pusat kota, Anda memang harus sedikit berjuang untuk bisa sampai ke tempat ini. Namun tiket masuk yang cukup murah yakni Rp.5.000/orang tiap senin-jumat dan Rp.7.500/orang pada akhir pekan/libur tidak sebanding dengan apa yang Anda dapat di dalamnya, sangat murah untuk wisata alam yang akan menambah pengalaman serta pengetahuan Anda.

Watu Congol

Watu Congol menurut warga sekitar, batu ini merupakan jelmaan dari seekor kepala ular yang terpisah dari badan dan ekornya. Untuk menemukan watu congol ini sebaiknya bisa mengunakan GPS manual alias bertanya warga sekitar.

rembang
Watu Congol

Tempat ini saat ini menjadi ramai dikunjungi oleh muda-mudi yang hobi selfie berlatarkan alam di setiap akhir pekan, di pagi hari maupun menjelang senja sore hari sebab pemandangan dari batu ini keren gila.

Pantai Karang Jahe Rembang

Wisata Pantai Karang Jahe Rembang memiliki hamparan Pantai berpasir putih dan ribuan pohon cemara yang tumbuh di sekelilingnya. Tempat wisata Karang Jahe, merupakan pantai yang memiliki panorama yang sangat indah. Pemda Rembang memberi sentuhan melalui penenaman cemara menambah keindahan pantai semakin memikat. Pada awal mulanya dengan tujuan untuk mengurangi abrasi pantai dilakukanlah penanaman ribuan pohon cemara, hal tersebut ternyata memberi kan hasil melebihi apa yang diharapkan.Pohon cemara tumbuh dengan baik disepanjang tepian pantai dan sekarang tanaman cemara ini telah memberi kesejukan yang menawan.

rembang
Pantai Karang Jahe Rembang

Tempat Wisata Pantai Karang Jahe ini sangat mudah untuk dijangkau. Pintu masuk ke area pantai ini, berada dipinggir kalan utama Semarang-Surabaya. Artinya jika kita melewati jalan tersebut, kita dapat menyempatkan diri untuk menuju pantai Karang Jahe ini. Pantai ini berada sebelah utara Desa Punjulharjo yang berada di tengah – tengah jalur utama pantura kabupaten Rembang – Lasem, lebih tepatnya di JL. Rembang – Lasem Km 7.5 Desa Punjulharjo Kabupaten Rembang. Sebelum masuk ada gapura yang bertulisakan Desa Punjulharjo dan disebalah kanan dan kiri ada baliho besar sebagai penunjuk bahwa disini ada tempat wisata pantai Karang Jahe. Dari gapura masuk ke arah utara lebih kurang 800 meter.Pantai yang mempunyai keunggulan hamparan pasir putih dan ribuan pohon cemara sepanjang  1 KM kini bisa menjadi tujuan wisata di rembang bagi masyarakat yang ingin merasakan sensasi keindahan laut dengan barisan pohon cemara yang rindang dan hamparan butiran-butiran pasir putih yang masih bersih dan natural. Dibawah pohon-pohon cemara ini, kita dapat menghamparkan tikar untuk lesehan sambil menikmati makanan atau duduk-duduk untuk melepas penat bersama keluarga.Pantai Karang Jahe air lautnya masih bersih dan belum tercemar limbah industri, sehingga nyaman jika pengunjung ingin merasakan mandi di pantai dan pantai ini juga menyediakan tempat bilas. Selain itu, karena memiliki pasir putih, pengunjung dapat bermain pasir sekedar iseng membuat tulisan di pasir ataupun membuat gunungan pasir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *